Bagaimana Diversifikasi di P2P Lending

Diversifikasi… Istilah yang seharusnyaa dipahami dan dipraktekkan oleh setiap investor di dunia, entah pemula atau senior.

Singkatnya, diversifikasi adalah menyebarkan dana anda ke berbagai macam jenis produk investasi dengan tujuan meminimalkan risiko investasi anda secara keseluruhan.

Memahaminya mudah bukan? Dan menurut saya, penerapannya juga mudah. Jadi saya kaget ketika seorang relationship manager P2P lending menginformasikan ke saya bahwa masih banyak lender di website tersebut yang menumpuk dana dalam satu pinjaman saja.

Sebenarnya saya malas membahas hal-hal mendasar, bukan karena saya sombong, sebaliknya justru karena pembahasan hal-hal dasar seperti ini sudah banyak yang menulis jauh lebih bagus daripada saya.

Jadi, di tulisan ini saya targetkan secara spesifik untuk menerapkan diversifikasi dalam P2P lending saja. Tidak akan ada pembahasan diversifikasi di aset-aset lainnya. Silahkan membaca tulisan saya “Investasi Apa yang Tepat untuk Saya” untuk informasi perihal aset lainnya. Berbeda dengan artikel saya yang lainnya, kali ini mungkin akan memakan waktu anda sekitar 10 menit.

Ayo mulai. Saya akan jabarkan faktor apa saja yang harus dipertimbangkan ketika menyebarkan dana anda.

1. Platform Investasi

Sebelum pusing memilih pinjaman mana yang ingin didanai, hal pertama yang lebih penting adalah TIDAK menaruh seluruh uang anda di satu website pinjaman saja. Saya bukannya paranoid bahwa uang saya akan dibawa kabur oleh satu pihak tertentu – semua website lending di Indonesia sudah diawasi OJK sehingga hal tersebut mustahil terjadi. Namun, menyebarkan uang anda di beberapa website akan membantu anda memilih pinjaman yang lebih bervariasi! Tentu saja hal ini karena setiap website memiliki produk pinjaman yang berbeda-beda.

Menjadi lender di website apapun tidak dikenakan biaya dan proses registrasinya tidak sulit, jadi tidak ada ruginya menjadi lender di beberapa website sekaligus.

Apabila anda membutuhkan perbandingan website-website lending, serta rekomendasi bagaimana saya menyebarkan dana saya di banyak website, maka artikel saya yang ini sudah membahasnya secara detail.

2. Durasi Pinjaman

Durasi pinjaman berkaitan erat dengan likuiditas uang anda – kapan uang yang anda investasikan bisa dipergunakan kembali.

Durasi pinjaman di semua website bervariasi, rekor terpendek dipegang oleh Danalaut dengan tenor 10 hari, dan rekor terpanjang dipegang oleh KoinWorks dengan tenor 24 bulan.

Tenor durasi pendek, meski lebih likuid, tidak selalu bagus dan tenor durasi panjang pun tidak selalu buruk. Apabila seluruh portfolio anda berada di pinjaman durasi pendek, maka ketika pinjaman anda berakhir, ada risiko bahwa dana anda menjadi ‘dana mati’ – yakni ketika uang anda berada di wallet website (yang tentunya tidak berbunga) belum bisa kembali diinvestasikan karena tidak adanya pinjaman yang ditawarkan.

Saya pribadi suka tenor pendek, karena saya suka memindah-mindahkan investasi saya.

Saya menginvestasikan 50% dana saya di tenor pendek (satu bulan kebawah s/d tiga bulan), 35% di tenor menengah (empat bulan s/d enam bulan), dan sisanya di tenor panjang (satu tahun keatas).

3. Kelas Pinjaman

Sebenarnya merupakan faktor paling penting, namun harus saya taruh di posisi ketiga supaya anda tidak langsung pusing membaca poin satu ini.

Setiap website investasi memberikan peringkat/nilai kepada produk pinjaman mereka. Beruntung bagi anda dan saya, sistem peringkat di semua website Indonesia menggunakan standar yang sama, yaitu alfabet dari A sampai E. Beberapa website menambahkan angka dibelakang huruf tersebut sebagai sub-class untuk memberikan klasifikasi lebih detail.

Singkat cerita, sama seperti rapor anak SD, peringkat pinjaman A merupakan pinjaman terbaik dari sisi likuiditas, yang berarti risiko gagal bayarnya paling kecil. Namun demikian, sesuai hukum dasar investasi, risiko kecil berarti bunga yang didapatkan juga paling kecil dibandingkan kelas pinjaman lainnya.

Menumpukkan seluruh dana anda hanya kedalam satu kelas pinjaman berarti melawan konsep diversifikasi. Apabila seluruh dana anda taruh di kelas A, memang berarti investasi anda cukup aman dari risiko gagal bayar, namun imbal balik yang anda terima tidak maksimal.

Sebaliknya, apabila menaruh seluruh dana pada pinjaman kelas rendah (C, D, dan E), terjadi risiko gagal bayar yang lebih tinggi meskipun investasi anda seharusnya tumbuh lebih cepat.Sehingga, cara yang paling baik adalah menaruh dana anda ke kelas investasi yang berbeda beda untuk menyeimbangkan bunga pinjaman dan risiko.

Tapi, kita tidak bisa sembarangan percaya dengan penilaian grade ini, karena setiap P2P lending punya standar penilaian yang tidak universal. Kitalah yang seharusnya memberikan penilaian sendiri secara objektif. Baca penjelasannya disini.

4. Jumlah Uang yang Diinvestasikan

Saya sebenarnya malas membahas yang satu ini, karena pasti sudah cukup jelas dalam praktiknya. Tapi ya sudahlah, sekalian saya mencuri kesempatan untuk SEO dalam artikel ini.

Percuma saja anda sudah membagi strategi diversifikasi berdasarkan tenor, kelas, dan website, bila ujung ujungnya anda tidak mengatur nominal investasi nya supaya menjadi proporsional.

Beberapa investor suka menghitung dan menerapkan secara detail jumlah investasi maksimal untuk setiap kelas dan tenor. Meskipun tidak ada yang salah dengan metode tersebut, saya lebih suka menggunakan rumus sederhana untuk menghemat waktu seperti dibawah ini:

Kelas PinjamanTenor
Pinjaman
Nilai Maksimal dari total dana  
APendek30% 
 Sedang15%
 Panjang5%
BPendek25% 
 Sedang10%
 Panjang5%
CPendek20% 
 Sedang5%
 Panjang0%
DPendek10% 
 Sedang0%
 Panjang0%
EPendek15% 
 Sedang0%
 Panjang0%

Tabel perhitungan tersebut bersifat cross-website, jadi misalnya untuk proporsi pinjaman kelas A dengan tenor pendek, sudah mempertimbangkan seluruh website lending yang ada di portfolio saya. Perhatikan bahwa jumlah persentase apabila ditotalkan lebih dari 100%, karena anda tidak perlu terlalu strict dengan perhitungan anda sendiri, dan sebaliknya harus fleksibel dan cepat mengubah strategi sesuai kondisi keuangan anda.

Misalnya, apabila anda sudah membatasi bahwa pinjaman kelas C dengan tenor diatas enam bulan secara total tidak melebihi Rp5 juta, maka berhentilah berinvestasi di kategori tersebut dan salurkan dana anda di kategori lainnya. Namun apabila anda tiba-tiba mendapatkan bonus dari kantor dan memiliki dana lebih untuk diinvestasikan, maka tidak ada salahnya menambahkan proporsi investasi di kelas C tenor sedang.

5. Klasifikasi/Kategori Investasi

Faktor yang kelima ini mungkin sama sekali tidak dipertimbangkan oleh kebanyakan investor, termasuk saya!

Klasifikasi/kategori investasi berhubungan dengan keperluan apa yang anda sedang danai.

  • Apakah untuk membiayai perusahaan membeli barang? — Berarti procurement financing.
  • Apakah untuk membantu orang yang tidak anda kenal untuk memperbaiki rumahnya? — Berarti pinjaman personal.
  • Apakah untuk membantu sebuah kampus meluncurkan program baru? — Berarti pinjaman edukasi.
  • Apakah untuk membantu petani mendistribusikan hasil panennya? — Berarti pinjaman agrikultural.

Masih banyak klasifikasi lainnya dengan istilah yang berbeda-beda sesuai dengan website masing-masing, misalnya teknologi, revolver, UKM (usaha kecil menengah), dan lain-lain. Klasifikasi pinjaman tidak berhubungan dengan kelas pinjaman. Yang berarti misalnya untuk invoice financing bisa saja ada yang kelas A maupun kelas E.

Sama seperti investasi saham, hal ini penting untuk menghindari risiko makro (faktor skala besar), misalnya regulasi atau kejadian baru yang mempengaruhi sektor industri tertentu. Misalnya dalam kasus wabah Corona tahun 2020, saya menyarankan untuk menghindari peminjam yang bekerja di sektor restoran dan pariwisata.

Penjelasan lebih lanjutnya dijelaskan disini.

Terima kasih telah membaca sampai bawah!

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

27 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. Terima kasih infonya Pak Adrian. Sy juga sudah baca beberapa artikel terkait P2P yg bpk tulis. Tulisan bpk sangat membantu sy sebagai pemula yg mencoba utk masuk ke investasi P2P. Mau tanya pak platform P2P apa saja yg tenornya pendek, cocok utk pemula seperti saja dan tentunya terpercaya dlm mengelola dana yg kita investasikan . Mohon masukannya. Terima kasih

  2. Jadi untuk diversifikasi tidak terlalu penting melihat faktor industri? Tapi di artikel bapak yang baru dijelaskan perlunya meninjau secara selektif, salah satunya soal industri ini?

  3. Untuk seorang mahasiswa seperti saya kadang terkendala dalam resgistrasi ketika harus mencantumkan NPWP. Adakah fintech p2p lending yang recommended untuk seorang mahasiswa seperti saya pak?

  4. Good web site! I truly love how it is easy on my eyes and the data are well written. I’m wondering how I could be notified whenever a new post has been made. I have subscribed to your RSS which must do the trick! Have a great day!

  5. Thank you, I have recently been looking for info about this subject for ages and yours is the best I’ve discovered till now. But, what about the bottom line? Are you sure about the source?

  6. Great ?V I should certainly pronounce, impressed with your website. I had no trouble navigating through all the tabs as well as related info ended up being truly easy to do to access. I recently found what I hoped for before you know it in the least. Quite unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, website theme . a tones way for your client to communicate. Excellent task..

  7. I’ve read several good stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I wonder how much effort you put to make such a excellent informative website.

  8. I don’t even know the way I ended up right here, however I thought this post used to be great. I do not understand who you’re but definitely you’re going to a well-known blogger should you are not already 😉 Cheers!

  9. Hi! I could have sworn I’ve been to this site before but after reading through some of the post I realized it’s new to me. Nonetheless, I’m definitely glad I found it and I’ll be book-marking and checking back often!

  10. I haven?¦t checked in here for a while as I thought it was getting boring, but the last several posts are great quality so I guess I will add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend 🙂

  11. Whats Going down i am new to this, I stumbled upon this I’ve found It absolutely helpful and it has aided me out loads. I’m hoping to contribute & help different users like its helped me. Good job.

  12. Magnificent goods from you, man. I’ve understand your stuff previous to and you are just extremely wonderful. I really like what you’ve acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still care for to keep it wise. I can’t wait to read far more from you. This is really a wonderful website.