Review Kredit Pintar dari sisi lender

Kredit Pintar telah berhenti menerima pendanaan segmen retail (dari sisi lender). Anda masih bisa mengajukan pencairan dana untuk pinjaman yang sudah jatuh tempo, namun setelah itu tidak bisa mendanai lagi. Hal ini tidak berpengaruh pada pengajuan pinjaman (dari sisi borrower). Sayangnya ketika mereka menutup sistem lender mereka, ada uang 150rb saya yang sampai sekarang tidak dikembalikan dan Customer Support merekapun tidak tahu bagaimana nasibnya.

Saya turut menyesalkan keputusan ini karena Kredit Pintar masuk daftar rekomendasi saya untuk investor dengan modal minim. Review di bawah ini masih tetap disajikan untuk keperluan edukasi dan histori, namun tidak akan pernah diperbaharui lagi.

Perlu dicatat bahwa Kredit Pintar tentu masih menerima lender/investor VIP maupun institusi. Bingung apa maksudnya? Baca penjelasannya disini.

Latar Belakang Perusahaan Kredit Pintar

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Saya mengenal Kredit Pintar dari acara Fintech Fair 2018 dimana mereka mengakui bahwa mereka masih baru. Hingga artikel ini ditulis pada Januari 2019, saya belum menemukan berita apapun tentang injeksi dana di Kredit Pintar. Website mereka hanya menginformasikan siapa pendiri mereka, tanpa informasi lain tentang tim atau latar belakang mereka.

Kuantitas Pinjaman Kredit Pintar

Kuantitas pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Kredit Pintar memiliki model lending konsumtif sehingga memiliki pinjaman tak terbatas. Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca di artikel ini.

Variasi Pinjaman

Variasi pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Semua pinjaman Kredit Pintar merupakan pinjaman personal.

Kendati demikian, Kredit Pintar memberikan variasi dari segi tenor. Tenor panjang memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan tenor pendek.

Kredit Pintar juga merupakan satu-satunya website (yang saya review) yang menyediakan funding VIP dimana minimum investasi menjadi sangat tinggi namun diimbangi oleh bunga yang lebih tinggi pula.

Apakah Kredit Pintar Aman?

Kredit Pintar terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Saat ini saya meragukan keamanan Kredit Pintar karena mereka mendadak menghilangkan seluruh produk pendanaan untuk lender/investor.

Apakah Kredit Pintar penipu?

Tenang saja, Kredit Pintar bukan penipu. (Kalimat ini hanya untuk mencuri SEO)

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.

Jumlah Minimal Investasi Kredit Pintar

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Konsisten di angka Rp10 ribu – LUAR BIASA! Angka ini hanya tersaingi oleh Crowde – yang bahkan memiliki model lending berbeda.

Hal ini menjadikan Kredit Pintar website lending konsumtif yang paling terbuka kepada seluruh lapisan masyarakat, mengingat lending konsumtif lainnya, Asetku, memiliki nominal investasi yang cukup besar. Easycash sendiri berada ditengah-tengah dengan angka Rp100 ribu.

Kualitas Customer Service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Kredit Pintar memiliki contact Whatsapp yang bisa dihubungi untuk berbagai pertanyaan. Saya kecewa dengan pelayanan mereka karena selain lambat dalam menjawab pertanyaan, jawaban mereka juga tidak nyambung alias ngaco.

Likuiditas Kredit Pintar

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Kekuatan utama Kredit Pintar adalah dalam segi likuiditas. Mereka memiliki satu produk unik dimana anda bisa menarik pinjaman anda kapan saja, mirip dengan deposito dari Jenius. Bunganya memang menjadi lebih rendah dibanding produk lending lainnya (dibawah 10 persen), tapi persentase ini jauh lebih tinggi daripada deposito dan bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin memberikan pinjaman namun takut akan adanya keperluan mendesak.

Aksesibilitas Kredit Pintar

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Skor sempurna untuk tampilan website Kredit Pintar. Interface sangat mudah dipahami dan sederhana. Kendati demikian design aplikasinya cukup memusingkan. Saya belum pernah menemukan masalah teknis apapun di website ini, namun untuk aplikasinya seringkali terjadi bug yang tidak bisa membedakan apakah anda pengguna baru atau bukan.

Kredit Pintar saat ini merupakan satu-satunya website lending yang menerima GoPay sebagai metode pembayaran.

Persentase Non Performing Loan (NPL) Kredit Pintar

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Belum ada informasi. Ekspektasi saya mereka tidak akan menginformasikannya karena mereka menggunakan seleksi dan pemilihan otomatis untuk memilih peminjam (menggunakan teknologi robot). Dengan model seperti ini, kegagalan mungkin terjadi namun dalam persentase yang sangat kecil sekali sehingga tidak mempengaruhi portfolio investor sama sekali.

Perlindungan Modal Investor Kredit Pintar

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Kredit Pintar memiliki asuransi pihak ketiga yang melindungi modal investor. Tidak ada informasi lebih lanjut berapa persen modal yang ditanggung bila terjadi gagal bayar.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Kredit Pintar Syariah atau Tidak?

Tidak.

Kualitas Program Referral Kredit Pintar

Saya telah menerima voucher hasil referral, yang bernilai Rp50 ribu untuk pendanaan minimal Rp100 ribu, namun saya belum mendapatkan informasi jelas tentang mekanisme program referral mereka.

Dampak Sosial Kredit Pintar

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Kurang baik karena anda mendanai pinjaman personal yang tidak jelas tujuannya untuk apa.

Kesimpulan

Kelebihan Kredit Pintar:

  • Sama seperti Asetku, pinjaman anda disebarkan otomatis ke peminjam yang tidak diketahui. Meskipun hal ini berdampak pada transparansi, setidaknya pinjaman yang bisa didanai menjadi tidak ada habisnya.
  • Dana yang anda taruh langsung dikembangkan tanpa perlu menunggu pinjaman terdanai penuh. 
  • Mereka menawarkan ‘investasi fleksibel’ dimana dana bisa ditarik kapan saja tanpa menunggu jatuh tempo!
  • Interface website sangat mudah dipahami dan sederhana.

Kekurangan Kredit Pintar:

  • Tidak transparan. Semua deskripsi pinjaman bertuliskan “jenis pinjaman dana tunai yang akan dapat membantu masyarakat” yang tidak menjelaskan apa-apa.
  • Semua pinjaman merupakan pinjaman personal.
  • Aplikasi Android banyak masalah teknis.

Rekomendasi

Sebagai pemain baru, kelihatannya cukup menjanjikan. Sangat bisa dibandingkan dengan Asetku karena karakteristiknya yang mirip.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Kredit Pintar?

  • Investor dengan modal minim.
  • Investor yang membutuhkan likuiditas sangat tinggi.
  • Investor yang ingin uangnya bisa ditarik kapan saja.

Apabila tertarik, daftar di Kredit Pintar menggunakan link referral saya tersebut untuk mendapatkan bonus.

Demikian ulasan/review saya tentang Kredit Pintar. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Kredit Pintar, serta membantu anda menentukan apakah Kredit Pintar aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

12 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

    • Walah, saya bukan pihak Kreditpintar mas. Saya hanya penulis yang kebetulan meninjau Kreditpintar, jadi mohon maaf saya tidak bisa membantu. SIlahkan menghubungi Kreditpintar secara langsung, dan semoga masalahnya cepat kelar ya. Salam.

  1. I got what you intend, thanks for putting up.Woh I am delighted to find this website through google. “If one does not know to which port one is sailing, no wind is favorable.” by Seneca.

  2. My programmer is trying to persuade me to move to .net from PHP. I have always disliked the idea because of the expenses. But he’s tryiong none the less. I’ve been using WordPress on numerous websites for about a year and am nervous about switching to another platform. I have heard excellent things about blogengine.net. Is there a way I can import all my wordpress posts into it? Any help would be really appreciated!

  3. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You clearly know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your weblog when you could be giving us something informative to read?

  4. Isso pode ser irritante quando seus relacionamentos são interrompidos e o telefone dela não pode ser rastreado. Agora você pode realizar essa atividade facilmente com a ajuda de um aplicativo espião. Esses aplicativos de monitoramento são muito eficazes e confiáveis ​​e podem determinar se sua esposa está te traindo.