Review Glotech Do-It – P2P Lending Terburuk Indonesia

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Glotech Do-It dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 30 April 2019

Latar Belakang Perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Nama legal dari P2P lending ini adalah Glotech Prima Vista, mempunyai kantor di Plaza Marien Lt. 11. Hanya itu informasi yang bisa saya dapatkan tentang fintech ini, sehingga kesan saya cukup buruk terhadap transparansi mereka. Halaman LinkedIn mereka bahkan tidak bisa diakses.

Artinya latar belakang perusahaan ini cukup misterius sehingga saya ragu akan kredibilitasnya.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Do-It merupakan consumptive lending seperti Asetku, Kredit Pintar, dan Easycash, sehingga jumlah pinjaman yang ada di sini tidak ada habisnya. Bila anda bingung bagaimana hal ini bisa terjadi, sempatkan membaca artikel ini untuk penjelasannya.

Anda tidak perlu khawatir bagaimana mendiversifikasi pinjaman di Do-It karena sistem mereka secara otomatis menyebarkan pinjaman anda.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Hanya ada dua jenis pinjaman yang anda bisa danai disini. Bunga 8% dengan jangka waktu satu bulan, atau bunga 10% dengan jangka waktu tiga bulan. Sangat sederhana. Tidak ada latar belakang peminjam yang bisa dilihat atau informasi lainnya tentang pendanaan.

Apakah Glotech Do-It Aman?

Saya cukup meragukan keamanan Do-It karena kualitas teknis dan timnya yang buruk.

Apakah Glotech atau Do-It ini penipu?

Sebenarnya tidak, karena Glotech terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Namun mereka terlihat tidak niat menjalankan bisnis. Terlihat dari tingginya persentase gagal bayar serta rendahnya kualitas pelayanan mereka.

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Rp200 ribu, dan ada juga nominal MAKSIMAL yaitu Rp50 juta. Saya tidak tahu apakah anda bisa melakukan investasi dengan nilai tidak bulat atau tidak (misalnya menambahkan nominal ribuan dan ratusan perak). Saya tidak mau mencoba berinvestasi disini karena kualitas layanannya yang buruk.

Kualitas Customer Service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Sangat sangat buruk sekali sampai saya mencurigai mereka sebagai penipu. Jauh lebih buruk daripada CROWDE yang dulu sempat membuat saya khilaf.

Saya berusaha mengajukan pertanyaan umum, dan mereka memerlukan verifikasi bahwa saya terdaftar di aplikasi mereka. Saya berikan nomor terdaftar saya dan mereka bilang saya tidak terdaftar, sehingga saya memberikan nomor saya yang satunya lagi (khawatir saya tertukar nomornya karena lupa). Dan mereka masih juga bilang saya tidak terdaftar, sehingga saya sampai harus mengirimkan screenshot akun saya di dalam aplikasi.

Yang aneh adalah, untuk apa verifikasi bahwa anda terdaftar di suatu website hanya untuk mengajukan pertanyaan umum? Semua orang berhak mendapatkan informasi yang sejelas-jelasnya sebelum mereka menggunakan produk tertentu. Benar kan?

Lalu, orang yang membalas e-mail saya ini tidak memasang identitas apapun, padahal umumnya setiap customer service memasang alias untuk mempermudah identifikasi dalam proses complaint, entah menggunakan nama asli atau nama panggilan. Hal ini benar-benar mencurigakan.

Jadi, jangan berharap banyak dari pelayanan Glotech Do-It. Mungkin mereka penipu, mungkin juga bukan, tapi lebih baik hindari dan cari alternatif lain yang jauh lebih baik.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Likuiditas Do-It cukup baik mengingat adanya pilihan tenor satu bulan dan pengembangan dana anda tidak perlu menunggu pinjaman terdanai penuh.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimalnya masalah teknis.

Design website Do-It sederhana dan mudah digunakan, namun menurut saya saking terlalu sederhananya sampai-sampai tidak menyediakan informasi penting yang dicari oleh lender baru seperti saya.

Persentase Non Performing Loan (NPL)

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh modal anda.

Do-It menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) per 30 April 2019, Do-It menunjukan angka 72.6% yang berarti 27% pinjamannya gagal bayar. Sungguh buruk sekali! Saya terus terang takut investasi disini melihat tingginya persentase gagal bayar.

Perlindungan Modal Investor

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Belum ada informasi. Akan saya tanyakan ke tim mereka via e-mail.

Melihat kualitas customer service mereka yang benar-benar ampas tidak mau menjawab pertanyaan umum, saya yakin soal ini tidak akan diberitahu sama sekali.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau Tidak?

Tidak.

Kualitas Program Referral

Tidak ada program referral.

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Karena anda fokus mendanai consumptive loan (pinjaman perseorangan untuk kebutuhan pribadi), maka menurut saya dampak sosialnya kurang baik. Tentu saja anda bisa tidak setuju dengan saya, mengingat belakangan ini pinjaman perseorangan juga digunakan untuk tujuan yang cukup baik seperti pengobatan dan tujuan sosial.

Kesimpulan

Kelebihan Glotech Do-It:

  • Sangat mudah digunakan. Hanya pilih dua jenis pinjaman.

Kekurangan Glotech Do-It:

  • Bunga relatif kecil dibandingkan P2P lending lainnya.
  • Dampak sosial yang terbatas.
  • Latar belakang perusahaan yang kurang jelas.
  • Tim customer service yang sangat hina dan tak berguna.
  • Persentase gagal bayar yang tinggi.

Rekomendasi

Maaf bila review ini cukup singkat dan tidak lengkap, karena saya memang bingung harus menulis apa lagi. Website ini cocok bagi anda yang malas belajar investasi dan mau asal pencet-pencet dapat uang saja, berhubung pilihan produknya sangat sederhana. Namun Asetku dan Easycash juga cukup mudah digunakan dan menawarkan bunga yang jauh lebih tinggi, jadi sulit bagi saya mencari segmen investor yang cocok untuk website ini, apalagi dengan kualitas tim customer service-nya yang sangat hina dan layak dimasukkan ke jamban.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Sini?

  • Saya juga tidak tahu. Tolong beritahu saya di comment bagian bawah.

Bandingkan website P2P lending lain? Agar kamu sadar bahwa Glotech adalah yang terburuk dari yang terburuk seluruh Indonesia.

Advertisements

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

1 Response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.