KawanCicil Review


Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Kawancicil dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 17 Juli 2019

Latar Belakang Perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Nama legal dari P2P lending ini adalah PT. Kawan Cicil Teknologi Utama. Menurut informasi dari website lowongan TechInAsia, jumlah karyawan di perusahaan ini tidak lebih dari 10 orang (meskipun kemungkinan informasi ini tidak update). Mereka terdaftar di OJK bulan Juni 2018 yang menandakan umur usahanya masih tergolong baru dibanding P2P lending lainnya.

Banyak dari staff mereka yang memiliki profil publik di Linkedin, sehingga mereka cukup transparan dengan latar belakang perusahaan mereka. Hal ini tentu meningkatkan kepercayaan saya terhadap kredibilitas mereka.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Saya melihat cukup banyak pinjaman yang tersedia, namun ada kejanggalan yang signifikan, yaitu nominal pendanaan yang diminta sangatlah kecil yakni1 juta rupiah per pinjaman, disertai dengan waktu penggalangan dana yang relatif singkat yaitu dibawah 1 minggu. Jadi, meskipun jumlah pinjamannya banyak, namun ‘pool’ (limit/plafon/batas) untuk menaruh uang anda disini sebenarnya tidak banyak, apalagi kalau harus dibagi bersama lender lainnya. Sebagai perbandingan, website lending lainnya biasanya memiliki nilai pinjaman puluhan bahkan ratusan juta rupiah, sehingga satu pinjaman bisa menampung banyak dana dari berbagai lender.

Hal ini mungkin membuat pusing pemula yang kaget melihat banyaknya pinjaman yang mirip, karena sayapun bingung melihatnya.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Semua Pinjaman yang saya lihat memiliki grade A. Ada dua kemungkinan disini. Kemungkinan pertama bahwa memang semua pinjaman tersebut berkualitas aman (rendah resiko), atau kemungkinan kedua bahwa KawanCicil menilai pinjaman secara subjektif supaya kita sebagai lender diberikan persepsi palsu bahwa seluruh pinjaman di Kawancicil berkualitas aman. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, tidak ada standarisasi perihal penilaian pinjaman oleh para penyelenggara P2P lending. Pinjaman grade A di website tertentu bisa saja dinilai sebagai grade C di website lainnya.

Dari segi tenor, hampir semuanya di angka 3 minggu, hanya ada satu yang lebih lama sedikit. Untuk bunga pun semua konsisten di angka 16.06% per tahun. Dari sisi peminjam, semua pinjaman yang saya lihat saat review ini ditulis berasal dari
PT SOS Indonesia atau PT The Service Line (TSL).

Kesimpulannya? Variasi pinjaman disini cenderung sempit.

Apakah Kawancicil Aman?

Ya, Koinworks terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Apakah Kawancicil penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Kawancicil. Saya terus terang belum sempat mendanai dan menarik uang di Kawancicil sehingga tidak bisa berkomentar berdasarkan pengalaman pribadi.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di Kawancicil, hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi p2p lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan Kawancicil.

Jadi, jelas Kawancicil bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam p2p lending, baca artikel ini

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Saya kutip langsung dari email mereka:

“untuk nominal minimal investasi sebesar Rp. 1.000.000 untuk pinjaman dengan nilai minimal Rp. 1.000.000 sampai Rp. 2.000.000.000.

Untuk nilai pinjaman Rp. 500.000 dan Rp. 750.000 harus melakukan pendanaan secara full.”

Jadi, nominal investasinya cukup besar dibanding website lainnya. Anda juga harus menambahkan nilai investasi sesuai kelipatan minimal investasi, jadi bunga hasil retur pendanaan sebelumnya tidak bisa langsung diinvestasikan kembali.

Kualitas customer service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Email saya dibalas dalam hitungan jam. Luar biasa cepat.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Tentu sangat bagus, meningat tenor pinjaman rata-rata berada di angka 21 hari, serta nominal pinjaman yang relatif kecil berarti bahwa pinjaman cepat terdanai.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Design website Kawancicil sederhana dan mudah digunakan, namun menurut saya saking terlalu sederhananya sampai-sampai tidak menyediakan informasi penting yang dicari oleh lender baru seperti saya.

Persentase Non Performing Loan

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Saya kutip langsung dari email mereka:

” Nilai NPL saat ini sebesat 0% dimana menunjukkan belum adanya kegagalan pembayaran.  ” (April 2019)

Kawancicil juga menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Kawancicil menunjukan angka 100% yang berarti tidak ada pinjamannya yang gagal bayar. Sungguh luar biasa!

Perlindungan Modal Investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Tidak ada informasi. Namun melihat rekor pinjamannya yang lancar semua, harusnya tidak memerlukan perlindungan apapun (untuk saat ini)

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau Tidak?

Tidak.

Kualitas program referral

Tidak ada program referral

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Kawancicil fokus pada pendanaan di tingkat perusahaan untuk menalangi biaya pembelian (invoice financing yang juga umum di p2p lending lain). Perusahaan-perusahaan yang meminjam disini tergolong perusahaan menengah, bukan UMKM sehingga pendanaan anda dampaknya biasa-biasa aja (tanpa anda, merekapun tidak akan bangkrut)

Kesimpulan

Kelebihan Kawancicil:

  • Pinjaman dengan nominal kecil sehingga cepat terdanai
  • Selain itu, tenor pinjaman pendek berarti adanya likuiditas maksimal
  • Semua pinjamannya Grade A, meskipun saya ragu benar-benar dinilai objektif atau tidak

Kekurangan Kawancicil:

  • Tidak ada variasi di pinjaman. Semuanya satu grade dan berasal dari peminjam yang sama, tenornya sama semua juga
  • Tidak ada informasi yang jelas tentang perusahaan maupun kebijakan mereka
  • Apabila nanti peminjam disini sudah menjadi cukup banyak, kemungkinan akan terjadi dana nganggur

Rekomendasi

Kawancicil adalah p2p lending baru yang masih perlu meningkatkan banyak hal, sehingga saya belum bisa merekomendasikan anda untuk mendanai disini. Kendati demikian, bila anda merasa opsi lain anda saat ini minim atau tidak memuaskan, tidak ada salahnya mencoba mendanai disini. Saya memang merekomendasikan website lending hanya yang terbaik, namun saya juga tidak ingin pemain baru langsung tewas karena tidak diberi kesempatan.

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Lender yang mengutamakan likuiditas namun tidak suka mendanai di consumptive loan
  • Lender yang ingin melihat industri lending Indonesia maju sehingga mau mendanai para pemain baru

Bandingkan website p2p lending lain?

3 thoughts on “KawanCicil Review

  1. Mohon kejelasan nya , saya atas nama Akbar Ali sudah mengajukan pinjaman dua hari yg lalu , dan blm jg ada balasan pencairan dana nya

    Like

    1. mana saya tahu bro? Saya kan bukan tim Kawancicil, kenapa nanya disini? Kenapa anda tidak langsung hubungi mereka saja?

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.