Review Sweet Escape Bahasa Indonesia

Artikel ini menggunakan struktur piramida. Poin penting dibahas singkat di bagian awal dan penjelasan mendetail menyusul dibawah.

Mencari Kode Referral Sweet Escape? Gunakan kode saya untuk mendapatkan bonus:
1FSRH

Kesimpulan

Baik atau tidaknya pengalaman kamu menggunakan Sweet Escape hanya bergantung pada satu faktor: Siapa fotografer yang kamu dapatkan.

Hal ini karena tim Sweet Escape sendiri sebenarnya cukup baik (customer service maupun editor), namun banyak fotografer Sweet Escape yang kemampuan fotografi dan/atau etos kerjannya kurang baik.

Kualitas Fotografer

Benar-benar bagai membeli kucing dalam karung. Saya telah berdiskusi dengan beberapa teman saya yang juga menggunakan layanan Sweet Escape dan semuanya setuju kalau kualitas satu fotografer bisa berbeda jauh dengan fotografer lainnya.

Sebenarnya hal ini wajar dalam dunia seni karena fotografer sebagai seniman punya visi kreatif yang berbeda-beda. Sweet Escape sudah memitigasi masalah ini dengan cara mensentralisasikan tim editing foto di Bali alias tidak memperbolehkan setiap fotografer mengedit karyanya sendiri.

Namun dari segi kemampuan fotografinya sendiri, Sweet Escape nampaknya masih perlu berbenah banyak. Saya mendapatkan seseorang yang sebenarnya merupakan graphic designer, bukan fotografer. Ia hanya membawa satu buah lensa 24mm f1.4 yang meskipun bagus, namun memiliki banyak limitasi dalam suatu sesi fotografi.

Teman saya yang lainnya mendapatkan seorang fotografer yang hanya bermodalkan lensa kit Sony 16-50. Saya tidak mempermasalahkan bahwa lensa kit itu tidak pantas digunakan untuk pekerjaan profesional. Tiga karya saya yang memenangkan lomba fotografi semuanya difoto menggunakan lensa kit 18-55. Namun sebagai profesional, harusnya membawa lensa lain untuk fleksibilitas memenuhi keinginan client. Bagaimanapun juga ada beberapa jenis foto yang tidak bisa didapatkan dengan lensa kit.

Hebatnya, fotografer teman saya yang bermodalkan lensa kit itu juga mengancam teman saya agar memberikan tip kepada dirinya. Apabila tidak, ia berkata bahwa ia tidak akan menyerahkan seluruh foto yang ia jepret ke tim Sweet Escape.

Layanan Customer Service

Kabar baiknya, pelayanan dari Sweet Escape tergolong memuaskan untuk saya, meskipun teman saya ada yang tidak setuju dengan pernyataan saya ini.

Saya memang hanya memberikan rating 3 bintang untuk sesi pertama saya bersama sweet escape, namun saya tidak mengirimkan keluhan tertulis apapun. Mereka menghubungi saya dan bertanya mengapa saya hanya memberikan 3 bintang, sehingga sayapun dengan senang hati menceritakan kekecewaan saya berikut ini:

  1. Saya mendapatkan jatah 70 foto dan kesulitan menghabiskan kuota tersebut karena banyak foto yang mirip (hanya diambil dalam mode burst) atau memang kurang bagus
  2. Fotografernya datang terlambat dan pulang lebih awal

Mereka merespons lumayan cepat (dalam hitungan menit) dan tidak terkesan cuek menginvestigasi masalah saya. Setelah saya melampirkan bukti-bukti yang memperkuat komplain saya, mereka berkata akan mendiskusikan solusi terbaik secara internal.

Resolusi dari Mereka

Dua hari kemudian, mereka memberikan $50 credit kepada saya dan menambahkan jumlah foto yang bisa saya pilih di sistem mereka. Anehnya, foto-foto yang baru ditambahkan tersebut hampir semuanya bagus-bagus! Saya tidak paham kenapa foto-foto tersebut tidak masuk dalam screening pertama. Apakah karena editornya tidak suka, atau karena fotografer nya memang tidak mengirimkan.

Oh iya, mereka sebenarnya sempat melakukan kesalahan dengan menambahkan foto-foto orang asing di album saya. Saya yakin ini hanya masalah human error yang sangat jarang terjadi, namun saya tidak bisa berhenti tertawa ketika hal tersebut terjadi. Mereka bisa menghadapi masalah legal serius apabila saya penduduk Amerika yang sangat sensitif terhadap isu privasi :p

Banyak yang bertanya kepada saya: “Kenapa kamu tidak minta refund saja? Kalau credit kan harus dipakai untuk Sweet Escape lagi. Kalau saya jadi kamu sih gamau lagi pake Sweet Escape, kan sudah dikecewakan”. Saya punya dua alasan:

  1. Seperti yang saya sudah sebutkan sebelumnya, kualitas sesi Sweet Escape sangat tergantung dari fotografernya. Saya ingin memberikan kesempatan kedua pada mereka.
  2. Sebagai orang yang pernah bekerja sebagai customer service sebelumnya, saya sangat menghargai customer service Sweet Escape yang sudah rela susah-susah menginvestigasi masalah saya.

Tips Setelah Booking Terbayar

Anda sebaiknya stalk, research, dan telaah baik baik fotografernya. Memang nama belakang mereka tidak dimunculkan di aplikasi, namun anda boleh bertanya pada fotografer tersebut lewat fitur chat. Mintalah nama belakang mereka dan link ke portfolio mereka. Cek apakah karya karya mereka lumayan memuaskan.

Apabila anda kurang sreg atau merasa kurang oke, maka anda berhak menghubungi tim Sweet Escape untuk memohon pergantian. Anda tentunya harus menyampaikan alasan yang cukup kuat, jadi pintar pintarlah mengarang kalimat yang meyakinkan, kalau perlu pura pura marah atau nangis (?)

Selain meneliti soal fotografernya, anda juga harus mempersiapkan konsep foto apa yang akan ada jalankan. Setiap fotografer Sweet Escape sebenarnya sudah punya template atau acuan sendiri yang bisa mereka gunakan apabila anda tidak memiliki konsep, tapi alangkah baiknya anda juga punya konsep yang bisa ditawarkan sehingga hasil foto anda lebih bervariasi dan memuaskan karena sesuai keinginan anda. Komunikasikan konsep yang anda inginkan, sedetail mungkin (kalau perlu sertakan foto acuan) kepada fotografer lewat chat aplikasi Sweet Escape.

Hal terakhir yang perlu diteliti adalah lokasi spesifik untuk sesi foto. Anda bisa meminta rekomendasi tempat foto ke sang fotografer, atau menentukan sendiri lokasi persisnya. Manapun yang anda pilih, anda wajib meneliti hal-hal berikut:

  1. Apakah ada biaya tambahan seperti tiket?
  2. Apakah diperbolehkan melakukan sesi fotografi disana?
  3. Seberapa luas tempat tersebut? Tempat yang sempit, apalagi kalau ramai, pasti menyulitkan anda
  4. Berapa jenis latar belakang, yang bisa dipakai di tempat tersebut? Meskipun anda memilih sesi 2 jam foto, kemungkinan besar waktu tersebut hanya bisa digunakan di satu tempat, karena berpindah tempat akan memakan waktu apalagi kalau berjauhan
  5. Peak hour (jam ramai) di tempat tersebut. Lebih baik memilih jam dimana tempat tersebut tidak ramai. Google menyediakan informasi ini untuk beberapa tempat. Jangan khawatir, anda berhak mengajukan pergantian waktu kepada tim Sweet Escape.

Tips Persiapan Sebelum Sesi

Hal paling penting adalah jangan datang telat. Kalau perlu kamu datang 30 menit lebih awal untuk mempelajari lokasi, memikirkan konsep pemotretan, membeli tiket dahulu (bila perlu) dan yang paling penting menentukan lokasi bertemu (meeting point).

Pilihlah lokasi bertemu yang tidak mungkin ambigu, misalnya tempat pembelian tiket, gerbang utama, atau toilet, sehingga sang fotografer mudah menemukanmu. Beritahukan juga kamu pakai baju apa agar mudah diidentifikasi.

Ketika kamu sudah tiba, jam berapapun itu, kamu harus secepat mungkin mengirim pesan “im here” kepada sang fotografer. Hal ini penting agar kamu memiliki bukti bahwa kamu tidak datang terlambat. Bila tidak, fotografer mereka mungkin akan berbohong ke tim Sweet Escape dengan berkata bahwa kamu datang terlambat.

Menurut aturan resmi Sweet Escape, durasi pemotretan mulai dihitung ketika kamu telah bertatap muka dengan sang fotografer. Namun beberapa fotografer yang baik hati akan menghitung durasi ketika gambar pertama telah diambil. Hal ini murni kebijakan dan kebaikan setiap fotografer masing-masing, jadi jangan memilih lokasi ketemuan yang terlalu jauh dari lokasi pemotretan, karena kamu bisa membuang buang waktu berjalan kaki (kecuali sepanjang perjalanan tersebut ada spot-spot foto juga!)

Tips Saat Sesi Telah Mulai

Semalu apapun dan segugup apapun kamum janganlah takut untuk berkata TIDAK apabila kamu tidak nyaman difoto dalam posisi tertentu, dan juga jangan takut untuk memberikan perintah, masukan, saran, dan pendapat kepada sang fotografer. Ingat – kamu membayar mereka, jadi kamu punya hak penuh untuk menyampaikan isi hatimu.

Menimbang pengalaman teman saya yang ditodong uang tambahan dengan ancaman bahwa ia tidak akan mengumpulkan semua foto fotonya ke tim Sweet Escape, jangan pernah mau dibodohi dengan trik ini. Bilang saja “tidak, terima kasih”, dan ketika sesi selesai, langsung laporkan tindakan tersebut ke tim Sweet Escape. Mereka akan menindaklanjuti langsung dan pasti akan lebih percaya pada ucapanmu.

Yang terakhir, jangan mau dirugikan secara waktu. Dalam kasus saya, fotografer saya menyelesaikan sesi 30 menit lebih awal daripada yang seharusnya. Ia berkata bahwa hal tersebut sangatlah normal, dan langsung pulang tanpa bertanya apakah saya ingin berfoto lagi. Hal ini yang menjadi basis komplain saya sehingga mendapatkan kompensasi dari tim Sweet Escape. Bila kamu memang sudah berfoto di semua tempat yang kamu inginkan dan masih ada sisa waktu, maka gunakanlah sisa waktu tersebut untuk mengambil candid candid , snapshot, atau bahkan foto portrait tanpa latar belakang. Kecuali bila kamu memang sudah sangat lelah dan tidak mood untuk foto lagi, maka silahkan saja mengakhiri lebih awal.

Setelah Sesi

Semoga saja sesi foto kamu memuaskah. Namun apabila tidak, seperti yang sudah saya bilang, jangan takut untuk mengajukan complaint ke tim Sweet Escape. Tanda – tanda bahwa sesi kamu layak di komplain antara lain:

  1. Kamu merasa jumlah foto yang bisa dipilih tidak banyak, alias kamu sulit menghabiskan seluruh kuota download karena sempitnya pilihan
  2. Kamu merasa melakukan suatu pose yang bagus sekali namun tidak ada dalam daftar pilihan
  3. Banyak foto yang mirip, hanya dijepret menggunakan mode burst dan semuanya dikumpul bersamaan

Lampirkan dua hal berikut untuk memperkuat komplain kamu:

  1. Screenshot (tangkapan layar) dari percakapan kamu dengan sang fotografer
  2. Data EXIF dari foto – foto yang kamu sudah download. Apabila kamu tidak paham apa EXIF itu, hubungi saya atau baca https://en.wikipedia.org/wiki/Exif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.