Pahami Dulu Kamus Besar Bahasa Indonesia

Sumber: https://kbbi.kemdikbud.go.id

Sebelum anda berdebat dengan orang lain soal agama, ada baiknya anda memahami definisi kata-kata dibawah ini agar anda sadar sebenarnya sedang membela siapa (atau apa) sehingga tidak buang buang waktu anda atau orang lain.

Siapa yang dibela? Agama, Iman, Aliran, Ajaran, Pemahaman, atau Kepercayaan?

Agama

  • ajaran, sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta manusia dan lingkungannya:— Islam; — Kristen; — Buddha

Agama itu sederhana. Lihat saja KTP anda. Ditulisnya apa? Ya sudah, itu agama anda. Gitu aja kok repot. Agama itu melekat dengan identitas anda sebagai warga negara. Agama sama kompleksnya dengan kewarganegaraan karena merupakan suatu sistem.

Sistem itu kompleks dan terdiri dari berbagai faktor lainnya yang dijelaskan dibawah ini.

Iman

  1. kepercayaan (yang berkenaan dengan agama)
  2. keyakinan dan kepercayaan kepada Allah, nabi, kitab, dan sebagainya:— tidak akan bertentangan dengan ilmu
  3. ketetapan hati; keteguhan batin; keseimbangan batin

Kalau anda bilang anda pengikut Yesus, itulah iman. Tidak peduli apa agama anda di KTP. Anda bisa saja dianggap negara orang Kristen namun iman anda sebenarnya Muslim.

Iman adalah tingkatan tertinggi dari isi hati anda. Iman mirip dengan agama karena sama sama kompleks. Namun perbedaannya agama memiliki sistem yang jelas, tertulis dengan banyak aturan, sedangkan iman sangat relatif karena berhubungan dengan hati, bukan sistem.

Aliran

  1. sesuatu yang mengalir (tentang hawa, air, listrik, dan sebagainya):~ hawa; ~ listrik
  2. sungai kecil; selokan:di daerah pegunungan itu banyak ~ yang jernih
  3. saluran untuk benda cair yang mengalir (seperti pipa air):gas ini patah ~nya
  4. haluan; pendapat; paham (politik, pandangan hidup, dan sebagainya):~ politik; ~ falsafah modern
  5. n Fis gerakan maju zat cair (fluida), misalnya gas, uap, atau cairan secara berkesinambungan

Kalau anda bilang anda aliran agnostik, itu ya aliran anda. Ada aliran-aliran lain dari agama dan iman yang sama. Aliran adalah pendapat, jadi tidak berarti absolut benar. Setiap orang punya pendapat masing-masing.

Banyaknya aliran yang berbeda beda karena perbedaan ajaran, dijelaskan selanjutnya:

Ajaran

  1. segala sesuatu yang diajarkan; nasihat; petuah; petunjuk:ia senantiasa memegang teguh ~ orang tuanya
  2. paham:~ terlarang

Ajaran itu muncul dari orang lain, masuk ke kuping dan otak kita. Ajaran membentuk pemahaman, dan keduanya murni opini belaka, karena opini membentuk opini. Fakta bisa membentuk opini, opini bisa membentuk opini, fakta bisa membentuk fakta, namun opini tidak akan bisa membentuk fakta karena tidak mengandung data.

Ajaran yang berbeda-beda bisa muncul karena ada muncul pemahaman yang berbeda. Orang yang menerima ajaran sama bisa saja memiliki pemahaman berbeda, dan akhirnya membuat ajaran baru yang sesuai dengan kepercayaan mereka.

Pemahaman

  • proses, perbuatan memahami atau memahamkan:~ bahasa sumber dan bahasa sasaran sangat penting bagi penerjemah

Pemahaman terbentuk dari hasil persepsi otak kita terhadap sesuatu yang kita terima, yaitu ajaran. Kita bisa menerima atau menolak suatu ajaran, sehingga menimbulkan kepercayaan. Bisa saja ajaran kita tolak mentah-mentah, kita ubah sesuai mau kita, atau kita terima begitu saja. Baru dari situ, terbentuklah kepercayaan.

Pemahaman yang berbeda, seperti yang dijelaskan sebelumnya, bisa menimbulkan ajaran baru.

Kepercayaan

  1. anggapan atau keyakinan bahwa sesuatu yang dipercayai itu benar atau nyata:~ kepada makhluk halus masih kuat sekali di lingkungan petani
  2. sesuatu yang dipercayai:adanya roh penunggu pohon merupakan ~ penduduk desa itu
  3. harapan dan keyakinan (akan kejujuran, kebaikan, dan sebagainya):hal itu dapat menghilangkan ~ rakyat kepada pemimpinnya
  4. orang yang dipercaya (diserahi sesuatu dan sebagainya):pemimpin itu sedang berunding dengan orang-orang ~nya dari daerah
  5. sebutan bagi sistem religi di Indonesia yang tidak termasuk salah satu dari kelima agama yang resmi:tokoh itu adalah penganut aliran ~

Orang yang punya agama sama dengan anda belum tentu punya kepercayaan yang sama.

Orang yang punya iman sama dengan anda belum tentu punya kepercayaan yang sama.

Orang yang punya aliran sama dengan anda belum tentu punya kepercayaan yang sama.

Karena ada opini yang terbentuk saat proses pengajaran dan pemahaman. Opini terbentur atau diperkuat dengan opini lainnya. Kepercayaan tumbuh akibat proses mengolah ajaran yang ‘mentah’ menjadi kepercayaan yang ‘matang’

Pemikiran

  • proses, cara, perbuatan memikir:problem yang memerlukan ~ dan pemecahan

Pemikiran bersifat sementara, karena merupakan proses saja -karena Setiap proses ada hasilnya atau berujung kosong. Hasilnya bisa saja membuat kepercayaan baru, atau mengubah pemahaman, sehingga ajaran yang sebelumnya diterima pun bisa tiba-tiba ditolak. Bisa juga tidak membuahkan hasil apa apa.

Jadi?

Agama (sistem) > Iman (hati) >Aliran (cabang) > Ajaran (komunikasi) > Pemahaman (persepsi) > Kepercayaan (diyakini) > Pemikiran (perbuatan) –> Kepercayaan Baru –> Pemahaman Baru –> Ajaran Baru –> Aliran Baru.

Sekian. Daripada merasa kepercayaan sendiri paling benar, lebih baik mencoba mencari kesalahan ahli bahasa Indonesia. Jangan-jangan, definisi yang disajikan KBBI itu sesat. Hehe.

GBU

Advertisements

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.