Berbagai Asuransi Yang Cukup Nyentrik

Saya tidak jualan asuransi dan tidak juga mendapatkan komisi apapun bila anda memilih produk yang saya ceritakan disini. Apabila tertarik, silahkan pilih agen masing-masing karena tidak ada kode referral atau pihak yang bisa saya referensikan 😀

Asuransi jiwa dan kesehatan tentunya sudah kelewat mainstream dan dimiliki sebagian besar orang. Karena blog saya ini memang fokus membahas instrumen investasi yang kurang konvensional, maka dalam tulisan kali ini pun saya akan membagikan beberapa asuransi aneh tapi berguna yang saya pernah dengar.

Sompo – Wallet Xtra Guard

Wallet Xtra Guard ini mungkin tergolong asuransi yang jarang dilirik orang, yaitu perlindungan barang mewah. Barang mewah yang dilindungi, sesuai namanya, adalah tas tangan dan dompet.

Sompo mungkin sadar kalau kebanyakan orang mungkin memiliki tas dan dompet yang tidak semahal makanan sultan, sehingga asuransi ini memberikan manfaat tambahan untuk ganti rugi atas tagihan kartu kredit CIMB Niaga yang tidak sah ketika perampokan terjadi. Menurut saya, justru manfaat ini yang paling berguna dari asuransi ini.

Manfaat lainnya adalah ganti rugi kepada pihak ketiga dan santunan rawat inap. Kedua manfaat ini jelas kurang penting, mengingat hampir tidak mungkin anda dilukai sampai rawat inap ketika perampokan terjadi. Saya juga tidak bisa membayangkan kalau sampai ada pihak ketiga yang turut dirugikan ketika ada dirampok.

Kekurangannya dari asuransi ini adalah

  • Harus menjadi pengguna kartu kredit CIMB terlebih dahulu
  • Hanya berlaku bagi perampokan, bukan pencopetan. Apabila dompet anda dicuri diam-diam, maka asuransi tidak melindunginya. Tapi hal ini bisa dimanipulasi kalau anda rela berbohong saat proses claim 🙂
  • Kalau tas dan dompet anda super mahal (diatas 50 juta) asuransi ini tidak akan bisa mengcover harga beli tas atau dompet anda
  • Ada perhitungan depresiasi yang cukup sadis

Saya mengambil asuransi ini murni karena iseng, dengan premi yang murah hanya 759.000 per tahun. Bila anda juga tertarik mengambil asuransi ini, jangan lupa selfie dengan dompet dan tas tangan anda serta menscan/foto struk pembelian dompet dan tas tangan anda, karena dua hal tersebut akan diperlukan saat proses claim.

Tecprotec

Bagi anda yang ganti hp setiap tahunnya, harusnya cukup familiar terhadap nama Tecprotec. Beberapa tahun lalu, mereka gencar-gencarnya menjual produk dengan menaruh sales mereka di seluruh toko HP seluruh Jakarta (mungkin juga kota lain, tapi saya tidak tahu).

Tecprotec juga merupakan asuransi barang mewah, dimana yang dilindungi adalah HP anda. Asuransi Tecprotec melengkapi kekurangan garansi resmi HP anda yang hanya menjamin tidak adanya cacat produksi pada hp anda. Semua asuransi HP, tidak terkecuali merk dan tipe apapun, hanya memberikan garansi cacat produksi tersebut.

Sehingga bila anda ingin punya garansi yang melindungi hp anda bila sampai jatuh, terkena cairan, digigit anjing, bahkan pergantian rugi bila dicopet , anda terpaksa membeli asuransi Tecprotec.

Permasalahan utama dengan Tecprotec ada dua hal:

  1. 90% orang berhasil mengclaim garansi resmi untuk memperbaiki hp mereka, meskipun sebenarnya kerusakan tersebut diakibatkan kesalahan pengguna. Service center Indonesia tergolong berbaik hati, bisa dirayu dan dinegosiasi untuk memberikan servis gratis meskipun jelas-jelas pengguna yang salah
  2. Premi yang dibayarkan, bila dihitung hitung, sangat tidak worth it, kecuali HP anda diatas 10 juta (kelas sultan)

Jadi tidak heran bila sekarang anda tidak lagi menemui sales Tecprotec di toko-toko. Saya tidak pernah lagi mendengar atau melihat nama Tecprotec, dan saya punya firasat bahwa bisnis Tecprotec tidak akan bertahan lama lagi.

Manulife – Lifestyle Protector

Manulife bukan nama hipster melainkan penjual asuransi Mainstream. Namun produk mereka yang satu ini membuat saya tertarik karena namanya yang keren. Terlepas dari nama nya yang keren, manfaatnya juga lumayan oke. Saya bilang ‘lumayan’, karena sebenarnya tidak semua orang akan merasa membutuhkan asuransi ini, berbeda dengan asuransi jiwa dan kesehatan yang di jaman now tergolong wajib.

Lifestyle Protector pada dasarnya memiliki manfaat:

  1. Asuransi Jiwa yang nilainya biasa-biasa saja
  2. Santunan bila terjadi cacat total, dimana nilainya sangatlah kecil menurut saya
  3. Unit Link, yaitu komponen investasi reksadana
  4. Jaminan nilai tunai investasi anda
  5. Loyalty bonus yang berjalan sampai akhir tenor meskipun sudah tidak bayar premi

Manfaat pertama jelas ampas, karena bila anda memang ingin asuransi jiwa, mending ambil investasi non unit link yang uang pertanggungannya lebih besar. Nilai jual asuransi ini sebenarnya berada pada poin 4 dan 5, dimana nilai investasi anda dijamin tidak akan turun dibawah nilai tertentu. Seiring berjalannya waktu, nilai yang dijamin ini juga terus naik sehingga tidak tergerus inflasi. Manfaat terakhir juga sangat menarik, dimana kita diberikan tambahan investasi secara gratis setiap beberapa tahun sekali meskipun sudah tidak membayar premi sama sekali.

Pendapat saya, ini asuransi yang semakin untung kalau semakin lama dipegang. Kalau anda berharap ingin cepat-cepat mencairkan investasi dari asuransi ini, maka lebih baik tidak usah diambil sama sekali.

AXA-Mandiri Elite Plan

Produk satu ini sempat membuat saya sempat kebingungan. Memiliki premi seratusan juta setiap tahunnya namun dengan uang pertanggungan yang juga hanya seratusan juta. Jelas tidak masuk akal dan kedengarannya tidak berguna.

Namun demikian, ternyata premi tahunan tersebut 100% masuk ke dalam nilai investasi unit link, kecuali di tahun pertama dimana sekitar 10% premi dipotong menjadi biaya akuisisi.

Jadi, sudah jelas kalau ini investasi yang berkedok asuransi, karena komponen utamanya hanya investasi tanpa manfaat asuransi yang cukup memadai.

Kelebihan asuransi ini:

  1. Tenor cukup singkat. 4 tahun bisa dicairkan
  2. Kalau dilanjutkan sampai 8 tahun, maka ada bonus loyalitas di tahun ke 5 sd 8 yang totalnya mencapai 50 jutaan
  3. Unit yang dijual, bernama Dynamic Money Market, benar-benar terbukti memiliki performa bagus

Sedangkan kekurangan asuransi ini:

  1. Preminya yang ajubilah mahal hanya untuk kelas sultan
  2. Kalau anda terbuka terhadap aset investasi lainnya, agak goblok jika mengambil investasi ini, karena ada potongan-potongan seperti biaya alokasi premi, biaya asuransi bulanan, dan biaya pengalihan aset (switching). Sedangkan jika anda investasi reksadana sendiri di platform seperti Bibit, tentu tidak ada potongan apapun sama sekali.
  3. Manfaat asuransinya sendiri hampir tidak ada, murni investasi

Asuransi ini hanya untuk sultan-sultan yang malas mengelola investasinya sendiri. Saya benar-benar menutup mata terhadap manfaat perlindungan jiwa dalam asuransi ini dan menganggap asuransi ini murni investasi saja.

Platform Digital Asuransi

Para provider asuransi sepertinya mulai sadar bahwa direct marketing dan telemarketing tidak lagi menarik perhatian kita kaum millenial, sehingga banyak dari mereka yang mulai bekerjasama dengan fintech, aggregator, dan bahkan marketplace.

Jadi, untuk mendapatkan asuransi sekarang, tentu sudah tidak perlu lagi bertemu dengan sales-sales yang bawel, rewel, dan menyebalkan. Cukup pencet pencet tombol dan menunggu polis datang ke rumah.

Saya sedang dalam proses meninjau beberapa website tersebut dan akan memberikan rekomendasi disini dalam waktu singkat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.