Menyederhanakan Merdeka Finansial

Merdeka finansial itu sebenarnya sederhana, tapi seringkali dibikin ribet oleh orang-orang tertentu. Buat saya, merdeka finansial itu suatu periode dalam kehidupan di mana saya bisa menikmati penghasilan pasif saya tanpa harus bekerja secara aktif lagi, dan penghasilan pasif tersebut bisa memenuhi kebutuhan saya sehari-hari tanpa adanya ‘penurunan gaya hidup’. Sayangnya, konsep sederhana ini terdengar rumit dan mustahil dicapai oleh beberapa orang. Di tulisan ini saya ingin menyampaikan pandangan dari saya untuk mencapai kemerdekaan finansial secara sederhana.

Sadar bahwa Penghasilan Pasif harus Didahului Penghasilan Aktif

Yang paling pertama: kita harus tahu bahwa penghasilan pasif itu pasti didahului dengan penghasilan aktif. Berkebalikan dengan penghasilan pasif, penghasilan aktif merujuk pada uang yang kita dapatkan sebagai imbal hasil dari investasi waktu dan tenaga kita, bukan imbal hasil dari uang kita. Kita tidak bisa membangun portofolio yang menghasilkan penghasilan pasif tanpa mengumpulkan dana terlebih dahulu, karena penghasilan pasif membutuhkan modal yang cukup besar. Dari mana asalnya modal yang besar tersebut?

Kemungkinannya ya hanya dua, antara warisan atau hasil usaha dan gaji. Jadi jangan percaya kalau penghasilan pasif bisa dicapai secara instan, kecuali kita kaum yang cukup beruntung mendapat warisan yang secara otomatis langsung memberikan kita penghasilan pasif. Kita harus konsisten menyisihkan penghasilan aktif kita untuk ditabung dan diinvestasikan, sehingga suatu hari menjadi portofolio mapan yang memberikan kita penghasilan positif secara konsisten.

Kita tidak bisa mencapai kemerdekaan finansial dengan hanya mengandalkan penghasilan pasif, kita tetap harus bekerja dan mendapat penghasilan aktif

Penghasilan Pasif yang ‘Asli’ hanya Berasal dari Investasi

Di dunia yang serba digital ini, definisi penghasilan pasif seringkali disalahartikan. Ikut multi level marketing (MLM), menjadi agen penjualan, buat blog seperti saya, bikin video YouTube, semua dibilang sebagai pekerjaan sampingan yang menghasilkan penghasilan pasif. Tidak ada yang salah dengan seluruh kegiatan tersebut, dan saya pun cukup menikmati tambahan penghasilan lewat blog ini. Namun, sebenarnya semua kegiatan tersebut cukup memakan waktu, meskipun mungkin tidak separah pekerjaan penuh waktu. Ketika kita menerima uang atas suatu usaha dan waktu yang kita keluarkan, hal tersebut sudah tidak bisa dikategorikan sebagai penghasilan pasif.

Penghasilan pasif yang asli dan sesungguhnya hanya berasal dari retur investasi anda, tidak ada yang lain. Karena ketika tidur pun, investasi anda menghasilkan keuntungan untuk anda. Namun, pekerjaan sampingan tentu membantu kita mencapai kemerdekaan finansial lebih cepat, karena kita punya lebih banyak uang untuk disisihkan. Ingat, ketika kita menerima uang lebih, alokasi simpanan kita juga harus lebih tinggi sesuai proporsi!

Pekerjaan sampingan bisa membantu mencapai kemerdekaan finansial, namun bukan merupakan suatu bentuk penghasilan pasif

Memahami Pentingnya Asuransi

Asuransi seringkali dipandang sebagai sesuatu yang buruk dan merugikan. Dalam hal ini saya meyalahkan beberapa agen penjual asuransi yang kurang empati dan kurang edukasi kepada nasabah mereka. Makanya, salah satu aspek pembahasan saya di blog ini adalah membedah asuransi supaya kita sendiri paham dalam memilih asuransi dan tidak langsung percaya seluruh presentasi penjual asuransi. Lantas apa hubungan antara asuransi dan kemerdekaan finansial? Dalam perjalanan menuju kemerdekaan finansial, kita memerlukan suatu proteksi atas dana kita. Ingat, kita butuh dana yang banyak untuk menjadi modal penghasilan pasif! Kalau amit-amit kita kecelakaan dan tidak memiliki asuransi, maka tentu akan menggerus dana investasi untuk membayar biaya rumah sakit dan perawatan.

Jadi, perlindungan dalam bentuk asuransi sangat perlu untuk meminimalkan risiko terhadap aset investasi kita dan tentunya diri kita sendiri. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa asuransi memiliki tingkat prioritas yang lebih tinggi dari pada portofolio investasi. Kendati demikian, jangan sampai mengambil asuransi terlalu banyak sehingga malah kita tidak punya uang untuk investasi lainnya!

Asuransi penting untuk meminimalkan risiko terhadap diri kita maupun aset kita

Menggunakan Investasi dengan Imbal Hasil Tinggi

Hal yang satu ini dapat membantu anda mencapai kemerdekaan finansial yang lebih cepat. Bila anda tidak punya banyak waktu untuk melakukan pekerjaan sampingan, maka cara anda satu-satunya untuk mempercepat kemerdekaan finansial adalah dengan meningkatkan retur investasi anda. Salah satu halnya adalah dengan menabung dan berinvestasi secara rutin, dan dengan memilih instrumen investasi yang memiliki retur lebih tinggi.

Investasi yang memiliki retur lebih tinggi umumnya memiliki risiko yang lebih tinggi pula, misalnya seperti saham, uang kripto, dan valuta asing (forex). Apalagi di masa ‘kritis’ seperti ini disaat wabah Corona virus menyebar, investasi volatil seperti tiga tersebut memiliki nilai yang tidak karuan dan cenderung turun. Pasar obligasi dan emas yang cenderung lebih aman pun ikut turun meskipun tetap lebih stabil dan aman.

Lalu apa investasi saat ini yang returnnya lumayan tinggi dan tetap aman? Tentu saja P2P lending yang sering dibahas di blog ini. Pada kesempatan kali ini saya merekomendasikan Cashwagon yang menjadi sponsor tulisan ini. Dengan retur yang cukup tinggi, tingkat gagal bayar (sisi pendana) yang masih 0%, serta latar belakang perusahaan yang bergerak secara multinasional, Cashwagon menjadi alternatif investasi fixed return dengan retur yang cukup tinggi dan risiko yang cukup minim.

Cashwagon adalah website investasi P2P lending dengan retur cukup kompetitif

Terus Beradaptasi

Yang terakhir, tentunya kita harus terus beradaptasi sesuai dengan kondisi hidup kita maupun kondisi ekonomi. Misalnya seperti saat ini, ketika pasar saham sedang berjatuhan anda punya dua strategi: Kalau Anda memang mau menghindari risiko, mungkin Anda bisa mencoba surat berharga negara. Atau jika anda memang percaya bahwa saham akan kembali di akhir tahun dan sanggup untuk menginvestasikan sebagian uang anda Sampai pasar saham tersebut justru saat ini adalah saat yang tepat untuk masuk ke pasar saham tahun depan mungkin strategi investasi kita perlu diubah lagi mungkin publikasi negara mendadak bunganya turun sehingga kita harus mencari alternatif investasi lain intinya kita sebagai investor harus jeli mana instrumen investasi yang memberikan kita keuntungan paling tinggi dan sesuai dengan profil risiko kita

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya bahwa P2P lending tidak terlalu terpengaruh dampak negatif dari resesi, saat ini sebenarnya cukup baik untuk mengalihkan sebagian dana investasi anda ke P2P lending. Apabila anda baru terjun ke dunia P2P lending, pilihlah P2P lending yang mudah digunakan serta memiliki risiko minim, misalnya Cashwagon yang telah berbaik hati mensponsori artikel ini.

Panduan menggunakan Cashwagon dan ulasan tentang Cashwagon akan hadir dalam tulisan selanjutnya!

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.