Masa Depan Asetku – Melebihi P2P Lending

Membicarakan masa depan Asetku tentu tak lepas dari masa lalu – yang pernah menimbulkan kontroversi karena induk perusahaannya – Akulaku – pernah mengalami masalah di Mintos – suatu aggregator marketplace p2p lending dengan skala internasional.

Lender retail p2p lending merupakan salah satu spesies paling lucu, karena mereka kesal kalau sering kena pendanaan telat di p2p produktif, namun juga mengkritik p2p konsumtif yang too good to be true. – Adrian Siaril 2020

Meskipun Akulaku pada akhirnya menyelesaikan masalah di Mintos 6 bulan lebih awal daripada yang dijanjikan (berarti tanda yang sangat bagus), namun masalah tersebut masih digunakan orang sebagai alasan untuk menuduh bahwa Asetku tidak lebih hanya merupakan bom waktu yang siap merugikan banyak orang di masa depan.

Wajar saja, Asetku sebagai p2p lending, yang notabene merupakan produk keuangan tinggi risiko, memang sepertinya too good to be true, karena tidak pernah mengalami telat apalagi gagal bayar, menawarkan bunga cukup tinggi, bisa merekrut banyak karyawan di masa pandemi, bagi-bagi voucher bulanan untuk user, dan banyak hal ajaib lainnya. Hal ini tentu kontras sekali dengan penyelenggara p2p lending lain yang justru kelihatan boroknya di masa pandemi, mulai dari restrukturitasi berjilid-jilid, gagal mencairkan asuransi, sampai berhenti beroperasi.

Wajar saja banyak yang terang-terangan menuduh Asetku skema ponzi, alias menggunakan dana lender baru untuk menutupi bunga lender lama beserta gagal bayar yang mungkin terjadi. Tuduhan ini diperkuat dengan program Asetku yang sangat gencar mencari lender baru menggunakan skema referral maupun KPI (target bulanan) dari RM mereka – yang katanya lebih fokus mencari lender baru daripada memelihara dana lender lama.

Kejelasan soal “apakah Asetku selama ini bakar duit atau memutar duit untuk menalangi gagal bayar lender” sepertinya akan terjawab jelas beberapa bulan lagi ketika Asetku akhirnya mempublikasi laporan keuangan mereka, jadi percuma saja kita berspekulasi tiada henti saat ini.

Namun, ada beberapa hal yang sepertinya dilupakan sebagian besar lender saat menduga-duga tentang kondisi keuangan Asetku:

Keuntungan Operasional Bukan Berarti Keamanan Dana

Dalam tulisan saya sebelumnya, saya sudah menjelaskan tentang fungsi laporan keuangan penyelenggara p2p lending. Fungsi yang benar adalah untuk menilai bagaimana masa depan sebuah p2p lending, dan bukan malah menjadi patokan apakah suatu penyelenggara bisa menggantikan dana kita bila terjadi gagal bayar – karena hal ini sebenarnya dilarang oleh OJK. Anda bisa baca tulisan tersebut atau nonton video Youtube saya untuk penjelasan selengkapnya.

Asetku Rugi? Ga Kaget sih…

Sekalipun demikian, saya tidak akan khawatir dan kaget bila Asetku ternyata merugi, memang sudah lama saya menduga bahwa Asetku itu merugi. Namun, kerugian yang saya duga-duga tentu bukan karena dananya habis dipakai untuk menggantikan gagal bayar, melainkan untuk biaya marketing dan gaji yang gila-gilaan.

Dan ternyata ada NPL? Ga kaget juga…

Saya juga termasuk golongan yang tidak percaya kalau NPL di Asetku itu 0 persen. Hal tersebut sudah jelas jelas mustahil terjadi. Pasti ada gagal bayar di Asetku, namun kita sebagai lender tidak bisa melihatnya. Dan itu bukan pelanggaran aturan, karena TKB90 memang dinilai berdasarkan repayment ke lender, bukan pembayaran borrower ke penyelenggara. Jadi, selama penyelenggara bisa memfasilitasi pembayaran lancar ke lender, ya TKB90 100% itu sah-sah saja.

Masa depan Asetku tidak bergantung pada produk p2p lending mereka

Anda bisa lihat sendiri arah perkembangan Asetku belakangan ini – menawarkan produk asuransi, sebentar lagi emas dan reksadana (terbukti dari pelatihan WAPERD pada RM mereka). Apabila anda pengamat dunia p2p lending, seharusnya sudah ketebak apa yang akan mereka lakukan selanjutnya – yakni bertransformasi menjadi superapps layaknya Koinworks. Sedari lama, grup Akulaku sudah lama merencanakan hal ini, ditandai dengan pembelian saham minoritas asuransi Staco Mandiri dan akuisisi bank Yudha Bakti (yang sekarang bernama bank Neo Commerce).

Dengan lingkup anak perusahaan seluas itu, grup Akulaku tidak akan terhalang untuk melancarkan produk finansial apapun. Tidak menutup kemungkinan selanjutnya ada kolaborasi antar bank Neo Commerce untuk menawarkan produk deposito, sama seperti kolaborasi Komunal dengan BPR.

Wajar saja kuota berkurang terus…

Wajar saja jika kuota pendanaannya selalu berkurang, karena kita digiring untuk mencoba produk investasi lain. Supaya tidak terjadi kanibalisme produk, produk jangka pendek pun sedikit sedikit mulai dihilangkan. Kuota yang tersisa bukan lagi karena habis dicaplok orang, tapi karena memang tidak tersedia di hari ini.

Kanibalisme Produk?

Kita sudah merasakan produk P2P lending Asetku dengan retur yang lumayan tinggi, mengalahkan produk investasi konvensional lainnya. Jadi jelas kita tidak akan tertarik bila Asetku menawarkan produk konvensional. Ambil saja sebagai contoh, Siji Fixed Link yang sudah ditawarkan Asetku beberapa waktu ini. Dengan tenor tersingkat 3 bulan dan retur tertinggi 8%, sudah jelas tidak menarik bila dibandingkan dengan produk p2p Asetku.

Jadi kenapa Asetku menawarkan produk konvensional?

Karena mereka kurang cuan! Anda mungkin berkata Asetku sudah makan cuan banyak dari selisih bunga dari borrower dan lender, namun faktanya belum tentu demikian. Berkaca pada pemain p2p konsumtif lain seperti Easycash, Uangme, dan Uangteman, semuanya rugi atau cuma cuan sedikit saja.

Bayangkan, dengan ratusan RM memberikan cashback voucher, selisih bunga super tinggi tersebut tidak cukup menalangi kegiatan operasionalnya yang super besar. Mereka butuh keran pemasukan lain, dan itulah yang menjadi tujuan Asetku mulai menawarkan produk konvensional lainnya.

Bukankah Asetku bisa meningkatkan disbursement untuk menaikkan keuntungan sendiri? Dana lender siap menampung kok, buktinya kuota selalu habis

Secara teori iya, disbursement lebih banyak memberikan keuntungan lebih banyak bagi Asetku, namun apakah disbursement bisa dikontrol seenak jidat? Nominal pendanaan di Asetku tergantung pada pengajuan di mitra borrower seperti Akulaku, dan itupun ada seleksi ulang dari Asetku. Sekalipun jumlah borrower di mitra Akulaku bertambah drastis, belum tentu kenaikannya terefleksi di nominal pendanaan Asetku.

Misalnya, jumlah pengajuan pinjaman Akulaku bertambah 100 orang senilai 100 juta, maka yang lolos hanya 10 orang senilai 10 juta. Hal tersebut karena Asetku memberlakukan filter risiko ekstra pada peminjam di mitra.

Jadi, kesimpulannya?

  • Urusan Mintos tidak layak lagi dibawa bawa untuk menjatuhkan Asetku maupun Akulaku, sudah selesai dengan super baik!
  • Asetku kemungkinan besar merugi, namun bukan karena menutupi NPL mereka – dan saya yakin NPL Asetku tidak 0
  • Kendati demikian, masa depan Asetku bukan ada di produk p2p lending mereka
  • Asetku menawarkan produk investasi lain karena memang butuh pemasukan ekstra
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

111 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. I like the helpful information you provide in your articles. I’ll bookmark your blog and check again here frequently. I am quite sure I will learn lots of new stuff right here! Good luck for the next!

  2. I must express some appreciation to the writer for bailing me out of such a challenge. As a result of surfing throughout the the net and seeing techniques which are not pleasant, I thought my life was well over. Existing minus the answers to the issues you’ve solved by means of the site is a serious case, as well as those that might have negatively damaged my entire career if I hadn’t encountered your web page. That mastery and kindness in handling all areas was crucial. I am not sure what I would have done if I hadn’t discovered such a point like this. I’m able to at this point look forward to my future. Thanks for your time very much for the reliable and sensible help. I won’t hesitate to propose your blog to anyone who desires care on this subject matter.

  3. I was very pleased to uncover this page. I wanted to thank you for your time for this particularly wonderful read!! I definitely loved every part of it and i also have you saved as a favorite to check out new stuff on your site.

  4. After I originally commented I appear to have clicked on the -Notify me when new comments are added- checkbox and now each time a comment is added I get four emails with the exact same comment. Is there a way you are able to remove me from that service? Appreciate it!

  5. I’ve been exploring for a bit for any high quality articles or weblog posts in this sort of area . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this website. Reading this information So i am happy to convey that I have an incredibly excellent uncanny feeling I found out exactly what I needed. I such a lot undoubtedly will make certain to don’t fail to remember this website and provides it a look on a continuing basis.

  6. Simply want to say your article is as surprising. The clarity in your post is simply cool and i could assume you’re an expert on this subject. Fine with your permission let me to grab your feed to keep up to date with forthcoming post. Thanks a million and please keep up the gratifying work.

  7. Have you ever thought about adding a little bit more than just your articles? I mean, what you say is valuable and all. Nevertheless think about if you added some great visuals or video clips to give your posts more, “pop”! Your content is excellent but with images and video clips, this site could definitely be one of the most beneficial in its niche. Amazing blog!

  8. I have observed that charges for on-line degree experts tend to be a great value. For instance a full College Degree in Communication with the University of Phoenix Online consists of Sixty credits from $515/credit or $30,900. Also American Intercontinental University Online offers a Bachelors of Business Administration with a overall program requirement of 180 units and a cost of $30,560. Online degree learning has made getting your higher education degree far less difficult because you might earn your current degree from the comfort in your home and when you finish from work. Thanks for all the other tips I have really learned from your blog.

  9. Thanks for your tips on this blog. A single thing I would want to say is purchasing electronic devices items on the Internet is not new. In fact, in the past few years alone, the marketplace for online electronics has grown drastically. Today, you could find practically just about any electronic unit and tools on the Internet, ranging from cameras as well as camcorders to computer pieces and games consoles.

  10. Hello there, just became aware of your blog through Google, and found that it is really informative. I am going to watch out for brussels. I?ll appreciate if you continue this in future. Numerous people will be benefited from your writing. Cheers!

  11. We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your website provided us with useful info to paintings on. You’ve done an impressive activity and our entire neighborhood will likely be grateful to you.