Catatan Pembaharuan

Cek disini untuk commentary P2P Lending bulan Januari

Twitter

Saya akan kembali menggunakan Twitter untuk membagikan hal-hal dibawah ini:

  1. Sharing pergerakan portfolio saya
  2. Review fund fact sheet di penyelenggara apapun
  3. Julid hal lain misalnya saham
  4. Update perubahan penyelenggara (sebelum di update review disini)
  5. Meme dll

Monggo di follow @adriansiaril

Roadmap Blog

Saya akan memperbaharui rekomendasi p2p terbaik untuk 2021, serta mengubah format review individual. Saat ini terlalu banyak sub bagian sehingga memusingkan. Saya akan lebih simple dan to the point.

Sedang Dalam Proses Review

  • Dana Syariah (p2p lending)
  • Indofund (p2p lending)

Baru saja diperbaharui

Semua Ulasan Tahun 2019 sudah Diperbaharui di Februari 2020

Produk yang baik terus berkembang dan menjadi lebih baik lagi, sehingga tentu saja ulasan saya mungkin sudah tidak relevan lagi di tahun 2020. Oleh karenanya saya sedang memperbaharui semua ulasan dengan beberapa aspek:

  1. Screenshot tatamuka produk terkait untuk memberikan gambaran visual, serta komentar singkat tentang screenshot tersebut.
  2. Informasi tentang promosi dari produk terkait, misalnya cashback. Aspek promosi ini digabung di bagian pembahasan referral.
  3. Tambahan berjudul ‘Bagaimana Dengan Saya’ karena banyak yang penasaran apakah saya masih menggunakan produk tersebut atau tidak. Informasi ini juga akan meningkatkan transparansi bahwa saya tidak asal nulis review tanpa mencobanya terlebih dahulu, dan kapan saya terakhir kali menggunakannya.
  4. Full dicslosure terhadap penghasilan referral saya di produk tersebut, agar pembaca bisa menentukan sendiri apakah saya mengkatrol penilaian saya demi menghasilkan uang?
  5. Penggantian, pengurangan, dan penambahan informasi untuk memastikan tulisan saya sesuai dengan fakta yang ada sekarang.
  6. Memasukkan kualitas fact sheet peminjam sebagai salah satu aspek penilaian, hal ini disarankan oleh Pak Goku untuk mengukur transparansi.

Struktur standar terbaru untuk mengulas P2P lending sudah diterapkan di ulasan Komunal yang ditulis awal 2020. Yang sudah diperbaharui antara lain: