Informasi 5W1H

Bingung? Nyasar? Mulai Dari sini.

Apa Ini?

Ini adalah blog, berisi kumpulan tulisan. Penulis blog ini menjunjung prinsip “objektif, kreatif, informatif”, namun tidak semua tulisannya sejalan dengan visi ini.

Siapa sih?

Nama blog ini dan nama pembuatnya sama persis. Ingin kepo lebih jauh, bisa stalking disini:

Kapan???

Blog ini sejak tahun 2009 bernama SHADOWROTE – tempat saya mengumpulkan tulisan tulisan gundah dan karya sastra saya. Pada tahun 2018, blog ini mendadak ramai dikunjungi karena saya mulai menulis tentang investasi

Dimana emangnya?

Saya berbasis di Jakarta dan Tangerang, karena kedua kota tersebut tetanggaan, bahkan bisa pindah provinsi dengan satu langkah kaki.

Kenapa

Saya menyadari adanya kebutuhan dari masyarakat Indonesia untuk mengenal lebih melalui industri fintech (financial technology)

Informasi tentang industri ini sudah banyak di seluruh dunia, namun hampir tidak ada yang berkomitmen secara detail memantau perkembangannya secara spesifik di Indonesia.

Padahal, perkembangan fintech di Indonesia sangat cepat sekali, jadi sayang apabila tidak dibarengi dengan pengetahuan dari masyarakatnya.

Bagaimana

Tentu saja seluruh perusahaan fintech Indonesia sudah melakukan usaha masing-masing untuk mengedukasi dan

mensosialisasikan usaha mereka. Namun, selalu harus ada pihak independen yang punya pendapat objektif sebagai perbandingan,

Jadi, didukung dengan teman-teman dan bahkan beberapa perusahaan fintech, sayapun ambil bagian dengan cara menulis di blog ini.

Saat ini tulisan saya kebanyakan memang hanya membahas P2P (peer-to-peer lending). Ini bukan karena saya fanatik terhadap investasi tersebut, melainkan karena P2P paling hangat dibicarakan dalam setahun terakhir.

Lagipula, informasi untuk instrumen investasi lainnya sudah dibahas oleh penulis penulis yang lebih ahli daripada saya. Di saham misalnya, saya malah belajar dari kakak Ellen May yang cantik. Untuk cryptocurrency apalagi, sayapun masih belum tahu bagaimana menghasilkan keuntungan di investasi tersebut.

Terus?!

Sudah. Silakan membaca tulisan lainnya.