Tentang Saya

Click here to view the English version of this page

Blog ini dulu bernama SHADOWROTE – tempat saya mengumpulkan tulisan tulisan gundah dan karya sastra saya sejak tahun 2009. Pada tahun 2018, saya menyadari adanya kebutuhan dari masyarakat Indonesia untuk mengenal lebih melalui industri fintech (financial technology)

Informasi tentang industri ini sudah banyak di seluruh dunia, namun hampir tidak ada yang berkomitmen secara detail memantau perkembangannya secara spesifik di Indonesia. Padahal, perkembangan fintech di Indonesia sangat cepat sekali, jadi sayang apabila tidak dibarengi dengan pengetahuan dari masyarakatnya.

Tentu saja seluruh perusahaan fintech Indonesia sudah melakukan usaha masing-masing untuk mengedukasi dan mensosialisasikan usaha mereka. Namun, selalu harus ada pihak independen yang punya pendapat objektif sebagai perbandingan,

Jadi, didukung dengan teman-teman dan bahkan beberapa perusahaan fintech, sayapun ambil bagian dengan cara menulis di blog ini.

Saat ini tulisan saya kebanyakan memang hanya membahas P2P (peer-to-peer lending). Ini bukan karena saya fanatik terhadap investasi tersebut, melainkan karena P2P paling hangat dibicarakan dalam setahun terakhir. Lagipula, informasi untuk instrumen investasi lainnya sudah dibahas oleh penulis penulis yang lebih ahli daripada saya. Di saham misalnya, saya malah belajar dari kakak Ellen May yang cantik. Untuk cryptocurrency apalagi, sayapun masih belum tahu bagaimana menghasilkan keuntungan di investasi tersebut.

Instrumen investasi lain seperti reksadana, emas, atau obligasi rasanya cukup sederhana untuk dipahami lewat Wikipedia atau website lain yang lebih senior. Namun sebagai investor yang menjunjung tinggi konsep diversifikasi, saya juga membahas sedikit tentang investasi lainnya disini — dengan harapan bahwa kita semua bisa membangun portfolio keuangan yang seimbang.

Tentu saja saya masih akan menulis sastra dan catatan galau. Jika masih penasaran tentang saya, anda bisa melihat dan/atau berhubung dengan media sosial saya lewat tombol tombol di kanan bawah (klik tombol tiga titik di versi mobile).

Anda juga bisa menghubungi saya lewat email asiaril(a)ymail.com atau form dibawah ini.

PENTING: Saya TIDAK bekerja untuk website apapun yang saya tinjau disini sehingga menolak menjawab pertanyaan spesifik yang lebih baik diajukan secara langsung ke website tersebut.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

Apakah website-website yang saya review benar-benar saya gunakan?

Ya. Namun skala penggunaannya beda-beda. Ada yang saya gunakan sampai saat ini, ada juga yang hanya saya gunakan untuk keperluan review saja.

Investasi saya di aset apa saja?

Semua yang saya tuliskan disini, kecuali properti dan valuta asing

Apakah menerima jasa konsultasi untuk investasi?

Saya dengan senang hati menjawab pertanyaan dan memberi saran, namun harap diingat bahwa saya BUKAN certified financial planner

Paling banyak investasi di aset apa?

Tidak bisa saya jawab karena komposisi investasi saya berubah terus. Deposito saya masih tetap paling tinggi dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Latar belakang saya sehingga bisa mendakwah di blog ini?

Kunjungi LinkedIn saya

Apakah anda dibayar untuk menulis blog ini?

Tidak ada pihak yang memberikan pembayaran apapun terhadap konten di blog ini. Ada beberapa website yang senang membaca review saya memberikan apresiasi non-tunai sebagai ucapan terima kasih.

Kenapa ada website yang tidak/belum direview?

Keterbatasan waktu dan tidak ada motivasi untuk me review nya (website tersebut masih belum matang atau memang tidak bisa direkomendasikan)

Menggunakan SEO apa sehingga website ini muncul di Google?

Plan WordPress saya di tingkat basic sehingga tidak bisa menggunakan SEO tools sama sekali. Hasil pencarian Google murni berdasarkan isi blog ini.