Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

WASPADA! Kartu Debit Juga Bisa Kasih Untung!

Saya sudah sering bahas bahwa kartu kredit memberikan penghematan lebih besar dari kartu debit maupun QRIS berkat promosi yang lebih banyak.

Manfaat diskon ataupun promo kartu kredit biasanya saya sebut dengan “manfaat taktis”, yang dinilai berbeda dengan “manfaat dasar” suatu kartu seperti perolehan miles atau cashback.

Belakangan ini, kartu debit mulai bersaing di manfaat taktis yang semakin banyak.

Perbedaan Manfaat Taktis dan Manfaat Dasar kartu kredit. Sumber gambar: Kelas C4 B430 Academy

Meskipun nominal dan frekuensinya lebih sedikit daripada kartu kredit, namun biasanya kuota yang tersedia masih tersisa banyak karena kebanyakan orang hanya tahu dan mengincar promo kartu kredit saja.

Perlu dicatat bahwa seluruh screenshot dibawah berasal dari Tokopedia saja, sehingga sample nya kurang merepresantisikan kondisi seluruh marketplace lain.

Namun, kalau kita cek website bank satu persatu, ternyata promo merchant offline yang berlaku untuk kartu debit banyak juga lho.

Screenshot promosi kartu debit untuk produk digital di Tokopedia tanggal 30 Juni 2024

Perlu diingat bahwa kartu debit memberikan manfaat finansial hanya sebatas taktis saja (bila sedang ada promo). Diluar promo, jarang sekali ada kartu debit yang memberikan manfaat dasar layaknya kartu kredit.

Yang saya ketahui hanya kartu debit BNI Garudamiles dengan earn rate 50.000/miles dan kartu debit M2U Maybank yang bisa memberikan cashback 10%

Selain itu, memiliki kartu debit berarti anda harus memiliki rekening tabungan di bank tersebut dan menaruh uang untuk bertransaksi. Berbeda dengan kartu kredit yang bisa didapatkan tanpa membuka rekening tabungan

Kartu debit Maybank dan Kartu Debit BNI Garuda Indonesia adalah kartu debit langka yang memiliki manfaat dasar layaknya kartu kredit

Menimbang banyaknya bank yang membebankan biaya administrasi untuk kartu debit (dan tidak bisa dihapuskan, berbeda dengan kartu kredit), maka kartu kredit jelas masih merupakan opsi yang lebih baik dalam banyak hal.

Meskipun tidak bisa dibandingkan apple-to-apple, kartu debit bisa jadi alternatif bagi pemburu promo yang mungkin kesulitan mendapatkan kartu kredit pertama mereka.

Dengan membuka tabungan di suatu bank dan aktif bertransaksi menggunakan kartu debit bank tersebut, juga sedikit membantu proses pengajuan kartu kredit kamu di bank tersebut. Intinya, it’s better than nothing!

Kartu debit memiliki biaya yang tidak bisa dihapuskan

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 617

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.