Review Taman Tebing Koja – Kandang Godzilla

Review Taman Tebing Koja – Kandang Godzilla

Pembuka

Lokasi ini sebenarnya merupakan bekas pertambangan yang berada didalam kampung milik warga lokal. Nama asli lokasi ini adalah Tebing Kodja (Koja), namun karena salah satu batu disana berbentuk mirip Godzilla, maka tempat ini lebih eksis dikenal sebagai Kandang Godzilla di media sosial.

Tebing Kodja juga dikenal sebagai Kandang Godzilla karena patung tersebut
Tebing Kodja juga dikenal sebagai Kandang Godzilla karena patung tersebut

Perjalanan dan Akses

Perjalanan dari Jakarta memakan waktu 90 menit sampai 120 menit tergantung dimana titik mulainya. 90 menit diukur dari Puri Indah (Jakarta Barat) melalui Tol Jakarta Merak. Rute tercepat melalui tol mengenakan tarif sekitar 100 ribu rupiah untuk golongan satu.

Ketika sudah keluar tol, sebenarnya lokasi ini sejalan dengan komplek Citra Maja Serang yang petunjuk arahnya ada setiap 100 meter sekali, jadi bila bingung, ikuti saja palang petunjuk lokasi Citra Maja.

Memasuki daerah perkampungannya sedikit sulit bila kendaraan anda adalah mobil besar, karena jalanannya hanya muat untuk satu arah kendaraan, jadi bila ada yang berpapasan harus ada satu yang mengalah.

Oh iya, karena akses jalannya kebanyakan belum beraspal, maka tentu akan sangat basah dan kotor saat musim hujan. Daerah ini juga terkena dampak banjir awal tahun 2020 dengan sangat parah sampai menghancurkan rumah dan warung warga, jadi sudah pasti jangan datang kesini saat musim hujan.


Meskipun memiliki danau indah, dalam musim hujan seluruh daratannya bisa berubah menjadi danau yang kacau!
Meskipun memiliki danau indah, dalam musim hujan seluruh daratannya bisa berubah menjadi danau yang kacau!

Harga dan Biaya

Terlepas dari biaya tol yang tadi saya sebutkan, sebenarnya biaya terkait tempat ini sepenuhnya hanya berdasarkan pada pungutan liar sumbangan wajib yang dipungut warga setempat.

Saya coba bagikan seluruh sumbangan yang saya berikan dibawah, namun yang anda alami mungkin saja berbeda

  • Saat masuk perkampungan: 5rb rupiah, lalu akan ada pengendara motor yang memandu anda supaya tidak nyasar
  • Didalam perkampungannya ditagih lagi 5rb rupiah dan pemandu anda akan membiarkan saja hal tersebut terjadi
  • Ketika sudah sampai Tebing Kodja: 5rb rupiah untuk parkir per kendaraan, bisa dibayarkan nanti saat sudah mau meninggalkan lokasi. Saya tidak tahu apakah motor lebih murah, karena semua pengunjung menggunakan mobil
  • Ketika mau masuk tebing Kodja: 10rb rupiah per orang, ditagihkan oleh pemandu lokal merangkap fotografer yang akan saya bahas secara mendetail selanjutnya
  • Apabila mau foto di perahu dan rumah adat (lihat pembahasan di bagian selanjutnya): 10rb per orang untuk masing-masing tempat
  • Biaya dokumentasi prewedding untuk perizinan foto, video, dan pemandu adalah 500rb rupiah all in, tidak termasuk jasa fotografernya (boleh bawa sendiri)
  • (Tidak Tentu) Biaya ke toilet 2rb sd 5rb per orang, tapi kadang-kadang tidak ditagihkan
Selain pungli pintu masuk, biaya parkir, dan tiket masuk, beberapa lokasi seperti rumah adat ini memiliki pungutan tambahan, namun semuanya masih terjangkau
Selain pungli pintu masuk, biaya parkir, dan tiket masuk, beberapa lokasi seperti rumah adat ini memiliki pungutan tambahan, namun semuanya masih terjangkau

Kualitas ‘Instagramability’

Seperti yang anda bisa lihat sendiri di explore Instagram anda, dan juga feed artis-artis yang pernah foto disini, tempat ini lumayan Instagramable.

Di tebing Kodja ini sendiri ada sekitar 4 spot foto utama, yakni Kandang Godzilla, perahu di danau, rumah adat, dan tebing tinggi.

Dari empat lokasi tersebut, anda harus membayar 10rb rupiah per orang untuk foto di perahu, dan juga 10rb per orang untuk foto di rumah adat.

Saya sarankan untuk membayar ekstra untuk kedua lokasi tersebut karena nanggung apabila sudah jauh-jauh kesana namun tidak bisa mendapatkan seluruh spot fotonya.

Ada empat spot foto utama di seluruh tebing Kodja, tapi dengan kreatifitas anda bisa membuat spot foto sendiri
Ada empat spot foto utama di seluruh tebing Kodja, tapi dengan kreatifitas anda bisa membuat spot foto sendiri

Pemandu Lokal

Disana ada yang namanya Pak Bungsu, semacam mandor penduduk lokal yang menagih tiket masuk. Kalau nganggur ia juga bisa menemani anda keliling dan menjadi fotografer pribadi anda. Jangan meremehkan lho, sebab beliau lumayan paham angle dan spot foto yang bagus saking seringnya fotoin pengunjung lain.

Ia tidak memungut biaya ekstra untuk panduan dan layanan foto tersebut, tapi saya sarankan dengan ikhlas memberikan beliau tip. Karena puas dengan hasil foto beliau serta informasi yang diberikan, kami memberikan beliau 100rb rupiah.

Ia adalah orang yang harus anda cari untuk perizinan bila mau membuat dokumentasi komersial atau prewedding di tempat ini.

Seluruh foto di halaman ini diambil oleh pemandu bernama Pak Bungsu. Ia bukan fotografer tapi cukup paham spot foto dan angle yang bagus - ia tidak mengenakan biaya untuk jasa ini.
Seluruh foto di halaman ini diambil oleh pemandu bernama Pak Bungsu. Ia bukan fotografer tapi cukup paham spot foto dan angle yang bagus – ia tidak mengenakan biaya untuk jasa ini.

Fasilitas

Ada dua toilet, namun saat kami datang kesana airnya rusak. Ada sekitar 5 warung yang dibuka oleh penduduk lokal termasuk pak Bungsu, namun hanya 1 yang menjual makanan mie ayam dan bakso. Jadi lebih baik datang kesini sudah dengan perut kenyang dan kalau perlu membawa bekal bila acaranya seharian.

Toilet nya juga kurang nyaman untuk ganti baju, jadi bila mau foto disini dengan beberapa set pakaian lebih baik diakali di mobil atau tempat tersembunyi.

Perizinan prewedding disini memakan biaya 500rb rupiah untuk foto maupun video
Perizinan prewedding disini memakan biaya 500rb rupiah untuk foto maupun video

Tips

  • Didekat Tebing Kodja ini ada dua lokasi lain yang cukup berdekatan yaitu Hutan Pinus dan Tanah Merah. Apabila ada waktu lebih sebaiknya juga mengunjungi dua tempat tersebut
  • Meskipun harga prewedding di Tebing Kodja hanya 500rb, apabila mau di tiga tempat tersebut sekaligus maka diberikan harga paket 1.3 juta rupiah
  • Sunrise disini sangat bagus, jadi kalau memang kuat bangun pagi sebaiknya dibelain liat dan/atau foto sunrise
  • Lebih mantap lagi kalau kalian punya kamera 360 atau drone!
  • Tempat ini kurang oke untuk field trip, edukasi, camping, dan sebagainya, karena sebenarnya dimensi tempatnya cukup kecil dan tidak banyak aktifitas yang bisa dilakukan disini selain foto-foto
Bila ada waktu lebih baik juga mengunjungi Tanah Merah dan Hutan Pinus yang terletak tidak jauh dari Tebing Kodja ini.
Bila ada waktu lebih baik juga mengunjungi Tanah Merah dan Hutan Pinus yang terletak tidak jauh dari Tebing Kodja ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.