A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Kebijakan Ulasan
abandoned antique architecture building

Kebijakan Ulasan

  1. Ulasan dan saran didalam blog ini sepenuhnya pendapat pribadi saya. Saya bukanlah seorang profesional yang memiliki kualifikasi finansial. Apabila mengikuti saran saya, maka sepenuhnya menjadi risiko anda.
  2. Blog ini tidak pernah dan tidak akan menerima kompensasi finansial untuk meningkatkan penilaian dalam suatu ulasan. Kalaupun ada insentif atau apresiasi dalam bentuk lain, akan dituliskan dalam ulasan tersebut. (Contoh: Asetku dan Komunal)
  3. Saya berkomitmen untuk tidak menerima pembayaran untuk melakukan review, baik untuk posting pertama kali maupun untuk mengubah isi tulisan. Apabila ada permohonan review dari suatu pihak, saya hanya akan masukkan ke waiting list dan mereka tidak bisa meminta ‘jadwal prioritas’
  4. Saya menerima kerjasama dengan pihak yang saya review untuk keperluan lain, misalnya webinar, seminar, dan tulisan promosi (BUKAN review) selama kerjasama tersebut tidak mengikat tanggung jawab saya untuk mengubah isi review (contoh: Danamart dan Easycash)
  5. Saya berkomitmen untuk tidak ‘membuka harga’ untuk kerjasama dengan pihak yang pernah saya review. Saya menerima dengan senang hati kompensasi dari mereka (bila ada), tapi saya tidak akan menegosiasikan bentuk maupun jumlah kompensasi tersebut (contoh: Koinworks dan Investree)
  6. Paska pertemuan dengan perwakilan dari institusi yang diulas, ulasan biasanya memang kelihatan lebih bagus. Hal ini bukan karena mereka mempengaruhi pandangan saya, namun karena mereka mengklarifikasi beberapa informasi yang salah dalam ulasan saya atau menyampaikan pembaharuan yang telah menyelesaikan masalah yang saya tuliskan dalam ulasan saya. (Contoh: Crowdo)
  7. Karena industri tekfin sangat cepat berkembang dan berubah setiap waktu, saya belum tentu bisa mengejar pembaharuan ulasan saya dengan faktual. Oleh karenanya dalam setiap ulasan saya, saya selalu mencantumkan tanggal terakhir tulisan tersebut diperbaharui. Apabila sudah terlalu lama tidak diperbaharui, maka lebih baik mencari ulasan di website lain yang lebih baru dan gunakan ulasan saya sebagai perbandingan historikal.
  8. Ada kalanya anda menemukan informasi yang konflik satu sama lain dari artikel yang berbeda. Hal ini bisa terjadi bila dalam tulisan yang lebih lama pendapat saya belum diubah namun dalam tulisan yang lebih baru pendapat saya sudah mencerminkan situasi terkini. Anda bisa membantu mengingatkan saya dengan meninggalkan komentar.
  9. Seiring berjalannya waktu ulasan saya mulai dibantu oleh analisa dan pendapat pihak ketiga (contoh: Uangme dan Amartha) Pihak ketiga yang saya ijinkan membantu adalah pihak yang TIDAK memiliki hubungan langsung dengan institusi terkait atau kompetitornya. Misalnya untuk ulasan P2P lending maka tidak boleh dibantu oleh pegawai atau manajemen P2P lending perusahaan apapun.

Tulisan Saya Mengandung Informasi dari Pengguna Lain

Semakin banyak opini, semakin kecil juga peran saya untuk mempengaruhi anda secara subjektif, sehingga ada kalanya saya memasukkan komentar dan/atau informasi yang disampaikan oleh rekan komunitas saya. Informasi tersebut pasti saya tandai dengan kredit untuk oleh terkait misalnya

“Menurut Pak Goku…”, “Informasi dari Hanan”, “Komentar dari Pak Albert”, dll dsb.

Apabila anda menemukan identitas anda yang tidak ingin dipublikasikan disini, silakan hubungi saya dan akan saya hilangkan nama anda.

Dalam kasus tertentu suatu review juga ditulis sepenuhnya atas wawancara pengguna lain, contohnya disini.

Target Publikasi

Satu tulisan baru setiap minggunya, dan setiap bulannya minimal bertambah satu ulasan produk, tiga atau lebih tulisan lainnya kemungkinan tentang edukasi, puisi, atau pembahasan lainnya.

Kemungkinan Disponsori

Saya tidak mau munafik, saya juga suka uang, dan saya tidak keberatan bila ada produk yang memberikan saya insentif untuk menulis ulasan. Hal ini sudah terjadi di ulasan Komunal . Untuk setiap ulasan yang disponsori saya akan membuka jujur nominal ‘sumbangan’ dari mereka. P2P lending Cashwagon misalnya, juga sedang dalam proses negosiasi untuk menulis ulasan berbayar. Keputusan terakhir untuk percaya atau tidak dengan opini saya tentu masih di tangan anda.

Metode Ulasan

Semua yang saya ulas di website ini pasti sudah saya gunakan sendiri, setidaknya sampai proses pendaftaran dan verifikasi identitas selesai. Saya belum tentu mengeluarkan uang di website investasi tertentu yang memang risiko produknya sama sekali tidak bisa saya tolerir (Growpal) atau tidak tersedia sama sekali (Tokomodal).

Dalam kasus tertentu seperti di Tokomodal saya mewawancara rekan yang sudah kebagian pendanaan disana, jadi ulasan saya adalah gabungan pengalaman dia dan pengalaman saya.

Singkatnya sih, ulasan saya berdasarkan pengalaman icip-icip, dan di jangka panjang saya memperbaharuinya secara tidak rutin, hanya kalau ada perubahan signifikan yang perlu diketahui orang-orang saja (misalnya Danamart berubah jadi crowdfunding). Mentok-mentok saya hanya akan menambahkan cerita pengalaman gagal bayar agar meningkatkan kewaspadaan pembaca.

Riset yang terlalu mendalam bagi saya kurang efektif untuk menilai kualitas risiko di p2p lending. Sekuat apapun suatu perusahaan tetap ada risiko gagal bayar dari borrowernya. Sekalipun kita tahu identitas peminjam dan payir/bouwheer, tetap saja ada risiko yang tidak bisa dkita eliminasi. Saya lebih suka metode diversifikasi masal untuk mengeliminasi sebesar mungkin risiko non-sistematis. Asal jangan overdiversifikasi saja.

Kalau anda memang sukauntuk meneliti fundamental perusahaan P2P lending secara mendetail, saya sarankan untuk bergabung di Telegram Lender P2P karena disana cenderung membahas hal tersebut.

Untuk ulasan yang bersifat kontinual dan jangka panjang, saya merekomendasikan menonton Youtube panutan saya Doddy Bicara Investasi

Blog Ini untuk Membantu Anda Ambil Keputusan, bukan Malah Membuat Galau!

Harapan saya justru blog ini membantu anda hemat waktu, tidak usah membanding-bandingkan sendiri, tidak usah galau memilih mana yang terbaik, sehingga uang anda semakin cepat berkembang. Karena untuk setiap hari berjalan dimana anda menunda investasi, anda malah kehilangan potensi return yang lebih tinggi. Cara terbaik menilai suatu investasi cocok atau tidak adalah dengan mencobanya sendiri . Dengan proses pendaftaran yang serba mudah dan digital, serta nominal investasi yang makin lama makin terjangkau, rasanya icip-icip sendiri bukan menjadi suatu halangan. Apabila sudah nyaman, barulah nambah dana.

Keterbukaan Penghasilan Referral

Dibawah ini saya jabarkan institusi – institusi yang paling banyak memberikan saya penghasilan referral, secara berurutan (nomor 1 berarti penghasilan terbanyak). Tujuannya agar anda bisa membuat penilaian, apakah insitusi – insitusi dibawah ini mendapatkan nilai lebih bagus hanya karena mereka memberikan saya pemasukan?

  1. Akseleran
  2. Bibit
  3. Investree
  4. Uangme
  5. Easycash
  6. Asetku
  7. Esta Kapital
  8. Modalrakyat
  9. Tanifund
  10. Koinworks

Daftar diatas hanya mencakup komisi program referral, bukan hasil pembayaran kerjasama, atau penjualan produk yang saya jual sebagai afiliasi.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

HUBUNGI SAYA

asiaril@ymail.com

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang menerbitkan, menyiarkan, menulis ulang, atau menyebarkan konten situs ini tanpa izin tertulis dari pemilik blog ini (Adrian Siaril)

Isi blog ini bukan ajakan investasi dan bukan saran profesional. Saya tidak memiliki kualifikasi apapun, jadi jangan mudah percaya dengan omongan saya.

KODE REFERRAL

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48