Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Kebijakan Ulasan

  1. Ulasan dan saran didalam blog ini sepenuhnya pendapat pribadi saya. Saya bukanlah seorang profesional yang memiliki kualifikasi finansial. Apabila mengikuti saran saya, maka sepenuhnya menjadi risiko anda.
  2. Blog ini tidak pernah dan tidak akan menerima kompensasi finansial untuk meningkatkan penilaian dalam suatu ulasan. Kalaupun ada insentif atau apresiasi dalam bentuk lain, akan dituliskan dalam ulasan tersebut. (Contoh: Asetku dan Komunal)
  3. Saya berkomitmen untuk tidak menerima pembayaran untuk melakukan review, baik untuk posting pertama kali maupun untuk mengubah isi tulisan. Apabila ada permohonan review dari suatu pihak, saya hanya akan masukkan ke waiting list dan mereka tidak bisa meminta ‘jadwal prioritas’
  4. Saya menerima kerjasama dengan pihak yang saya review untuk keperluan lain, misalnya webinar, seminar, dan tulisan promosi (BUKAN review) selama kerjasama tersebut tidak mengikat tanggung jawab saya untuk mengubah isi review (contoh: Danamart dan Easycash)
  5. Saya berkomitmen untuk tidak ‘membuka harga’ untuk kerjasama dengan pihak yang pernah saya review. Saya menerima dengan senang hati kompensasi dari mereka (bila ada), tapi saya tidak akan menegosiasikan bentuk maupun jumlah kompensasi tersebut (contoh: Koinworks dan Investree)
  6. Paska pertemuan dengan perwakilan dari institusi yang diulas, ulasan biasanya memang kelihatan lebih bagus. Hal ini bukan karena mereka mempengaruhi pandangan saya, namun karena mereka mengklarifikasi beberapa informasi yang salah dalam ulasan saya atau menyampaikan pembaharuan yang telah menyelesaikan masalah yang saya tuliskan dalam ulasan saya. (Contoh: Crowdo)
  7. Karena industri tekfin sangat cepat berkembang dan berubah setiap waktu, saya belum tentu bisa mengejar pembaharuan ulasan saya dengan faktual. Oleh karenanya dalam setiap ulasan saya, saya selalu mencantumkan tanggal terakhir tulisan tersebut diperbaharui. Apabila sudah terlalu lama tidak diperbaharui, maka lebih baik mencari ulasan di website lain yang lebih baru dan gunakan ulasan saya sebagai perbandingan historikal.
  8. Ada kalanya anda menemukan informasi yang konflik satu sama lain dari artikel yang berbeda. Hal ini bisa terjadi bila dalam tulisan yang lebih lama pendapat saya belum diubah namun dalam tulisan yang lebih baru pendapat saya sudah mencerminkan situasi terkini. Anda bisa membantu mengingatkan saya dengan meninggalkan komentar.
  9. Seiring berjalannya waktu ulasan saya mulai dibantu oleh analisa dan pendapat pihak ketiga (contoh: Uangme dan Amartha) Pihak ketiga yang saya ijinkan membantu adalah pihak yang TIDAK memiliki hubungan langsung dengan institusi terkait atau kompetitornya. Misalnya untuk ulasan P2P lending maka tidak boleh dibantu oleh pegawai atau manajemen P2P lending perusahaan apapun.

Tulisan Saya Mengandung Informasi dari Pengguna Lain

Semakin banyak opini, semakin kecil juga peran saya untuk mempengaruhi anda secara subjektif, sehingga ada kalanya saya memasukkan komentar dan/atau informasi yang disampaikan oleh rekan komunitas saya. Informasi tersebut pasti saya tandai dengan kredit untuk oleh terkait misalnya

“Menurut Pak Goku…”, “Informasi dari Hanan”, “Komentar dari Pak Albert”, dll dsb.

Apabila anda menemukan identitas anda yang tidak ingin dipublikasikan disini, silakan hubungi saya dan akan saya hilangkan nama anda.

Dalam kasus tertentu suatu review juga ditulis sepenuhnya atas wawancara pengguna lain, contohnya disini.

Target Publikasi

Satu tulisan baru setiap minggunya, dan setiap bulannya minimal bertambah satu ulasan produk, tiga atau lebih tulisan lainnya kemungkinan tentang edukasi, puisi, atau pembahasan lainnya.

Kemungkinan Disponsori

Saya tidak mau munafik, saya juga suka uang, dan saya tidak keberatan bila ada produk yang memberikan saya insentif untuk menulis ulasan. Hal ini sudah terjadi di ulasan Komunal . Untuk setiap ulasan yang disponsori saya akan membuka jujur nominal ‘sumbangan’ dari mereka. P2P lending Cashwagon misalnya, juga sedang dalam proses negosiasi untuk menulis ulasan berbayar. Keputusan terakhir untuk percaya atau tidak dengan opini saya tentu masih di tangan anda.

Metode Ulasan

Semua yang saya ulas di website ini pasti sudah saya gunakan sendiri, setidaknya sampai proses pendaftaran dan verifikasi identitas selesai. Saya belum tentu mengeluarkan uang di website investasi tertentu yang memang risiko produknya sama sekali tidak bisa saya tolerir (Growpal) atau tidak tersedia sama sekali (Tokomodal).

Dalam kasus tertentu seperti di Tokomodal saya mewawancara rekan yang sudah kebagian pendanaan disana, jadi ulasan saya adalah gabungan pengalaman dia dan pengalaman saya.

Singkatnya sih, ulasan saya berdasarkan pengalaman icip-icip, dan di jangka panjang saya memperbaharuinya secara tidak rutin, hanya kalau ada perubahan signifikan yang perlu diketahui orang-orang saja (misalnya Danamart berubah jadi crowdfunding). Mentok-mentok saya hanya akan menambahkan cerita pengalaman gagal bayar agar meningkatkan kewaspadaan pembaca.

Riset yang terlalu mendalam bagi saya kurang efektif untuk menilai kualitas risiko di p2p lending. Sekuat apapun suatu perusahaan tetap ada risiko gagal bayar dari borrowernya. Sekalipun kita tahu identitas peminjam dan payir/bouwheer, tetap saja ada risiko yang tidak bisa dkita eliminasi. Saya lebih suka metode diversifikasi masal untuk mengeliminasi sebesar mungkin risiko non-sistematis. Asal jangan overdiversifikasi saja.

Kalau anda memang sukauntuk meneliti fundamental perusahaan P2P lending secara mendetail, saya sarankan untuk bergabung di Telegram Lender P2P karena disana cenderung membahas hal tersebut.

Untuk ulasan yang bersifat kontinual dan jangka panjang, saya merekomendasikan menonton Youtube panutan saya Doddy Bicara Investasi

Blog Ini untuk Membantu Anda Ambil Keputusan, bukan Malah Membuat Galau!

Harapan saya justru blog ini membantu anda hemat waktu, tidak usah membanding-bandingkan sendiri, tidak usah galau memilih mana yang terbaik, sehingga uang anda semakin cepat berkembang. Karena untuk setiap hari berjalan dimana anda menunda investasi, anda malah kehilangan potensi return yang lebih tinggi. Cara terbaik menilai suatu investasi cocok atau tidak adalah dengan mencobanya sendiri . Dengan proses pendaftaran yang serba mudah dan digital, serta nominal investasi yang makin lama makin terjangkau, rasanya icip-icip sendiri bukan menjadi suatu halangan. Apabila sudah nyaman, barulah nambah dana.

Keterbukaan Penghasilan Referral

Dibawah ini saya jabarkan institusi – institusi yang paling banyak memberikan saya penghasilan referral, secara berurutan (nomor 1 berarti penghasilan terbanyak). Tujuannya agar anda bisa membuat penilaian, apakah insitusi – insitusi dibawah ini mendapatkan nilai lebih bagus hanya karena mereka memberikan saya pemasukan?

  1. Akseleran
  2. Bibit
  3. Investree
  4. Uangme
  5. Easycash
  6. Asetku
  7. Esta Kapital
  8. Modalrakyat
  9. Tanifund
  10. Koinworks

Daftar diatas hanya mencakup komisi program referral, bukan hasil pembayaran kerjasama, atau penjualan produk yang saya jual sebagai afiliasi.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 609

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.