Review Uangme – P2P Konsumtif Yang Naik Daun

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Uangme dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 2 Oktober 2019

Mencari kode referral uangme? Gunakan kode ini –> 7627 

Penulisan review ini dibantu oleh rekan saya Andreas Paskalis (@paskalis_analytics) dan Pak Adi Surya

Latar Belakang Perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Latar belakang Uangme cukup sulit ditelaah lewat internet. Berkat bantuan rekan rekan saya, kita mengetahui bahwa Uangme sebenarnya dimiliki oleh PT Intidana Wijaya , yang merupakan pemegang saham (holding) bank ICBC sebesar 1.3%. Direktur utama Uangme merupakan komisaris di PT Supra Boga Lestari , yang produknya kita kenal sebagai outlet Ranch Market.

Namun Uangme sendiri lebih suka menggunakan nama SuperAtom sebagai induk perusahaan mereka. Superatom sendiri berbasis di Indonesia namun ‘dilahirkan’ oleh perusahaan Cheetah mobile yang berbasis di Tiongkok. Saat ini SuperAtom sudah memiliki suntikan dana dari Gobi Partners.

Setelah mengetahui latar belakang Uangme, saya sedikit yakin akan kredibilitas latar belakang mereka, namun saya berharap Uangme bisa menjabarkan fakta-fakta tersebut secara transparan dalam promosi mereka, agar banyak investor yang langsung percaya terhadap kredibilitas P2P lending ini.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Secara teori, sama seperti P2P lending model konsumtif lainnya, jumlah pinjaman di Uangme bisa dibilang tak terbatas, karena dana dari lender secara terus menerus disebarkan ke berbagai peminjam yang tidak diketahui jumlahnya (dialokasikan otomatis oleh sistem)

Namun secara kenyataan, nyatanya jumlah uang di sisi peminjam tentu ada nominalnya, terbukti karena belakangan ini Asetku, yang merupakan ‘senior’ dari Uangme, mulai menerapkan kuota pendanaan untuk mencapai keseimbangan antara peminjam dan pendana.

Saat ini kita bisa berbahagia menikmati Uangme karena Uangme belum menerapkan sistem kuota tersebut, namun seiring berjalannya waktu saya rasa Uangme juga akan melakukan hal tersebut untuk menuruti kebijakan dari OJK yang harus mengedepankan transparansi.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Karena memiliki model konsumtif, tentu saja variasi pinjaman di Uangme sangatlah sempit, alias hanya sebatas tenor saja yang berbeda.

Hal ini membuat diversifikasi kategori mustahil, namun investor pemula tidak akan pusing memilih produk di Uangme karena hanya tinggal memilih tenor saja.

Saat ini tenor di Uangme berkisar antara 21 hari sampai 4 bulan. Tenor yang lebih lama tentu memiliki bunga yang lebih tinggi. Ada tenor 7 hari yang hanya bisa diambil satu kali saja saat baru mendaftar.

Retur tertinggi di Uangme berkisar di 23% per tahun untuk tenor 4 bulan. Angka tersebut menjadikan Uangme p2p lending konsumtif dengan retur tertinggi, yang hanya bisa dikalahkan oleh p2p kategori lending produktif dengan risiko besar – misalnya produk dari Akseleran dengan penilaian kelas C atau produk dari Koinworks dengan penilaian kelas E yang bisa mencapai yang bisa mencapai bunga 30% pertahun.

Apakah Uangme Aman?

Ya, Uangme terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), namun Uangme belum mencapai tahap izin oleh OJK. “Terdaftar dan Diawasi” bisa saja diartikan seperti “lolos tahap administrasi, namun belum lolos tahap ujian”

Apakah Uangmepenipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Uangme. Saya sebagai pengguna yang sudah bergabung selama 1 bulan juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang pembayaran yang telat di Uangme, hal tersebut nampaknya hampir dapat dipastikan hoax, karena p2p konsumtif seperti Uangme tidak memiliki risiko gagal panen seperti Crowde atau risiko kredit macet seperti Modalku.

Jadi, sampai detik ini saya berani berkata bahwa Uangme bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam P2P lending, baca artikel ini

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Jumlah minimal investasi di Uangme adalah 600 ribu rupiah untuk seluruh tenor. Anda bisa menambahkan modal dengan kelipatan 100rb.

Kecuali untuk penggunaan menggunakan kupon tertentu, modal minimal mungkin lebih tinggi.

Kualitas Customer Service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Saya belum secara pribadi menghubungi tim mereka, namun banyak informasi yang ditulis dalam artikel ini merupakan hasil dialog antara rekan saya dengan tim cs mereka, sehingga kesan saya bahwa tim CS mereka cukup responsif dan tidak sembunyi sembunyi dalam menjawab pertanyaan lender.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Mengingat tenor terendah adalah 21 hari, serta uang kembali otomatis ke rekening dalam maksimal 2 hari kerja tanpa dipotong biaya apapun, maka dapat dipastikan likuiditas di Uangme sangatlah baik.

Bagi yang menginginkan investasi jangka menengah, Uangme juga menyediakan tenor 4 bulan. Tenor ini cocok apabila anda memiliki sebongkah uang yang tidak akan digunakan dalam waktu singkat.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimalnya masalah teknis.

Desain aplikasi sederhana dan cukup mudah digunakan, dan tidak bisa digunakan di website (harus download aplikasi). Kekurangan utamanya adalah, tampilan hanya tersedia dalam bahasa inggris.

Persentase Non Performing Loan (NPL)

Non performing loan adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh modal anda.

Saat ini nilai TKB90 adalah 100%, yang berarti dalam 90 hari kebelakang tidak ada pinjaman yang bermasalah. Ini adalah salah satu indikasi baik bahwa meskipun Uangme memiliki model konsumtif dengan risiko yang lebih tinggi, namun manajemen risiko mereka cukup baik.

Perlindungan Modal Investor

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Bila terjadi wanprestasi, Pokok dan Bunga tetap kembali 100% karena pokok telah dijamin oleh Asuransi Sinarmas Insurtech sebesar 80%. Uangme sudah membayar premi untuk fasilitas itu. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh CS mereka, meskipun Sinarmas Insurtech menolak memberikan konfirmasi kepada saya.

Lalu bagaimana dengan Sisa 20 persen dan bunga yang tidak dicover asuransi? Menurut rekan saya Pak Adi Surya (komentar beliau bisa dilihat dibagian bawah), sisanya tersebut berasal dari kantong Uangme pribadi, dipotong dari penghasilan operasional mereka.

Dulu Uangme memitigasi risiko dengan memberikan retur variable – misalnya terjadi gagal bayar, mungkin bunga yang anda terima lebih rendah karena kerugiannya ditanggung renteng oleh banyak investor. Namun hal tersebut tidak berlaku lagi sekarang.

Seringkali banyak orang bertanya di blog saya melalui email maupun komentar: kalau memang gagal bayar dijamin, mana pasalnya? Mana janji tertulisnya?

Perlu saya informasikan bahwa aturan OJK mewajibkan seluruh P2P lending untuk menyatakan “risiko gagal bayar sepenuhnya ditanggung pendana” jadi kalau kita cek secara legal memang tidak ada tulisan nya bahwa modal dilindungi. Hal ini juga berlaku untuk Koinworks, Danain, Amartha, etc – Perlindungan modal murni inisiatif setiap p2p lending dan tidak bersifat wajib sehingga tidak bisa ditulis dalam dokumen legal.

OJK juga melarang P2P lending melindungi modal pendana melalui dana himpunan sendiri (harus dilindungi pihak lain).

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau Tidak?

Tidak.

Kualitas Program Referral

Unik. Apabila ada yang mendaftar menggunakan kode referral anda, anda mendapatkan 5 ribu rupiah. Tidak berhenti sampai situ, setiap kali teman yang anda refer mendanai, anda akan mendapat 0.5% dari dana yang ia taruh.

Namun ada maksimal yang anda bisa dapatkan dari setiap orang, yaitu 1 juta rupiah. Jadi secara teori, setiap teman bisa memberi anda maksimal 1.005.000, namun tidak ada batasan total tentang berapa banyak uang yang anda bisa terima dari program referral ini (bahkan leaderboard menunjukkan ada yang sudah mendapatkan 27 juta, entah benar atau tidak)

Yang keren dari program referral ini adalah, anda bisa menarik komisi referral anda kapan saja tanpa perlu menunggu komisinya mencapai nominal tertentu. Pencairan komisi juga sama seperti pengembalian pinjaman yang hanya memakan maksimal 1 hari kerja, serta TIDAK dipotong biaya admin maupun biaya transfer. Mantap pol!

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Sejauh ini dampak sosial kelihatannya buruk karena dalam lending konsumtif, orang yang anda danai bukan menggunakan uang tersebut untuk kegiatan yang produktif seperti modal usaha atau ekspansi bisnis, namun menggunakannya untuk keperluan pribadi yang bersifat konsumsi (misalnya beli pulsa, keperluan mendadak, sampai barang mewah seperti HP)

Perlu juga diketahui bahwa Uangme mengenakan bunga sebesar 0.79% per hari kepada peminjam. Bunga ini sangat tipis dibawah ambang batas maksimum yang diperbolehkan OJK di angka 0.8%. Hal ini boleh dipertimbangkan apabila anda tidak mau dijuluki ‘lintah darah online’ oleh kaum kaum konservatif.

Kesimpulan

Kelebihan

  • Jumlah pinjaman yang saat ini ‘tidak ada habisnya’
  • Menyediakan tenor lengkap, dari pendek sampai menengah
  • Bunga yang disajikan cukup kompetitif
  • Skema referral yang menarik

Kekurangan

  • Tidak adanya relationship manager yang bisa membimbing investor baru
  • Minimal investasi 1 juta rupiah, cukup besar dibanding pemain lainnya
  • Latar belakang perusahaan yang cukup tertutup dan belum dikenal baik oleh saya maupun publik

Rekomendasi

Uangme adalah pemain baru yang mendadak eksis karena mengambil momentum yang tepat – ia hadir sebagai alternatif terbaik Asetku sejak Asetku menerapkan kuota pendanaan yang membuat pusing semua orang.

Saya tetap lebih percaya Asetku dibandingkan Uangme karena sudah mengenal Asetku luar dalam. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini Uangme layak dicoba karena sayapun malas berebutan pendanaan di Asetku yang mengharuskan saya memantau hp di waktu tertentu seperti ketika saya mengikuti Flash Sale.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Sini?

  • Orang orang yang dibuat pusing oleh Asetku
  • Pemain baru P2P lending yang baru mau mencoba coba dengan komitmen minim

Mencari kode referral uangme? Gunakan kode ini –> 7627 

Bandingkan website P2P lending lain?

Advertisements

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

14 Responses

      1. Adi Surya

        saya pernah tanya2 sama Investor Relationnya ( sebutannya di uangme : RM )

        memperoleh informasi sbb
        – asuransi sinarmas insurtech ini hanya mengcover 80% dari pokok pinjaman (jadi bukan 100%)
        – saat ini (awal oktober) jumlah NPL yg sesungguhnya masih dibawah 3%

        Tetapi terus mengapa uangme ini bisa mengembalikan dana lender 100% ?
        hitung2annya sbb (ini semua cuma asumsi pribadi)

        bunga pinjaman = 0.8% x 30 hari = 24% per bulan

        biaya bunga investor/lender = 2% per bulan (perkiraan)
        biaya NPL / kredit macet = 3% per bulan (perkiraan)
        biaya premi asuransi = 0.5% per bulan (perkiraan)

        Laba kotor(sblm operasional )= 24 – 2 – 3 – 0.5 = 18.5% per bulan

        dengan laba kotor 18% per bulan maka masih bisa mengembalikan pokok dari uang investornya
        cuma hitung2an ini belum dikonfirmasi oleh pihak uangme
        hanya asumsi saya saja

        Lalu dengan laba kotor 18%
        bagaimana dengan laba bersih apakah mereka profit atau tidak ?

        saya juga belum mendapatkan jawaban dari IR karena
        1. laporan keuangan tidak publish
        2. IR juga tidak mengetahui komponen biaya operasional yang lain seperti
        -biaya marketing , biaya operasional kantor, biaya jasa debt collector, biaya pajak, biaya regulasi,dll
        sehingga 18% ini sisanya berapa juga ga tahu. yang tahu ya direksi yg levelnya lebih atas

          1. Adi Surya

            boleh pak
            ini ada secuil informasi pak
            ini ada fintech p2p lain (komunal) juga memakai jasa sinarmas insurtech
            https://ibb.co/mvzCVFJ
            disitu tertulis asuransi kredit mengcover 80% dari nilai pinjaman yang tidak terbayar setelah 90 hari

            cuma bedanya
            – kalau di p2p-komunal ini, memang dituliskan sinarmas insurtechnya di website
            VS
            – kalau di p2p uangme, sinarmas insurtech ini tidak dituliskan di website , cuma Lisan saja
            tentu saja para lender lebih suka kalau dituliskan di website (tidak cuma lisan)

              1. Adi Surya

                mantap jadi pak asiaril tanya ke simas insurtech
                untuk konfirmasi bahwa uangme memang klien mereka ya pak. hehe
                pak berikut ini adalah
                perhitungan bunga pinjaman VS biaya NPL
                https://ibb.co/9h0JsSW
                jika diasuransi 80% pokok memang diperlukan NPL 55% baru rugi lebih
                tetapi perlu diingat pada tabel tersebut
                hanya dicantumkan biaya NPL dan fitur asuransi
                belum dicantumkan
                – biaya Lender
                – biaya premi asuransi
                – biaya desk collection (sebutan debt collector versi fintech)
                – biaya marketing
                – biaya gaji karyawan
                – biaya operasional (listrik,dst)
                – biaya regulasi, pajak
                – biaya lainnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.