Koinworks Review


Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Koinworks dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 30 April 2019

Latar belakang perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Latar belakang Koinworks cukup baik, dengan tim manajemen yang merupakan putra bangsa semua serta suntikan dana yang juga berasal dari investor lokal yaitu Mandiri Capital Indonesia.

Koinworks juga cukup transparan dengan menjajarkan daftar tim manajemen mereka di website.

Koinworks memiliki nama Legal PT. Lunaria Annua Teknologi, didirikan di tahun 2015 dan saat ini memiiki lebih dari 50 staff.
 

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Seumur hidup berinvestasi di Koinworks, belum pernah saya menjumpai kejadian tidak tersedia investasi sama sekali. Pinjaman baru terus menerus berhamburan dari berbagai pihak.

Ada kalanya pinjaman yang tersedia kelewat banyak sampai dua halaman terisi penuh (diatas 50 pinjaman) dan ada kalanya pinjaman yang tersedia hanya ada dibawah 10, jadi jumlahnya agak fluktuatif alias labil.

Saya hanya berharap pengguna baru tidak dipusingkan apabila mereka disajikan dengan pinjaman yang kelewat banyak.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Koinworks ibarat restoran internasional yang menyediakan makanan dari berbagai macam negara. Pinjaman jenis apapun bisa anda temui disini: dari pinjaman personal, invoice financing, refinancing, pembelian barang, edukasi, permodalan, dan lain-lainnya.

Berbagai jenis pinjaman tersebut juga bervariasi dari segi tenor dan resiko, yang sangat memudahkan diversifikasi anda. Bunga berkisar di 9 persen sampai diatas 20 persen.

Sebagian besar variasi didominasi invoice financing. Hal ini sebenarnya bagus mengingat resiko jenis pinjaman tersebut cenderung rendah.

Yang saya sayangkan adalah minimnya pinjaman dari UMKM yang sebenarnya sangat diuntungkan oleh kehadiran industri P2P Lending.

Kualitas Customer Service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Saya tidak banyak berkomunikasi dengan tim Koinworks karena tidak pernah menjumpai masalah di website ini. Saya hanya pernah menelepon mereka sekali karena mengeluhkan sebuah bug. Pantauan saya, tim mereka cukup mudah dihubungi lewat telepon, email, maupun media sosial.

Apakah Koinworks Aman?

Tentu saja! Koinworks terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Apakah Koinworks penipu?

Tentu Koinworks bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Sejak dulu sampai sekarang mereka konsisten di angka 100.000 sebagai minimum investasi

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Sangat mudah menjumpai pinjaman tenor pendek disini, bahkan durasi 1 bulan sekalipun.

Semua pinjaman umumnya terdanai penuh dalam waktu yang relatif singkat, dibawah 2 minggu.

Dengan fitur bernama robolending, anda tidak perlu menunggu pinjaman terdanai penuh karena uang anda langsung dikembangkan secara otomatis, mirip dengan P2P model ekonomi konsumtif.

Di poin sebelumnya saya menyebutkan bahwa pinjaman di Koinworks sangat banyak. Hal ini sebenarnya baik, namun terkadang bila terlalu banyak pinjaman tersedia, akibatnya dana dari investor menjadi tersebar-sebar dan memperlambat terpenuhnya sebuah pinjaman. Akibatnya, likuiditas bisa saja merendah karena hal ini.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Meskipun banyak fitur yang bisa diakses dari mobile maupun desktop, namun interface nya cukup menakutkan bagi investor pemula.

Pemula akan terbantu oleh fitur Robolending yang bisa menyebarkan secara otomatis dana anda ke berbagai peminjam, mirip dengan cara kerja lending konsumtif.

Komplain utama saya ke Koinworks adalah sulitnya mencatat laba dan rugi anda. Tidak ada filter khusus untuk mencari pinjaman pinjaman yang telat atau gagal bayar, serta anda tidak mendapat pemberitahuan bila ada pinjaman yang bermasalah. Koinworks harusnya belajar dari Akseleran yang serba transparan.

Persentase Non Performing Loan

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Laporan KPMG di November 2018 menuliskan NPL mereka 0.13 persen.

Koinworks menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Koinworks menunjukan angka 99.39% yang berarti hanya ada sedikit sekali pinjaman yang bermasalah.

Perlindungan Modal Investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Saya menilai perlindungan modal di Koinworks merupakan yang terbaik, dimana modal investor dilindungi beberapa persen tergantung dari grade pinjaman yang anda danai. Pinjaman grade A dilindungi 100% yang berarti bila terjadi gagal bayar, modal anda dikembalikan seluruhnya. Persentase perlindungan menurun untuk grade pinjaman yang lebih rendah.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah Atau Tidak

Saat ini belum menawarkan pinjaman syariah.

Program Referral

50.000 credit untuk pengguna baru dan referral nya. Namun credit tersebut hanya bisa digunakan untuk menambahkan bunga, berbeda dengan program referral lain dimana credit bisa dicairkan menjadi uang sesungguhnya.

Artinya? Kualitas Program ini Cukup buruk.

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Tergantung dari jenis pinjaman yang anda danai, dampak sosial anda bisa jadi baik ataupun buruk. Hal ini karena pinjaman di Koinworks sangat bermacam-macam, jadi dampak sosial investasi anda tergantung pada jenius pinjaman apa yang anda danai.

Catatan Lain

Koinworks merupakan website P2P lending kedua yang saya coba. Saya tertarik karena melihat iklan mereka di Instagram. Saat ini saya merekomendasikan Koinworks sebagai website lending terbaik secara keseluruhan.

Ada salah satu masalah Koinworks yang tidak ada di website lainnya, yaitu seringkali pinjaman dibatalkan “karena masalah administrasi”.
Koinworks sepertinya memulai penggalangan dana SEBELUM legalitas dan administrasi sang peminjam dilengkapi. Hal ini sebenarnya baik karena meringankan syarat peminjam serta memastikan pinjaman baru lebih cepat hadir, namun masalahnya apabila pinjaman yang anda danai dibatalkan, uang tersebut dikembalikan ke wallet anda dan akhirnya menjadi ‘uang mati’ untuk waktu yang cukup lama (selama penggalangan, dan sebelum anda menginvestasikannya kembali)

Kesimpulan

Kelebihan Koinworks:

  • Menawarkan jenis pinjaman dengan variasi yang beragam; mulai dari pinjaman personal, invoice financingrefinancing, pembelian barang, edukasi, permodalan, dan lain-lainnya.
  • Pinjaman selalu tersedia dan sering diupdate, tidak pernah sampai kehabisan pinjaman.
  • Banyaknya pinjaman tenor pendek yang tersedia (mulai dari 1 bulan)
  • Pinjaman umumnya terdanai penuh dalam waktu yang relatif singkat (dibawah 2 minggu).
  • Minimal investasi hanya 100 ribu rupiah.
  • Banyak fitur yang bisa diakses melalui desktop dan mobile apps.
  • Memiliki fitur robolending yang cocok untuk pemula yang malas memilih atau sedang belajar mendiversifikasi.
  • Memberlakukan ‘asuransi’ yang melindungi modal investor apabila terjadi gagal bayar.

Kekurangan Koinworks:

  • Karena tingginya jumlah investor, seringkali investor harus berebut untuk memilih jenis pinjaman tertentu (hanya tersisa yang kurang baik)
  • Fitur autoinvest belum bekerja dengan baik karena pada prakteknya pinjaman yang bagus didominasi oleh beberapa orang saja.
  • Tidak memiliki filter untuk mencari pinjaman yang telat atau gagal bayar.
  • Tidak ada pemberitahuan mengenai pinjaman yang bermasalah.
  • Interface nya cukup menakutkan untuk pemula

Rekomendasi

Koinworks menjadi rekomendasi pertama saya untuk peer to peer lending saat ini untuk siapapun yang ingin investasi di peer to peer lending. Apabila mau memilih produk investasi sendiri di Koinworks, Investor pemula perlu sedikit belajar untuk memahami tentang grading serta perlindungan yang diberikan oleh Koinworks.

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Investor pemula maupun investor yang datang dari produk investasi lain
  • Investor yang tidak mau kehilangan modal
  • Investor yang mau memilih sendiri mendanai pinjaman apa
  • Investor yang suka diversifikasi

Apabila tertarik, daftar di Koinworks menggunakan kode referral saya 62507 untuk mendapatkan bonus.

Bandingkan website lain?

5 thoughts on “Koinworks Review

    1. Halo, Koinworks selama beberapa hari kemarin sempat maintenance jadi suka tidak bisa dibuka. Semoga sebentar lagi kembali normal ya

      Like

  1. Sekarang koinworks udah menurun kwalitasnya dari pinjaman yg pending sampai 15 hari lebih,respon yg lambat,pernah uang saya hilang tiba tiba sampai harus komplain jd was was juga walau udah di kembalikan,dan fitur autopurchasenya yg gak langsung mendanain..saya lihat koinworks lebih mementingkan penambah jumlah lender dari mengurusin perusahaanya banyak pinjaman yg telat bayar tp gak ada info sama sekali sampai pinjaman yg melakukan rentruksisasi gak bayar juga selama berbulan bulan gak di anggap gagal bayar juga,

    Like

    1. Terimakasih sharingnya kak Yasa. Saya juga merasa Koinworks belakangan ini tidak sebaik dulu. Autopurchase tidak langsung mendanai itu, sepengetahuan saya karena sang autopurchase kakak bersaing dengan autopurchase lender lainnya untuk mendanai pinjaman yang sama (rep MODALKU pernah menjelaskan tentang hal ini kepada saya). Perihal restrukturisasi namun tidak dianggap gagal bayar, kakak jangan khawatir sebab aturan OJK sekarang mengharuskan kalau ada pinjaman yang telat lebih dari 90 hari maka dianggap gagal bayar.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.