Short Review: KoinGold by Koinworks

Short Review: KoinGold by Koinworks

KoinWorks tiada hentinya mengembangkan penawaran produk mereka. Setelah sebelumnya membuat skema pendanaan baru bernama KoinRobo di ekosistem p2p lending mereka, mereka di tahun ini berkomitmen mewujudkan mimpi mereka untuk menjadi ‘super financial app’ pertama di Indonesia dengan cara menawarkan dua produk baru untuk membeli emas maupun surat berharga negara (SBN).

Baik KoinGold maupun KoinBond sebenarnya disediakan oleh pihak ketiga yang bekerjasama dengan KoinWorks sebagai aggregator. Mirip dengan hubungan antara manajer investasi dengan APERD (agen penjual reksadana), KoinWorks pun disini hanya bertindak sebagai ‘pemasar’ dari dua produk tersebut. Namun, membeli di KoinWorks memiliki keunggulan tersendiri karena website KoinWorks terintegrasi dengan layanan investasi lainnya, yang kedepannya pun akan semakin luas cakupannya.

Fitur Koingold

Pembelian emas dapat dilakukan mulai dari Rp 1.000

Nominal ini termasuk murah dibandingkan beberapa layanan lain yang pernah saya ulas disini, meskipun beberapa lainnya bahkan lebih rendah lagi. Menurut saya 1.000 sudah menjadi nominal yang cukup wajar sebagai minimum pembelian, karena kalau kita lihat realita di keseharian, hampir tidak ada juga orang yang investasi emas dengan nominal ratusan perak.

Hal menarik dari nominal ini adalah, bunga recehan hasil investasi KoinP2P dan KoinRobo dapat dimasukkan ke KoinGold. Di dua produk tersebut minimal investasinya adalah 100rb, jadi bunga yang didapatkan disana tidak dengan mudah bisa diinvestasikan kembali (rollover). Nah, bunga ‘receh’ tersebut bisa diinvestasikan di Koingold, ketimbang harus nganggur di saldo (tidak berbunga) ataupun ditarik (kena biaya penarikan)

Fitur Subscription 

Fitur ini adalah pembelian berkala yang sebenarnya sudah umum ditawarkan berbagai website investasi. Saya pribadi kurang suka membeli investasi secara otomatis, karena saya lebih memilih untuk membeli di ‘momen yang tepat’ dengan mengecek pergerakan harga. Namun bagi pemula yang belum paham metode analisa harga seperti ini, maka fitur pembelian otomatis akan sangat membantu karena kita ‘dipaksa’ menabung rutin tanpa perlu memikirkan soal harga.

Metode pembelian rutin yang umumnya dikenal dengan istilah DCA (dollar averaging cost) ini juga terbukti efektif menyaingi strategi profesional yang rumit dipelajari, sehingga tidak merugikan pemula bila digunakan.

Auto Buy

Fitur yang ini cukup menarik dan jarang ditawarkan oleh penjual emas online lainnya. Mirip dengan mekanisme pasar saham, dengan fitur ini kita bisa memasang ‘harga beli’ yang kita kehendaki tanpa harus mengikuti harga pasar hari itu.

Tentunya pembelian tidak langsung selesai, namun sistem akan menunggu secara otomatis sampai harga emas turun ke harga yang kita kehendaki, lalu melakukan pembelian otomatis untuk kita.

Hal ini sangat efektif untuk melakukan trading capital gain (mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual beli) tanpa harus online terus menerus di depan layar untuk memantau harga.

Redemption (coming soon)

Ini adalah fitur paling mendasar namun penting disediakan. Saat ini KoinGold belum bisa melakukan penarikan emas dalam bentuk fisik, namun KoinWorks sudah menyatakan kepada saya bahwa fitur ini sudah dalam tahap pengembangan.

Penutup

Mendiversifikasi dana dalam satu website/layanan merupakan hal yang saya cukup sukai, tanpa perlu memindah-mindahkan uang saya antar layanan (merepotkan), saya sudah bisa membeli berbagai macam produk dari satu pihak saja.Sejak rebranding menjadi super financial apps, arah perkembangan KoinWorks memang sudah terprediksi seperti ini. Bilamana produk P2P di platform KoinWorks dinilai ‘tinggi risiko’ karena ada risiko gagal bayar dan likuiditas, maka KoinWorks menjawab kebutuhan pengguna yang toleransi risikonya kecil dengan menyediakan 3 produk baru yang terbilang low risk: KoinRobo, KoinGold, dan KoinBond.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.