A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda ยป Ingin Investasi Emas? Ini Rumus Jitunya!

Ingin Investasi Emas? Ini Rumus Jitunya!

Siapa yang tidak tahu emas? Emas adalah salah satu logam mulia yang kerap dipilih sebagai salah satu bentuk investasi karena terbilang cukup praktis dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Harga emas yang cenderung naik dari waktu ke waktu serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan, membuat banyak orang tertarik menjadikan emas sebagai salah satu instrumen investasinya. Emas juga bukan hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan, tapi bisa juga digunakan sebagai investasi. Investasi pada emas cenderung aman dan minim resiko. Namun perlu diingat bahwa emas idealnya dipakai untuk investasi jangka panjang.

Sebelum Anda benar-benar memulai berinvestasi pada emas, Anda perlu memahami lebih dulu beberapa hal terkait instrumen investasi ini, agar nantinya dapat berjalan sesuai dengan yang Anda butuhkan;

Tentukan Tujuan Investasi
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan tujuan dari investasi Anda. Hal ini tidak hanya berlaku untuk investasi emas, namun juga berlaku untuk investasi di instrumen lain.

Tujuan investasi harus ditentukan di awal agar memudahkan Anda dalam menentukan target serta perencanaan dengan lebih matang. Beberapa contoh tujuannya seperti:

  • Dana pensiun
  • Membeli rumah
  • Membeli kendaraan
  • Biaya pendidikan anak
  • Biaya pernikahan, dsb.
  • Tentukan pula jangka waktu yang diperlukan untuk melakukan investasi tersebut.

Cek Harga Emas Secara Berkala
Memantau harga emas sangat penting dilakukan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pembelian emas. Harga emas memang cenderung naik bila dilihat dari grafik tahunan. Namun harga emas bisa saja naik turun setiap harinya. Karenanya, Anda perlu melakukan pemantauan terhadap harga emas secara berkala.

Sebelum membeli emas, Anda dapat mengecek harga emas harian di situs resmi Bukit Emas Antam, Pegadaian, atau Marketplace toko emas yang terpercaya. Anda juga perlu mengikuti berita ekonomi terkini khusus tentang emas, karena harga emas dalam negeri umumnya dipengaruhi oleh harga emas dunia.

Anda memang bisa menjual emas ketika harganya sedang tinggi. Namun, hal tersebut tidak disarankan apabila tujuan investasi emas Anda sebagai investasi yang berjangka panjang. Jadi, sebaiknya Anda menjual emas ketika telah mencapai target yang telah Anda tentukan sejak awal.

Membeli di Tempat yang Tepat
Tips investasi emas selanjutnya ialah dengan membeli emas di tempat yang tepat. Misalnya Anda ingin berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan, maka belilah emas di toko yang terpercaya dan memiliki reputasi baik, untuk mengurangi risiko kerugian atau kemungkinan terjadinya penipuan.
Saat ini Anda juga bisa berinvestasi emas secara online. Dan sekali lagi, Anda juga perlu memilih tempat yang tepat. Pastikan platform atau situs tempat Anda membeli emas sudah terdaftar secara resmi.

Pilih Cara Investasi Emas
Anda dapat memilih untuk investasi emas di rumah atau di marketplace terpercaya. Saat ini menabung emas bisa di Pegadaian atau melalui marketplace. Apa yang membedakan keduanya?
Keunggulan emas berbentuk fisik adalah jelas, Anda bisa langsung membawa pulang dan menyimpannya di rumah. Namun jika berupa tabungan emas, Anda bisa membeli emas dengan cara mencicil. Apa pun pilihan Anda nanti, pastikan itu telah sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda dalam investasi ini.

Tentukan Penyimpanan yang Paling Aman
Anda bisa menyimpan emas fisik di beberapa tempat yang aman seperti :

  • Safety box di rumah
  • Safe deposit box di Bank
  • Pegadaian
  • Layanan brankas dari Antam
  • Intinya, jangan biarkan orang lain yang tidak berhak turut mengetahui dan memiliki akses atas penyimpanan tersebut. Hal ini amat penting mengingat risiko kehilangan yang cukup tinggi

Tentukan Jumlah Investasi
Hal ini berhubungan dengan tips sebelumnya tentang menentukan target. Misalnya saja Anda ingin membeli rumah secara tunai dalam kurun waktu 15 tahun dari saat ini. Cobalah hitung perkiraan harga rumah di 15 tahun ke depan, disertai dengan kemungkinan inflasi. Jika sudah menentukan nilainya, Anda tinggal menentukan berapa emas yang harus Anda beli setiap bulannya. Pastikan dalam hal ini, komitmen dan konsistensi Anda agar target tersebut dapat tercapai sesuai dengan yang telah Anda tentukan di awal.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.