A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda ยป Trading atau Investasi Emas – Bagusan mana?

Trading atau Investasi Emas – Bagusan mana?

Apa Bisa Trading Jangka Pendek di Emas?

Dalam seminggu terakhir, saya fokus membahas tentang emas. Sejauh ini sudah ada pembahasan tentang keuntungan membeli emas secara online, biaya-biaya investasi emas, penjelasan istilah spread, perbedaan emas spot dan futures, serta peran emas di portfolio.

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas pertanyaan yang sering diajukan kepada saya tentang emas: bisakah emas kita jadikan sarana trading ketimbang investasi?

Jawabannya singkatnya, tentu saja bisa. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika kamu ingin trading emas.

  1. Trading emas sulit dilakukan di jangka pendek

Setelah memahami konsep spread dan futures di tulisan saya sebelumnya, harusnya anda menyadari bahwa trading jangka pendek akan lebih sulit dilakukan akibat adanya spread. Kenaikan harga emas cenderung perlahan tapi pasti, dan fluktuasi yang terjadi dalam satu hari biasanya tidak lebih besar daripada spreadnya.

Spread yang wajar berada di angka dibawah 5 persen. Sedangkan harga emas jarang sekali naik diatas 5 persen hanya dalam satu hari. Bahkan kenaikan harga emas akibat invasi Rusia ke Ukraina terjadi dalam beberapa hari secara beruntun, bukan hanya dalam satu hari saja.

  1. Trading emas di pasar spot lebih sulit

Kita sudah belajar sebelumnya bahwa emas memiliki fundamental atau underlying yang sangat baik, sehingga pergerakan harganya cenderung stabil. Pergerakan harga yang stabil ini tentu kurang baik untuk trading jangka pendek, karena volatilitas justru membantu trading di jangka pendek.

Selain itu, di pasar spot kita hanya bisa mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saja, sehingga kalau harga turun, kita menanggung kerugian dari penurunan harga maupun spread.

Hal ini berbeda dengan emas di pasar futures, dimana ada unsur leverage yang membuat pergerakan harga kecil menjadi lebih fluktuatif. Namun perlu diingat, risiko trading emas di pasar futures pun jauh lebih besar, dan uang sebanyak apapun bisa hilang seketika bila salah strategi.

  1. Emas cenderung bergerak naik di jangka panjang, perlahan tapi pasti

Apabila kita lihat harga emas secara historis, sudah jelas bahwa harganya terus naik meskipun terjadi beberapa penurunan kecil dari waktu ke waktu. Ketimbang fokus pada trading jangka pendek yang menyulitkan karena adanya spread dan tidak volatil, lebih baik fokus pada investasi jangka panjang saja. 

Investasi jangka panjang bukan saja menghemat waktu karena kita tidak perlu memantau harga secara harian, tapi juga lebih mudah karena kita tidak perlu memahami berbagai ilmu teknikal yang butuh waktu untuk dipelajari.

  1. Sekalipun mau trading di pasar futures, risikonya sangat tinggi 

Trading emas di pasar futures memang lebih menarik karena ada unsur yang disebut leverage. Leverage membuat pergerakan harga yang sebenarnya sedikit menjadi jauh lebih besar, bisa ratusan kali lipat sehingga memudahkan kita untuk trading di jangka pendek. Namun, leverage ini juga melipatgandakan potensi kerugian kita, sehingga kita bisa saja kehilangan seluruh modal kita hanya dalam hitungan detik. 

Berdasarkan beberapa pertimbangan tersebut, menurut saya trading jangka pendek di emas sangatlah memungkinkan, namun lebih sulit dilakukan. Berkaca dari tulisan saya sebelumnya tentang peran emas di portfolio, saya rasa lebih tepat menjadikan emas sebagai sarana investasi jangka panjang karena sifatnya yang stabil, cenderung naik, dan memiliki basis aset kuat.

Apabila kamu membaca tulisan ini, berarti kamu tinggal selangkah lagi bisa mulai berinvestasi emas di aplikasi OneAset. Klik link dibawah ini untuk mencoba melakukan pembelian emas 100% online, bebas biaya, dan dengan spread yang kompetitif.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.