A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Penggerak Harga Emas: Kebijakan Amerika

Penggerak Harga Emas: Kebijakan Amerika

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang faktor yang mempengaruhi harga emas, di bagian kedua ini saya akan menjelaskan beberapa kebijakan ekonomi Amerika Serikat yang bisa berdampak langsung pada harga emas.

Amerika Serikat sampai saat ini merupakan negara terkuat di dunia, jadi wajar saja kebijakan ekonomi sekecil apapun yang diambil bisa mempengaruhi pergerakan harga instrumen investasi di seluruh dunia, termasuk emas. Oleh karenanya, bagi investor emas yang serius, biasanya memperhatikan berita tentang kebijakan ekonom di Amerika Serikat untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Tentu saja, kalau tidak mau repot, kamu lebih baik menggunakan metode dollar cost averaging yang saya ajarkan di dua tulisan sebelumnya.

Kenaikan suku bunga

Kenaikan suku bunga dilakukan untuk mengerem laju inflasi dan melambatkan pertumbuhan ekonomi, karena kegiatan usaha jadi enggan untuk meminjam uang demi mengembangkan kegiatan usaha mereka. Sebaliknya, investor justru senang karena tabungan mereka, dan aset berbasis utang floating rate (seperti deposito) akan memberikan return lebih. Namun, perlu diingat bahwa aset berbasis utang yang sifatnya memberikan bunga fixed rate, seperti surat utang negara akan dijual karena potensi keuntungannya berkurang. 

Karena kenaikan suku bunga juga berpotensi menurunkan keuntungan dan pertumbuhan bisnis, maka harga saham pun cenderung turun karena investor ingin melepas kepemilikan saham mereka. 

Nah, setelah menjual surat utang dan saham, biasanya investor beralih kepada emas sebagai sarana parkir dana mereka. Karena permintaan emas meningkat,  biasanya harganya pun naik. Anda bisa membaca tulisan saya sebelumnya tentang hukum permintaan dan persediaan untuk memahami kenapa hal ini bisa terjadi.

Kenaikan pajak

Kenaikan pajak berkontribusi positif bagi ekonomi negara, namun memiliki dampak negatif pada kegiatan usaha karena menurunkan potensi keuntungan bisnis. Mirip seperti kenaikan suku bunga, hal ini berakibat pada stigma investor yang ingin melepas kepemilikan saham mereka, dan berpotensi meningkatkan harga emas karena ada permintaan yang meningkat.

Alokasi Anggaran Pemerintah

Seperti APBN milik Indonesia, setiap negara memiliki anggaran tahunan yang berbeda-beda sesuai prioritas dan tujuan yang ingin dicapai. Beberapa alokasi anggaran berpotensi pada naiknya harga emas, misalnya penurunan jumlah anggaran yang disediakan pemerintah berpotensi menimbulkan stigma negatif bahwa suatu negara sedang dalam kondisi ekonomi yang tidak baik, sehingga masyarakat negara tersebut menjual aset aset mereka dan berpindah ke emas sebagai safe haven.

Data ketenagakerjaan

Unemployment rate merupakan data yang menunjukkan berapa persen penduduk suatu negara yang dalam kondisi tidak bekerja. Apabila laporan angka terbaru menunjukkan kenaikan dari periode sebelumnya (berarti ada kenaikan jumlah pengangguran), maka stigma investor asing terhadap Amerika akan negatif, sehingga banyak investor yang menjual dolar Amerika dan membeli emas sebagai gantinya. Alasannya, peningkatan pengangguran menandai bahwa perusahaan mengurangi jumlah karyawan, sehingga ada kemungkinan menandakan penurunan performa ekonomi Amerika. Sebaliknya, jika data ketenagakerjaan terbaru menunjukkan penurunan pengangguran, berarti menandakan bisnis Amerika sedang berkembang pesat sehingga investor membeli aset aset berbasis Amerika dan menjual emas mereka.

Kekuatan mata uang Amerika Serikat terhadap negara lainnya

Pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan langsung dengan seberapa kuat mata uang negara tersebut kepada mata uang lainnya. Apabila dolar Amerika menguat terhadap mata uang negara maju lainnya seperti Inggris, Jepang, dan Swiss, maka mengindikasikan adanya pertumbuhan ekonomi yang cukup kuat, sehingga investor memiliki stigma positif untuk saham-saham perusahaan yang berbasis di Amerika.

Ketika saham memiliki stigma positif, biasanya investor menjual aset yang sifatnya aman seperti emas, sehingga kemungkinan besar emas harganya akan turun.

Memahami seluruh faktor penggerak harga emas memang cukup repot, namun kalau kamu baru saja mengenal dunia investasi, sebenarnya kamu hanya perlu fokus membeli dan menabung emas secara rutin saja, tanpa perlu memperdulikan hal-hal diatas. Yang penting, proses menabung dan berinvestasi emasnya harus semudah dan senyaman mungkin. Nah, OneAset memberikan kemudahan berinvestasi secara 100% online dan bebas biaya. Kamu bisa klik link dibawah ini untuk mencoba memulai investasi emas

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.