Adrian Siaril

stockbit

Cara Beli Saham IPO Secara Online di Stockbit

Satu per satu produk investasi makin mudah diakses secara online. Mulai dari tabungan, deposito, reksadana, maupun obligasi, semuanya bisa kita gunakan dengan modal genggaman tangan dan tekanan jari saja.

Begitu juga dengan saham,- sebuah produk investasi yang juga berhasil dibuat digital dan serba online. Namun, masih ada satu aspek dalam dunia saham yang masih membingungkan banyak investor bahkan yang senior sekalipun, yakni berpartisipasi dalam IPO (Initial Public Offering) atau pemesanan saham perdana.

Bagi yang belum tahu, IPO adalah proses penawaran perdana atau pertama kali untuk perusahaan yang baru saja melantai di bursa kepada masyarakat dan investor. Misalnya, perusahaan saya yang mulanya hanya milik keluarga memutuskan untuk menjual saham ke publik,  maka bisa melalui proses IPO ini.

Jadi, masyarakat dan investor memiliki kesempatan sebagai pemilik saham ‘pertama’ melalui proses penawaran Initial Public Offering sebelum ditransaksikan di Bursa Efek Indonesia.

Saham IPO biasanya memiliki memiliki potensi growth yang luar biasa cepat, contohnya seperti UVCR (Ultravoucher) yang mencetak return 241% sejak IPO hingga saat tulisan ini ditulis.

Contoh lain, saham Adaro Mineral (ADMR) yang meroket hingga 635%, bahkan BEI pun mengambil tindakan untuk menghentikan sementara transaksi ADMR di bursa.

Lalu, bagaimana cara membeli saham IPO ini? Apakah bisa dibeli secara online?

Apakah Saham IPO Bisa Dibeli Secara Online?

Sebenarnya saham IPO dapat dipesan secara online, namun masih banyak sekuritas (broker saham) yang masih terlena di masa lalu dan bersikap tradisional terhadap IPO. 

Contohnya, dari 3 sekuritas yang saya gunakan, dua diantaranya masih meminta pengisian form fisik yang harus diserahkan di kantor cabang sekuritas atau dikirim melalui pos. 

Tentunya hal tersebut tidak nyaman sekali bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan produk keuangan dari media internet saja.

Sejauh ini pemesanan saham IPO dapat dilakukan melalui e-IPO dan beberapa sekuritas yang memiliki izin fitur IPO.

Ada banyak manfaat dengan adanya pembelian saham IPO secara online ini, diantaranya :

  1. Menyediakan akses yang luas dan mudah dijangkau  investor retail khususnya untuk berpartisipasi dalam Pasar Perdana, di mana sebelumnya investor retail memiliki akses yang terbatas untuk dapat berpartisipasi dalam pemesanan saham IPO; 
  2. Meningkatkan kesempatan investor retail untuk memperoleh alokasi penjatahan saham IPO; 
  3. Memperluas partisipasi Perusahaan Efek sebagai Selling Agent dalam sebuah proses penawaran umum melalui e-IPO, sehingga dapat memperluas juga kesempatan bagi seluruh investor untuk berpartisipasi pada sebuah penawaran umum.

Beli Saham IPO di e-IPO

Pemerintah melalui BEI (Bursa Efek Indonesia) sudah memfasilitasi proses pembelian saham IPO secara online, dengan menyediakan website https://e-ipo.co.id

Adapun syaratnya adalah melakukan registrasi dan mendaftar SID investor serta sekuritas yang digunakan.

peluang investasi pasar perdana

Beli Saham IPO di Sekuritas

Beli saham IPO pun bisa dilakukan di sekuritas secara langsung, namun tidak semua memiliki fitur IPO. Seperti 2 sekuritas yang saya sebutkan tadi karena masih harus pengisian formulir fisik dan mengirimkannya ke kantor cabang.

Namun, di beberapa sekuritas sudah memiliki fitur pemesanan IPO dalam aplikasi trading mereka. 

Makanya, coba cek aplikasi trading saham yang anda gunakan. Apakah sudah punya fitur IPO? Jika iya, maka anda bisa gunakan untuk pembelian saham IPO.

Cara Beli Saham IPO di Stockbit

Untungnya, beberapa broker modern membuat proses IPO jauh lebih mudah sebagaimana harusnya. Salah satunya adalah Stockbit, aplikasi yang sejak dulu sudah saya rekomendasikan untuk menganalisa dan membeli saham. 

Stockbit memastikan bahwa proses e-IPO lewat aplikasi mereka 100% online tanpa menggunakan dokumen fisik. Serta, tidak memerlukan proses registrasi ulang.

stockbit

Stockbit mendesain tampilan antarmuka aplikasi trading untuk seluruh prosesnya, dengan tujuan mempermudah bagi orang yang baru pertama kali mengikuti pembelian IPO. Selain menggunakan desain aplikasi Stockbit yang modern, Stockbit juga menyederhanakan proses pemesanan saham IPO yang disertai dengan panduan step-by-step.

stockbit

Bagi yang sudah memiliki akun Stockbit dan tertarik menggunakan fitur e-IPO mereka, bisa melihat panduannya di link ini.

Sedangkan bagi yang baru tertarik menggunakan Stockbit karena keunggulan diatas, dapat mendaftar menggunakan link ini. Proses pembukaan rekening saham hingga verifikasi akun hanya 24 jam saja.

Tips Memilih Saham IPO

Sejak 2 tahun terakhir, perusahaan yang go public melalui IPO mendadak meningkat drastis. Akibatnya, investor pemula mungkin bingung memilih perusahaan IPO mana yang layak untuk diinvestasikan.

Menurut saya, perlu dianalisa terlebih dahulu apakah perusahaan yang IPO tersebut merupakan kegiatan usaha yang sudah mengantongi keuntungan dan membutuhkan dana IPO untuk pengembangan bisnis, atau justru butuh dana segar untuk membayar utang.

Startup yang belum untung namun IPO, seperti BUKA (Bukalapak) sebenarnya bukan berarti buruk. Prospek usahanya bisa saja bagus di masa depan, namun seperti yang bisa kita lihat, pergerakan harga sahamnya mengalami tren penurunan sejak melantai bursa, karena keraguan investor terhadap kemampuan BUKA untuk bersaing dengan kompetitornya seperti Tokopedia dan Shopee. Sehingga banyak investor  melepas sahamnya.

Namun begitu, potensi jangka panjang BUKA juga tidak menutup kemungkinan dengan rencana perkembangan bisnis perusahaan kedepannya. 

Dibandingkan dengan MTEL, perusahaan yang memang sudah mengantongi keuntungan bertahun-tahun sebelum IPO, pergerakan harga sahamnya cenderung stabil. Perusahaan seperti ini lebih cocok untuk investor yang memiliki profil risiko lebih rendah dan tidak kuat melihat pergerakan harga yang terlalu fluktuatif di jangka pendek.

Untuk membantu menganalisa dan memutuskan saham IPO apa yang ingin dibeli, pastikan untuk melihat prospektus yang disajikan saat proses pemesanan IPO.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Advertisement

Disponsori oleh:

Kode Referral

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48