Adrian Siaril

Cari Jenis Investasi yang Minim Risiko? Cobain Reksadana! 

Banyak orang yang baru mulai memikirkan investasi ketika sudah memasuki masa tidak produktif. Padahal sejatinya, tujuan berinvestasi ialah guna mendapatkan kehidupan yang layak di masa tua atau di masa ketika sudah tidak lagi memiliki pekerjaan karena keterbatasan usia maupun kemampuan.

Oleh karenanya, investasi baiknya sudah dimulai sejak dini ketika masih memiliki penghasilan. Hal ini dikarenakan ketika masih dalam usia produktif dan memiliki penghasilan tetap, pola investasi yang dapat dijalankan bisa beragam.

Berbeda dengan memulai investasi di masa pensiun, hal itu justru memiliki risiko yang lebih tinggi karena jika investasinya gagal, tidak ada lagi pemasukan yang dapat mengcover kerugiannya.

-Kenalan dengan Reksadana-

Salah satu investasi yang bisa menjadi pilihan investasi Anda dan menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup populer saat ini adalah reksadana. Reksadana sendiri merupakan kumpulan dari dana-dana yang dikelola oleh suatu manajer investasi untuk membeli obligasi, saham, ataupun instrumen keuangan lainnya.

Dibandingkan dengan instrumen investasi lain, reksadana merupakan pilihan yang relatif aman karena memiliki risiko yang minim. Hal ini dikarenakan ketika Anda memiliki reksadana, manajer investasi akan “menyebarkan” dana investasi Anda di lebih dari satu produk atau perusahaan.

Tujuannya ialah agar ketika salah satu perusahaan mengalami penurunan, masih ada perusahaan lain yang cenderung stabil atau naik, sehingga aset Anda aman dan terlindung dari kerugian yang drastis.

– Jenis Investasi Reksadana-

Reksadana memiliki beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Berikut jenis-jenisnya:

  1. Reksadana Pendapatan Tetap

Jenis reksadana yang pertama ialah reksadana pendapatan tetap. Mayoritas dana dari instrumen ini akan dialokasikan ke obligasi milik pemerintah dan swasta. Kemudian sisanya akan dialihkan ke instrumen pasar uang, jadi pergerakannya akan cenderung lebih stabil.

Tak hanya itu, saat ini reksadana pendapatan tetap juga dibilang investasi yang cukup menjanjikan, apalagi saat suku bunga deposito menurun. Mengapa demikian? Karena hanya dalam waktu satu tahun, Anda bisa mendapat bunga hingga mencapai di atas 10% dengan risiko yang relatif kecil.

Dengan alasan itulah, saat ini sudah banyak orang yang beralih dari deposito ke reksa dana pendapatan tetap. Tidak sampai di situ, dengan jenis investasi ini, Anda pun bisa menarik uang kapan saja. Jelas sangat berbeda dengan deposito yang baru bisa ditarik ketika sudah jatuh tempo.

  1. Reksadana Pasar Uang

Dari semua jenis-jenis reksa dana yang ada, reksadana pasar uang dinilai menjadi instrumen yang paling aman dengan risiko kecil. Mayoritas dana yang ada pada reksadana pasar uang akan dialokasikan ke deposito atau surat berharga yang jatuh tempo di bawah satu tahun.

Meskipun tidak sebesar reksadana pendapatan tetap dan saham, tapi hasilnya masih lebih besar dibandingkan dengan deposito.

Tak hanya itu, jika di deposito Anda tidak bisa mencairkan dana Anda sesuka hati, berbeda dengan pasar uang. Anda bisa mencairkan uang kapan saja.

Reksa dana pasar uang cocok bagi investor konservatif yang memang tidak bisa mentolerir adanya risiko tinggi dan lebih memilih investasi yang cenderung stabil.

  1. Reksadana Saham

Reksadana saham merupakan instrumen yang mampu memberikan keuntungan paling tinggi dibandingkan dengan jenis-jenis reksadana lainnya. Namun jika Anda ingin mulai masuk ke dalam investasi ini, maka Anda harus memahami bahwa risikonya juga lebih besar dibanding dengan jenis reksadana lain.

Dalam reksadana ini, manajer investasi akan mengalokasikan dana investasi Anda secara penuh ke pasar saham. Jenis investasi ini dirasa cocok bagi investor agresif yang tidak masalah akan adanya risiko tinggi dengan hasil yang besar.

Memang, fluktuasi harga saham yang turun-naik, membuat Anda akan mengalami penurunan uang ketika saham sedang turun, tetapi Anda bisa mencapai keuntungan puluhan persen saat sedang naik.

Jika Anda ingin terjun langsung ke pasar saham, namun masih ragu atau bingung dan belum terlalu paham akan analisis fundamental atau teknikal saham, maka memiliki investasi reksadana saham bisa menjadi pilihan awal Anda dalam berinvestasi.

  1. Reksadana Campuran

Reksadana campuran termasuk instrumen investasi yang bisa memberikan high return, sama seperti reksa dana saham. Namun, risikonya menengah, yang berarti lebih rendah ketimbang saham tetapi lebih tinggi daripada reksa dana pendapatan tetap. Sebab nantinya, dana yang dihimpun akan dibagi ke beberapa sektor yakni saham, obligasi dan pasar uang.

Oleh karenanya, reksadana campuran cocok untuk investor yang ingin mendapatkan untung tinggi dari pasar saham, namun tetap menyukai kestabilan dari pasar obligasi. Dengan reksadana campuran, Anda juga bisa mengalihkan risiko kerugian ketika pasar saham sedang turun dan melemah.

Jenis reksadana ini direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan investasi jangka menengah, yakni 3 – 5 tahun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terkait

Artikel Populer

Advertisement

Disponsori oleh:

Kode Referral

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48