Asuransi Dasar yang Wajib Dimiliki Pasangan Muda

Merencanakan masa depan bersama pasangan, lazim dilakukan oleh orang-orang yang akan melangsungkan pernikahan atau yang baru saja memulai kehidupan baru sebagai sepasang suami-istri. Utamanya adalah terkait masalah keuangan, yang akan turut serta dalam pembahasan karena sangat berkaitan langsung dalam mewujudkan impian tiap-tiap pasangan, terlebih pada pasangan muda yang baru saja memulai kehidupan barunya.

Namun sebelum membicarakan mengenai target-target keuangan jangka panjang, memiliki jenis asuransi dasar sangat penting untuk dijadikan prioritas.

Mengapa Memiliki Asuransi Penting untuk Pasangan Muda?

Sebagai manusia biasa, tentu kita hanya bisa berencana dalam hal apapun dan tidak dapat menjamin bahwa 100% hidup kita bebas dari risiko. Untuk meminimalisir risiko yang bisa saja terjadi dan mengganggu keuangan pasangan muda di masa depan, maka memiliki dan memilih asuransi yang tepat pun menjadi hal yang penting. Sebab asuransi merupakan sebuah bentuk proteksi penting yang bisa melindungi diri Anda dan keluarga saat ada hal-hal tidak diinginkan terjadi.

Tidak semua orang yang memutuskan untuk menikah, telah sama-sama memiliki kondisi finansial yang stabil. Oleh karenanya, penting bagi Anda dan pasangan menyusun skala prioritas dalam menentukan rencana serta target-target kehidupan Anda.

Jika mengacu pada piramida keuangan, maka Anda perlu memastikan lebih dulu bahwa kebutuhan primer Anda dan pasangan sudah terpenuhi. Misalnya seperti alur kas bulanan yang sehat, pembayaran utang terpenuhi dengan baik, hingga memiliki dana darurat.

Jika semua hal pokok itu sudah terpenuhi, maka selanjutnya adalah manajemen risiko. Salah satunya ialah dengan memiliki asuransi. Setelah asuransi dimiliki, barulah Anda dan pasangan dapat menyusun rencana investasi.

Semua hal tersebut berlaku bagi semua orang, dikarenakan asuransi bisa memberikan kemudahan saat Anda atau keluarga terkena musibah seperti sakit, atau bahkan mengalami kecelakaan yang mengancam keselamatan jiwa. Saat hal-hal tersebut datang secara tiba-tiba, maka Anda tidak perlu menggunakan dana darurat atau dana lainnya yang bisa membuat keuangan Anda justru menjadi tidak sehat.

Jenis Asuransi Dasar yang Wajib Dimiliki Pasangan Muda

Saat ini, jenis asuransi sudah sangat beragam. Lalu, apa saja jenis asuransi dasar yang sebaiknya dimiliki oleh pasangan muda? Berikut penjelasannya:

1. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang paling penting untuk dimiliki bagi pasangan muda adalah asuransi kesehatan. Tidak ada orang yang ingin atau merencanakan sakit, namun hal tersebut bisa terjadi kapan saja.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, setidaknya Anda telah memiliki perlindungan finansial saat harus menjalani pengobatan atau perawatan di rumah sakit.

Secara umum, manfaat yang didapatkan jika Anda memiliki asuransi kesehatan adalah pertanggungan biaya medis untuk kamar rawat inap, biaya rawat jalan, biaya operasi, hingga obat-obatan. Tentu manfaat ini akan disesuaikan dengan produk asuransi yang Anda pilih.

Bagi para pekerja, biasanya sudah mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan dari tempatnya bekerja, atau minimal terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Namun, tidak ada salahnya untuk menambah perlindungan kesehatan dengan jenis asuransi swasta pribadi seperti produk SIJI Critical High – 50 yang dapat memberikan perlindungan terhadap 50 jenis penyakit kritis yang mungkin Anda alami di kemudian hari.

2. Asuransi Jiwa

Setelah menikah dan berkeluarga, tanggung jawab setiap orang tentu akan bertambah. Tak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk pasangan. Belum lagi nanti saat kehadiran buah hati. Jenis asuransi ini penting untuuk dimiliki, khususnya jika Anda sebagai tulang punggung keluarga atau pencari nafkah.

Tidak hanya terpatok pada suami, tetapi juga untuk istri jika berperan sebagai pencari nafkah. Tujuannya adalah untuk memberikan perlindungan finansial bagi keluarga atau penerima manfaat, jika tiba-tiba terjadi hal yang tidak diinginkan dan mengancam keselamatan jiwa.

Salah satu produk asuransi jiwa yang bisa Anda pertimbangkan adalah Asuransi Capital Eka Proteksi dari Capital Life. Asuransi ini merupakan produk asuransi jiwa yang memberikan 100% uang pertanggungan kepada penerima manfaat, jika peserta asuransi meninggal dunia karena sakit ataupun kecelakaan selama masa pertanggungan.

3. Asuransi Rumah dan Kendaraan

Asuransi dasar selanjutnya adalah jenis asuransi bagi kepemilikan aset, baik itu rumah maupun kendaraan. Setiap pasangan muda biasanya ingin hidup mandiri bersama pasangannya dan memiliki aset berupa rumah ataupun kendaraan pribadi.

Memiliki rumah dan kendaraan tentu saja tidak terlepas dari risiko. Misalnya saja untuk rumah, ada risiko kebakaran atau rusak karena bencana alam. Adapun untuk kendaraan juga ada risiko rusak, tabrakan, atau kehilangan. Oleh karenanya, bagi Anda yang telah memiliki aset ini, sangat dianjurkan untuk memiliki asuransi umum guna memberikan proteksi pada aset dan kendaraan yang Anda miliki.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 576

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *