A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Fungsi Emas di Portfolio Investasi Anda

Fungsi Emas di Portfolio Investasi Anda

Dengan hadirnya investasi-investasi model baru, semakin banyak orang yang menganggap bahwa emas bukanlah lagi menjadi instrumen investasi yang wajib dimiliki. Namun kalau melihat kenyataan, semakin banyak fintech baru yang menjadi penjual saldo emas, salah satunya OneAset. Fintech – fintech tersebut juga bertumbuh secara sangat pesat, yang menandakan bahwa masih banyak orang yang berinvestasi emas, dan jumlahnya semakin banyak. 

Padahal, emas jelas bukan merupakan investasi dengan tingkat keuntungan yang tinggi. Bahkan dalam kasus tertentu, deposito bisa mendapatkan keuntungan lebih tinggi daripada kenaikan harga emas. Jadi, apa sih karakteristik emas yang masih membuatnya relevan dari dulu sampe sekarang?

  1. Fundamental terkuat, bahkan melebihi saham

Salah satu penggerak harga emas dan saham adalah nilai intrinsik dari underlying, atau yang disebut dengan jaminan. Pada saham, underlying ini adalah lembar kepemilikan kita pada perusahaan. Pada emas, underlying nya adalah fisik emas batangan asli yang merupakan mata uang global. Tahukah kamu bahwa bank sentral banyak negara, dan bahkan bank sentral dunia menggunakan emas sebagai jaminan nilai mata uang mereka? Hal ini menjadi emas sebagai mata uang global yang diakui dimanapun. Apabila anda membawa rupiah ke negara lain, anda harus menukarkannya dahulu ke mata uang negara tersebut. Sedangkan untuk emas, anda bisa jual di negara apapun dan memiliki harga relatif sama karena emas memiliki harga acuan global.

Hal ini jelas berkebalikan sekali dengan cryptocurrency, yang fundamentalnya masih dipertanyakan oleh banyak orang – makanya harga cryptocurrency sangat fluktuatif sekali. Akibatnya, emas kerap dijuluki sebagai ‘safe haven’ yang menjadi pilihan diversifikasi bagi banyak orang, termasuk saya. 

  1. Sarana Hedging

Hedging adalah istilah dalam dunia investasi yang kira-kira berarti ‘lawan main’. Lawan main yang dimaksud disini adalah instrumen investasi yang harganya bergerak secara berkebalikan dengan isi portfolio kita lainnya. Emas merupakan hedging atau lawan main bagi banyak instrumen investasi lain seperti saham maupun mata uang. Disaat harga saham dan mata uang turun, biasanya harga emas justru naik. Hal ini karena biasanya ketika kondisi ekonomi memburuk, orang menjual kepemilikan saham dan investasi mereka, dan justru memarkirkan dana mereka di emas, sehingga harga emas naik. Nah inilah yang disebut dengan hedging. 

Contohnya ketika kemarin Rusia baru mulai menyerang Ukraina, harga emas terbang tinggi sekali, ketika semua instrumen investasi lainnya turun drastis. Saya termasuk yang menikmati keuntungan dari kenaikan emas ini, meskipun saat itu nilai portfolio saya yang lain cukup turun. Inilah fungsi hedging emas yang justru menyeimbangkan penurunan harga di portfolio anda.

  1. Tidak mungkin menjadi worthless alias bernilai 0

Saham bisa turun ke harga 50 perak, crypto bisa turun ke harga 1 rupiah, dan instrumen investasi berbasis utang bisa gagal bayar sehingga modal tidak kembali. Namun emas, separah apapun penurunannya, tidak pernah sekalipun dalam sejarah nilainya mendekati 0. Hal ini karena seperti dua poin yang sudah dibahas sebelumnya, emas memiliki fundamental atau underlying yang sangat jelas dan diakui di seluruh dunia, dan sifat harga emas yang justru bergerak kebalikan dengan instrumen investasi lainnya.

Nah, itu adalah 3 alasan utama kenapa emas masih jadi instrumen investasi yang laku meskipun returnnya tidak tinggi. Apabila kamu mau diversifikasi emas di portfolio kamu, tidak ada salahnya mencoba membeli di OneAset yang spread nya kompetitif, bebas biaya, dan 100% online.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.