Review Deposito BPR – Produk Baru Komunal

Komunal yang sebelumnya hanya fokus menjadi p2p lending, meluncurkan produk baru bernama deposito BPR. Sebenarnya Komunal bukan membuat produk ini dari awal, melainkan, Komunal menjadi sarana channeling/aggregator (reseller) untuk pembukaan deposito BPR.

Produk ini baru saja dibuka untuk umum pada bulan Desember lalu, setelah sebelumnya hanya ditawarkan untuk pengguna di Jawa Timur. Jadi review ini mungkin agak sedikit terlambat bila dibandingkan dengan reviewer lain yang sudah mencoba duluan

Apa itu BPR?

Bagi yang belum tahu apa itu BPR, merupakan singkatan dari BANK PERKREDITAN RAKYAT, yakni kegiatan usaha perbankan yang skalanya jauh lebih kecil daripada bank konvensional, tidak menyediakan produk perbankan seperti kartu debit ataupun ebanking, dan hanya fokus menjalankan kegiatan usaha untuk memberikan kredit pada kegiatan usaha saja.

Lalu apa kaitannya dengan produk baru Komunal ini?

Melalui produk ini, kita bisa membuka deposito BPR tanpa harus datang langsung ke cabang BPR tersebut untuk mengisi form fisik. Jadi, Komunal sukses melakukan proses digitalisasi pada produk konvensional deposito BPR, seperti layaknya dulu Gojek melakukan digitalisasi pada ojek pangkalan.

Produk ini memang bukan jenis investasi baru yang hype seperti NFT, namun digitalisasi pada deposito BPR merupakan hal baru yang tidak pernah dilakukan institusi keuangan finansial lain sebelumnya, jadi hebat sekali Komunal bisa melakukannya.

Kelebihan Deposito BPR Komunal

higher return, same risk (dibandingkan risiko deposito)

Produk BPR, sama seperti tabungan dan deposito bank lain, merupakan produk simpanan yang dijamin oleh LPS (lembaga penjamin simpanan) Nilai perlindungan ini sampai dengan 2 milyar, dan yang menjamin adalah institusi negara, bukan swasta.

Sejauh ini belum ada cerita di Indonesia bahwa ada penempatan deposito pada peserta penjaminan LPS (bank yang berpartisipasi membayar premi LPS) gagal bayar lalu merugikan nasabah/deposan.

Artinya, produk ini sangat rendah risiko, namun memiliki penawaran bunga yang lebih tinggi daripada deposito bank besar pada umumnya

Karakteristik Produk yang Bervariasi

Mirip dengan p2p lending, Komunal bekerjasama dengan banyak BPR yang masing-masing memiliki penawaran produk tersendiri, mulai dari bunga sampai tenor yang berbeda-beda. Artinya, anda memiliki banyak pilihan sesuai selera. Karakteristik produk akan dibahas secara lebih mendetail di bagian selanjutnya

Proses full digital dan modern

Seperti yang sudah disampaikan di awal, karena Komunal memang dasarnya adalah fintech, maka segala proses dari pembukaan akun sampai pembayaran akan dilakukan sepenuhnya dari balik layar komputer ataupun smartphone, tanpa memerlukan form fisik ataupun tatap muka.

Kekurangan Deposito BPR Komunal

Low risk Low Return

Bagi investor dengan toleransi risiko rendah, maka produk ini bisa dibilang tanpa cela. Namun bagi investor berpengalaman yang sudah terbiasa main di high risk, maka pasti akan menertawakan bunga yang ditawarkan produk ini.

Menurut saya, bahkan dibanding p2p lending yang berasuransi, sebenarnya jauh lebih menarik p2p lending sih. Hanya saja, produk ini menjadi alternatif bagus bagi mereka yang dikecewakan oleh drama gagal bayar dan telat bayar dari p2p lending

Karakteristik dan Spesifikasi Produk

Informasi dibawah berdasarkan ketersediaan produk pada tanggal 30 Des 2021

Bunga: 2.25% sampai 6% per tahun

Tenor: 1 bulan sampai 12 bulan

Minimal pengajuan: 1 juta rupiah sampai 500 juta rupiah

Proteksi dan asuransi: semua dijamin LPS sampai dengan 2 milyar. Yang dijamin adalah pokok beserta bunga dalam kasus gagal bayar

Perihal Rollover: Berbeda-beda per deposito

– Ada yang pokok dan bunganya dibayarkan ketika jatuh tempo

– Ada yang bunganya dibayarkan dan pokoknya otomatis digulung

– Ada yang bunga maupun pokoknya otomatis digulung

Review dan Kesan Saya

Produk ini jelas bukan sesuatu yang ‘wah’ untuk saya. Namun, inovasi yang dilakukan Komunal ini merupakan hal baru yang tidak berhasil dilakukan oleh institusi keuangan lain selama ini, yakni mendigitalisasi bank BPR.

Melalui produk ini, bukan saja membantu bank BPR untuk tumbuh dan menjangkau UMKM di daerah-daerah pelosok, namun juga memberikan akses bagi semua orang agar bisa menjadi nasabah/deposan dengan cara yang mudah dan cepat.

Cocok untuk Siapa?

Produk ini langsung menarik hati orang tua saya, jadi prediksi saya, produk ini tentu menarik juga bagi orang tua anda. Apalagi jika orang tua anda merupakan kaum rendah risiko yang tidak mengenal dunia saham dan investasi tinggi risiko lainnya.

Selain itu, produk ini juga cocok bagi kaum langka yang ‘kapok’ dan ‘sakit hati’ terhadap p2p lending dan instrumen investasi tinggi risiko lainnya. Produk ini jelas memiliki tingkat risiko jauh dibawah p2p lending namun menawarkan return yang lebih tinggi daripada deposito biasa.

Panduan Mendaftar dan Menggunakan

Proses pendaftaran

  1. Pergi ke https://depositobpr.id/signup/deposan?referral_code=AS2333
  2. Isi seluruh data yang diminta
  3. Pakai Kode Referral saya bila berkenan: AS2333

Cara Menggunakan

  1. Di halaman utama, Pilih Deposito yang disuka. Gunakan filter untuk mencari produk yang sesuai keinginan

2. Pilih produk yang paling sesuai kriteria anda. Klik “lihat detail”

3. Pelajari informasi lebih lanjut tentang si BPR, dan apabila ingin melanjutkan, masukkan nominal penempatan deposito dan kode promo (bila ada)

4. Setelah pengajuan, anda tidak langsung bisa mentransfer dana. Pengajuan anda masih dalam tahap evaluasi dari BPR nya. Evaluasi ini durasinya berbeda-beda tergantung dari BPR nya. Ada yang hitungan jam, ada juga sampai hitungan hari.

5. BPR biasanya menghubungi anda lewat telepon atau Whatsapp untuk konfirmasi maupun menanyakan informasi lain seperti nama ibu kandung, tempat bekerja, dan lain-lain

6. Sesudah mendapatkan informasi diatas, berikan waktu maksimal satu hari kerja bagi BPR untuk mengganti status pengajuan anda dari ‘diulas‘ menjadi ‘disetujui

7. Setelah sudah dalam status disetujui, anda akan memiliki link pembayaran di halaman “Depositoku”. Pastikan menyelesaikan pembayaran dalam 1×24 jam, atau status pengajuan anda akan menjadi ‘dibatalkan’

8. Lakukan pembayaran via virtual account ke nomor rekening yang muncul di halaman pembayaran

9. Apabila ada kendala atau pertanyaan, anda bisa hubungi CS Komunal di Whatsapp 085161710252

2 thoughts on “Review Deposito BPR – Produk Baru Komunal”

  1. Salah satu kekurangan dari BPR memang masih jadul. Segala urusan harus datang ke cabang. Banyak yang tidak memiliki website yang bisa memudahkan banyak hal. Banyak BPR juga memiliki tempat usaha tidak meyakinkan.

    Walaupun BPR masih banyak kekurangan dibandingkan bank, banyak BPR juga lebih fleksibel dibanding bank. Kita bisa diperlakukan seperti nasabah VIP di bank walaupun uang yang kita taruh tidak terlalu banyak. Segala hal yang susah, seperti datang ke BPR untuk tanda tangan sesuatu, menjadi lebih gampang karena BPRnya mau datang ke tempat kita. Ada pegawai-pegawai bank umum yang datang ke rumah saya juga, tetapi biasanya sales yang menawarkan produk (yang saya tidak butuh atau inginkan).

    Untuk orang yang tidak bermasalah dengan bank yang tidak memiliki gedung besar dan mewah, tidak ada kartu ATM, dan segala hal manual, saya sarankan untuk menelpon dan datangi BPR-BPR yang ada di daerah untuk mencari BPR dengan suku bunga, fasilitas, dan customer care yang cocok.

    9% adalah bunga tertinggi yang saya pernah terima dari sebuah BPR. Banyak BPR yang memberi suku bunga sampai limit LPS atau dibawahnya sedikit.

    Untuk saat ini limit bunga yang terjamin oleh LPS adalah 6%. Limit bunga LPS untuk bank umum 3,5%.

    Komunal memberi bunga maksimal dan cara gampang untuk menaruh uang kita. Itu satu langkah ke depan untuk BPR mengeluti dunia bank yang saingannya BPR-BPR lain, bank-bank raksasa, P2P Lending, dan apa saja yang ilegal.

    Saya harap ke depannya BPR bisa menyaingi P2P lending biar kita punya lebih banyak pilihan instrumen investasi yang bisa dibilang aman dan memberi hasil cukup tinggi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.