A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Apa Yang Dimaksud Spread?
person holding bread

Apa Yang Dimaksud Spread?

Spread dalam bahasa Indonesia berarti selisih atau kegiatan melebarkan. “To spread a jam” artinya melebarkan selai atau mentega pada roti.

Istilah spread di dunia investasi tidak sepenuhnya berbeda, masih memiliki makna ‘selisih’ dan ‘lebar’. Spread di dunia investasi merujuk pada selisih antara harga jual dan harga beli suatu barang – atau instrumen investasi.

Contoh instrumen investasi yang memiliki spread ini adalah mata uang, emas, dan komoditas pialang berjangka. Kita ambil contoh mata uang dulu, yang merupakan paling mudah.

Apabila anda pernah menukarkan mata uang rupiah ke mata uang lain, maka seharusnya anda sudah tidak asing lagi dengan konsep spread ini. Misalnya, ketika anda ingin membeli mata uang dolar Amerika menggunakan rupiah, anda diberikan harga 14.000 rupiah untuk setiap satu dolar. Namun ketika anda ingin menukarkan dolar Amerika kembali menjadi rupiah, satu dolar Amerika anda hanya dihargai 13.000 rupiah saja. Berarti, anda secara otomatis akan rugi 1.000 rupiah untuk setiap 1 dolar Amerika yang anda tukarkan.

Anda mungkin berpikir, praktik ini sangat tidak adil dan merugikan – kenapa masih juga diterapkan? Jawabannya sederhana, karena spread merupakan mata uang pencaharian dari pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan transaksi tersebut. Misalnya dalam penukaran mata uang asing, maka money changer selaku kegiatan usaha yang memfasilitasi penukaran mata uang asing tersebut mengenakan spread sebagai pemasukan mereka.

Hal ini sebenarnya sangat wajar, mengingat mereka tidak mengenakan biaya admin ataupun biaya transaksi atas penukaran mata uang asing mereka. Tidak ada yang gratis di dunia ini kan, sehingga setiap usaha berhak saja mengambil keuntungan atas jasa atau produk yang mereka jual.

Nah, kita sudah bahas satu contoh tentang valuta asing, selanjutnya kita bahas tentang konsep spread di emas.

Transaksi emas terbagi dua macam yaitu pasar spot dan futures. Anda bisa baca tulisan saya sebelumnya dengan judul “cuan ketika harga turun” untuk memahami apa perbedaannya. Baik pasar spot dan pasar futures sendiri keduanya mengenakan spread, namun kita akan fokus pada contoh di pasar spot dulu, karena anda bisa lihat contoh langsung nya saat pembelian emas di OneAset.

Pada aplikasi OneAset, harga emas yang tertera memiliki dua versi, yaitu harga jual dan harga beli. Konsep ini sama saja seperti contoh tentang mata uang yang sudah saya jelaskan di atas. Apabila anda membeli 1 gram emas lalu menjualnya semenit kemudian, anda pasti akan rugi karena harga beli anda lebih tinggi daripada harga jual anda.

Namun, spread yang dikenakan oleh produk emas di Oneaset tergolong kecil, yaitu sekitar 4 persen. Biaya ini merupakan pemasukan OneAset dan mitra nya Indogold. Dengan kata lain, kenaikan harga emas anda harus diatas 4 persen apabila ingin meraih keuntungan penjualan di produk emas ini, karena keuntungan anda harus menutupi selisih spread dulu.

Satu hal yang saya suka di OneAset adalah bahwa keuntungan yang ditampilkan di portfolio kita sudah mempertimbangkan spread tersebut, sehingga kita tahu jelas posisi keuntungan kita tanpa harus hitung menghitung, berbeda dengan aplikasi penjual emas lain yang kerap mengecoh karena menampilkan posisi portfolio berdasarkan harga beli saja, bukan harga jual.

Selain itu, promo-promo yang diberikan oleh OneAset sebenarnya memperkecil spread yang kita dapatkan, sehingga memudahkan kita untuk mendapatkan keuntungan.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

1 thought on “Apa Yang Dimaksud Spread?”

  1. Pingback: Mulai Trading, Pilih Pair Apa? - MIGRO - Mitra Pendaftaran Broker Forex Terbaik di Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.