Indikator Analisis Teknikal dengan Winrate 98%, Beneran Ada?

Beberapa waktu lalu, ada yang mengirimi saya sebuah video mengenai indikator analisis teknikal untuk trading dengan winrate mencapai 98%. Pertanyaannya, jika hal itu memang benar adanya, mengapa masih banyak orang yang rugi? Kenapa tidak semua orang memakai indikator teknikal dan auto kaya?

Sebenarnya jawaban untuk ini cukup sederhana, yakni memang benar adanya bahwa telah banyak indikator teknikal yang notabene akurat hingga mendekati 100%.

Permasalahan yang membuat banyak orang masih kalah dan rugi justru datang dari dirinya sendiri dalam menggunakan indikator tersebut. Sebab adanya indikator itu tidak lebih dari sekadar alat untuk membantu kita dalam mengambil keputusan.

Apa Itu Indikator Analisis Teknikal?

Indikator analisis teknikal merupakan alat dengan formula matematis yang berfungsi untuk mengetahui kondisi pasar terkini dan juga untuk membantu memberikan sinyal beli atau jual.

Analisis teknikal membutuhkan data dan grafik harga yang terjadi pada masa lalu, untuk kemudian dianalisis guna melihat adanya suatu tren atau pola tertentu yang terjadi.

Analisa teknikal ini pun tidak hanya dapat digunakan dalam dunia saham saja, melainkan dapat digunakan juga pada instrumen investasi lain, mulai dari forex hingga komoditas. Pada intinya, analisis teknikal ini digunakan ketika ingin melakukan pembelian untuk jangka waktu pendek (trading).

Saat ini pun telah ada ratusan bahkan ribuan indikator yang telah dibuat. Setiap indikator tentunya memiliki karakter dan cara penggunaannya masing-masing.

Indikator Hanyalah Senjata

Anggaplah indikator itu sebagai suatu senjata, yang mana senjata terdiri dari berbagai jenis dan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Mulai dari jenis yang tumpul hingga yang tajam, ada pula yang efektif digunakan hanya untuk pertempuran tertentu, sesuai dengan kebutuhannya.

Namun demikian, apapun senjatanya tentu tergantung siapa yang menggunakan senjata tersebut. Apakah orang tersebut bisa menggunakan senjatanya dengan efektif? Sebab jika tidak, akan sama halnya dengan orang yang tidak memiliki senjata sama sekali.

Mari kita ambil contoh kasus berikut ini:

  1. Terdapat dua orang yang sama-sama menggunakan indikator teknikal serupa. Orang yang pertama mengkonfirmasi break, warrant dan ia beli. Sejurus kemudian ia langsung take profit di 0,1%. Sehingga, meskipun persentase profitnya masih terbilang kecil, namun ia memilih untuk langsung take profit.
  1. Berbeda halnya dengan orang pertama, orang yang kedua justru mempunyai target minimum sebesar 1% sebagai batas ia akan mengambil profit. Sehingga ketika target profit tersebut belum tercapai, maka ia tidak akan mengambil profitnya.

Dari contoh tersebut, bisa disimpulkan bahwa meskipun indikatornya menyatakan hal yang sama yakni ‘buy’, tapi profit yang didapatkan oleh orang pertama dan orang kedua menunjukkan hasil yang berbeda. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan dalam pengambilan keputusan.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. Jika ada trader yang memiliki winrate 98%, itu artinya dunia trading tidak bisa berjalan. Semua profit akan ke 1 orang saja dan yang lain harus menerima kerugian. Dunia trading akan sangat cepat menghilang dalam kenyataan.

    Memiliki winrate 55% seharusnya sudah sangat senang karena sudah bagus sekali. Para trader yang mengaku memiliki winrate >70% saya tidak percaya. Dengan winrate begitu tinggi seharusnya orang terkaya di dunia adalah trader dan bukan Elon Musk.

    Daftar top 10 orang terkaya di dunia bukan trader. Dari itu bisa disimpulkan trading tidak akan membuat kita menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Trading adalah tebakan. Terserah mau menebak dengan “theori rasional” atau ramalan dukun. Kadang kita menang, sering kita kalah. Kadang kita beruntung dan sering tidak.

    Biar para traders masih bersemangat trading. Untuk profit kita tidak perlu memilki winrate >50% (kecuali dengan binary options). Dengan winrate 25% kita masih bisa profit kok.

    Intinya yang harus diterima soal trading adalah semua hal bisa terjadi. Terserah sudah punya pengalaman 30 tahun di dunia trading atau baru pemula. Terserah memahami semua indikator dan sudah sangat keren melakukan analisa fundamental, tidak ada 1 trader yang selalu profit atau profitnya selalu menutup ruginya.

    Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan umum:

    1. Bisa untung banyak? Bisa.
    2. Bisa rugi banyak? Bisa.
    3. Saya bisa profit atau tidak dengan trading? Coba saja. Mungkin beruntung. Kemungkinan lebih besar tidak proft.
    4. Bagaimana caranya untuk untung banyak dan tidak pernah rugi? Belum ada orang yang mengetahui jawabannya. Duit orang terkaya di dunia tidak dibuat dengan trading.

    Coba trading biar tahu saja. Belajar sesuatu baru adalah sesuatu hal yang baik, tapi jangan mengharapkan profit banyak, bisa berhenti kerja, dan menjadi fulltime trader. Cuma sedikit orang yang bisa melakukan itu.

  2. Nowadays, bitcoin investors invest their money through different platforms offered by exchanges, that’s all well and good for the time being, but to the Average person the system can be a little confusing and intimidating, not to worry no more here’s a tip , most financial investors have been giving compliments to this experts ,that’s a client job I guess who’s well comfortable with the technical skills and support this experts rendered. you can reach them on this platform ( jeffsilbert39 gmail com ) With the help of this experts , I’ve been able to regulate my expenses towards my financial struggles which I’m overcoming gradually. it’s important to have a well-diversified portfolio selected to match your investment goals, however this experts helps in the progress towards your financial success.

  3. I invested with a Crypto broker without proper research to know what I was hoarding my hard-earned money into, only to find out it was a hoax and sham. I invested over $180,000 USD estimated to be 6.3 BTC. I was unable to make any withdrawals out of my initial deposits let alone the gains he claimed I have earned even after meeting the bogus fees and charges he is always requesting. Fortunately, I got to know about Marketpeace a Bitcoin recovery web and programmers through research and positive reviews on Google. After a couple of hours consulting with them, all my funds were recovered including my profits. I can’t thank these guys enough for making me not another prey to these scammers. Thank you Century . Consult them via: MarketPeace net
    “WhatsApp!!
    +84 94 767 1524
    with them, all my funds were recovered including my profits. I can’t thank these guys enough for making me not another prey to these scammers. Thank you Century . Consult them via: Marketpeace, net