Bisnis Gak Punya Nilai Unik, Ngapain Dilanjutin?

Pada satu kesempatan, ketika saya melakukan interview pada calon karyawan untuk salah satu bisnis yang saya jalankan yakni madegood.id, ada salah satu calon karyawan yang mengajukan pertanyaan yang sangat menarik.

Calon karyawan tersebut memberikan pertanyaaan berupa;

Apa nilai unik dari bisnis yang Bapak jalankan ini? Karena banyak kompetitor serupa.” 

Kemudian saya jawab; “tidak ada, kita tidak punya nilai unik.”

Lantas calon karyawan itu pun merasa bingung dan melanjutkan pertanyaannya berikut;

Jadi, untuk apa Bapak masih mempertahankan bisnis ini, jika bisnis ini jelas-jelas tidak memiliki nilai unik?

Kemudian saya menjawab; “Karena bisnis ini untung dan menghasilkan uang, maka saya lanjutkan.”

Apa Itu Nilai Unik?

Nilai unik atau titik jual unik (unique selling point) adalah sesuatu yang membuat produk terkesan menarik bagi konsumen, memiliki keunikan dan berbeda dari kompetitor. Ini dapat mengambil berbagai dimensi produk, seperti fungsi, desain, kualitas, fitur, kinerja, maupun harga jual. Istilah lainnya adalah proposisi penjualan unik (unique selling proposition), titik penjualan unik, atau nilai jual unik. 

Sejauh ini saya tidak tahu para entrepreneur atau pengusaha lain di luar sana menjalankaan bisnisnya atas dasar apa, tetapi bagi saya, melakukan bisnis adalah untuk mendapatkan uang. 

Secara teori tersebut, adanya nilai unik pada suatu produk ataupun perusahaan dapat memberikan keunggulan lebih dibandingkan dengan kompetitor. Tetapi ketika saya tidak bisa mencari nilai unik, maka yang saya lakukan adalah memberikan segala sesuatunya dengan lebih baik dibandingkan dengan kompetitor, dan itu berhasil.

Jadi, Apakah Memiliki Nilai Unik Begitu Penting?

Memiliki nilai unik pada suatu produk maupun perusahaan memanglah menjadi hal yang cukup penting. Akan tetapi, jika produk kita memiliki nilai unik namun sistem dan cara kerja bisnis yang dilanjakan tidak maksimal, maka tentu bisnis tersebut akan kalah saing juga dengan kompetitor. 

Intinya, setiap jenis produk maupun bisnis tentunya memiliki nilai uniknya tersendiri. Hal itu tergantung dari ditonjolkan atau tidaknya nilai unik tersebut. Sebab jika kita sudah menguasai produk ataupun bisnis yang kita jalankan, maka kinerjanya pun akan maksimal.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 588

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *