Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Perkembangan Kasus Samtrade FX, dari Hero to Zero

SamtradeFX merupakan salah satu robot trading yang saya ikuti di tahun 2021 silam. Berbeda dengan robot trading lokal lainnya yang dipaksa tutup oleh otoritas lokal Indonesia, Samtrade FX berbasis di Singapura sehingga malah duluan terjerat kasus. Kendati demikian, kita boleh berterimakasih pada otoritas Singapura yang lebih serius menanggapi kasus Samtrade FX dibandingkan otoritas Indonesia yang tidak kelar-kelar mengurus berbagai merk robot trading. Masalahnya, meskipun penangangan kasus Samtrade FX lebih jelas daripada robot trading lokal, sayangnya sampai sekarang belum ada juga titik terang bagi nasabah Samtrade baik di Indonesia maupun di luar negeri

Apakah uang nasabah Samtrade FX bisa kembali?

Tentu saja bisa, tapi gatau KAPAN dan BERAPA persen yang bisa balik. “sudah jatuh tertimpah tangga” adalah peribahasa yang paling tepat menggambarkan kondisi Samtrade FX dan semua investornya. Saya akan jabarkan lengkap fakta-fakta serta Analisa saya di tulisan ini.

Sebenarnya, penanganan kasus SamtradeFX tergolong konkrit dan transparan di Singapura, karena dipantau langsung oleh manajer independen yang disetujui oleh badan hukum Singapura. Ibaratnya, ini adalah pihak likuidator atau curator yang biasanya menyelamatkan perusahaan bila sedang dalam kondisi tidak baik.

Masalahnya, kurator menemukan banyak kejanggalan dalam Samtrade FX – ada transaksi besar tapi tidak jelas kemana. Ada uang di Malaysia dan di Indonesia tapi tidak diketahui dipegang siapa, dan yang paling parah adalah tidak adanya asuransi maupun seggregated account.

Tapi anehnya, terlepas dari semua fakta tersebut, Samtrade FX ternyata terbukti bukan merupakan skema ponzi karena record tradingnya asli dan malah dibandarin

Fakta Cepat Berdasarkan Laporan Manajer Independen Samtrade:

  • Samtrade awalnya merupakan broker yang cukup bereputasi dan teregulasi
  • Samtrade benar-benar trading dan bukan merupakan skema ponzi
  • Banyak orang Indonesia menjadi nasabah Samtrade karena ikutan program FIN888
  • Samtrade tiba-tiba diinvestigasi otoritas Singapura
  • Samtrade secara sukarela menempatkan diri pada manajemen interim independent
  • Investasi manajemen independent menemukan beberapa kejanggalan di model bisnis Samtrade
  • Kejanggalan-kejanggalan tersebut saya jabarkan di bawah ini

Kejanggalan-kejanggalan Samtrade FX

  • Samtrade bukan skema ponzi dan benar-benar melakukan kegiatan trading. Namun, Samtrade adalah broker bandar yang mendapatkan keuntungan bila klien kalah trading
  • Hal ini aneh, karena Samtrade menyediakan layanan Copytrade dengan winrate yang bagus (FIN888, Falconer, dll) jadi mereka justru bakar duit dengan model bisnis seperti itu
  • Selain itu, Samtrade berbohong soal asuransi nasabah dan segregated account. Dana yang disetor nasabah digunakan untuk operasional perusahaan

Samtrade – sudah jatuh tertimpa tangga

Terlepas dari uang Samtrade yang hilang ditelan jin di Indonesia dan Malaysia, Sebenarnya masih ada uang tunai dalam tubuh Samtrade yang bisa dikembalikan ke nasabah Samtrade, tapi masalahnya.

  1. Uang Samtrade Sebagian besar dinvestasikan pada Hodlnaut (p2p lending crypto yang sudah legal di Singapura)
  2. Hodlnaut sendiri punya masalah likuidtas
  3. Hodlnaut pun juga menyerahkan diri pada manajemen independent

Nah, sekarang paham kan yang dimaksud dengan “Sudah jatuh tertimpa Tangga”?

Jadi, secara tidak langsung jumlah uang Samtrade juga berkurang karena kasus FTX.

Hodlnaut dan Samtrade keduanya berada dalam manajemen independent yang berusaha melakukan likuidasi pada sisa asset kedua perusahaan. Tapi, manajemen independent Samtrade bergantung pada keberhasilan tim Hodlnaut. Celakanya, manajemen independent Hodlnaut berkata bahwa mereka pun kehilangan banyak asset mereka karena kasus FTX kemarin.

Apakah ini suatu konspirasi mafia besar? Entahlah, kita hanya bisa berteori.

Cinta Segitiga
(SamtradeFX)

Jadi, sekarang kita bisa apa?

Cuma bisa berdoa. Manajemen independent Hodlnaut dan Samtrade keduanya berusaha sebaik mungkin untuk mengembalikan aset kita, dan apa yang terjadi seluruhnya diluar kendali mereka. Yang jelas jangan berharap terlalu banyak, daripada berkhayal terlalu tinggi dan jatuh sakit karena kenyataannya berbeda jauh dari bayangan.

Baca Juga : Akhirnya Ada Broker Lokal dengan Produk Micro Lot

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 611

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.