A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda ยป NFT itu Bukan Sekedar Investasi

NFT itu Bukan Sekedar Investasi

Tahun 2022 diawali dengan viralnya selfie seorang warga Indonesia yang dihargai milyaran sebagai NFT di suatu marketplace. Semenjak itu, mendadak banyak warga Indonesia yang ikut-ikutan terjun di dunia NFT, baik sebagai investor maupun sebagai pencipta karya. Sebenarnya, NFT sendiri bukan hanya pada sebatas jual beli gambar seperti gambaran banyak orang. NFT memiliki beberapa fungsi lain sesuai dengan jenisnya.

  1. Sebagai bentuk dukungan kepada artis

Salah satu fungsi NFT adalah  bisa menjadi pengganti situs dukungan dana seperti trakteer atau karyakarsa. Ketimbang meminta dukungan finansial dari komunitas dan penggemarnya, seorang figur publik atau pencipta karya bisa menjual karya mereka sebagai NFT. Karya yang dijual pun bukan sebatas lukisan atau gambar digital saja, dan semakin banyak jenis karya aneh yang dijual di marketplace NFT. Contohnya, selain selfie Gozali, ada juga seorang tokoh internet yang menjual kentutnya sebagai NFT.

  1. Sebagai bentuk digital dari suatu keanggotaan

Ingat zaman dimana kita memiliki keanggotaan dalam bentuk kartu – misalnya kartu perpustakaan, kartu pusat olahraga, atau kartu akses ke pusat permainan? Kartu keanggotaan berevolusi menjadi barcode, QR, atau dalam format aplikasi smartphone dalam beberapa tahun terakhir. Namun, NFT sudah mulai menggantikan peran kartu keanggotaan digital tersebut. Mulai banyak bisnis maupun klub eksklusif yang menggunakan NFT sebagai bukti keanggotaan mereka. Hal ini karena NFT memiliki karakteristik identitas unik yang tidak bisa diduplikasi, namun bisa dipindahtangankan.

  1. Sebagai aset digital dalam suatu permainan

NFT juga berhasil mengubah banyak model permainan online, terutama dalam genre pertarungan karakter dan pertarungan kartu. Sebelumnya, uang yang kita keluarkan untuk suatu game menjadi hak milik perusahaan game tersebut sepenuhnya, dan kita diberikan karakter ataupun kartu kuat sebagai imbal hasilnya. Sayangnya, karakter maupun kartu digital yang kita miliki tersebut sebenarnya bukan merupakan hak milik kita, karena tidak bisa kita jual dan pindahtangankan sesuka hati.

NFT mencoba merubah model bisnis tersebut, dengan memberikan kita aset digital yang benar-benar kita miliki, dapat kita jual, dan dapat kita berikan kepada orang lain. Contohnya, bila di suatu game kita memiliki kartu atau karakter langka, kita bebas menjual karakter atau kartu tersebut kepada siapapun, di harga berapapun. Orang pun memiliki hak bebas mau membelinya atau tidak.

  1. Sebagai salinan digital suatu karya seni yang aslinya memiliki fisik

Ini adalah fungsi baru NFT yang mulai muncul di luar negeri. Beberapa museum mengkonversi karya bersejarah mereka sebagai NFT, dan menghancurkan karya aslinya yang sudah terlanjur tua dan memakan banyak biaya untuk perawatannya. Hal ini lumayan mengundang kontroversi, mengingat banyak karya seni merupakan peninggalan bersejarah yang memiliki nilai kebudayaan sendiri.

Kendati demikian, banyak museum yang berargumen bahwa mengubah karya seni menjadi NFT adalah langkah untuk mengabadikan karya tersebut seumur hidup, tanpa terhalang media fisik yang semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Selama network dari NFT tersebut hidup di internet, maka karya tersebut akan selalu ada dan tervalidasi secara unik tanpa bisa dipalsukan.

  1. Sebagai bentuk investasi

Dari nomor satu sampai empat diatas, sebenarnya terdapat fungsi utilitas (kegunaan) atau fundamental pada suatu NFT. Kedua faktor itulah yang sebenarnya melahirkan fungsi investasi pada NFT, karena orang menjadi melihat bahwa ada nilai berharga yang terkandung pada suatu NFT, apapun jenisnya. Kamu bisa saja membeli NFT tanpa menggunakan fungsi utilitasnya, namun kamu simpan karena kamu yakin bahwa di kemudian hari akan ada orang lain yang rela membeli NFT tersebut darimu dengan harga yang lebih tinggi daripada harga beli kamu.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.