A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda ยป Melepaskan Diri dari Jerat Utang dan Pinjol

Melepaskan Diri dari Jerat Utang dan Pinjol

Jika sekarang Anda tengah terjerat utang ataupun pinjol, apa yang sebaiknya Anda lakukan? Melarikan diri tentu bukan solusi terbaik untuk Anda saat ini. Memiliki utang seringkali membuat perasaan tidak nyaman karena selalu merasa dihantui oleh bunga dan tagihan. Apalagi ketika Anda memiliki pinjaman di lebih dari satu lembaga keuangan. Bisa jadi kondisi ini akan membuat Anda drop, bingung, takut bahkan kesulitan dalam mengalokasikan gaji dan pemasukan Anda.
Berikut ini, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk melepaskan diri dari jeratan tersebut;

Buat Rincian
Jika Anda memiliki utang lebih dari satu, maka Anda harus membuat daftar piutang secara rinci. Anda bisa menuliskan rincian itu berupa pokok kredit, bunga, tenor dan besaran cicilan per bulan. Kemudian Anda bisa mulai melunasi utang tersebut, dimulai dari utang dengan pokok kredit yang paling besar atau utang yang paling besar jumlah keseluruhannya. Sebab, bila utang dengan pokok kredit terbesar tidak segera diselesaikan, maka utang Anda akan semakin menggunung dan akan semakin mencekik keuangan Anda.
Setelah utang yang paling besar tersebut Anda lunasi, beranjaklah ke utang yang terbesar kedua dan seterusnya, hingga semua utang Anda terlunasi.

Hadapi dan Berikan Itikad Baik
Saat Anda kesulitan dalam proses pengembalian pinjaman Anda, tunjukkan itikad baik kepada peminjam atau pinjol, dan nyatakan bahwa Anda memiliki niat untuk melunasi pinjaman tersebut, walaupun pada aktualnya Anda belum mampu untuk segera melunasinya. Tetapi jika Anda mengkomunikasikannya dengan baik, mungkin Anda akan mendapatkan pilihan solusi yang bisa membuat Anda sedikit lebih lega untuk melunasi utang Anda.
Misalnya, Anda bisa meminta perpanjangan waktu jatuh tempo pembayaran. Atau juga bisa meminta agar perhitungan bunga dihentikan lebih dulu dengan perjanjian bahwa Anda akan melunasi pinjaman Anda secepatnya. Karena jika Anda memang memiliki itikad yang baik untuk melunasi pinjaman Anda dengan cara menyampaikan keadaan Anda yang sebenarnya, maka debitur atau peminjam setidaknya akan memahami, dan bahkan memberikan solusi.
Jadi, Anda harus siap untuk menghadapi apa pun konsekuensinya, tidak perlu melarikan diri. Justru dengan melarikan diri, Anda akan semakin kesulitan dengan permasalahan Anda sendiri.

Kumpulkan Dana
Setelah Anda mendapatkan solusi, misalnya Anda mendapatkan kelonggaran waktu atau mungkin keringanan bunga, Anda harus secepatnya mengumpulkan dana untuk membayar utang Anda.
Cara pertama, Anda bisa memangkas kebutuhan yang tidak perlu dan/atau mengurangi biaya kebutuhan Anda sehari-hari agar bisa lebih berhemat. Dengan harapan, pendapatan Anda akan mampu membayar utang Anda secara bertahap.
Kedua, jika ternyata dengan berhemat pun tidak dapat menyelesaikan utang Anda, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual atau mengagunkan aset yang Anda miliki supaya bisa mendapatkan dana tambahan.
Ketiga, jika aset yang Anda miliki ternyata masih belum cukup untuk melunasi utang Anda, mungkin Anda bisa memilih pilihan terakhir ini, yaitu dengan meminta bantuan kerabat atau keluarga Anda supaya bisa mendapatkan pinjaman tanpa bunga untuk melunasi pembayaran utang tersebut. Namun, Anda seharusnya sudah mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini, apakah memungkinkan untuk menambah utang?

Ceritakan, Jangan Dipendam Sendirian
Jika Anda selama ini menanggung beban sendirian, tidak ada salahnya untuk menceritakan hal ini dengan keluarga Anda. Daripada Anda terus bersembunyi dan merasa terpuruk, sudah saatnya Anda mengangkat beban sedikit demi sedikit dengan bercerita pada keluarga Anda. Siapa tahu keluarga Anda dapat memberikan sebuah solusi, motivasi atau setidaknya tambahan semangat untuk segera melunasi utang Anda. Sebab dengan bercerita, akan berdampak baik bagi psikologis Anda, sehingga Anda tidak terbebani pikiran ini sendirian dan mulai fokus mencari dana untuk melunasi utang Anda.

Hindari Menambah Utang Baru
Kemudahan mendapatkan uang dengan cara berutang atau melalui pinjol di era sekarang ini membuat banyak orang terlena untuk menambah utang-utang baru. Sangat disarankan agar Anda sebaiknya stop berutang atau mencari pinjaman baru, apalagi jika digunakan untuk menutupi utang yang Anda miliki saat ini. Karena hal ini akan sama saja dengan gali lubang dan tutup lubang. Utang yang ada saja sudah membuat Anda kesulitan, jangan sampai menambah utang baru dan membuat Anda semakin kesulitan.
Anda pun perlu memahami konsep pinjaman. Bagaimana kondisi keuangan saat mengajukan pinjaman, apakah Anda sanggup membayarnya atau hanya akan menjadi beban baru dalam kehidupan Anda?

Bijak Dalam Pinjam-Meminjam
Sudah saatnya Anda mulai bijak dalam mengatur dan merencanakan keuangan Anda sendiri. Jangan hanya karena keinginan semata, Anda menjadi begitu bersemangat untuk mengambil pinjaman tanpa mempertimbangkan segala risikonya. Apalagi dengan kemudahan yang diberikan pinjol atau pinjaman online yang semakin marak ini, membuat banyak orang mudah terlena dan menggebu-gebu untuk mewujudkan keinginan-keinginannya semata.
Namun, dengan memiliki masalah utang ini, terdapat sisi positif yang bisa dijadikan pembelajaran agar Anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik, di mana Anda akan semakin memahami bagaimana seharusnya pinjaman itu dimanfaatkan. Jika untuk membeli barang yang konsumtif dan memang hanya sebuah keinginan, ada baiknya Anda tidak perlu memaksakan diri untuk meminjam. Lebih baik Anda menahannya dan menabung, hingga uang Anda cukup untuk membeli barang tersebut.
Namun, ketika Anda pada akhirnya memutuskan untuk mengambil pinjaman, Anda harus sudah mengetahui kondisi keuangan Anda. Dan jika dalam masa pembayaran nanti ternyata Anda kesulitan atau bahkan tidak bisa membayarnya, pastikan setidaknya ada aset yang dapat dijual untuk melunasi utang tersebut.

Tulisan ini disponsori secara finansial oleh OneAset, sehingga hak milik tulisan ini sepenuhnya milik OneAset. Tulisan ini telah terbit lebih dahulu di platform OneAset, dan blog ini hanya bersifat mempublikasikan ulang untuk keperluan promosi. Saya berkomitmen menghadirkan minimal 20 tulisan edukasi baru (bukan repost blog ini) setiap bulannya di OneAset, jadi apabila anda ingin menikmati konten baru saya secepat mungkin, pastikan untuk mendaftar di OneAset dan follow profile saya disana. Anda juga akan mendapatkan emas gratis dan mendukung saya secara langsung tanpa biaya apapun.

Bagaimana Cara Mendaftar OneAset?

  1. Gunakan link https://app.oneaset.co.id/s/N3amMv untuk mendaftar
  2. Apabila belum memiliki aplikasi ONEASET di HP, akan diarahkan download dulu di playstore
  3. Klik ulang link tersebut setelah install ONEASET
  4. Aplikasi ONEASET akan otomatis terbuka dan muncul gambar seperti dibawah ini
This image has an empty alt attribute; its file name is image.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-1.png
This image has an empty alt attribute; its file name is image-2.png

Selesai. Silakan baca seluruh tulisan saya secara gratis. Jangan lupa tinggalkan like, comment, dan share, karena saya akan mendapatkan incentive tambahan atas engagement tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.