Perbandungan Sarana Emas Digital Terbaik

Saya sudah berkali kali bilang bahwa kita harus menyebarkan uang kita ke berbagai macam instrumen investasi, dan saya pribadi juga menabung dalam bentuk emas sebagai salah satu aset pengendali risiko.

Di artikel lainnya saya juga merekomendasikan untuk selalu membeli emas dalam bentuk digital. Mengapa? Ada beberapa alasan penting yang harus kita ingat:

  1. Bisa menyicil membeli dengan modal terbatas. Dalam bentuk fisik, minimal satuan pembelian adalah 0.5 gram yang berarti sekitar 300-400 ribuan. Dalam bentuk digital emas dapat dibeli hanya dengan modal sekitar 5 ribu rupiah.
  2. Tidak perlu membayar biaya sertifikat. Biaya sertifikat adalah suatu kewajiban yang harus dibayar untuk setiap transaksi emas fisik. Bila membeli emas digital, biaya sertifikat ini hanya akan ditagih ketika kita sudah ‘menarik’ bentuk digital menjadi fisik
  3. Mudah untuk penjualan kembali. Bila mendadak perlu uang darurat, penjualan emas digital prosesnya tentu jauh lebih cepat dibandingkan harus menjual emas fisik karena tidak harus melewati proses pencarian pembeli, pemeriksaan emas, negosiasi harga, dan lain lain
  4. Promosi dari website penjual. Karena tingginya kompetisi diantara penjual emas digital, tentu mereka akan bersaing promosi agar dilirik calon pengguna barunya. Akhirnya, kita sebagai pembeli yang diuntungkan.

Nah, sekarang kita akan membahas beberapa website pembelian emas digital yang telah saya coba. Kita lihat kekurangan dan kelebihan masing-masing sehingga anda bisa menentukan mana yang terbaik untuk anda.

Bukaemas by Bukalapak

Layanan yang disediakan oleh Bukalapak untuk beli emas digital. Bukalapak sendiri sebenarnya bekerjasama dengan pihak ketiga bernama Indogold untuk menyediakan jasa ini.

Kelebihan

  • Bebas biaya administrasi. Bukalapak tidak mengenakan biaya apapun atas pembelian dan penjualan
  • Promo bertubi tubi. Diantara semua yang saya coba, Bukalapak lah yang paling sering memberikan promo. Entah itu dalam bentuk cashback saldo, bonus emas, atau bahkan bonus reksadana.

Kekurangan

  • Opsi pengiriman yang sangat mahal. Apabila anda menarik emas anda dalam bentuk fisik, anda hanya bisa memilih jasa pengiriman RPX yang cukup mahal (90rb rupiah termasuk asuransi), berapapun nominal emas yang anda tarik. Jadi lebih baik lakukan tarikan sekaligus dibanding dicicil, supaya menghemat biaya kirim.
  • Mustahil mengambil capital gain. Selisih harga jual dan harga beli di Bukalapak cukup tinggi, sehingga sangat sulit jika anda mau mengincar untung melalui capital gain (kenaikan harga), karena kenaikan harga emas anda ketika dijual tetap saja berada di bawah harga beli anda.

Kesimpulan

Bukaemas tidak memiliki kelebihan maupun kekurangan yang signifikan. Bukaemas cocok bila anda ingin mengkoleksi emas dalam bentuk fisik, karena anda bisa menabung sedikit sedikit di Bukaemas sambil memanfaatkan promo, lalu menariknya ketika gram emas anda sudah cukup tinggi. Jangan pernah menggunakan Bukaemas untuk mengincar keuntungan dari pergerakan harga emas.

Tokopedia Emas

Kelebihan

  • Memungkinkan mengambil capital gain karena selisih harga jual dan beli yang lumayan tipis, meskipun tetap dibutuhkan pergerakan naik yang signifikan untuk mendapatkan keuntungan yang berarti.
  • Partner yang terpercaya. Tokopedia sebelumnya menunjuk pihak ketiga yang dituduh investasi bodong. Sejak kasus tersebut, Tokopedia kapok sehingga saat ini mereka penggadai langsung pegadaian negara sebagai rekan mereka dalam jual beli emas.
  • Promo ada meski kalah dengan kompetisi, selalu hanya dalam bentuk cashback OVO points, dan itupun nominalnya sangat kecil (paling 3%), kalah dibandingkan yang lain, tapi setidaknya ada.

Kekurangan

  • Emas tidak bisa ditarik. Saya harap ini tidak bersifat permanen dan suatu hari Tokopedia memperbolehkan menarik emas, karena apa gunanya menabung emas kalau tidak bisa ditarik, mengingat sangat sulit mengambil keuntungan dari selisih jual dan beli.
  • Proses verifikasi yang sangat ribet untuk level membership tertinggi. Tokopedia memberlakukan beberapa tingkat keanggotaan untuk jual beli emas. Tingkatan terendah tidak perlu melakukan apa-apa namun kepemilikannya dibatasi hanya 5 gram. Tingkat selanjutnya harus verifikasi identitas online dan kepemilikannya dinaikkan menjadi 10 gram (saya berada di tingkat ini). Tingkat terakhir harus berkunjung ke pegadaian terdekat untuk verifikasi identitas tatap muka. Sangat merepotkan

Kesimpulan

Sulit merekomendasikan Tokopedia Emas. Kepemilikan yang dibatasi ditambah dengan tidak adanya opsi penarikan membuat pembelian emas di Tokopedia serasa sia-sia. Mungkin Tokopedia Emas berguna apabila anda ingin mengincar keuntungan dari pergerakan harga emas, namun anda bisa melakukan hal tersebut dengan lebih mudah di pasar saham dan valuta asing.

E-Mas

Kelebihan

  • Pilihan pengiriman yang terjangkau untuk penarikan fisik. Bila Bukalapak hanya menyediakan RPX yang mahal, maka anda bisa memilih JNE yang lebih terjangkau di E-Mas. Kendati demikian, anda perlu tahu bahwa sebenarnya JNE dilarang mengirimkan emas melalui jasa mereka, jadi dengan memilih JNE anda (dan E-mas) sebenarnya melanggar ketentuan.
  • Promo yang lumayan oke. Saat tulisan ini ditulis, E-Mas menyediakan promo cashback dan bebas biaya admin menggunakan Jenius. Saya tidak tahu sampai kapan promo tersebut berjalan, namun setidaknya saat ini promo tersebut sangatlah cuan.
  • Customer service yang responsif, dalam live chat melalui aplikasi mereka, pesan saya dibalas dalam hitungan menit dan menjawab pertanyaan dengan singkat dan jelas.
  • Bisa menggunakan emas untuk membeli pulsa, bayar listrik dll. Sebenarnya ini fitur yang saya rasa tidak akan digunakan oleh siapapun, tapi ya patut dihargai karena tidak ada aplikasi lain yang menerima emas digital sebagai metode pembayaran.
  • Ada program referral, sehingga saya bisa menghasilkan keuntungan ekstra dari blog ini. Kode referral saya 9D3CEDUY tolong dipakai ya
  • Menyediakan opsi penarikan emas PAMP. Emas PAMP lebih diakui di dunia internasional, sehingga bila anda memang menabung emas sebagai safe haven, menarik dalam bentuk PAMP memberikan rasa aman ekstra.

Kekurangan

  • Mengenakan biaya admin. Pembelian tanpa promo dikenakan biaya admin. Besarnya biaya admin ini juga proporsional dengan berat emas yang dibeli. Payah
  • Aplikasi yang kurang bagus. Tampilan yang memusingkan, desain tidak menarik, tidak responsif. HP saya lumayan bagus (Nokia 7 Plus), jadi saya rasa aplikasi ini bahkan lebih lambat di hp yang budget.
  • Latar belakang perusahaan yang sempat bermasalah. Apabila anda teliti membaca ulasan Tokopedia Emas diatas, anda harusnya sadar bahwa E-Mas ini (nama legal PT. Aurum Karya Indonesia) adalah rekan Tokopedia yang dituduh investasi bodong. Kendati demikian, E-Mas saat ini sudah menyelesaikan semua ijin yang diperlukan dan anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakannya.

Kesimpulan

Meskipun sempat disorot sebagai investasi ilegal, nyatanya saat ini E-Mas adalah portal pembelian emas digital yang paling dipenuhi fitur serta lumayan layak direkomendasikan.

Tamasia

Kelebihan

  • Tampilan aplikasi yang paling bersih. Desain sederhana namun menarik, responsif, dan mudah digunakan.
  • Bisa melakukan transfer emas. Menurut saya ini gimmick sih, karena siapa yang mau transfer emas kalau bisa lebih baik transfer uang tunai? Tapi ya sekali lagi, ini patut dihargai karena berbeda dari yang lainnya.
  • Bisa menghemat biaya pencairan emas karena diambil sendiri. Saya terus terang belum pernah mencoba fitur ini, dan menurut saya apa gunanya menghemat biaya pengiriman kalau ujung ujungnya boros biaya bensin menjemput emas?
  • Ada program referral. HORE! Saya bisa promosi lagi, tolong pakai kode referral saya MIK97TR

Kekurangan

  • Minim promosi. Saya belum menemukan promosi di Tamasia selain promo cashback Jenius Pay. Saya harap kedepannya Tamasia menggecarkan promosi sehingga tidak memiliki kekurangan yang signifikan!
  • Mengenakan biaya admin untuk sebagian besar metode pembayaran. Yang tidak kena biaya admin hanya Jenius Pay dan Paytren, sedangkan yang lain dikenakan biaya 1500 sd 4000 rupiah.

Kesimpulan

Saya kesulitan mencari kekurangan dalam aplikasi Tamasia, namun saya memang belum lama menggunakan aplikasi ini. Seiring berjalannya waktu, kita lihat bersama sama apakah Tamasia bisa menjadi yang terbaik karena tidak memiliki kekurangan.

Treasury

Kelebihan

  • Program referral memiliki skema menarik, berbeda dengan kompetisi lainnya. Jadi jangan lupa gunakan kode referral saya trs-asiaril sehingga anda juga bisa turut jualan kode referral setelahnya.
  • Welcome Bonus yang menarik. Setelah mendaftar anda langsung mendapat 0.03 gram. Namun bonus ini akan kadaluarsa bila anda tidak melakukan transaksi minimal 0.5 gram dalam 30 hari setelah pendaftaran.
  • Satu satunya yang bisa mencairkan dalam minimal 0.5 gram. Dulu Bukaemas juga memperbolehkan penarikan 0.5 gram, namun sekarang semuanya memberlakukan minimal penarikan 1 gram kecuali Treasury.

Kekurangan

  • Halaman web yang bermasalah. Fitur di versi web tidak lengkap dan saya mengalami kesulitan mengedit profil di web
  • Aplikasi yang juga banyak masalah. Sedikit sedikit minta login, sering macet, dan lucunya sering menolak pembayaran hanya karena ‘rate emas berubah’. Padahal website beli emas lain tidak pernah mempermasalahkan hal tersebut.
  • Pembelian dikenakan pajak. Ya bagus sih turut membangun negara, tapi kok yang lain tidak mengenakan pajak?
  • Customer service yang tidak professional. Ketika saya menghubungi mereka untuk minta tolong, jawaban mereka adalah “buat akun baru saja”. Dasar gila. Edan. Sableng.
  • Proses verifikasi yang berbelit belit. Sampai tulisan ini ditulis saya belum berhasil memverifikasi identitas saya.

Kesimpulan

Treasury kelihatannya menjanjikan, apalagi saya melihat iklannya di Mandiri Tower yang berarti perusahaan lumayan bonafide. Sayangnya ekspektasi tinggi saya jatuh bebas karena pengalaman yang sangat buruk di proses awal pendaftaran.

Meskipun program referralnya menarik, saya kesulitan merekomendasikan Treasury karena banyaknya kekurangan.

Pegadaian

Review pegadaian menyusul karena saya masih dalam proses verifikasi yang harus tatap muka sehingga merepotkan.

Pluang

Review sedang dalam proses

Indogold ex Antamgold

Review sedang dalam proses

Jadi yang terbaik?

Saya kesulitan menjawab karena Bukaemas, E-mas, dan Tamasia semuanya layak direkomendasikan. Apabila anda sudah ada akun Bukalapak, lebih baik fokus saja di Bukaemas.

Memilih antara E-mas atau Tamasia sepenuhnya preferensi anda. Bila anda suka banyak fitur yang muluk muluk, pilih E-mas. Bila anda suka kesederhanaan, pilih Tamasia.

Advertisements

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.