Rekomendasi Website Investasi

Semua yang saya rekomendasikan adalah berupa website (online).

Tidak ada satupun website tersebut yang memberikan saya insentif untuk penulisan artikel ini.

Rekomendasi saya berdasarkan:

  • Kemudahan penggunaan website
  • Kemudahan pendaftaran menjadi pengguna website tersebut
  • Kualitas tim customer service
  • Kualitas produk yang ditawarkan

1. Deposito

Sulit merekomendasikan deposito karena sebenarnya hampir setiap orang sudah memiliki deposito, yang  biasanya dibuka bersamaan dengan rekening tabungan anda. Namun demikian, saya merekomendasikan JENIUS (Produk digital bank BTPN) untuk beberapa alasan:

  • Kemudahan mengelola deposito dari smartphone
  • Anda bisa mengubah instruksi perpanjangan deposito kapan saja
  • Tidak ada denda untuk pencairan sebelum tenor berakhir
  • Bunga cukup kompetitif
  • Menawarkan alternatif deposito bernama “Flexi Saver” dimana anda bisa menambah dan mengurangi dana kapan saja dengan bunga yang cukup tinggi (meskipun tidak setinggi deposito)
  • Customer service yang bisa diakses dengan mudah lewat telepon, LINE, maupun social media

Kekurangan utama Jenius adalah mereka sekarang memberikan batasan tertentu untuk transfer dan tarik tunai gratis.

*Catatan: Produk deposito Jenius dinamakan “Maxi Saver”

Alternatif: Digibank by DBS dan PermataMe unggul dari Jenius karena memberikan gratis penarikan lewat SEMUA jenis ATM dan transfer ke bank apapun tanpa batas. Namun mereka masih kalah dari segi interface, fitur, dan bunga.

Tertarik? Daftar di Jenius dan masukkan referral saya $asiaril

2. Emas

Membeli emas dalam bentuk fisik tidak menguntungkan karena anda terpaksa membayar biaya sertifikat dan biaya kirim (yang tentunya pasti anda asuransikan) setiap kali anda bertransaksi. Oleh karena itu, jauh lebih baik membeli emas dalam bentuk digital yang bisa diubah ke bentuk fisik kapanpun ketika anda mau. Meskipun biaya cetak sertifikat masih ada, namun anda menghemat banyak dari segi biaya kirim karena semuanya dikirim bersamaan.

Dari segi nominal minimal, apabila membeli fisik maka harga dihitung langsung dari berat emas yang dibeli. Saat ini emas ANTAM berat terendah nya adalah 0.5 gram. Dengan asumsi harga per gram 600.000 rupiah, maka satu kali transaksi pembelian kira-kira memakan uang 300.000+biaya sertifikat 100.000 ditambah biaya kirim. Sedangkan membeli emas secara digital bisa dengan nominal yang lebih rendah, meskipun pengubahan dari bentuk digital menjadi fisik  harus tetap mengakumulasi minimal 0.5 gram.

Website yang saya rekomendasikan adalah BUKAEMAS, merupakan kerjasama BUKALAPAK dan INDOGOLD. Alasan saya menganjurkan membeli lewat BUKAEMAS ketimbang langsung dengan INDOGOLD adalah karena BUKAEMAS sering memberikan promosi bonus pembelian emas, selain kelebihan dibawah ini:

  • Bukalapak mendukung banyak metode pembayaran
  • Customer service Bukalapak sangat responsif dan mudah dihubungi
  • Banyak promosi menarik yang diberikan
  • Minimal pembelian emas hanya 0,005 gram (kurang dari 5 ribu rupiah)
  • Saat mengubah emas digital ke fisik, biaya pengiriman+asuransi sudah ditetapkan fixed (tidak bertambah seiring dengan jumlah penarikan)

Alternatif: E-mas.com memiliki aplikasi smartphone yang cukup oke, namun sempat terjerat kasus ilegal pada akhir tahun 2018.

Tertarik? Daftar di Bukalapak dan masukkan referral BAMBANGRAHARJA bila diminta

3. Reksadana

Kalau bicara soal membeli reksadana di Indonesia, sulit rasanya untuk merekomendasikan website lain selain BAREKSA, untuk beberapa alasan dibawah ini:

  • Customer Service yang mudah dihubungi dan responsif, meskipun jawaban pertama mereka pasti AUTOREPLY!
  • Variasi produk yang ditawarkan sangat banyak
  • Mempunyai aplikasi smartphone untuk pengelolaan yang lebih mudah

Bareksa juga bekerjasama dengan berbagai macam middleman seperti BUKALAPAK dan TOKOPEDIA yang masing-masing menawarkan promo sendiri-sendiri, sehingga akhirnya kita yang diuntungkan. Tidak menjadi masalah membeli langsung ke BAREKSA ataupun lewat salah satu rekan mereka.

Saya pribadi selalu membeli lewat  Bukareksa (kerjasama Bukalapak) karena setiap bulannya mereka memberikan bonus untuk produk tertentu. Kinerja produk yang ditawarkan memang tidak sebagus dan selengkap website utama Bareksa, namun bonus pembelian yang diberikan, apabila dihitung secara matematika, sebenarnya sangat menguntungkan.

Alternatif: BIBIT adalah inovasi baru yang menggunakan analisa robot untuk membantu anda memilih produk reksadana terbaik. Saya belum bisa memastikan kualitas analisa robot tersebut.

Tertarik? Daftar di Bareksa dan masukkan kode referral saya bila diminta

4. Saham

Pengalaman pertama saya bermain saham adalah di website MYWEALTH buatan Commonwealth Australia, sehingga ketika memulai di pasar Indonesia, saya sangat kecewa dengan aplikasi-aplikasi saham yang ditawarkan tidak ada yang memenuhi ekspektasi saya. Pada akhirnya sampai saat ini saya menggunakan POST buatan Panin Sekuritas, namun yang saya rekomendasikan adalah STOCKBIT.

Stockbit tadinya hanya merupakan komunitas pemain saham, namun saat ini telah bekerjasama dengan Sinarmas Sekuritas untuk menjadi bursa juga. Sejak pertama didirikan, sudah terasa bahwa Stockbit memang menargetkan milenial sebagai pengguna utama mereka.

Keunggulannya:

  • Bonus registrasi yang sangat menarik
  • Interface yang sangat modern dan mudah digunakan
  • Selain bursa juga merupakan komunitas, sehingga banyak bisa belajar di website ini
  • Fitur fitur di masa depan sangat menjanjikan, seperti mirror trading dan auto trading

Tertarik? Daftar di Stockbit dan masukkan username saya @asiaril bila diminta kode referral

5. Cryptocurrency

Apabila saya merekomendasikan website lain selain INDODAX (dulunya VIP Bitcoin) saya yakin semua pembaca blog ini akan berkata saya gila.

Memang hanya INDODAX satu-satunya salah satu website trading cryptocurrency yang sudah mapan dan resmi berdiri di Indonesia. Anda bisa saja memilih website luar negeri yang sudah berdiri lebih lama (seperti Kraken misalnya) namun demikian website luar negeri memerlukan mata uang asing dan anda akan lebih kesulitan mencairkan investasi anda.

Kendati demikian, INDODAX memang memiliki hal-hal baik yang tidak bisa dipungkiri seperti:

  • Customer service yang sangat tanggap dan informatif
  • Interface yang mudah dipelajari
  • Sistem deposit dana yang tergolong cepat
  • Community engagement yang sangat baik

Tertarik? Daftar di Indodax menggunakan link referral saya ini: https://indodax.com/ref/asiaril/1

6. Valuta Asing

Saya sendiri tidak berinvestasi di valas sehingga kesulitan memberikan rekomendasi. Saya mempunyai akun dorman di FBS dan menurut saya FBS memberikan banyak pilihan akun sesuai strategi investasi anda. Namun karena dorman maka tidak banyak informasi yang bisa saya berikan. Apabila anda memiliki rekomendasi untuk website valas maka silahkan tinggalkan komentar di post ini 🙂

Apabila anda mencari kode referral FBS, anda bisa menggunakan link dibawah ini: https://id-fbs.asia/?ppu=1106956

7. P2P (Peer-to-Peer) Lending

Saking maraknya belakangan ini, website baru untuk P2P (Peer to Peer) lending terus bermunculan. Pilihan terbaik saat ini adalah Koinworks karena beberapa alasan berikut ini:

  • Mereka memiliki Dana Proteksi untuk melindungi investasi anda bila terjadi gagal bayar
  • Paling mudah mendiversifikan karena banyaknya variasi dan jumlah pinjaman yang ada
  • Sistem tarik dan deposit dana cukup mudah

Alternatif: Bagi yang merasa Koinworks terlalu rumit, Asetku menjadi pilihan kedua karena bunga yang lebih tinggi dan sangat mudah digunakan.

Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut tentang alasan saya memilih Koinworks dan Asetku, saya juga membahasnya di artikel Perbandingan Website P2P (Peer to Peer) Lending di Indonesia

Kode referral untuk semua website juga ada di halaman tersebut.

8. Obligasi (Bonds)

Setelah tiga kali berpartisipasi dalam pembelian obligasi negara lewat Investree, saat ini saya cukup yakin merekomendasikan Investree. Selain mudah digunakan karena interface mereka yang sederhana, Investree juga selalu memberikan bonus cashback 1% dari total pembelian.

Website Investree juga mendukung early redemption tanpa proses yang rumit.

Pemerintah kita menargetkan lebih banyak milenial yang berpartisipasi dalam investasi obligasi negara, dan salah satu strateginya adalah dengan menjualnya melalui online (dulu sarana penjualan utama adalah bank). Jadi dalam waktu dekat akan semakin banyak website investasi yang menjadi penjual obligasi dan rekomendasi ini mungkin saja berubah.

Apabila tertarik, daftar di Investree menggunakan kode referral saya LJGZ3 untuk mendapatkan bonus.

4 thoughts on “Rekomendasi Website Investasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.