P2P (Peer to Peer) Lending Terbaik 2020

Rekomendasi ini telah diperbaharui pada Januari 2020.

Harap di Catat

Artikel ini merupakan versi singkat dari perbandingan lengkap seluruh website P2P Lending di Indonesia yang saya harap bisa makin bisa mempermudah masyarakat memilih website mana yang cocok untuk mereka.

Apabila memiliki waktu lebih, saya menyarankan anda membaca dahulu artikel tersebut serta artikel Bagaimana Mengevaluasi P2P Lending supaya bisa memahami keputusan saya dalam membuat artikel ini.

Terbaik Secara Keseluruhan

Asetku
Uangme

Asetku maupun Uangme memiliki mekanisme produk yang mirip, karakteristik yang mirip, serta kelebihan dan kekurangan yang mirip juga. Asetku lebih senior dan punya perusahaan yang lebih kuat di Indonesia, sedangkan Uangme karena masih baru maka memberikan promosi yang cukup gencar untuk meggaet pengguna baru. Anda harus mencoba keduanya untuk mencari tahu mana yang lebih cocok untuk anda.

Baca review lengkap Uangme disini.

Baca review lengkap Asetku disini

Apabila tertarik, daftar di Uangme menggunakan kode referral saya 7627 untuk mendapatkan bonus, dan bisa daftar di Asetku menggunakan kode referral WVQXQ.

Terbaik untuk Pemula

Akseleran

Produk bervariatif, penggunaan yang mudah, serta adanya bantuan dari tim RM mereka menjadi Akseleran pilihan terbaik untuk pemula dalam P2P lending. Meskipun NPL Akseleran sedang naik terus, Akseleran mengimbanginya dengan memberlakukan perlindungan modal lewat asuransi kredit DITAMBAH jaminan provisi dari perusahaan induk mereka. Tidak ada p2p lending lain yang memberlakukan jaminan ganda seperti ini.

Baca review lengkap Akseleran disini.

Apabila tertarik, daftar di Akseleran menggunakan kode referral saya AKSLADRIAN13403 untuk mendapatkan bonus.

Terbaik untuk Modal Minim

Modalrakyat

Hanya Modalrakyat dan Danalaut yang menerima pendanaan minimum 25rb rupiah. Dulu sulit memilih mana yang lebih unggul karena sama sama membutuhkan modal minim dan memiliki dampak sosial yang cukup baik. Namun seiring berjalannya waktu, Modal Rakyat lebih unggul karena jumlah pinjamannya lebih stabil, serta memiliki asuransi untuk melindungi modal.

Baca review lengkap Modal Rakyat disini.

Apabila tertarik, daftar di Modal Rakyat menggunakan kode referral saya
AS1817506638

Terbaik untuk Modal Besar

Danamart

Anda mungkin bingung melihat Danamart ada disini karena review nya kurang memuaskan. Alasannya, Danamart memiliki program superlender yang sangat menarik bahkan mungkin terbaik diantara P2P lending lainnya, sehingga menjadi rekomendasi utama untuk individu dengan modal besar.

Sayangnya saya tidak boleh menjabarkan skema spesifik program tersebut karena bersifat konfidensial, namun apabila anda berani funding ratusan juta rupiah, saya akan dengan senang hati menghubungkan anda dengan Danamart untuk mengenal lebih lanjut program tersebut.

Baca review lengkap Danamart disini.

Apabila tertarik, daftar di Danamart menggunakan kode referral saya asiaril untuk mendapatkan bonus.

Terbaik untuk Dampak Sosial

Amartha

Banyak dari P2P lending yang mengklaim bahwa investasi mereka berdampak, namun yang sudah memiliki rekam jejak terbaik tak lain adalah Amartha, yang juga memiliki latar belakang perusahaan cukup kuat. Amartha memiliki likuiditas cukup baik serta memiliki asuransi opsional untuk melindungi modal anda.

Baca review lengkap Amartha disini.

Apabila tertarik, daftar di Amartha menggunakan kode referral saya IL035033 untuk mendapatkan bonus.

Fitur Terlengkap dan Diversifikasi

Koinworks

Meskipun Koinworks sering dibilang serba lambat oleh pembaca blog ini, nyatanya tidak ada P2P lending lain yang memiliki produk pinjaman seramai, sevariatif, dan seheboh Koinworks. Apalagi Koinworks sekarang akan mengintegrasikan instrumen investasi lainnya kedalam aplikasi mereka. Dengan fiturnya yang serba lengkap, Koinworks paling cocok digunakan oleh investor profesional yang punya tujuan investasi spesifik serta investor yang sangat mengedepankan proses diversifikasi.

Baca review lengkap Koinworks disini

Apabila tertarik, daftar di KoinWorks menggunakan kode referral saya 62507 untuk mendapatkan bonus.

Terbaik Syariah

iGrow

Sebagai nonmuslim, saya memang tidak ahli menilai suatu investasi syariah atau tidak. Namun setelah banyak berdiskusi dengan pakarnya, kami sepakat bahwa iGrow adalah P2P lending paling syariah (meskipun mereka sendiri tidak pernah claim bahwa mereka syariah!). Hal ini karena model investasi di iGrow adalah permodalan tanaman yang bisa dibilang tidak mengandung riba sama sekali, melainkan menggunakan skema bagi hasil tanpa bunga. Retur murni bergantung pada hasil penjualan, jadi tidak selalu sesuai janji, dan juga keterlambatan tidak didenda karena tidak sesuai prinsip syariah.

Temukan Sendiri Favorit Anda

Rekomendasi saya mungkin kurang cocok untuk anda, karena setiap orang punya preferensi berbeda-beda. Silakan download file excel yang saya buat dibawah ini untuk melakukan seleksi sendiri berdasarkan kriteria umum yang tersedia.

Panduan menggunakannya baca disini

Histori Pengubahan

  1. Januari 2020: Asetku dan Uangme dua duanya masuk rekomendasi utama karena sangat sengit dan saya kesulitan memilih yang lebih baik.
  2. November 2019: Asetku diganti Uangme.
  3. November 2019: DanaLaut tidak masuk lagi karena banyak kendala teknis dan jarang ada pinjaman baru.
  4. November 2019: Mekar digantikan oleh iGrow karena skema pendanaan iGrow lebih syariah daripada Mekar.
  5. November 2019: Crowde menggantikan Glotech sebagai P2P lending terburuk.
  6. Awal tahun 2019: Kreditpintar dihapus karena tidak menerima lender lagi, diganti oleh DanaLaut.
  7. Pertengahan 2019: Modal Rakyat ditambahkan sebagai alternatif dari DanaLaut.
  8. Akhir 2018: Asetku menggantikan Koinworks sebagai yang terbaik keseluruhan.

Rekomendasi Laporan KPMG Bulan November 2018

10 P2P Lending Indonesia terbaik berdasarkan manajemen risiko, transparansi, dan pelayanan:

Diurutkan berdasarkan alfabet, yang teratas bukan berarti yang terbaik. Tulisan didalam kurung adalah kode referral saya.

  1. Akseleran (AKSLADRIAN13403)
  2. Amartha (IL035033)
  3. Crowde (FNYTMZK)
  4. Crowdo (U051549)
  5. Danamas
  6. Gradana (AS0302191555)
  7. Investree (LJGZ3)
  8. Koinworks (62507)
  9. Mekar (ADRIA2476)
  10. Modalku (jdq73oc9)

Untuk mengunduh laporan KPMG ini, klik disini (dalam bahasa Inggris).

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

4 Responses

  1. FADJRIN WIRA PERDANA

    Mas Adrian, makasih yah sudah memberi rekomendasi P2P lending soalnya ini membantu dalam diversifikasi pendanaan. Lalu kenapa saat ini tidak banyak yang telah berijin. Menariknya, P2P lending yang tidak terkenal (selain Investree) malah sudah ada ijinnya. (Saya secara pribadi sudah mencoba yang berijin tapi pas buka malah pusing lihat tampilannya dan agak lambat

  2. mamarei

    hallo mas, terimakasih pencerahannya. gimana dengan pendanaan cashwagon mas? sy lihat koq banyak complain dari peminjam. apakah dengan hal itu jadi warning supaya jangan melalukan pendanaan di cashwagon?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.