awards

P2P Lending Terbaik edisi Juli 2021

 

Harap di Catat

Artikel ini merupakan versi singkat dari perbandingan lengkap seluruh website P2P Lending di Indonesia yang saya harap bisa makin bisa mempermudah masyarakat memilih website mana yang cocok untuk mereka.

Apabila memiliki waktu lebih, saya menyarankan anda membaca dahulu artikel tersebut serta artikel Bagaimana Mengevaluasi P2P Lending supaya bisa memahami keputusan saya dalam membuat artikel ini.

Pendanaan Konsumtif Terbaik

Review Asetku tahun 2021- P2P lending konsumtif paling populer – Adrian  Siaril
Asetku

Asetku merebut kembali tahta sebagai pendanaan konsumtif terbaik, setelah melakukan banyak perbaikan terutama di masalah kuota pendanaan mereka. Kendati masih sulit mendapatkan jatah pendanaan disini, namun Asetku saat ini sedang mengembangkan produk-produk lain dan akan berevolusi menjadi superapps.

Alternatif: Uangme dan Easycash dua duanya sangat identik. Keduanya malah sudah berizin duluan. Mereka kalah dari segi pelayanan dan kredibilitas, namun memiliki TKB90 100% juga

Pendanaan Produktif Terbaik

Akseleran

Produk bervariatif, penggunaan yang mudah, serta adanya bantuan dari tim RM mereka menjadi Akseleran pilihan terbaik untuk pemula dalam P2P lending. Meskipun NPL Akseleran cukup fluktuatif, Akseleran mengimbanginya dengan memberlakukan perlindungan modal lewat asuransi kredit. Untuk pinjaman tanpa asuransi kredit, Akseleran juga kerap memberikan ganti rugi kepada investor menggunakan kantong pribadi.

Apabila tertarik, daftar di Akseleran menggunakan kode referral saya AKSLADRIAN13403 untuk mendapatkan bonus atau Baca review lengkap Akseleran disini.

Alternatif: Komunal adalah pendatang baru yang terus menerus mendapatkan pujian dari lender lama maupun baru. Sangat sulit bagi saya menentukan mana yang lebih bagus untuk memegang gelar ini, namun Akseleran unggul dalam satu hal yakni sudah berizin sedangkan Komunal masih terdaftar.

Terbaik untuk Modal Minim

Modalrakyat

Banyak jenis pendanaan, kuantitas pinjaman yang selalu tersedia, proteksi asuransi, serta investasi minimum yang ramah kantong menjadikan Modalrakyat satu-satunya pilihan bagi mereka dengan modal terbatas

Apabila tertarik, daftar di Modal Rakyat menggunakan kode referral saya
AS1817506638 atau Baca review lengkap Modal Rakyat disini.

Alternatif: Gradana menerima pendaanan minimal 20 ribu rupiah, bahkan lebih kecil daripada Modalrakyat. Permasalahannya jumlah dan kualitas pendanaan di Gradana belum sebagus Modalrakyat sehingga hanya bisa menjadi runner up kategori ini.

Terbaik untuk Dampak Sosial

Esta Kapital Fintek | Fintech P2P Lending Indonesia
Esta Kapital

Saya akhirnya menukar posisi Mekar dan Esta Kapital, karena Mekar saat ini kelihatan agak mati suri dan tidak memperdulikan lender retail sama sekali. Berkebalikan dengan Esta Kapital yang justru sedang sangat mementingkan pertumbuhan lender retail. Dampak sosialnya sama-sama baik, namun Esta Kapital tidak memiliki mitigasi risiko setinggi Mekar.

Apabila tertarik, gunakan kode referral saya ZTVINT saat mendaftar di Esta Kapital

Alternatif: Dengan latar belakang perusahaan kuat dan TKB90 yang masih 100%, Tanifund juga menjadi pilihan tepat bila mementingkan dampak sosial.

Fitur Terlengkap dan Produk Terbanyak

Koinworks

Meskipun Koinworks sering menuai kritik dari pembaca blog ini, nyatanya tidak ada P2P lending lain yang memiliki produk pinjaman seramai, sevariatif, dan seheboh Koinworks. Apalagi Koinworks sekarang akan mengintegrasikan instrumen investasi lainnya kedalam aplikasi mereka. Dengan fiturnya yang serba lengkap, Koinworks paling cocok digunakan oleh investor profesional yang punya tujuan investasi spesifik serta investor yang sangat mengedepankan proses diversifikasi.

Baca review lengkap Koinworks disini

Apabila tertarik, daftar di KoinWorks menggunakan kode referral saya 62507 untuk mendapatkan bonus.

Alternatif: Investree menjadi satu-satunya pemain yang bisa ‘mendekati’ Koinworks dari segi kelengkapan produk, karena juga menjual reksadana dan obligasi negara.

Terbaik Syariah

ALAMI

ALAMI adalah satu dari dua p2p lending syariah berizin di Indonesia. ALAMI lebih saya rekomendasikan dibanding Ammana karena tingkat risikonya yang lebih rendah.

Alternatif: Kapital Boost mirip dengan ALAMI, namun belum berizin dan lebih sulit mendapatkan jatah pendanaan disini. Kapital Boost memiliki masa penggalangan dana yang sangat singkat sehingga cukup merepotkan lender bila mau mendanai (harus standby mendanai secepatnya).

Temukan Sendiri Favorit Anda

Rekomendasi saya mungkin kurang cocok untuk anda, karena setiap orang punya preferensi berbeda-beda. Silakan download file excel yang saya buat dibawah ini untuk melakukan seleksi sendiri berdasarkan kriteria umum yang tersedia.

Panduan menggunakannya baca disini

Histori Pengubahan

  1. Juli 2021: Asetku juara konsumtif lagi, Mekar digantikan Esta Kapital dengan Tanifund sebagai alternatifnya.
  2. Maret 2021: Penghapusan kategori big fish (Danamart), Asetku digantikan Easycash, Ammana digantikan Kapital Boost, Crowdo digantikan Investree, Danalaut digantikan Gradana
  3. Mei 2020: penambahan alternatif
  4. April 2020: Mekar menggantikan Amartha karena unggul dari segi keamanan dana
  5. Januari 2020: Asetku dan Uangme dua duanya masuk rekomendasi utama karena sangat sengit dan saya kesulitan memilih yang lebih baik.
  6. November 2019: Asetku diganti Uangme.
  7. November 2019: DanaLaut tidak masuk lagi karena banyak kendala teknis dan jarang ada pinjaman baru.
  8. November 2019: Mekar digantikan oleh iGrow karena skema pendanaan iGrow lebih syariah daripada Mekar.
  9. November 2019: Crowde menggantikan Glotech sebagai P2P lending terburuk.
  10. Awal tahun 2019: Kreditpintar dihapus karena tidak menerima lender lagi, diganti oleh DanaLaut.
  11. Pertengahan 2019: Modal Rakyat ditambahkan sebagai alternatif dari DanaLaut.
  12. Akhir 2018: Asetku menggantikan Koinworks sebagai yang terbaik keseluruhan.

Rekomendasi Laporan KPMG Bulan November 2018

10 P2P Lending Indonesia terbaik berdasarkan manajemen risiko, transparansi, dan pelayanan:

Diurutkan berdasarkan alfabet, yang teratas bukan berarti yang terbaik. Tulisan didalam kurung adalah kode referral saya.

  1. Akseleran (AKSLADRIAN13403)
  2. Amartha (IL035033)
  3. Crowde (FNYTMZK)
  4. Crowdo (U051549)
  5. Danamas
  6. Gradana (AS0302191555)
  7. Investree (LJGZ3)
  8. Koinworks (62507)
  9. Mekar (ADRIA2476)
  10. Modalku (jdq73oc9)

Untuk mengunduh laporan KPMG ini, klik disini (dalam bahasa Inggris).

12 thoughts on “P2P Lending Terbaik edisi Juli 2021”

  1. FADJRIN WIRA PERDANA

    Mas Adrian, makasih yah sudah memberi rekomendasi P2P lending soalnya ini membantu dalam diversifikasi pendanaan. Lalu kenapa saat ini tidak banyak yang telah berijin. Menariknya, P2P lending yang tidak terkenal (selain Investree) malah sudah ada ijinnya. (Saya secara pribadi sudah mencoba yang berijin tapi pas buka malah pusing lihat tampilannya dan agak lambat

    1. Halo mas. Tidak semua p2p lending bisa untuk investasi. Kebanyakan p2p lending berizin malah hanya untuk meminjam. Saat ini yang bisa untuk investasi dan berizin kan ada danamas, amartha, investree, tokomodal. Semua empat tersebut sudah saya review dan bisa mas cari reviewnya di blog ini, mereka memiliki kekurangan signifikan yang mengakibatkan tidak direkomendasikan

  2. hallo mas, terimakasih pencerahannya. gimana dengan pendanaan cashwagon mas? sy lihat koq banyak complain dari peminjam. apakah dengan hal itu jadi warning supaya jangan melalukan pendanaan di cashwagon?

    1. maaf baru balas karena komentarnya tenggelam. Cashwagon ini saya belom coba dan teman2 sayapun belom ada yang nyoba. Kata yang sudah research, latar belakang perusahaannya kurang kuat. kalo soal komplain dari PEMINJAM sih bisa dimaklumi, kan p2p lending model cashwagon gini biasanya metode penagihannya kurang etis

  3. Hai kak adrian, thank you blognya sngat mmbantu! ?? Kl bole saya ingin tnya pndapat. Saya pemula, lg mau pilih 2-3 p2p yg worth to try saat ini (lebi bnyak dr itu kyny mabok, tp kl ga dicoba2 ya gatau dan ga diversified kali ya). Pertimbanganny, kl dblg high risk profile sbnrny iya, yg sy pakai jg uang nganggur di luar dana darurat, jd harapan high return pasti iya, tp krn sy jg pemula dlm investasi in general dan ga yakin punya bnyk wktu utk plajari dn ngurusi satu2, jd ttep ada takut2 (yg lain aja cm rds, rdpt, emas, gada wktu kyny utk ngurus saham, trading, gtu2). Klo tenor panjang sih gpp, asal bnrn return. Ya harapanny pgalaman p2p nya diverse & mnyenangkan lah, klopun rugi jgn semua ? Stlh baca2 review dr brbgai sumber trmasuk blog ini, bbrp yg saya prtimbangkan:

    – Koinworks. Krn kenal org dalam, lalu ktnya fitur lngkap jd byk pilihan, slot pendanaan bnyak. Ragunya krn byk yg komen kcewa, duit nyangkut, ga newbie friendly?
    – Akseleran. Krn ktnya pmain lama yg oke, newbie friendly. Ragunya krn komen2 buruk ttg autowithdrawal dll?
    – Danamas. Krn ktnya sudah izin OJK, slot pendanaan masih oke. Raguny krn byk yg review negatif jg.
    – Amartha. Krn social cause, returnnya lmyn oke. Ragunya krn minimalny aga besar 3jt, dan ad yg blg byk galbay?
    – Asetku. Krn bonus2, return, dn TKB90 oke, tp ragunya semua lg marah2 krn kuota. Apa mndgan UangMe/EasyCash?

    Mmg ga nutup kmgkinan kl ad pgalaman buruk ke depannya saya bisa coba yg lain lg aja, tp utk first step, kr2 kak adrian akan rekomen yg mana kl pilih 2-3 saat ini?

    Terima kasih sblmnya ?

    1. Kak anon, saya rasa semua produk dan bisnis di dunia ini ga kebal dari pendapat buruk ya. Jadi kalau kak anon cari p2p lending yang kriterianya “gapernah di review jelek sama orang” maka saya pun nyerah memberi rekomendasi nya, karena ngga ada sama sekali. Semua yang anda pertimbangkan diatas adalah best of the best, tp mrekapun punya kekurangan masing-masing. Asetku sudah mustahil dpt kuota jd lebih baik ke UM/EC. tapi sisanya masih oke banget

      1. Betul kak, sy jg pkir pasti ada aja pgalaman buruknya orang ya. Tp minimal kl dgn pertimbanhan itu kr2 kl dipaksa pilih 2-3 dari yg ada, better kmn ya kak? Misalkan, amartha, uangme, koinworks krn jadi diverse? Atau akseleran dan easycash aja krn pemula? Atau ada pertimbangan lain yg msti diliat jg sbg pemula gak ya kak? Trimss responnyaaa cepat sekalii ??

        1. Pilih masing2 satu dr kategori yang berbeda, misalnya konsumtif pilih uangme, produktif pilih koinworks, lalu mikro pilih esta kapital. Itu sudah cukup sekali diversifikasi nya. Kalo pilih 3 tapi di segmen sama semua sih sama aja boong

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

AUTO-TRANSLATE
CATATAN TERPOPULER