Review DanaLaut – P2P Lending Maritim Modal Kecil

Review Danalaut ini pertama ditulis pada Maret 2019, dan saat ini Danalaut sudah tidak beroperasi lagi. Padahal sebelumnya Tim DanaLaut sendiri telah membaca artikel ini dan tidak memiliki tanggapan apa-apa. Tidak ada press release maupun informasi apapun soal penutupan mereka. Saya tidak akan menghapus review ini agar bisa menjadi pelajaran historis bagi pembaca yang tertarik. Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas DanaLaut dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Latar Belakang Perusahaan DanaLaut

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Danalaut memiliki nama legal PT Seva Kreasi Digital. Tidak banyak informasi yang bisa saya dapatkan tentang DanaLaut karena minimnya berita maupun sosialisasi perusahaan di website mereka. Kendati demikian, interaksi saya dengan mereka melalui media sosial meningkatkan kepercayaan saya terhadap mereka, karena setidaknya mereka ada niat untuk melakukan sosialisasi melalui media publik.

Sejauh ini saya tidak menemukan data kepemilikan saham di Danalaut, namun Danalaut bekerjasama dengan Kreditpro yang merupakan grup yang juga memiliki produk Kaspro dan Paypro. Dua orang pendiri Danalaut sebelumnya bersama bekerja di Bank Mandiri selama 4 tahun.

Kuantitas Pinjaman DanaLaut

Kuantitas pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Pinjaman baru muncul secara tidak konsisten, dan parahnya lagi, pinjaman yang sudah terdanai tidak hilang dari halaman pendanaan. Jadi sulit untuk mencatat berapa banyak pendanaan baru yang muncul dalam setiap perioda waktu.

Sangat sulit menemukan pinjaman yang tersedia di Danalaut. Mereka juga tidak mengumumkan via email bila ada pinjaman baru, dan jadwal pinjaman baru yang keluar juga tidak tentu memperburuk keadaan ini. Jadi bila anda mau kebagian pinjaman di Danalaut anda perlu memiliki dana standby di saldo Danalaut, namun saldo tersebut tidak akan berkembang jika anda tidak berhasil mendanai pinjaman apapun. Dilema yang tidak menguntungkan.

Variasi Pinjaman DanaLaut

Variasi pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Umumnya pendanaan di Danalaut terbagi menjadi perdagangan dan budidaya. Untuk perdagangan metodenya mirip invoice financing, sedangkan untuk budidaya mirip Growpal dimana kita mendanai suatu kultivasi aset hidup (ikan, udang, dll). Saya hampir tidak pernah melihat pendanaan budidaya di Growpal, mungkin rasionya 10:1 atau lebih parah.

Untuk budidaya tentu tenornya panjang dari 12 bulan sampai 24 bulan, sedangkan untuk perdagangan dari 10 hari sampai 3 bulan. Plafon pinjaman berkisar 20 juta sampai dua ratus juta.

Pinjaman mereka memiliki variasi yang sangat luas dari segi peminjam, bunga, tenor, nominal pinjaman, bahkan sampai nominal investasi minimal sekalipun (lihat penjelasan dibawah). Bunga pinjaman berkisar di 0.83-1.5% PER BULAN (satuannya bukan per tahun seperti website lain pada umumnya),

Apakah DanaLaut Aman?

Ya, DanaLaut terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Saya berharap mereka cepat mendapatkan izin oleh OJK.

Apakah DanaLaut penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh DanaLaut. Saya sebagai pengguna DanaLaut yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di Danalaut , hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi P2P lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan DanaLaut.

Jadi, jelas DanaLaut bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini).

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam P2P lending, baca artikel ini

Jumlah Minimal Investasi DanaLaut

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Nominal minimal investasi berbeda-beda tergantung pinjamannya. Nominal terendah yang saya lihat Rp25 ribu, sedangkan yang tertinggi mencapai Rp1 juta. Anda bisa meningkatkan nominal investasi sesuai kelipatan minimal investasi. Jadi untuk proyek yang harga per unit nya Rp25 rupiah, harus kelipatan Rp25 ribu, sedangkan untuk proyek dengan harga unit Rp100 ribu, harus kelipatan Rp100 ribu pula.

Hal ini menimbulkan sedikit masalah karena uang recehan hasil return pendanaan anda sebelumnya tidak bisa langsung diinvestasikan untuk memaksimalkan efek compounding.

Sayangnya Danalaut mengenakan potongan untuk penarikan dana yaitu 3500 rupiah, jadi anda perlu mempertimbangkan hal ini jika mau investasi receh, karena bisa saja retur anda lebih kecil daripada potongan ini!

RM dan Customer Service DanaLaut

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Karena mereka secara sukarela membagikan tulisan saya, saya kira mereka cukup peduli akan reputasi mereka sehingga akan memiliki tanggapan yang baik terhadap keluhan. Namun nyatanya ketika menghubungi mereka via email beberapa kali seringkali tidak dibalas ataupun dibalasnya sangat lama bisa berhari-hari. Pesan saya di Instagram juga tidak pernah ditanggapi sampai sekarang.

Likuiditas DanaLaut

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Tenor terendah yang saya lihat berada di 10 hari, jadi sudah pasti likuiditas sangat baik. Karena pinjaman sangat cepat terdanai, maka likuiditas tidak berkurang banyak akibat penggalangan dana.

Aksesibilitas DanaLaut

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimalnya masalah teknis.

Saya paling suka dengan design website DanaLaut ketimbang website lending lainnya. Rapi dengan design three-column yang disertai dengan gambar-gambar serta informasi penting tentang pinjaman.

Kendati demikian seringkali terjadi masalah teknis di website Danalaut, mulai dari tidak bisa diakses, halaman error, gagal login, dan lainnya.

Persentase Non Performing Loan (NPL) DanaLaut

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

DanaLaut menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, DanaLaut menunjukan angka 100% yang berarti tidak ada pinjaman/proyek gagal sama sekali. Mantap!

Bagian ini tidak akan saya perbaharui lagi karena anda bisa melihat angka terbarunya di website mereka.

Mitigasi Risiko DanaLaut

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Tidak ada informasi yang jelas. Pada prinsipnya, bila tidak ada informasi tentang hal ini, berarti tidak ada jaminan apa-apa bila terjadi gagal bayar. Karena, website lain yang menyediakan garansi/perlindungan terhadap modal anda pasti berkoar-koar membanggakan hal tersebut, bukannya diam.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

DanaLaut Syariah atau Tidak?

Belum dikelola secara syariah.

Promo dan Program Referral DanaLaut

Referral dan referee dua-duanya mendapatkan Rp25 ribu.

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Cukup baik karena anda membantu perekonomian laut Indonesia. Perlu dicatat bahwa anda bukan membantu petani-petani pelosok namun membantu perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang kelautan. Perusahaan-perusahaan tersebut ada yang memang membawahi kelompok petani, namun ada juga yang hanya bergerak di bidang distribusi atau pengolahan.

Catatan Lain

Saat ini ada sedikit masalah teknis di Danalaut yang menguntungkan saya. Uang saya yang sudah masuk ke rekening saya tercatat masih ada di website Danalaut dan bahkan bisa digunakan untuk pendanaan! Saya berusaha melaporkan hal ini namun tidak mendapatkan tanggapan dari tim mereka. Ya karena saya sebenarnya diuntungkan maka saya tidak berhak marah-marah. Semoga andapun merasakan masalah yang menguntungkan ini dan bukan malah menemukan masalah yang merugikan di Danalaut.

Kesimpulan

Kelebihan DanaLaut:

  • Jumlah minimal investasi yang lumayan terjangkau – dimulai dari Rp25 ribu.
  • Design website yang menarik dan mudah digunakan.
  • Analisa pinjaman yang transparan dan informatif.

Kekurangan DanaLaut:

  • Jumlah pinjaman relatif sedikit.
  • Latar belakang perusahaan yang tergolong baru.

Rekomendasi

Keunggulan utama DanaLaut adalah nominal minimal investasinya yang cukup rendah untuk lending berbasis kelautan. Lending kelautan lain seperti Growpal memiliki nominal investasi cukup besar sehingga menutup peluang bagi mereka yang memiliki modal minim namun ingin mendukung kelautan Indonesia lewat investasi mereka.

Sejak Kredit Pintar menutup pintu mereka kepada lender, DanaLaut menjadi website lending yang saya rekomendasikan untuk investor dengan modal minim. Hal ini dikarenakan satu-satunya website lain yang menerima modal investasi minimal Rp10 ribu adalah CROWDE yang memiliki reputasi luar biasa buruk, sehingga satu-satunya kandidat yang tersisa adalah DanaLaut.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di DanaLaut?

  • Investor yang punya kepedulian di bidang kelautan.
  • Investor dengan modal cukup minim.

Apabila tertarik untuk mencoba, daftar di DanaLaut dan gunakan kode referral saya 92737444 untuk mendapat bonus.

Demikian ulasan/review saya tentang DanaLaut. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan DanaLaut, serta membantu anda menentukan apakah DanaLaut aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 591

43 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. dana laut gak ada cover asuransi, ya pak?

    Belum pernah mandanai di dana syariah? Saya lagi cari reviewnya nih pak

  2. Merely wanna comment on few general things, The website layout is perfect, the written content is rattling great. “To imagine is everything, to know is nothing at all.” by Anatole France.

  3. Appreciatin the time and energy you put into your webite annd in depth informztion you
    present. It’s nice to come across a blog every oncee in a while that isn’t tthe same old
    rehashed material. Fantasticc read! I’ve saved your site and
    I’m adding your RSS feeds too my Google account.

    Lookk into my webpage … Bilgin hukuk

  4. Undeniably consider that which you stated. Your favorite justification appeared to be at the net the simplest thing to take into accout of. I say to you, I definitely get annoyed while other folks consider issues that they just do not recognize about. You controlled to hit the nail upon the highest and defined out the entire thing without having side-effects , other people could take a signal. Will likely be again to get more. Thank you

  5. This design is incredible! You certainly know how to keep a readsr amused.

    Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Fantastic job.
    I really loved what you haad to say, and more than that, how you presented it.
    Too cool!

    Also visit my wweb blog; Ataşehir Escort

  6. Wow! This could be one particular of the most helpful blogs We have ever arrive across on this subject. Basically Fantastic. I am also a specialist in this topic so I can understand your hard work.

  7. I am only commenting to let you be aware of of the amazing discovery my cousin’s child found using your webblog. She mastered lots of details, not to mention what it’s like to possess an amazing giving style to have the mediocre ones really easily thoroughly grasp chosen impossible matters. You undoubtedly surpassed readers’ expected results. Thanks for producing such practical, trusted, explanatory not to mention easy tips on your topic to Kate.

  8. Hello, Neat post. There is an issue along with your site in internet explorer, would check this… IE nonetheless is the marketplace chief and a good section of other people will omit your excellent writing because of this problem.

  9. Hello there! I know this is kinda off topic however I’d figured I’d ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest authoring a blog article or vice-versa? My website covers a lot of the same subjects as yours and I think we could greatly benefit from each other. If you are interested feel free to shoot me an email. I look forward to hearing from you! Excellent blog by the way!

  10. Hi my friend! I wish to say that this post is awesome, nice written and include approximately all significant infos. I’d like to peer extra posts like this.

  11. Please let me know if you’re looking for a article writer for your site.
    You have some really good posts and I feeel I would be
    a good asset. If you ever want to tazke some of the load off, I’d really like to writ some content for your blog in exchange foor
    a link back to mine. Please blast me an e-mail iif interested.
    Many thanks!

    Here is my web-site ::sincan işitme cihazları

  12. Dzięki programowi monitorowania rodziców rodzice mogą zwracać uwagę na czynności wykonywane przez ich dzieci na telefonie komórkowym oraz łatwiej i wygodniej monitorować wiadomości WhatsApp. Aplikacja działa cicho w tle urządzenia docelowego, nagrywając wiadomości konwersacyjne, emotikony, pliki multimedialne, zdjęcia i filmy. Dotyczy każdego urządzenia z systemem Android i iOS.

  13. There are definitely a number of details like that to take into consideration. That may be a nice point to bring up. I supply the ideas above as normal inspiration however clearly there are questions just like the one you carry up the place a very powerful factor shall be working in honest good faith. I don?t know if greatest practices have emerged around issues like that, but I’m positive that your job is clearly identified as a good game. Each boys and girls really feel the impact of only a moment’s pleasure, for the remainder of their lives.