Growpal Review

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Growpal dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 17 Juli 2019

Latar belakang perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Growpal tergolong website baru yang didirikan tahun 2017. Tidak banyak informasi tentang latar belakang perusahaan mereka, namun nama lengkap anggota tim mereka bisa di cek di website. Apabila anda penasaran, stalk saja staf staf mereka di LinkedIn 😀

Growpal nampaknya belum mendapat injeksi dana dari pihak manapun, namun partner partner operasi mereka semuanya berada di Indonesia.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Benar-benar tidak ada pinjaman yang bisa didanai. Setiap kali saya mendapat email dari mereka perihal pinjaman baru, ternyata sudah penuh terdanai. Maklum, saya lihat paling muncul 1 proyek baru sebulan sekali, jadi mungkin investor yang sudah nongkrong di Growpal berebutan ketika pinjaman baru muncul.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Mirip dengan iGrow yang hanya fokus pada satu bidang. Growpal fokus pada budidaya hewan laut sehingga tidak memiliki variasi pinjaman lain. Hampir semua proyek di Growpal juga memiliki tenor panjang, diatas 1 tahun.

Apakah Growpal Aman?

Growpal BELUM terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Apakah Growpal penipu?

Meskipun belum terdaftar di OJK, belum ada laporan, keluhan, atau berita yang menceritakan masalah serius tentang Growpal. Saya jujur mengakui belum menginvestasikan sepeserpun di Growpal sehingga tidak bisa berkomentar banyak tentang keamanan Growpal.

Karena Growpal sudah dalam proses pendaftaran ke OJK, rasanya anda boleh bertenang sedikit karena Growpal tidak mungkin melakukan kasus penipuan.

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam p2p lending, baca artikel ini

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Dari pinjaman yang pernah muncul di email saya, nominal investasi minimal nya adalah 500.000. Namun di lain waktu, saya menerima email lain yang menawarkan proyek baru dengan minimal pendanaan 100 juta rupiah per orang. Dasar gila. Saya masih sulit percaya, saya kira itu typo.

Saya tidak pernah berhasil kedapatan bagian investasi di Growpal sehingga tidak tahu apakah mereka memperbolehkan investasi tidak bulat (sampai ke nilai ratusan perak) atau harus kelipatan minimal investasinya.

Kualitas customer service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Email saya dibalas dalam kurun waktu satu bulan. Sulit dipercaya. Itu email atau surat jaman dahulu yang dikirim ke antartika ya? Lama sekali balasnya. Saya harap hal tersebut hanya kesalahan teknis yang tidak terulang lagi. Sebab kalau memang kualitas pelayanannya seperti itu, tentu sulit mengambil kepercayaan calon lender baru.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Semua proyek di Growpal memiliki tenor diatas satu tahun sehingga likuiditas sangat buruk

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Daftar pinjaman digabungkan dengan banner di halaman utama sehingga memusingkan. Namun, data proyek sangat transparan dan lengkap serta dilengkapi grafik interaktif yang saya rasa perlu dicontoh oleh website lain.

Persentase Non Performing Loan

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Mereka sempat mengirim email kepada saya untuk mengklarifikasi hal ini. Mereka berkata tidak mungkin ada proyek mereka yang gagal. Saya tidak tahu bagaimana caranya mereka menjamin hal tersebut karena mereka bukan Tuhan.

Growpal menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Growpal menunjukan angka 99.82% yang berarti ada sedikit sekali pinjaman bermasalah.

Berarti pernyataan mereka yang pertama itu bohong ya, hehe.

Perlindungan modal investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Tentang hal ini, Growpal memiliki penjelasan panjang lebar dan berbelit belit yang dibajabarkan di halaman FAQ mereka.

Namun intinya, tidak ada jaminan terhadap permodalan anda.

Sekali lagi, di email mereka kepada saya, mereka bilang proyek mereka tidak akan gagal sehingga tidak perlu ada perlindungan modal.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau tidak

Tidak

Kualitas program referral

Tidak ada program referral

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Anda cukup mendukung industri perlautan Indonesia. Namun perlu dicatat bahwa nelayan nelayan di Growpal adalah nelayan mapan yang sebenarnya tidak membutuhkan bantuan dana.

Catatan lain

Ada blogger lain yang bercerita cukup bagus tentang Growpal. Saya merekomendasikan untuk dibaca juga disini.

Kesimpulan

Kelebihan Growpal

  • Data proyek sangat transparan dan lengkap serta dilengkapi grafik interaktif yang saya rasa perlu dicontoh oleh websitelain.

Kekurangan Growpal

  • Hampir di seluruh waktu, tidak ada proyek yang bisa didanai sama sekali.
  • Minimum investasi yang tidak konsisten jumlahnya
  • Minimum investasi bisa mencapai puluhan juta
  • Semua proyek di Growpal memiliki tenor diatas satu tahun.
  • Mirip dengan iGrow yang hanya fokus pada satu bidang. Growpal fokus pada budidaya hewan laut sehingga tidak memiliki variasi pinjaman lain.
  • Customer servicenya membutuhkan waktu satu bulan untuk membalas pertanyaan saya
  • Design website cukup memusingkan

Rekomendasi

Apabila anda punya panggilan hati untuk mendanai proyek perikanan di Indonesia, maka Growpal menjadi pilihan yang tepat. Apabila tidak, lebih baik mendanai di website lain saja.

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Investor yang punya kepedulian terhadap industri perikanan

Bandingkan website lain?

4 thoughts on “Growpal Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.