growpal

Preview Growpal – Investasi Maritim Favorit Pembaca

 

Preview ini pertama ditulis pada Januari 2019 dan terakhir diperbaharui pada 5 Juli 2021 sebagai preview. Alasan tulisan ini hanya preview dan bukan review, adalah karena Saya tidak pernah melakukan pendanaan di Growpal, jadi review ini ditulis hanya berdasarkan testimoni pembaca yang lain saja. Alasannya, saya menilai risiko pendanaan di Growpal terlalu tinggi dan tenornya panjang-panjang. Selain itu Growpal daridulu sampai sekarang tidak berhasil terdaftar OJK. Awalnya saya ingin memperbaharui review ini setelah sudah melakukan pendanaan, tapi melihat fakta-fakta tersebut rasanya saya tidak akan pernah mendanai di Growpal. Jadi, silakan saja untuk abaikan preview ini.

Tentang Growpal

Growpal tergolong website baru yang didirikan tahun 2017. Tidak banyak informasi tentang latar belakang perusahaan mereka, namun nama lengkap anggota tim mereka bisa di cek di website. Apabila anda penasaran, stalk saja staf-staf mereka di LinkedIn 😀 Nama legal dari Growpal adalah PT SAY GROW INDONESIA. Kendati memiliki latar belakang terbatas, tapi Growpal adalah salah satu p2p lending paling eksis di blog saya ini, karena banyak pengguna Growpal yang meningglkan komentar dibawah.

Growpal baru mendapatkan suntikan dana pre-seed dan seed (sebelum kelas A) dari pihak yang tidak dipublikasikan siapa.

Produk Pendanaan Growpal

Benar-benar sulit mencari pinjaman yang bisa didanai. Setiap kali saya mendapat e-mail dari mereka perihal pinjaman baru, ternyata sudah penuh terdanai. Maklum, saya lihat paling muncul 1 proyek baru sebulan sekali, jadi mungkin investor yang sudah nongkrong di Growpal berebutan ketika pinjaman baru muncul.

Hal ini dikonfirmasi oleh salah seorang pembaca lewat kolom komentar. Ia berkata bahwa satu hari sebelum proyek diluncurkan, akan ada pengumuman supaya setiap investor bisa berpartisipasi. Ketika proyek dirilis (menurut dirinya seringkali jam 11 siang), maka malam harinya proyek tersebut sudah habis terdanai.

Variasi Pinjaman Growpal

Variasi pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Mirip dengan iGrow yang hanya fokus pada satu bidang. Growpal fokus pada budidaya hewan laut sehingga tidak memiliki variasi pinjaman lain. Hampir semua proyek di Growpal juga memiliki tenor panjang, diatas satu tahun. Hal ini karena anda mesti menunggu waktu ikannya dipanen.

Likuiditas

Hampir semua proyek di Growpal memiliki tenor diatas satu tahun sehingga likuiditas sangat buruk. Sedangkan yang tenor singkat sangat sering kehabisan.

Apakah Growpal Aman?

Saya yakin sekali dulu Growpal sudah sempat memasang logo OJK di website mereka, lalu entah kenapa sekarang tidak ada lagi. Saya hanya bisa berspekulasi bahwa Growpal ini tidak masuk ranah OJK karena model bisnisnya seperti investasi permodalan, bukan pendanaan pinjaman yang masuk kategori p2p lending.

Yang jelas, saya cukup yakin bahwa Growpal bukan investasi bodong, karena sudah berjalan cukup lama, dan kenyataan di lapangan berkata apa adanya: bahwa memang ada proyek di Growpal yang bermasalah. Kalau investasi bodong itu pasti diakalin supaya kelihatan ga bermasalah sama sekali.

Jumlah Minimal Investasi Growpal

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Dari pinjaman yang pernah muncul di email saya, nominal investasi minimal nya adalah Rp500 ribu. Namun di lain waktu, saya menerima e-mail lain yang menawarkan proyek baru dengan minimal pendanaan Rp100 juta per orang. Dasar gila. Saya masih sulit percaya, saya kira itu typo.

Klarifikasi pembaca saya: sesekali memang ada proyek VIP yang memiliki nominal pendanaan minimal ratusan juta rupiah, namun frekuensinya tidak sering

Anda perlu mempertimbangkan potongan admin/biaya transfer yang dikenakan ketika anda akan menarik dana dari Growpal ke rekening anda, jangan sampai potongan ini lebih banyak daripada total retur anda.

Kualitas Customer Service Growpal

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

E-mail saya dibalas dalam kurun waktu satu bulan. Sulit dipercaya. Itu email atau surat jaman dahulu yang dikirim ke antartika ya? Lama sekali balasnya. Saya harap hal tersebut hanya kesalahan teknis yang tidak terulang lagi. Sebab kalau memang kualitas pelayanannya seperti itu, tentu sulit mengambil kepercayaan calon lender baru.

Persentase Non Performing Loan (NPL)

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Mereka sempat mengirim e-mail kepada saya untuk mengklarifikasi hal ini. Mereka berkata tidak mungkin ada proyek mereka yang gagal. Saya tidak tahu bagaimana caranya mereka menjamin hal tersebut karena mereka bukan Tuhan.

Growpal menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Growpal menunjukan angka 99.82% yang berarti ada sedikit sekali pinjaman bermasalah.

Berarti pernyataan mereka yang pertama itu salah ya, hehe.

Mitigasi Risiko Growpal

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Tentang hal ini, Growpal memiliki penjelasan panjang lebar dan berbelit belit yang dibajabarkan di halaman FAQ mereka.

Namun intinya, tidak ada jaminan terhadap permodalan anda.

Sekali lagi, di e-mail mereka kepada saya, mereka bilang proyek mereka tidak akan gagal sehingga tidak perlu ada perlindungan modal.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Growpal Syariah atau Tidak?

Tidak. Ada pembaca yang bertanya pada saya (lihat kolom komentar dibawah): “Bagaimana caranya anda tahu bahwa Growpal tidak sesuai syariah”

Jawaban saya sederhana: Kalau suatu P2P lending menjunjung asas Syariah, mereka pasti sudah menyebut kata syariah saat perkenalan atau dinama mereka. Seperti misalnya Ammana atau Dana Syariah. Lalu kitalihat saja istilah istilah yang digunakan dalam websitenya. Apakah BAGI HASIL? Berarti syariah. Apakah akad kredit nya menggunakan bahasa syariah?

Growpal menggunakan istilah RETUR, INVESTASI, yang tidak ada dalam kamus syariah.

Kendati demikian saya melihat Growpal punya potensi untuk berkembang menjadi syariah, karena model bisnisnya bukan riba melainkan permodalan untuk bagi hasil, sama seperti iGrow.

Promo dan Referral Growpal

Tidak ada program referral.

Dampak Sosial Growpal

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Anda cukup mendukung industri perlautan Indonesia. Namun perlu dicatat bahwa nelayan nelayan di Growpal adalah nelayan mapan yang sebenarnya tidak membutuhkan bantuan dana secara darurat.

Catatan Lain

Ada blogger lain yang bercerita cukup bagus tentang Growpal. Saya merekomendasikan untuk dibaca juga disini.

Kesimpulan

Kelebihan Growpal:

  • Data proyek sangat transparan dan lengkap serta dilengkapi grafik interaktif yang saya rasa perlu dicontoh oleh website lain.

Kekurangan Growpal:

  • Hampir di seluruh waktu, tidak ada proyek yang bisa didanai sama sekali.
  • Minimum investasi yang tidak konsisten jumlahnya.
  • Minimum investasi bisa mencapai puluhan juta.
  • Semua proyek di Growpal memiliki tenor diatas satu tahun.
  • Mirip dengan iGrow yang hanya fokus pada satu bidang. Growpal fokus pada budidaya hewan laut sehingga tidak memiliki variasi pinjaman lain.
  • Customer servicenya membutuhkan waktu satu bulan untuk membalas pertanyaan saya.
  • Design website cukup memusingkan.

Rekomendasi

Apabila anda punya panggilan hati untuk mendanai proyek perikanan di Indonesia, maka Growpal menjadi pilihan yang tepat. Apabila tidak, lebih baik mendanai di website lain saja.

Bagaimana dengan Saya?

Saya tidak punya portfolio aktif di Growpal, dari dulu tidak pernah punya pendanaan juga, serta rasanya tidak akan mendanai disana juga. Jadi mohon maaf review ini memang agak subjektif karena berbeda dengan P2P lending lain yang direview saat saya sudah mencoba pendanaan, disini saya sulit mendapatkan pinjaman jangka pendek yang saya inginkan, dan saya tidak mau mendanai proyek tenor panjang karena risikonya tinggi.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Growpal?

  • Investor yang punya kepedulian terhadap industri perikanan.

Demikian preview saya tentang Growpal. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Growpal, serta membantu anda menentukan apakah Growpal aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

28 thoughts on “Preview Growpal – Investasi Maritim Favorit Pembaca”

      1. proyek 2thn sudah selesai tapi masih menunggu hasil dan pengembalian modal katanya rugi… entahlah mudah2an kembali modal saja sudah syukur…

  1. terimakasih sudah mau review growpal, kebetulan saya mau invest di sana. sangat bermanfaat sekali informasinya.

  2. Terima kasih gan atas reviewnya.
    Pengalaman saya investasi di Growpal bisa dikatakan lebih dari memuaskan. Karena saya investasi di “Pembesaran Tahap 1 Ikan Kerapu Cantang Unit 5” dan hasilnya return 17% per tahun.

    Untuk penawaran proyek baru dengan minimal pendanaan 100 juta rupiah per orang itu memang benar ada gan. Biasanya itu produk premium. Memang di Growpal dibagi jadi dua macam produk: produk crowdfund dan premium. ^^

    1. Trims sudah berbagi pengalaman nya gan. Untuk 17 persen sih buat saya standar gan, mengingat opsi lain ada yang 18++ meskipun bukan dalam bidang perikanan. Terimakasih juga atas info perihal produk premium, nanti saya tambahkan di tulisan saya

    1. Sederhana saja pak, kalau Syariah dia pasti ngomong syariah. Seperti misalnya Ammana atau Dana Syariah. Lalu bapak lihat saja istilah istilah yang digunakan dalam websitenya. Apakah BAGI HASIL? Berarti syariah.Growpal menggunakan istilah RETUR, INVESTASI, yang tidak ada dalam kamus syariah.

  3. Akhirnya ada yang review juga, terima kasih reviewnya Mas Asiaril
    Izin numpang bagi pengalaman ya, buat nambah-nambah sedikit info

    Awalnya saya agak ragu juga mau coba investasi di growpal (sekitar akhir 2018), waktu itu belum ada review yang secara khusus mengulas growpal. Tapi akhirnya saya putuskan untuk buat akun dulu saja (pikir saya toh tidak ada salahnya punya akun), tapi masih ragu untuk nyimpen duit disitu, jadi sy coba pelajari dulu flow nya sekitar sebulan.
    Semua keraguan saya untuk investasi di Growpal sebenarnya udah semua kesebut di artikel ini. Eh ternyata, setelah akun saya di aktivasi baru kejawab semua pertanyaan saya di awal.

    Growpal punya cukup banyak project tiap bulannya, dan kenapa selalu tidak ada project pendanaan ternyata karena emang cepet banget keisinya, setelah kita bikin akun akan ada email untuk pemberitahuan sehari sebelum dibukanya project baru (mungkin maksudnya biar gak ketinggalan info), nah pas saya cek besok nya emang ada buka project baru (fyi, dari pantauan saya, growpal buka project baru tiap jelang makan siang sekitar jam 11an dan seringnya sebelum jam 7 malam udah habis aja semua)

    Sampai saat ini, saya udah ikut 8 project di Growpal, dan hasilnya lumayan juga, profit tiap bagi hasil yang mereka sampaikan di awal semuanya sesuai target, cuma ada 1 project yang nilai bagi hasilnya di bawah target (bilangnya di awal bisa sampai 3% selama 2 bulan tapi di laporan akhir mereka cuma bisa bagi hasil 2.9%, lumayanlah setidaknya masih profit). Ada 3 project yang udah selesai dan modal saya dibalikin 100% di akhir, sisanya masih jalan tapi udah ada beberapa yang bagi hasil.
    Dan tambahan, saya sering ikut project growpal sengaja milih yang kontraknya pendek-pendek (2-6 bulan, dan paling panjang 2 tahun) dengan nominal investasi sesuai kondisi kantong saya saat itu (selama tidak kurang dari 500.000 rupiah aja)

    1. Trims sharingnya mas Rio. Terus terang saya sendiri tidak memakai Growpal sampai investasi sebanyak mas Rio, jadi berterimakasih sekali mendapatkan tambahan informasi yang cukup detail. Semoga Growpal cepat terdaftar OJK, karena kalau sudah tentu akan makin kredibel

  4. Waah ada juga yg review. Terimakasih pak asiaril udah berbagi informasi tentang investasi di growpal. Kebetulan saya pernah investasi di proyek proyeknya growpal. Dari 4 proyek yang saya invest baru 1 yang sudah selesai. Nama proyeknya pembesaran tahap 1 ikan kerapu cantang Unit 4, dan hasilnya lumayan menguntungkan dari estimasi ROI 20-23% saya hanya dapat 17% an dengan tenor 300 hari. ya meskipun tidak masuk kedalam estimasi tapi masih ada untungnya, modal saya juga kembali utuh setelah proyek selesai. oh iya pas saya invest, seharusnya keuntungan dibagikan per panen (sebenernya tergantung proyeknya), ini malah akumulasikan di akhir kontrak. saya sempet kaget sih awalnya tapi ternyata ada laporan dari pihak growpal kalo proyek yg saya danai ini ada kendala di suply benih (saya lupa panen keberapa), sehingga ada perbaikan di pihak mitra. ok saya agak tenang meskipun ketar ketir. Ya dan ternyata bener memang dibagikan di akhir sesuai janjinya.

    Kalo saya nilai growpal ini meskipun belum di awasi OJK tapi tetep sesuai dan transparan menurut saya. Dibandingkan dengan investasi di platform sejenis lainnya. Pengalaman saya pernah ikutan di platfrom lain tapi proyeknya gak jalan jalan. Baru kali ini saya invest di platform investasi bidang perikanan dengan keuntungan yang lumayan dan transparan.

    1. Trims infonya ya pak Dedi. Memang seperti yang saya tuliskan, kebanyakan orang yang komentar di blog saya ini puas dengan Growpal. Saya jujur belum berani menaruh uang di Growpal karena menunggu daftar OJK tersebut. Tapi semakin yakin nih baca komentar komentarnya

    1. Saya setuju pak, saya ada beberapa pendanaan disitu. Sepengalaman saya naruh uang disitu memang overhead waktu mulai masuk masa efektif (awal) dan masa panen (akhir) cukup lama, bisa sampai 2 bulanan..
      Saya ada 1 pendanaan yg sudah selesai, 3 on progress panen namun ada yg telat, dan beberapa masih lama jatuh temponya.
      Overall dari tim growpal kelihatannya memang berusaha namun yaaa namanya usaha makhluk hidup (perikanan) dan faktor eksternal seperti penjualan lama, permintaan pasar menurun.. Etc terjadilah keterlambatan itu,
      Moga2 lancar jaya..

      1. Setau saya seluruh p2p lending pendanaan agrikultural atau kemaritiman biasanya memang memiliki ROI variatif tergantung hasil panen, penjualan, alam, dll.

        Yang penting sih p2p lending nya selalu transparan dan tidak ngumpet2..

  5. Saya ikut produk Penjualan & Pendistribusian Pakan Udang Vaname unit 2 yg harusnya habis kontrak 12 bulan dan berakhir 21 sept 2019. Sampai sekarang belum dikembalikan.. Gak komitmen dan mengecewakan..

    1. Sangat tidak rekomen
      2 tahun cuma balik 20% modal, padahal sesuai estimasi sudah bep di 1,5 tahun.
      Bolehlah meleset2 dikit dari estimasi..tapi ini sungguh kacau
      Bukan krn gagal panennya, tp jangka waktu yg lama. Persiapan project, hingga panen-bagi hasil
      Sebagai contoh project saya ada yg panen dari April tapi s.d. September belom ada bagi hasil dan alasannya cuma karena dokumen pendukung lap. Laba rugi kurang lengkap

  6. Sanggi Pigantara

    Saya mendanai proyek pertama saya di Growpal Desember 2019. Kalau melihat portofolionya terlihat cukup menjanjikan. Yang membuat saya merasa aneh ada pada laporan tentang perkembangan proyek. Pembuatan laporannya terkesan asal asalan. Hanya dilampiri sebuah foto dan beberapa baris tulisan. Tanpa disertai data statistik ataupun laporan keuangan. Entah mitra yang kurang kompeten dalam pembuatan laporan atau dari pihak Growpal yang enggan mengurusi mitra sesudah proyek berjalan.
    Pada proyek saya yang kedua, ada keanehan lain lagi dari Growpal. Pada halaman pendaftaran pendanaan proyek disebutkan bahwa.dana akan dikembalikan seluruhnya apabila sampai waktu yang ditentukan, nilai pendanaan belum memenuhi target. Namun yang terjadi bukanya pengembalian dana karena proyek yang gagal terdanai, justru tenggat waktu untuk pendanaan malah diperpanjang sampai beberapa kali.

  7. Menurut saya tampilan web nya memang harus diupgrade terutama bagian portofolio.
    Harusnya ada summary jumlah Dana investor, summary berapa proyek yang diikuti, bagi hasil dsb.

    Yg sekarang bagian portofolio hanya muncul daftar yg diikuti saja dan nominal dana

        1. Saya investor premium udang di Growpal, invest dr tahun 2018, sampai sekarang baru sekali panen, bagi hasil nya juga hanya50% dr perhitungan, parah, bahkan sekarang tidak jelas perkembangan nya, terakhir panen lagi bulan mei sampai hari ini tidak ada hasil, info d dashboard malah dua bulan lalu.. parah betul pengelolaan nya,

          1. Sama asli kacau
            2 tahun cuma 20%
            Pengelolaan terkesan mati segan hidup tak mau
            Siapkah teman2 bikin laporan?
            Silahkan kontak saya di 08568748438 utk direkap dulu

          2. mungkin bisa main ke grup telegram kami dulu pak, lalu tanya teman teman lain disana ada yang merasa dirugikan oleh growpal juga atau tidak.

          3. Sama 2th cm balik 20%
            Kita kumpulkan yg senasib yuk utk bikin laporan2 berikutnya
            Bisa kontak ane di 08568748438 ya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

AUTO-TRANSLATE
CATATAN TERPOPULER