Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Preview Growpal – Investasi Maritim Favorit Pembaca

Preview ini pertama ditulis pada Januari 2019 dan terakhir diperbaharui pada 5 Juli 2021 sebagai preview. Alasan tulisan ini hanya preview dan bukan review, adalah karena Saya tidak pernah melakukan pendanaan di Growpal, jadi review ini ditulis hanya berdasarkan testimoni pembaca yang lain saja. Alasannya, saya menilai risiko pendanaan di Growpal terlalu tinggi dan tenornya panjang-panjang. Selain itu Growpal daridulu sampai sekarang tidak berhasil terdaftar OJK. Awalnya saya ingin memperbaharui review ini setelah sudah melakukan pendanaan, tapi melihat fakta-fakta tersebut rasanya saya tidak akan pernah mendanai di Growpal. Jadi, silakan saja untuk abaikan preview ini.

Tentang Growpal

Growpal tergolong website baru yang didirikan tahun 2017. Tidak banyak informasi tentang latar belakang perusahaan mereka, namun nama lengkap anggota tim mereka bisa di cek di website. Apabila anda penasaran, stalk saja staf-staf mereka di LinkedIn 😀 Nama legal dari Growpal adalah PT SAY GROW INDONESIA. Kendati memiliki latar belakang terbatas, tapi Growpal adalah salah satu p2p lending paling eksis di blog saya ini, karena banyak pengguna Growpal yang meningglkan komentar dibawah.

Growpal baru mendapatkan suntikan dana pre-seed dan seed (sebelum kelas A) dari pihak yang tidak dipublikasikan siapa.

Produk Pendanaan Growpal

Benar-benar sulit mencari pinjaman yang bisa didanai. Setiap kali saya mendapat e-mail dari mereka perihal pinjaman baru, ternyata sudah penuh terdanai. Maklum, saya lihat paling muncul 1 proyek baru sebulan sekali, jadi mungkin investor yang sudah nongkrong di Growpal berebutan ketika pinjaman baru muncul.

Hal ini dikonfirmasi oleh salah seorang pembaca lewat kolom komentar. Ia berkata bahwa satu hari sebelum proyek diluncurkan, akan ada pengumuman supaya setiap investor bisa berpartisipasi. Ketika proyek dirilis (menurut dirinya seringkali jam 11 siang), maka malam harinya proyek tersebut sudah habis terdanai.

Variasi Pinjaman Growpal

Variasi pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Mirip dengan iGrow yang hanya fokus pada satu bidang. Growpal fokus pada budidaya hewan laut sehingga tidak memiliki variasi pinjaman lain. Hampir semua proyek di Growpal juga memiliki tenor panjang, diatas satu tahun. Hal ini karena anda mesti menunggu waktu ikannya dipanen.

Likuiditas

Hampir semua proyek di Growpal memiliki tenor diatas satu tahun sehingga likuiditas sangat buruk. Sedangkan yang tenor singkat sangat sering kehabisan.

Apakah Growpal Aman?

Saya yakin sekali dulu Growpal sudah sempat memasang logo OJK di website mereka, lalu entah kenapa sekarang tidak ada lagi. Saya hanya bisa berspekulasi bahwa Growpal ini tidak masuk ranah OJK karena model bisnisnya seperti investasi permodalan, bukan pendanaan pinjaman yang masuk kategori p2p lending.

Yang jelas, saya cukup yakin bahwa Growpal bukan investasi bodong, karena sudah berjalan cukup lama, dan kenyataan di lapangan berkata apa adanya: bahwa memang ada proyek di Growpal yang bermasalah. Kalau investasi bodong itu pasti diakalin supaya kelihatan ga bermasalah sama sekali.

Jumlah Minimal Investasi Growpal

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Dari pinjaman yang pernah muncul di email saya, nominal investasi minimal nya adalah Rp500 ribu. Namun di lain waktu, saya menerima e-mail lain yang menawarkan proyek baru dengan minimal pendanaan Rp100 juta per orang. Dasar gila. Saya masih sulit percaya, saya kira itu typo.

Klarifikasi pembaca saya: sesekali memang ada proyek VIP yang memiliki nominal pendanaan minimal ratusan juta rupiah, namun frekuensinya tidak sering

Anda perlu mempertimbangkan potongan admin/biaya transfer yang dikenakan ketika anda akan menarik dana dari Growpal ke rekening anda, jangan sampai potongan ini lebih banyak daripada total retur anda.

Kualitas Customer Service Growpal

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

E-mail saya dibalas dalam kurun waktu satu bulan. Sulit dipercaya. Itu email atau surat jaman dahulu yang dikirim ke antartika ya? Lama sekali balasnya. Saya harap hal tersebut hanya kesalahan teknis yang tidak terulang lagi. Sebab kalau memang kualitas pelayanannya seperti itu, tentu sulit mengambil kepercayaan calon lender baru.

Persentase Non Performing Loan (NPL)

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Mereka sempat mengirim e-mail kepada saya untuk mengklarifikasi hal ini. Mereka berkata tidak mungkin ada proyek mereka yang gagal. Saya tidak tahu bagaimana caranya mereka menjamin hal tersebut karena mereka bukan Tuhan.

Growpal menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Growpal menunjukan angka 99.82% yang berarti ada sedikit sekali pinjaman bermasalah.

Berarti pernyataan mereka yang pertama itu salah ya, hehe.

Mitigasi Risiko Growpal

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Tentang hal ini, Growpal memiliki penjelasan panjang lebar dan berbelit belit yang dibajabarkan di halaman FAQ mereka.

Namun intinya, tidak ada jaminan terhadap permodalan anda.

Sekali lagi, di e-mail mereka kepada saya, mereka bilang proyek mereka tidak akan gagal sehingga tidak perlu ada perlindungan modal.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Growpal Syariah atau Tidak?

Tidak. Ada pembaca yang bertanya pada saya (lihat kolom komentar dibawah): “Bagaimana caranya anda tahu bahwa Growpal tidak sesuai syariah”

Jawaban saya sederhana: Kalau suatu P2P lending menjunjung asas Syariah, mereka pasti sudah menyebut kata syariah saat perkenalan atau dinama mereka. Seperti misalnya Ammana atau Dana Syariah. Lalu kitalihat saja istilah istilah yang digunakan dalam websitenya. Apakah BAGI HASIL? Berarti syariah. Apakah akad kredit nya menggunakan bahasa syariah?

Growpal menggunakan istilah RETUR, INVESTASI, yang tidak ada dalam kamus syariah.

Kendati demikian saya melihat Growpal punya potensi untuk berkembang menjadi syariah, karena model bisnisnya bukan riba melainkan permodalan untuk bagi hasil, sama seperti iGrow.

Promo dan Referral Growpal

Tidak ada program referral.

Dampak Sosial Growpal

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Anda cukup mendukung industri perlautan Indonesia. Namun perlu dicatat bahwa nelayan nelayan di Growpal adalah nelayan mapan yang sebenarnya tidak membutuhkan bantuan dana secara darurat.

Catatan Lain

Ada blogger lain yang bercerita cukup bagus tentang Growpal. Saya merekomendasikan untuk dibaca juga disini.

Kesimpulan

Kelebihan Growpal:

  • Data proyek sangat transparan dan lengkap serta dilengkapi grafik interaktif yang saya rasa perlu dicontoh oleh website lain.

Kekurangan Growpal:

  • Hampir di seluruh waktu, tidak ada proyek yang bisa didanai sama sekali.
  • Minimum investasi yang tidak konsisten jumlahnya.
  • Minimum investasi bisa mencapai puluhan juta.
  • Semua proyek di Growpal memiliki tenor diatas satu tahun.
  • Mirip dengan iGrow yang hanya fokus pada satu bidang. Growpal fokus pada budidaya hewan laut sehingga tidak memiliki variasi pinjaman lain.
  • Customer servicenya membutuhkan waktu satu bulan untuk membalas pertanyaan saya.
  • Design website cukup memusingkan.

Rekomendasi

Apabila anda punya panggilan hati untuk mendanai proyek perikanan di Indonesia, maka Growpal menjadi pilihan yang tepat. Apabila tidak, lebih baik mendanai di website lain saja.

Bagaimana dengan Saya?

Saya tidak punya portfolio aktif di Growpal, dari dulu tidak pernah punya pendanaan juga, serta rasanya tidak akan mendanai disana juga. Jadi mohon maaf review ini memang agak subjektif karena berbeda dengan P2P lending lain yang direview saat saya sudah mencoba pendanaan, disini saya sulit mendapatkan pinjaman jangka pendek yang saya inginkan, dan saya tidak mau mendanai proyek tenor panjang karena risikonya tinggi.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Growpal?

  • Investor yang punya kepedulian terhadap industri perikanan.

Demikian preview saya tentang Growpal. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Growpal, serta membantu anda menentukan apakah Growpal aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 607

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.