Diskon khusus pembaca blog! Gunakan kode ADRIANSIARIL untuk dapat diskon 20% di kursus C4: Cari Cuan Kartu Kredit.

Pengeluaran Cuma Ratusan Ribu, Tetap Bisa Untung dari Kartu Kredit?

Anda mungkin tahu dari konten-konten media sosial saya dan kelas saya bahwa bila seseorang memiliki pengeluaran bulanan yang masih berada dibawah 10 juta per bulan, maka lebih ideal menggunakan kartu kredit cashback yang bisa memberikan penghematan 5%-10%, karena bila mengumpulkan miles dengan range pengeluaran dibawah 10 juta per bulan, maka mungkin akan lama sekali terkumpulnya. Sebagai contoh, kartu kredit elite dengan earn rate 7.500/miles saja membutuhkan transaksi sebesar 180juta untuk bisa memberikan penerbangan kelas ekonomi gratis sekali jalan.

Kartu kredit miles lebih ideal digunakan untuk pengusaha yang bisa mengalihkan pengeluaran kebutuhan bisnis ke kartu kredit, atau sultan yang memang melakukan transaksi lifestyle dalam jumlah besar setiap bulannya.

Tapi bagaimana jika seseorang memiliki pengeluaran bulanan yang hanya berkisar ratusan ribu setiap bulannya? Range pengeluaran tersebut bahkan tidak eligible untuk mendapatkan cashback yang minimum spendingnya 2 juta per bulan.

Kunci Cuan Kartu Kredit untuk Pengeluaran Kecil

Di bab 8 kursus C4 (Cari Cuan Kartu Kredit), aku merekomendasikan untuk mengevaluasi kartu kredit bukan hanya dari manfaat perolehan miles atau cashbacknya saja, melainkan juga dari beberapa aspek seperti:

  • Fitur keuangan yang disediakan
  • Seberapa sering memberikan promosi
  • Berapa banyak biaya yang dibebankan
  • dll

Nah, faktor-faktor tersebut bisa jadi basis penilaian kartu kredit entry level (pemula) untuk mereka yang pengeluaran bulanannya masih sedikit.

Fitur Keuangan Kartu Kredit

Kartu kredit bukan melulu soal mengumpulkan rewards dalam bentuk miles ataupun cashback. Jauh sebelum dua hal tersebut ‘trending’, orang menggunakan kartu kredit untuk membantu likuiditas keuangan mereka (termasuk saya)

Fitur seperti loan on card bisa memberikan akses dana tunai dengan tenor panjang dan biaya yang sangat rendah. Fitur installment membantu kita mengelola keuangan dengan cicilan 0% untuk pembelian barang yang mungkin agak mahal, serta fitur conversion bisa mengubah transaksi sehari-hari kita menjadi cicilan dengan bunga rendah atau tanpa bunga sama sekali.

Diskon dan Promosi

Sebelum mengenal dunia miles dan poin, saya sudah rajin menggunakan kartu kredit untuk satu hal penting: promosi dan diskon. Baik di restoran, supermarket, ataupun beli baju – kartu kredit memberikan diskon yang lebih besar daripada kartu debit.

Diskon maupun promosi membuat kita berhemat secara langsung. Saya menyebutnya dengan istilah ‘manfaat taktis’ – karena diskon dan promosi yang ditawarkan kerap berganti-ganti setiap bulannya.

Bagi pemula yang belum fokus mengumpulkan miles ataupun cashback, manfaat taktis ini bisa jadi salah satu pertimbangan memilih kartu.

Biaya Kartu Kredit

“Tidak ada makan siang yang gratis”

Kartu kredit bisa memberikan kita penghematan dalam bentuk diskon maupun promosi, namun tentu ada biaya yang dibebankan.

Berbagai macam biaya kartu kredit saya jelaskan di kelas saya bab 4, namun yang penting diperhatikan adalah biaya bulanan yang tidak bisa dihapuskan (berbeda dengan iuran tahunan yang mudah dihapuskan).

Beberapa mengenakan biaya bulanan sampai dengan 12.500 untuk notifikasi, estatement, dan administrasi. Bila jarang digunakan, akhirnya kartu seperti ini jadi merugikan pemiliknya.

Kesimpulan

Bila pengeluaran bulanan kamu masih di kisaran ratusan ribu, kamu tetap bisa untung dari kartu kredit.

Namun dalam memilih kartu kredit, jangan memilih kartu kredit cashback yang memiliki syarat pengeluaran bulanan (biasanya 2 juta keatas) ataupun kartu kredit miles yang baru efektif digunakan bila pengeluaranmu sudah diatas 10 juta rupiah.

Sebaliknya, pilih kartu kredit yang memberikan banyak diskon dan promo di merchant yang sering kamu kunjungi, memberikan fitur keuangan yang memperlancar arus kas, serta tidak membebankan banyak biaya.

Rekomendasi Kartu Kredit untuk Pemula

Mandiri Skyz Mastercard: Biaya tahunan mudah dihapuskan, tidak ada biaya bulanan, banyak diskon terutama di FnB dan cicilan 0% 24 bulan. Konversi 6 bulan bebas bunga.

BCA Blibli Mastercard: Tidak ada biaya bulanan, biaya tahunan mudah dihapuskan bila rajin digunakan, banyak diskonan dan cicilan 0% sd 24 bulan. Kuat menjadi kartu referensi bank lainnya.

CIMB Niaga Mastercard Platinum Syariah: Sesuai prinsip syariah, bebas biaya bulanan maupun tahunan, memberikan cashback meskipun tidak banyak promo. Konversi 3 bulan bebas ujrah.

Rekomendasi ini ditulis tanggal 24 Juni 2024, kondisi bisa saja sudah berubah saat kamu melihat postingan ini. Informasi didapatkan dari website resmi bank dan saya tidak bisa menjamin akurat 100%

Ingin belajar memilih kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda?

pabila kamu pemula di dunia kartu kredit dan ingin mulai mengumpulkan cuan dari kartu kredit, maka kamu akan cocok bergabung di kursus C4: Cari Cuan Credit Card, dimana kita akan belajar:

  1. Bagaimana orang bisa naik pesawat gratis dari penggunaan kartu kredit
  2. Bagaimana kartu kredit bisa membuat kita berhemat ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulan
  3. Bagaimana cara agar tidak membayar biaya kartu kredit sama sekali

Ayo cek dan gabung sekarang dengan klik tombol dibawah!

C4: Cari Cuan Credit Card
C4: Cari Cuan Credit Card
Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 617

CATATAN!

karena tingginya spam, kolom komentar saya tutup sementara. Untuk menghubungi saya, dm saya di Instagram, Telegram, Tiktok (@adriansiaril), atau isi formulir dibawah ini.