A shining Day-Date replica watch is a luxury model to add stylish sophistication to any wardrobe. A newly-established and popular fake watch with a replica rolex yellow gold bracelet and white dial, this outstanding collector's piece will show you a new and fresh scene.
Beranda » Bagaimana Zomato Gold Bisa Untung?
shallow focus photo of hamburger

Bagaimana Zomato Gold Bisa Untung?

Mencari kode referral Zomato Gold? Gunakan kode saya dan dapatkan bonus: ADRI7688

Penasaran bagaimana Zomato Gold bisa menguntungkan anda namun tidak menguntungkan Zomato sendiri?

Sederhana saja, Law of Diminishing Return yang tidak dirasakan oleh kita kita yang menggunakan Zomato Gold.

Hal ini unik karena Law of Diminishing Return (LODR) biasanya cenderung merugikan dan memiliki konteks negatif. Namun di kasus Zomato Gold, LODR yang dirasakan kita pengguna Zomato Gold malah menjadi keuntungan untuk mereka.

Untuk mempermudah pemahaman, mari kita bahas saja contoh nyata.

Suatu hari saya dengan tujuh orang teman saya makan di restoran bernama Kaixin yang tentunya memiliki Zomato Gold dengan ketentuan beli satu makanan gratis satu makanan. Dari tujuh orang tersebut, hanya satu orang yang memiliki Zomato Gold, yaitu Joenoes.

Untuk mempermudah alur cerita disini, anggap saja kami ber 8 ini mempunyai nama grup ‘tim jomblo‘.

Zomato Gold memperbolehkan menggabungkan beberapa benefit member sekaligus, jadi supaya kita semua di tim jomblo mendapatkan promo secara adil, tiga orang diantara kami (sebut saja namanya Elbert, Ribkah, dan Panji) ikut daftar Zomato Gold.

Karena sudah ada empat orang diantara kami yang menggunakan Zomato Gold, maka kami cukup membayar empat makanan untuk mendapatkan delapan makanan untuk setiap orang di grup kami. Luar biasa!

Kami pun pulang dengan wajah dan hati bahagia.

Sepulangnya dari rumah, 4 orang yang masih belum menjadi member Zomato Gold (sebut saja Wandhi, Eunike, Cecil, dan Lorenzo) menjadi ikut tertarik untuk bergabung Zomato Gold, dengan alasan bila mereka bertemu dengan temannya yang lain (bukan grup kami), maka mereka juga bisa memanfaatkan promo tersebut dan bahkan membagikan kode referral mereka untuk meningkatkan durasi membership mereka.

Jadi seminggu kemudian, mereka masing-masing bertemu dengan teman-teman lain yang berbeda-beda (diluar tim jomblo) dan menjadi promotor Zomato Gold, membawa lebih banyak lagi orang untuk bergabung.

Bulan depannya, saya berkumpul lagi dengan tujuh orang di tim jomblo ini, di restoran bernama HAPPY yang juga memiliki ketentuan promo beli satu makanan gratis satu makanan. Namun, karena kami semua sudah punya member gold, akhirnya hanya empat orang yang bisa memanfaatkan benefit member mereka, karena apabila semuanya ingin memanfaatkan benefit member mereka, maka masing-masing dari kami harus membawa satu orang lagi sehingga jumlah orang di kelompok kami menjadi 16 orang.

Keesokan harinya, Wandhi berkumpul bersama kawannya dari grup lain lagi (sebut saja namanya grup ‘preman‘) beranggotakan 3 orang lainnya. Wandhi ingin menunjukkan kekerenannya dengan menggunakan benefit Zomato Gold untuk membuat senang temannya, namun ternyata semua orang di grup bos-bos tersebut sudah memiliki member Zomato Gold juga sehingga hanya memerlukan dua orang yang menggunakan benefit mereka.

Demikian juga nasib tersebut dirasakan oleh Joenoes, Ribkah, Panji, dan semua orang di tim jomblo yang akhirnya selalu berebutan menggunakan benefit mereka supaya ‘merasa tidak rugi sudah membayar membership‘ – karena setiap orang yang mereka kenal, yang rutin bertemu mereka untuk makan, semua sudah memiliki Zomato Gold.

Pahamkah dengan cerita panjang tersebut? Zomato untung karena anda tidak bisa menggunakan benefit anda.

Siapapun yang mencetuskan ide Zomato Gold adalah seorang jenius, membuat hal buruk dalam model bisnis konvensional menjadi suatu hal yang menguntungkan.

Tentu saja Zomato Gold juga memiliki penghasilan lain, misalnya mungkin dari restoran yang membayar mereka untuk dipromosikan dan pemasang iklan, tapi tentunya penghasilan utama Zomato Gold adalah biaya membership yang sudah anda bayarkan tapi tidak bisa digunakan 🙂

Hal ini diperparah bila ada promosi lain yang ditawarkan di restoran tersebut, misalnya diskon kartu kredit, cashback uang elektronik, atau promosi dari restoran tersebut sendiri yang lebih menarik daripada promosi di Zomato Gold. Bisa bisa terjadi bahwa kita memilih promo lain yang bukan dari Zomato, sehingga semakin jarang lagi menggunakan benefit Zomato Gold.

Ada juga masalah bahwa kebanyakan makanan di Zomato Gold merupakan menu yang memang kurang diminati, dan biasanya beli satu gratis satu berlaku untuk menu yang sama, sehingga belum tentu orang mau menggunakan benefit Gold mereka bila makanannya memang tidak diminati.

Sejauh ini, saya hanya menggunakan promosi “makanan 1 gratis 1” sebagai contoh, padahal ada jenis promosi Zomato Gold lainnya yaitu dua minuman gratis dua minuman. Tanpa perlu membahas promosi yang satu ini, saya harap anda sudah paham bahwa promosi minuman ini malah membuat anda semakin rugi (ketimbang promosi jenis makanan) karena anda perlu mengajak tiga orang lainnya untuk memanfaatkan benefit Zomato Gold nya, apalagi menimbang harga minuman yang cenderung lebih murah daripada makanan, menggunakan benefit-nya menjadi semakin tidak worth it .

Bicara soal iklan, dengan menggunakan Zomato Gold, anda juga menjual informasi pribadi anda kepada Zomato, karena dengan menggunakan Zomato Gold anda memberitahu Zomato:

  1. Anda makan dimana.
  2. Pada pukul berapa.
  3. Frekuensi loyalitas anda.
  4. Dan informasi lain yang saya tidak kepikiran.

Data data tersebut tentunya digunakan Zomato untuk dianalisa para pemasang iklan yang menggunakan metode ‘targeting‘.

Kendati demikian, bukan berarti saya berkata anda tidak usah ikut-ikutan mendaftar menjadi Zomato Gold. Apabila anda memang bergaul dengan orang-orang gaptek yang tidak kenal Zomato, atau teman-teman anda terlalu pelit untuk mengeluarkan uang sedikit itu, maka tentu anda akan selalu dicari-cari karena menjadi orang yang bisa membuat tagihan makan semakin murah 😀

Oh iya, apabila anda membaca sampai sini dan masih bertekad akan mendaftar Zomato Gold, tolong gunakan kode referral saya ADRI7688 untuk mendapatkan diskon – juga membantu saya supaya balik modal dalam keanggotaan Zomato Gold ini.

Bicara soal balik modal, saya telah menghitung bahwa biaya yang anda bayarkan untuk membership Gold ini kira-kira balik modal (break-even) apabila anda menggunakan benefit-nya sekitar empat sampai dengan delapan kali setahun, tergantung dari nilai harga makanan yang anda dapatkan sebagai buy one get one-nya. Ini sebabnya benefit referral Zomato Gold memberikan perpanjangan durasi bagi sang referrer, agar ia bisa memanfaatkan waktu yang lebih panjang untuk memanfaatkan benefit Gold nya sebaik-baiknya.

Sekian, semoga menjawab penasaran anda tentang bagaimana Zomato Gold bisa menguntungkan perusahaan Zomato. Tidak ada perusahaan yang membuat produk untuk rugi, pasti mereka sudah pikirkan baik-baik agar untung.

Update Mei 2019: Bagaimana Dengan Zomato Gold Starter Pack

Zomato memperkenalkan plan baru ZOMATO GOLD STARTER PACK yang hanya bisa digunakan tiga kali. Apabila anda membaca artikel ini dari awal sampai habis, tentu anda sudah bisa menentukan sendiri apakah plan ini lebih menguntungkan daripada Unlimited.

Bagi saya sendiri, plan starter pack ini jauh lebih menguntungkan, apalagi bonus referral yang ditawarkan dalam plan ini adalah satu kali bonus unlock per referral. Sayangnya saya terlanjur mendaftar plan lama yang tentunya tidak bisa dipindahkan atau diubah.

Saran saya, bila anda baru mendaftar Zomato, cobalah dahulu starter plan-nya. Apabila anda berhasil menghabiskan seluruh benefit starter plan dalam kurun waktu tiga bulan atau kurang, berarti anda akan lebih untung bila menggunakan Zomato Gold Unlimited.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

HUBUNGI SAYA

asiaril@ymail.com

Hak cipta dilindungi oleh undang-undang. Dilarang menerbitkan, menyiarkan, menulis ulang, atau menyebarkan konten situs ini tanpa izin tertulis dari pemilik blog ini (Adrian Siaril)

Isi blog ini bukan ajakan investasi dan bukan saran profesional. Saya tidak memiliki kualifikasi apapun, jadi jangan mudah percaya dengan omongan saya.

KODE REFERRAL

Akseleran: AKSLADRIA13403
ALAMI: ASIARI
Allianz Smart Poin: rvam2zmw
Ajaib : asia625
Amartha: IL035033
Asetku:WVQXQ
BCA Credit Card (Kartu Kredit BCA): ADRIA0002117
Bibit: ucleiaf
Bizhare: ASA8KHDU

Bmoney: REF-KRJI0
Bukalapak: BAMBANGRAHARJA13YJ
By.u: Klik link disamping atau masukkan BYADRI8439991
Canva: klik link disamping
Cashbac: adr01ak
Catchplay: langsung klik link tersebut
Crowdo: U051549
Crowde: FNYTMZK
DANA: bltuDi
danaIN: 12552
Danamart: asiaril

Deposito BPR by Komunal: AS2333
DNA PRO: ADRIANSI0512
EA-50 : ASIAR8548
Easycash: WRo7Rsw
Ebay.blanja.com: 25CN5E949CBD
E-mas: 9D3CEDUY
Esta Kapital: ZTVINT
Fahrenheit – Lotus International: adriansiaril
Fazzcard: 36baeb7a01
FIN888: adriansi0512
Flip: SHIA6755
Fore Coffee: 5BA015
Fundtastic: FUN10287
Gradana: AS0302191555
Getplus: DWNXM6GDM
Halofina: AIE74C
Hangry!: ADRINALD
iGrow: IGWSIA1980
Indogold: 98532
Investree: LJGZ3
Invisee: @AS0e99d
Jackhammer Co (via TADA): langsung klik link disamping
Jenius: $asiaril
Jurnal: ADRIA21895 atau klik link disamping
Kapital Boost: BAT6M2
Kaspro: E57u7c
KoinWorks: 62507
Koingold by Koinworks: KG-62507
Komunal: 1CE8460
Lakuemas: adrian2128
Levi’s VIP Indonesia: 31A8KL2
Lotus International – Fahrenheit: adriansiaril
Mekar: ADRIA2476
Modalku: jdq73oc9
Modal Rakyat:AS1817506638
NYALA: klik link disamping
OCBC NISP One Mobile: klik link disamping
OY: langsung klik link disamping
Pegadaian: PDS4ED81
Pluang: ADRI667294
Qoala Plus: XM3KSRAL
Raiz Invest (Indonesia): MDA2P7
Shopback: us3h2G
Shopee: ASIAR252
SmartX: asiaril
Sweet Escape : 1FSRH
Tamasia: MIK97TR
Tanamduit: ADRIA00INH7
Talenta: talenta641
Tanifund: ADRR20
Tiktok: A729133701
Tokopedia: TPADR8548
Tunaiku: SASIARIL
Uangme: 7627
Yesdok: ADRIANS1U
Yukk: asia48