Kreditpintar Review

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Kreditpintar dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

PENTING – HARAP DIBACA

Kreditpintar telah berhenti menerima pendanaan (dari sisi lender). Anda masih bisa mengajukan pencairan dana untuk pinjaman yang sudah jatuh tempo, namun setelah itu tidak bisa mendanai lagi. Hal ini tidak berpengaruh pada pengajuan pinjaman (dari sisi borrower)

Saya turut menyesalkan keputusan ini karena Kreditpintar masuk daftar rekomendasi saya untuk investor dengan modal minim. Review dibawah ini masih tetap disajikan untuk keperluan edukasi dan histori.

Latar belakang perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Saya mengenal Kreditpintar dari acara Fintech Fair 2018 dimana mereka mengakui bahwa mereka masih baru. Hingga artikel ini ditulis pada Januari 2019, saya belum menemukan berita apapun tentang injeksi dana di Kreditpintar. Website mereka hanya menginformasikan siapa pendiri mereka, tanpa informasi lain tentang tim atau latar belakang mereka.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Kreditpintar memiliki model lending konsumtif sehingga memiliki pinjaman tak terbatas. Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca di artikel ini.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Semua pinjaman kreditpintar merupakan pinjaman personal.

Kendati demikian, Kreditpintar memberikan variasi dari segi tenor. Tenor panjang memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan tenor pendek.

Kreditpintar juga merupakan satu satunya website (yang saya review) yang menyediakan funding VIP dimana minimum investasi menjadi sangat tinggi namun diimbangi oleh bunga yang lebih tinggi pula.

Apakah Kreditpintar Aman?

Kreditpintar terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Saat ini saya meragukan keamanan Kreditpintar karena mereka mendadak menghilangkan seluruh produk pendanaan untuk lender/investor.

Apakah Kreditpintar penipu?

Tenang saja, Kreditpintar bukan penipu. (Kalimat ini hanya untuk mencuri SEO)

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Konsisten di angka 10.000 rupiah – LUAR BIASA! Angka ini hanya tersaingi oleh Crowde – yang bahkan memiliki model lending berbeda.

Hal ini menjadikan Kreditpintar website lending konsumtif yang paling terbuka kepada seluruh lapisan masyarakat, mengingat lending konsumtif lainnya, Asetku, memiliki nominal investasi yang cukup besar. Easycash sendiri berada ditengah-tengah dengan angka 100.000

Kualitas customer service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Kreditpintar memiliki contact Whatsapp yang bisa dihubungi untuk berbagai pertanyaan. Saya kecewa dengan pelayanan mereka karena selain lambat dalam menjawab pertanyaan, jawaban mereka juga tidak nyambung alias ngaco.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Kekuatan utama Kreditpintar adalah dalam segi Likuiditas. Mereka memiliki satu produk unik dimana anda bisa menarik pinjaman anda kapan saja, mirip dengan deposito dari Jenius. Bunganya memang menjadi lebih rendah dibanding produk lending lainnya (dibawah 10 persen), tapi persentase ini jauh lebih tinggi daripada deposito dan bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin memberikan pinjaman namun takut akan adanya keperluan mendesak.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Skor sempurna untuk tampilan website Kreditpintar. Interface sangat mudah dipahami dan sederhana. Kendati demikian design aplikasinya cukup memusingkan. Saya belum pernah menemukan masalah teknis apapun di website ini, namun untuk aplikasinya seringkali terjadi bug yang tidak bisa membedakan apakah anda pengguna baru atau bukan.

Kreditpintar saat ini merupakan satu-satunya website lending yang menerima Gopay sebagai metode pembayaran.

Persentase Non Performing Loan

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Belum ada informasi. Ekspektasi saya mereka tidak akan menginformasikannya karena mereka menggunakan seleksi dan pemilihan otomatis untuk memilih peminjam (menggunakan teknologi robot). Dengan model seperti ini, kegagalan mungkin terjadi namun dalam persentase yang sangat kecil sekali sehingga tidak mempengaruhi portfolio investor sama sekali.

Perlindungan modal investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Kreditpintar memiliki asuransi pihak ketiga yang melindungi modal investor. Tidak ada informasi lebih lanjut berapa persen modal yang ditanggung bila terjadi gagal bayar.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau tidak

Tidak.

Kualitas program referral

Saya telah menerima voucher hasil referral, yang bernilai 50rb rupiah untuk pendanaan minimal 100rb rupiah, namun saya belum mendapatkan informasi jelas tentang mekanisme program referral mereka.

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Kurang baik karena anda mendanai pinjaman personal yang tidak jelas tujuannya untuk apa.

Kesimpulan

Kelebihan Kreditpintar

  • Sama seperti Asetku, pinjaman anda disebarkan otomatis ke peminjam yang tidak diketahui. Meskipun hal ini berdampak pada transparansi, setidaknya pinjaman yang bisa didanai menjadi tidak ada habisnya.
  • Dana yang anda taruh langsung dikembangkan tanpa perlu menunggu pinjaman terdanai penuh. 
  • Mereka menawarkan ‘investasi fleksibel’ dimana dana bisa ditarik kapan saja tanpa menunggu jatuh tempo!
  • Interface website sangat mudah dipahami dan sederhana.

Kekurangan Kreditpintar

  • Tidak transparan. Semua deskripsi pinjaman bertuliskan “jenis pinjaman dana tunai yang akan dapat membantu masyarakat” yang tidak menjelaskan apa-apa.
  • Semua pinjaman merupakan pinjaman personal
  • Aplikasi Android banyak masalah teknis

Rekomendasi

Sebagai pemain baru, kelihatannya cukup menjanjikan. Sangat bisa dibandingkan dengan Asetku karena karakteristiknya yang mirip.

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Investor dengan modal minim
  • Investor yang membutuhkan likuiditas sangat tinggi
  • Investor yang ingin uangnya bisa ditarik kapan saja

Apabila tertarik, daftar di Kreditpintar menggunakan link referral saya tersebut untuk mendapatkan bonus.

Bandingkan website lain?

2 thoughts on “Kreditpintar Review

    1. Walah, saya bukan pihak Kreditpintar mas. Saya hanya penulis yang kebetulan meninjau Kreditpintar, jadi mohon maaf saya tidak bisa membantu. SIlahkan menghubungi Kreditpintar secara langsung, dan semoga masalahnya cepat kelar ya. Salam.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.