Easycash (geteasycash.asia) Review


Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Easycash dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 30 April 2019

Latar belakang perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Easycash dioperasikan oleh perusahaan bernama PT. Indonesia Fintopia Technology. Perusahaan ini di Indonesia hanyalah sebuah cabang dari pusat mereka di Tiongkok. Website Easycash tidak menyajikan banyak informasi tentang legalitas mereka, namun anda bisa menyelidiki lebih lanjut tentang Fintopia di website utama mereka https://www.fintopia.tech

Saya cukup menyayangkan bahwa Easycash tidak peduli terhadap transparansi perusahaan mereka, padahal belakangan ini banyak fintech ilegal yang makin membuat masyarakat waspada. Setiap fintech legal seharusnya berusaha transparansi maksimal untuk meningkatkan kepercayaan publik.

Saat artikel ini pertama kali ditulis (Januari 2019), Easycash memiliki booth informasi di Mall Central Park Jakarta. Saya sempat berbincang dengan seorang representatif disana namun tidak mendapatkan banyak informasi tambahan

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Sama seperti Kreditpintar dan Asetku, Easycash menggunakan alokasi otomatis untuk menyebarkan dana anda ke berbagai pinjaman. Hal ini berarti jumlah pinjaman di Easycash juga tidak terbatas banyaknya.

Bingung? Baca artikel ini.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Asetku, Easycash, serta Kreditpintar memiliki kelebihan yang sama – jumlah pinjaman yang sangat banyak. Namun hal ini berarti kelemahan mereka juga sama – semua pinjamannya merupakan pinjaman personal yang tidak bisa anda diversifikasi sendiri. Mesin website ini yang akan menyebarkan dana anda secara otomatis ke berbagai peminjam.

Anda tidak bisa memilih likuiditas maupun tenor. Anda hanya bisa menarik atau menambah uang anda kapan saja.

Apakah Easycash Aman?

Easycash tedaftar dan diawasi oleh OJK.

Apakah Easycashpenipu?

Tenang saja, Easycash bukan penipu. (Kalimat ini hanya untuk mencuri SEO)

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Minimal 100 ribu dan bisa ditambahkan dengan kelipatan 100 ribu.

Kualitas customer service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Belum saya tinjau karena belum menghubungi mereka.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Likuiditas plaform ini luar biasa hebat. Anda bisa menarik dan menambah investasi anda kapan saja, dengan bunga yang dihitung secara harian. Cara kerjanya sangat mirip dengan Jenius Flexi Saver, hanya saja dengan bunga yang jauh lebih tinggi. Kombinasi bunga 20% per tahun serta fleksibilitas penarikan ini membuat Easycash menjadi aset investasi dengan likuiditas terbaik, mengalahkan kawan kawan lending lainnya maupun aset investasi lainnya.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Aksesibilitas terburuk dari seluruh website yang saya tinjau.

Website tidak informatif dan tidak tersedia bahasa Indonesia, aplikasi hanya tersedia untuk ponsel Android, namun aplikasinya juga memusingkan dan tidak informatif sama sekali,

Saya bingung kenapa satu aplikasi digabung untuk peminjam maupun pemberi pinjaman – saya tidak suka hal ini karena memusingkan, namun bagi beberapa orang mungkin hal ini malah ‘praktis’.

Logika saya adalah, bila anda seorang pemberi dana, maka TIDAK MUNGKIN anda juga mengajukan dana pinjaman (orang yang investasi berarti punya dana lebih!). Demikian juga sebaliknya. Jadi untuk apa menggabungkan dua fungsi tersebut di satu aplikasi? Mungkin untuk hemat biaya pengembangan?

Persentase Non Performing Loan

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Easycash menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Easycash menunjukan angka 95.23%. Berarti ada sedikit dari pinjamannya yang gagal bayar, dan kinerjanya memburuk karena saat artikel ini ditulis, Easycash mengatakan bahwa tidak ada yang gagal bayar sama sekali.

Lagipula, dengan sistem investasi mereka yang mirip dengan ‘tabungan’, anda tidak akan pernah tahu apakah uang anda masuk salah satu pinjaman yang gagal bayar, dan bunga anda bisa dilihat bertambah secara harian.

Perlindungan modal investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Berbeda dengan Kreditpintar dan Asetku yang memiliki garansi modal kembali, Easycash melalui halaman FAQ aplikasinya berkata bahwa mereka tidak menjamin modal anda seluruhnya. Kendati demikian, harusnya tidak akan terjadi gagal bayar 100% karena Easycash juga merupakan model lending consumptive yang secara otomatis menyebarkan dana anda ke berbagai peminjam.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau tidak

Tidak. Saya yakin seluruh website lending consumptive tidak akan pernah bisa menjadi syariah.

Kualitas program referral

Belum ada program referral.

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Dampak sosial Easycash buruk. Anda mendukung orang untuk mengambil pinjaman online (pinjol) yang belakangan ini disorot media karena bunganya yang tinggi atau metode penagihannya yang kurang etis. Easycash memang bukan merupakan salah satu pijol ilegal tersebut, namun Easycash merupakan pinjol untuk pribadi pribadi yang konsumtif.

Kesimpulan

Kelebihan Easycash

  • Sama seperti Kreditpintar dan Asetku, Easycash menggunakan alokasi otomatis untuk menyebarkan dana anda ke berbagai pinjaman. Saat ini jumlah pinjaman di Easycash juga tidak terbatas banyaknya.
  • Dana anda di Easycash bunganya dihitung secara harian serta bisa ditarik kapan saja tanpa dipotong denda. Gila!

Kekurangan Easycash

  • Asetku, Easycash, serta Kreditpintar memiliki kelebihan yang sama – jumlah pinjaman yang sangat banyak. Namun hal ini berarti kelemahan mereka juga sama – semua pinjamannya merupakan pinjaman personal!
  • Latar Belakang perusahaan yang tidak jelas
  • Karena masih baru, maka fitur di aplikasi Easycash masih sangat sederhana. Bahasa Indonesia yang digunakan juga banyak kesalahan. Untungnya aplikasinya cukup mudah digunakan.

Rekomendasi

Saya pribadi lebih mendukung memberikan pinjaman pada UMKM dan perusahaan supaya kita turut membantu perkembangan perekonomian Indonesia. Kendati demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa pinjaman pinjaman terbaik ada di website model consumptive economy, dimana Easycash merupakan salah satunya.

Informasi lebih lanjut, baca review lengkap Easycash disini

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Investor yang tidak mau repot belajar diversifikasi, tidak mau memilih kriteria apapun dalam pinjamannya, pokoknya asal taruh uang dan lihat hasilnya
  • Investor dengan modal minim yang ingin investasi namun takut akan keperluan mendesak (dana harus bisa diambil kapan saja)
  • Investor yang percaya akan kredibilitas Fintopia (karena saya cukup meragukan)

Apabila tertarik,  download Easycash di smartphone anda dan gunakan kode referral saya WRo7Rsw untuk mendapatkan bonus.

Bandingkan website lain?

One thought on “Easycash (geteasycash.asia) Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.