BCA Unionpay: Kartu Kredit BCA Terbaik?

BCA Unionpay merupakan topik yang selalu menarik beberapa followers Instagram saya akhir-akhir ini. Wajar saja, tidak banyak orang yang tahu akan kartu ini dan lebih sedikit lagi orang yang paham manfaatnya apa. Dalam tulisan ini saya akan mencoba menceritakan tentang kartu tersebut dan mengapa anda mungkin perlu memilikinya.

Mula-mula, perlu dipahami bahwa setiap pemegang kartu kredit BCA diwajibkan memiliki satu kartu berjenis BCA Card sebelum bisa memiliki kartu kredit terbitan BCA lainnya. BCA Card tidak terdaftar di jaringan internasional dan hanya bisa digunakan di Indonesia dan Singapura saja (itupun hanya merchant tertentu)

Kita tidak akan bahas kartu kredit non-BCA seperti Amex Platinum dan Singapore Airlines, karena kita tahu hanya dua jenis kartu tersebut saja yang masih layak direkomendasikan dari portfolio kartu kredit BCA. Kita akan membahas apa saja BCA Card yang ditawarkan:

BCA Everyday Card (Warna Putih)

Ini adalah jenis BCA card paling culun, yang tidak menawarkan manfaat apa-apa selain cashback dalam bentuk poin setara 0.2% dari setiap transaksi. Apabila anda masih memiliki kartu ini, sebaiknya pertimbangkan ganti ke jenis BCA card yang lain (penjelasan selengkapnya dibawah)

BCA Platinum (motif batik)

Akses ke kartu ini akan ‘terbuka’ jika limit total BCA anda sudah mencapai 20 juta. Meskipun memiliki skema rewards persis BCA Everyday, namun BCA Platinum bisa memberikan anda 1 gelas kopi Starbucks gratis di bandara domestik. Jadi, sudah jelas kartu ini lebih bagus daripada versi putihnya.

BCA JCB Black

Kartu ini adalah hybrid dimana ia memiliki chip JCB maupun BCA Card, jadi bisa digunakan bertransaksi online maupun offline di EDC apapun di seluruh dunia (tidak harus EDC BCA). Menurut perhitungan Pinterpoin.com, sebenarnya earning rate/reward rate kartu ini tergolong buruk. Namun, karena ia merupakan jenis kartu JCB, maka kartu ini bisa memberikan manfaat travelling yang terbuka untuk seluruh kartu kredit JCB terbitan Indonesia, yakni:

  1. Akses ke lounge internasional di banyak negara maksimal 8x setahun
  2. Gratis donut dan minuman dari Krispy Kreme di bandara domestik

BCA Unionpay

Ini adalah BCA card jenis terbaru, yang sebenarnya memiliki derajat sama dengan everyday card. Namun, berdasarkan perhitungan pinterpoin.com, sebenarnya earning rate dari kartu ini tidak buruk-buruk amat, malah lumayan bagus bila dibandingkan kartu lain di kelas yang sama.

Lantas, Bagusnya BCA UnionPay dimana?

Kita tahu bahwa banyak promo diskon maupun cicilan yang eksklusif hanya untuk BCA Card saja. Dalam kondisi bahwa kita ingin mengambil promo tersebut, BCA card mana yang memberikan kita rewards paling tinggi? BCA Unionpay!

Selain itu, kartu kredit berjenis UNIONPAY masih sangat langka di Indonesia. Hanya ada satu bank lain selain BCA yang menawarkannya, yakni ICBC. Sinarmas dan Bank of China hanya menawarkan kartu DEBIT UNIONPAY saja. Jadi, bila anda bepergian ke Tiongkok, kartu kredit Unionpay akan sangat bermanfaat.

Penjelasan lebih lanjut: negara Tiongkok memiliki tingkat penggunaan kartu kredit yang sangat rendah karena warga lokalnya menggunakan QR. Akibatnya, banyak merchant di Tiongkok yang belum menerima pembayaran kartu kredit internasional. Namun, karena Unionpay adalah terbitan Tiongkok, maka lebih banyak merchant yang menerimanya.

Selain itu, laporan dari teman-teman followers, kurs kartu ini juga lumayan ok di negara-negara tertentu seperti Tiongkok, Hongkong, dan Macau.

Perlukah Saya Memiliki BCA Unionpay?

Tergantung. Kalau anda saat ini masih menggunakan BCA Everyday Putih dan limit totalnya masih dibawah 20 juta, saran saya lebih baik ganti asja ke kartu Unionpay. Apabila anda baru saja terjun ke dunia kartu kredit, ajukan BCA Unionpay sebagai kartu kredit pertama anda dari BCA, karena kartu kredit BCA bisa dijadikan referensi yang kuat untuk mengajukan kartu kredit lainnya.

Namun, bila anda sudah sepuh di dunia kartu kredit, maka anda mungkin lebih cocok memiliki BCA JCB Black atau BCA Platinum hanya untuk mengambil manfaat travelling nya saja, tanpa menggunakannya untuk mengumpulkan miles.

Sebagai informasi, anda bisa saja memiliki keempat kartu tersebut sekaligus meskipun limitnya gabungan (istri saya memiliki 3 diantaranya), dan memanfaatkan seluruh promonya. Jadi, kalau memang anda pengoleksi kartu kredit, silakan miliki semuanya.

Bagi saya sendiri, BCA Unionpay sudah cukup, karena saya sudah punya kartu kredit lain yang memberikan earning rate bagus dan manfaat travel yang serupa – Mega Travel Card, JCB Precious Mandiri, CIMB Accor World, Mandiri Prioritas

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.