Review Asetku – P2P Lending Konsumtif Terbaik

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Asetku dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 26 Agustus 2019

Latar Belakang Perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Asetku berada dibawah Akulaku group Indonesia, yang merupakan bagian dari Akulaku Global. Akulaku Global sendiri sebenarnya memiliki nama legal Streetcorner Lending Corp yang berpusat di Tiongkok.

Beberapa orang di manajemen Asetku dan Akulaku merupakan ekspatriat yang tinggal di Indonesia. Namun sebagian besar tim operasionalnya merupakan anak muda Indonesia.

Saat ini, Asetku adalah satu-satunya website yang sudah mengundang saya mengunjungi kantor mereka untuk inspeksi langsung.

Akulaku sebagai induk perusahaan Asetku menginvestasikan uang cukup besar ke Bank Yudha Bhakti pada bulan Maret 2019. Hal ini menunjukkan adanya komitmen jangka panjang terhadap operasional Akulaku group di Indonesia

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Jumlah pinjaman di Asetku bisa dibilang tidak terbatas, karena mereka terus-menerus mendapatkan pinjaman baru dari website Akulaku.

Apabila penasaran bagaimana hal ini bisa terjadi, mohon baca artikel ini.

Update Agustus 2019: Asetku menginformasikan saya bahwa mereka mulai memberlakukan batasan dana terhadap setiap produk mereka. Ketika batasan dana ini sudah terpenuhi untuk suatu produk (misalnya 1 milyar untuk produk 14 hari), maka produk tersebut tidak bisa didanai lagi oleh siapapun. Nominal batasan yang asli dirahasiakan oleh mereka.

Saya terus terang menyambut positif hal ini. Meskipun secara teori merugikan sebagian besar lender, namun hal ini membuktikan bahwa Asetku tidak sembarangan menyediakan ‘pinjaman fiktif’, melainkan jumlah pendanaan yang tersedia benar-benar merefleksikan kondisi asli para peminjam di Akulaku.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Semua pinjaman di Asetku merupakan pinjaman personal dari customer AKULAKU. Asetku hanya memberikan variasi dari segi tenor dan bunga, tenor panjang memiliki bunga lebih tinggi (kecuali mereka ada promosi dimana tenor pendek memiliki bunga lebih tinggi). Hal ini memudahkan anda sebagai lender karena hanya tinggal memilih produk sesuai dengan target likuiditas anda – apakah anda ingin investasi anda cair dalam hitungan minggu atau bulan?

Biasanya website lain memberikan bunga lebih tinggi untuk produk yang berisiko lebih tinggi, namun dalam Asetku semua risikonya sama, hanya berbeda dari segi tenor saja. Lebih lama tenornya, lebih tinggi bunganya.

Apakah Asetku aman?

Asetku baru saja resmi diawasi oleh OJK per Desember 2018.

Apakah Asetku penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Asetku. Saya sebagai pengguna Asetku yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Jadi, jelas Asetku bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam p2p lending, baca artikel ini

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Jumlah minimal investasi di Asetku tergolong cukup tinggi yaitu Rp1 juta. Beberapa produk yang ditawarkan memiliki minimal investasi yang lebih tinggi.

Investasi pertama anda harus kelipatan Rp1 juta, namun setelah pendanaan anda jatuh tempo, anda bisa memperpanjang pendanaan anda tersebut beserta bunganya sekaligus, sehingga memaksimalkan efek compounding karena ‘recehan’ hasil retur anda bisa semuanya diinvestasikan kembali.

Kualitas Customer Service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Asetku memiliki tim Relationship Manager yang bisa dihubungi lewat Whatsapp. Mereka juga suka mengajak investor ngobrol secara langsung dan memberikan apresiasi kecil.

Saya harus mengakui bahwa tim Asetku merupakan representatif yang paling dekat dengan saya secara personal, jadi review ini mungkin sedikit subjektif.

Staf Asetku di tingkat manajemen maupun operasional telah membaca artikel ini untuk pengecekan fakta dan informasi tambahan.

Apabila anda ingin menghubungi Tim Asetku secara langsung, anda bisa menghubungi RM saya bernama Mas Rusdin di nomor 082124693212

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Asetku adalah salah satu website yang menawarkan pinjaman paling likuid. Dana yang anda taruh LANGSUNG dikembangkan saat itu juga, dan saat tenor pinjaman telah selesai, uang anda langsung dikembalikan ke rekening pribadi anda tanpa dipotong biaya transfer.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Asetku menyadari bahwa lebih baik memiliki aplikasi smartphone tanpa web dibanding sebaliknya, sehingga website mereka hanya bisa diakses dari smartphone. Meskipun aplikasi mereka memang mudah digunakan, saya menyayangkan bahwa informasi pinjaman kurang informatif.

Persentase Non Performing Loan (NPL)

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Asetku menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Asetku menunjukan angka 100% yang berarti tidak adanya pinjaman bermasalah.

Perlindungan Modal Investor

Belum pernah ada cerita atau laporan bahwa modal lender hilang di Asetku, karena selain tidak pernah terjadi gagal bayar, Asetku juga menjamin bahwa modal anda dikembalikan 100% apabila terjadi gagal bayar.

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau Tidak?

Tidak.

Kualitas Program Referral

Anda mendapatkan satu kupon tambahan bunga sebesar 1% untuk setiap teman yang anda refer dan sudah berinvestasi. Kupon ini bisa digunakan untuk meningkatkan retur dari tenor apapun yang anda pilih.

Skema ini lebih buruk daripada skema mereka yang sebelumnya dimana anda menerima 1% dari nominal investasi pertama orang yang anda refer. Keuntungan referral anda sekarang menjadi tergantung pada nilai investasi anda yang menggunakan kupon referral tersebut.

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Seperti yang sudah saya sebutkan, pendanaan anda di Asetku berarti mendanai pinjaman personal di website Akulaku, dan hal ini berdampak kurang baik karena orang yang meminjam di Akulaku biasa untuk keperluan konsumtif.

Catatan Lain

Asetku memiliki rasio risiko-keuntungan yang berbeda daripada website lainnya. Umumnya bunga diatas 20% berarti tenor pinjamannya panjang dan tingkat risikonya lebih tinggi. Namun karena Asetku tidak memiliki risiko gagal bayar (di asuransi) maka Asetku menjadi website dengan retur tertinggi yang saya rekomendasikan bila anda hanya mengincar keuntungan sebesar besarnya di p2p lending.

Kesimpulan

Kelebihan Asetku:

  • Jumlah pinjaman bisa dibilang tidak terbatas, karena mereka terus-menerus mendapatkan pinjaman baru dari website Akulaku.
  • Memiliki tim Relationship Manager yang bisa dihubungi lewat Whatsapp, mereka juga suka mengajak investor ngobrol secara langsung dan memberikan apresiasi kecil.
  • Menawarkan pinjaman yang paling likuid karena dana yang anda taruh LANGSUNG dikembangkan saat itu juga dengan cara disebarkan ke lebih dari 30 peminjam secara otomatis.
  • Tingkat pengembalian hingga 25% 22% per tahun (sudah diturunkan atas perintah OJK).
  • Saat tenor pinjaman telah selesai, uang anda langsung dikembalikan ke rekening pribadi anda tanpa dipotong biaya transfer.
  • Mobile apps mudah untuk digunakan.
  • Asetku telah menerapkan proteksi, sehingga investor tidak akan kehilangan modal pokok jika terjadi gagal bayar.

Kekurangan Asetku:

  • Semua pinjaman di Asetku merupakan pinjaman personal dari customer AKULAKU, yang berarti risiko gagal bayarnya lebih tinggi daripada pinjaman perusahaan.
  • Hanya bisa diakses melalui mobile apps.
  • Informasi tentang pinjaman kurang informatif.
  • Minimal investasi Rp1 juta (cukup tinggi).
  • Customer Service bisa dihubungi melalui telepon dan e-mail, namun, untuk e-mail responnya di atas 3 hari.

Rekomendasi

Asetku menyadari bahwa lebih baik memiliki aplikasi smartphone tanpa web dibanding sebaliknya, sehingga website mereka hanya bisa diakses dari smartphone. Meskipun aplikasi mereka memang mudah digunakan, saya menyayangkan bahwa informasi pinjaman kurang informatif.

Bagi yang tidak mau repot memilih dan menunggu pinjaman, Asetku merupakan pilihan terbaik karena dana anda disebarkan ke lebih dari 30 peminjam secara otomatis melalui. Per Juni 2018, Asetku telah menerapkan proteksi, sehingga investor tidak akan kehilangan modal pokok jika terjadi gagal bayar.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Sini?

  • Investor yang mau menginginkan keuntungan setinggi mungkin.
  • Investor yang tidak memiliki tujuan membawa dampak sosial dalam investasinya.
  • Investor yang butuh bimbingan khusus lewat kehadiran relationship manager.

Apabila tertarik, download Asetku di Play Store/App Store dan gunakan kode referral saya WVQXQ untuk mendapatkan bonus.

Gunakan kode RM: REP ketika anda mendanai agar bisa mendapatkan bonus dari rekan saya di Asetku.

Bandingkan website lain?

About asiaril

Tulisan saya adalah opini pribadi yang tidak memiliki kredibilitas apapun. Kerugian dalam bentuk apapun yang timbul akibat membaca tulisan saya (misalnya buang buang waktu) sepenuhnya menjadi tanggung jawab anda. Apabila anda tidak suka dengan karya saya, janganlah marah kepada saya, namun pukullah layar komputer anda dengan linggis.

110 Responses

  1. Erz

    kak
    “…tim Relationship Manager yang bisa dihubungi lewat Whatsapp…”

    bagaimana caranya untuk menghubungi RM melalui WA ya?

      1. Erz

        sudah jadi Lender dong baru hari ini di approve.. tp ga ada yg hubungin 😦

        atau mungkin kaka bisa bantu jawab..
        1. apa bisa transfer ke rekening VA bukan dari no rekening a/n saya?
        2. untuk modal+return yang dikembalikan apakah ke no rekening yang digunakan untuk transfer ataukah ke no rekening yang didaftarkan?
        3. apakah dikenakan biaya transfer ke rekening pribadi?
        4. di halaman untuk masukin Pendanaan misal 1jt untuk bunga 18% muncul hasil yang diharapkan 1.003.945 (sesuai dengan perhitungan bunga harian) tapi kalau kita menggunakan kupon 500.000 justru hasil yang diharapkan turun ke 503.945, maskudnya gimana ya?
        mungkin kaka punya pengalaman bisa di sharing
        thanks 🙂

          1. Erz

            Hi kak

            Thanks for the info
            Btw RM nya tak kunjung mengubungi saya.. 😔
            Darimana ya bisa dpt no contact RM nya.. ada bbrp hal yang mau ditanya antara lain kenapa data peminjam bisa dilihat di pendanann 18% tapi tidak di pendanann 20% keatas..lalu tentamg TUGAS itu pendanaan akumulasi atau pendanaan tunggal supaya bisa Selesai tugasnya dan dapat poin..
            Kl kk bs bantu jawab lebih mantul heheh

  2. Uki

    Halo ka, mau nanya. Kalo misalnya saya transfer dana ke virtual account BNI tapi transfernya lewat bank btpn jenius bisa ga yah?

  3. Bona

    Berapa hari pencairan dana kembali ke dalam rekening Pak Adrian? Menurut anda sendiri setelah asetku dicober pendanaan awal kembali jika wanprestasi, oleh akulaku, apakah menurut anda aman? Boleh dibantu dengan RM nya yg lebih bisa membantu memberikan info, terimakasih.

  4. Rika Afriana

    Halo,
    Saya ikut comment ya untuk sharing pengalaman.

    Saya tertarik untuk bergabung dengan Asetku tetapi terkendala dengan sistem yang kaku tidak seperti P2P lainnya seperti Amartha dan Investree.

    Asetku hanya memperbolehkan penggunaan KTP dan nomor telepon di dalam negeri. Penggunaan Paspor ataupun KMILN tidak diperbolehkan. Padahal Paspor dan KMILN adalah alat bukti dan dokumen sah sebagai penunjuk seorang WNI. Pengaturan penggunaan KMILN untuk membuka rekening di bank atau memiliki properti di Indonesia sudah jelas diatur oleh kementrian luar negeri Indonesia, silahkan ditelusuri pada tautan dibawah ini:
    https://kemlu.go.id/newdelhi/id/pages/kartu_masyarakat_indonesia_di_luar_negeri__kmiln_/112/about-service

    WNI yang memiliki domisili di luar negeri bukalah WNI “kelas dua” yang bisa diperlaukan berbeda. Registrasi dengan persyaratan penggunaan nomor telepon dalam negeri dan hanya KTP oleh Asetku hanya cerminan sistem usaha yang kaku dan bertentangan dengan ketentuan Pemerintah Indonesia.

    So bagi saya, rating Asetku adalah bintang satu dari lima. Mengecewakan… 😦

    Salam,

    Rika Afriana

      1. Putra

        Hallo semua saya mau tanya ini ko saya coba untuk verifikasi akun aset ku selalu gagal terus ya dengan keterangan ktp tidak valid? Padahal saya sudah foto dan data sudah saya isi sesuai

  5. Andri

    “Asetku juga menjamin bahwa modal anda dikembalikan 100% apabila terjadi gagal bayar.”

    Valid ini kak infonya? Modal tetap kembali apabila peminjam gagal bayar

    Mohon pencerahannya

  6. Lala

    Halo Kak, Saya Lala. Mau bertanya dong, semisal pendanaan sudah jatuh tempo, hanya bunga saja atau modal+bunga yg akan ditransfer ke rekening pemilik dana ya? Mohon pencerahannya kak terima kasih:) Kalau ada kontak RM nya boleh diemail kak ke nurfairuzn@gmail.com makasi banyak

    1. REP

      Halo kak Alexa, kebetulan saya RM yang kodenya tercantum di tulisan Pak Adrian Siaril.

      boleh info nama akun di Asetku dan nomor telfon yg terdaftar di Asetku? klo boleh, mohon inbox ke email saya rusdin@asetku.com

      Terima kasih

  7. Muslim

    Produk 30 hari 22%, sepertinya dihilangkan bukan karena quota, tapi untuk menurunkan bunga : akan mengganti produk baru dengan bunga lebih kecil.
    Asetku sekarang sedang mengejar target pendanaan 500mily/bulan, sepertinya tidak mungkin dalam waktu bersamaan membatasi pendanaan dengan quota. Dan selama ini/sebelumnya, pendanaan 30 hari, daftar peminjamnya semua dengan tenor 15 hari.

  8. zhang

    “Asetku juga menjamin bahwa modal anda dikembalikan 100% apabila terjadi gagal bayar.”

    Siang, saya mau menanggapi hal ini, saya baca diperjanjian online kok tidak ada disebutkan ya hal tsb.
    Malah bunyinya seperti ini :
    “Pemberi pinjaman bertanggung jawab penuh atas resiko kredit maupun risiko gagal bayar yg mungkin timbul karena pemberi pinjaman yg dilakukan Pemberi pimjaman melalui ASETKU”.

    yg benar apakah asetku menjamin resiko gagal bayar atau tidak ya?
    terima kasih.

  9. Arief

    Hi Adriansiaril,
    Saya investor di Asetku, awal mula tau P2P, dari booth Easycash di Mall CP di Jakarta April 2019. setelah itu cari2 info ketemu bloh ini & membaca ASETKU. Namun pada saat coba download dari playstore terlewat input kode referal. Saya skrg investor di Asetku.

    Semoga kedepan informasi mengenai Asetku tetap diupdate di Blog ini. seperti data investor (anchor)/pemilik Asetku & Akulaku. ikatan hukum/legal Asetku dgn Akulaku.

    Terima kasih

    1. Erz

      Setuju..tolong bahas UangMe Lender kak
      Soalnya sekarang di Asetku dengan system kuota jadi ga asik harus rebutan tengah malam karena hanya dalam hitungan menit hampir seluruh kuota habis, selain itu bunganya juga terus melorot

      1. Adi Surya

        @Erz kalau dipikir2 sistem kuota borrower sebetulnya ada bagusnya
        yaitu untuk menghindari terjadinya ponzi schema (money game) kan ?

        ponzi = overfunding (tidak ada tempat utk memutarkan dana, tapi terus menerima dana dari investor)

          1. Wiil

            Asetku ini sebenarnya bagus tapi saya rasa kurang transparan mengenai dananya karena saya cek hampir tiap hari dy buka pendanaan senilai 2M, apakah memang valid ada orang-orang yg berbelanja atau meminjam uang setiap hari lebih dari 2 M per hari menggunakan akulaku?? jadi ngeri jg klo berubah jadi ponzi…

              1. Will

                Tp klo mnrt saya sih akulaku kan menyasar konsumen secara perorangan, anggaplah 1 org minjam 2jt rupiah, artinya klo 2 M dy butuh 1000 orang lebih yang minjam per HARI, kayaknya angkanya gak masuk deh.. Kecuali akulaku jg meminjamkan uang ke company atau lini bisnis yang lain….Maaf sy gak niat menjelekkan atau apa y, saya jg ada simpen danan koq di asetku , cuma agak ngeri jg sih … Kan klo p2p lending yg lain kayak akse**** jelas dananya untuk company mana saja walaupun banyak yg macet jg …

              2. Uki

                Haloo semuanya, mau nanya udh ada yg nyoba lending di uangme lender belum?kelihatannya platform dan marketnya harmpir sama. Mohon reviewnya ya

  10. REP

    Halo Pak Will, untuk transparansi mengenai pinjaman, harusnya bisa terlihat di menu rincian peminjam/borrowers detail, sampai ke nominal kebutuhan pinjamannya.

    Benar kata Pak Adrian. Sistem kuota harian sebenarnya bertujuan untuk menyesuaikan demand pinjaman yg ada di akulaku, karena saat ini, untuk menjaga TKB90 tetap 100%, Asetku cuma membiayai peminjam akulaku yg grade scoring nya paling bagus. Jadi kuota tersebut di sesuaikan dgn kebutuhan pinjaman dengan profile grade scoring peminjam yg paling bagus.

    Selain itu, adanya kuota juga bertujuan supaya peminjam yg bukan dari akulaku bisa terwadahi, saat ini Asetku juga telah bekerjasama dgn bukalapak untuk menyalurkan dana lenders Asetku.

    Untuk bukalapak, Asetku mewadahi produk bukapembiayaan dgn kebutuhan pinjaman yg hanya senilai 500 ribu rupiah/orang.

    Untuk info lebih lanjut, mungkin nomer WA saya bisa di save 082125593212.

    Terima kasih 🙏🙏

  11. Adi Surya

    @asiaril sekaligu CC untuk pak @REP perwakilan dari asetku

    untuk dua aplikasi selain asetku yaitu
    Uangme dan DanaRupiah sy masih barusan saja nyoba masuk,
    tapi belum sampai mengalami jatuh tempo pendanaan.

    secara tampilan User Interface bisa dibilang hampir sama dengan Asetku
    1. menu pilihan pendanaan : untuk memilih periode pendanaan
    2. menu portofolio aktiif
    3. menu account ( berisi KTP,databank,data identitas,referal,dst)

    tetapi ada sedikit perbedaan dengan asetku
    pada menu portofolio aktif (menu ke2 atau menu yg tengah) yaitu sbb

    – AsetKu
    a. kode pendanaan : ada
    b. nominal pendanaan : ada
    c. tgl pendanaan sd jatuhtempo : ada
    d. estimasi return : ada
    e. borrower detail : tidak ada
    kita tidak tahu mendanai borrower siapa saja,
    informasi ada berapa jumlah borrowernya yg didanai juga tidak ada

    – Uangme :
    a. kode pendanaan : ada (di menu investment agreement)
    b. nominal pendanaan : ada
    c. tgl pendanaan sd jatuhtempo : ada
    d. estimasi return : ada
    e. borrower detail : ada
    adanya menu borrower detail ini cukup menunjukkan peningkatan transparansi
    tetapi waktu saya klik borrower detail sayang sekali
    isinya masih kosong (apakah mungkin masih tahap develop atau karena hal lain)

    – DanaRupiah
    a. kode pendanaan : ada
    b. nominal pendanaan : ada
    c. tgl pendanaan : ada, tetapi informasi tanggal jatuh tempo tidak ada (diganti periode waktu)
    d. estimasi return : ada
    e. borrower detail : ada ,
    “sub-menunya bernama cek informasi pemberian pendanaan”
    adanya sub-menu informasi pemberian pendanaan menunjukkan peningkatan transparansi
    dan waktu saya klik isinya tampil
    nama dan no HP si peminjam sedang saya beri pinjaman danai,
    meskipun sebagian nama di sensor tetapi
    saya bisa tahu saya sedang mendanai berapa orang peminjam

    —————————————————————–
    tambahan

    Sebagai saran kepada asetku,
    untuk pak REP perwakilan dari asetku barangkali mau ikut menyuarakan ke manajemen
    (karena saya juga sudah ikut memberi tahu RM saya juga)

    sebaiknya kedepannya AsetKu meningkatkan transparansi borrower detail
    dengan mencontoh milik DanaRupiah

    mungkin supaya pak REP lebih mengerti
    apa yg saya maksud sebagai borrower detail
    bisa langsung klik tautan berikut

    https://ibb.co/19KbBkX

    itu adalah menu borrower detail dari aplikasi DanaRupiah

    1. REP

      Maaf, bapak sudah klik borrowers detail yang ada di aplikasi belum? Contoh user peminjam Aku7521263, itu bisa di klik, profilenya bakal kelihatan. malah tampilan informasinya lebih detail dibanding fintech yang anda sarankan. Chat di Kontak WA saya aja Pak kalau mau info yang lebih detail, kita agendakan meeting juga bisa 🙂

      1. Adi Surya

        Data itu Tidak Ada dalam menu portofolio Pak (menu yg kedua)
        Jadi data Setelah Kita melakukan pendanaan ya Pak. Bukan sebelum mendanai

        Contoh :

        Misal saya barusan saja mendanai 1 juta lewat bank trf
        Itu Saya bisa tahu mendanai berapa org peminjam ?
        Apakah Ada detailnya ?

        Dan

        Misal saya barusan saja melakukan pendanaan 10 juta lewat bank trf.
        Itu Saya mendanai berapa org peminjam ?
        Apakah Ada detailnya ?

  12. Adi Surya Wibowo

    @Will anda menulis

    Asetku ini sebenarnya bagus tapi saya rasa kurang transparan mengenai dananya karena saya cek hampir tiap hari dy buka pendanaan senilai 2M, apakah memang valid ada orang-orang yg berbelanja atau meminjam uang setiap hari lebih dari 2 M per hari menggunakan akulaku??

    kalau berdasarkan website asetku.co.id
    anda bisa melihat
    Peminjam Aktif kisaran 200ribu peminjam https://ibb.co/7bdpdnY

    kalau anda lebih dalam lagi
    menanyakan coba bisa ngga dibreakdown lebih dalam
    siapa saja 200ribu peminjam tersebut ?

    secara logika sebenarnya itu sangat bisa dilakukan
    cuma tinggal pihak Asetku apakah mau membuka data peminjamnya

  13. Syauqi Antar Rabbani

    Mantan pak, saya juga baru nyoba pendanaan yg 7 hari dulu buat tester nih, semoga bapak asiaril bisa mereview di blog ini pak

  14. Er

    Besok per tg 22 Okt 19 Asetku akan turun lagi bunganya.. mungkin Asetku dah masuk masa senja
    UangMe bakal makin naik daun
    Pake kode 7627 ya utk UangMe referal
    Maaf spam. . 😁

  15. alb3rt

    Jadi seiring dengan turunnya bunga apa yg kira2 akan dilakukan kawan2? Apakah masih akan pendanaan di Asetku bulanan, 3 bulanan atau pindah ke platform lain? Selain Uangme yang pendanaan 4 bulanan apakah ada yg menemukan platform lain dengan bunga compounding di atas 24%?(Bunga Uangme 4 bulanan itu jika dicompounding jadi sekitar 24.8% per tahun).

    1. Adi Surya

      saya sepertinya masih bertahan di Asetku,
      kemungkinan terpaksa akan merubah pilihan tenor lebih panjang haha

      saya menemukan aplikasi lain yaitu DanaRupiah
      yg memiliki bunga 28%per tahun (tapi dikunci selama 5 bulan dgn minimal pendanaan 100 juta keatas)

      tetapi
      saya tidak memiliki keberanian untuk mencobanya
      dikarenakan dana tersebut dipakai untuk borrower yg bergerak di sektor agriculture
      (ketidaksukaan saya terhadap sektor agriculture ini murni karena preferensi pribadi,
      saya sendiri belum punya data NPL Sektor agriculture)

  16. alb3rt

    Gimana nih perkembangan pendanaan di asetku punya pak Adrian dan Adi? Masih bisa dapat kesempatan yang di bunga 20% ke atas gak? Saya pernah dapat cuma 1x nominal 2jt an untuk pendanaan berulang. Selain itu tidak pernah mujur lagi untuk dapat. Sementara ini saya sih kurangin yang di Asetku, saya titip dulu di Amartha dan Uangme

    1. zhang

      Saya mau menanggapi
      saya pernah tanya ke pihak cs asetku mengenai apakah ada PPh 23 atas penghasilan dari Asetku.
      dan dijawab “tidak ada, karena tidak ada pemotongan PPh 23 bila peminjam ada individu dan saat ini Asetku hanya memfasilitasi customer dari indiividu (7 Agsts 19)”

  17. Halo pak Asiaril. Apakah bapak masih merekomendasikan asetku ini?
    Karena saya mau menggunakan asetku, tapi saya cek rating di appstore nya rendah ya…

    Saya mau pakai uangme, tapi belum ada apps uangme lending nya. Apakah Bapak masih bisa lending di uangme sekarang ini? Terimakasih

      1. Iseng akhirnya saya coba asetku..
        Habis download dan mau mulai mendanai, eh sudah pada tidak available Pak.
        Ada sih yg available, tapi tidak bisa didanai karena minimal pendanaan yg lebih besar daripada sisa kuota…

        Kecewa dan mau saya delete appsnya. Eh tapi malah kerefresh, dan abis itu malah muncul pendanaan2 baru dengan kuota masih sedikit sekali. Jadi saya test pendanaan 15hari.. penasaran, saya coba cari tau. Ternyata setiap jam9 malam jam2 subuh, jam6 pagi pendanaan di asetku itu refresh.. jadi kalau mau mendapatkan kuota di asetku, bisa dicoba untuk standby malam2 (terutama jam2 karena sepi sekali)…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.