Asetku Review

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Asetku dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 17 Juli 2019

Latar belakang perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Asetku berada dibawah Akulaku group Indonesia, yang merupakan bagian dari Akulaku Global. Akulaku Global sendiri sebenarnya memiliki nama legal Streetcorner Lending Corp yang berpusat di Tiongkok.

Beberapa orang di manajemen Asetku dan Akulaku merupakan ekspatriat yang tinggal di Indonesia. Namun sebagian besar tim operasionalnya merupakan anak muda Indonesia.

Saat ini, Asetku adalah satu-satunya website yang sudah mengundang saya mengunjungi kantor mereka untuk inspeksi langsung.

Akulaku sebagai induk perusahaan Asetku menginvestasikan uang cukup besar ke Bank Yudha Bhakti pada bulan Maret 2019. Hal ini menunjukkan adanya komitmen jangka panjang terhadap operasional Akulaku group di Indonesia

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Jumlah pinjaman di Asetku bisa dibilang tidak terbatas, karena mereka terus – menerus mendapatkan pinjaman baru dari website Akulaku.

Apabila penasaran bagaimana hal ini bisa terjadi, mohon baca artikel ini.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Semua pinjaman di Asetku merupakan pinjaman personal dari customer AKULAKU. Asetku hanya memberikan variasi dari segi tenor dan bunga, tenor panjang memiliki bunga lebih tinggi (kecuali mereka ada promosi dimana tenor pendek memiliki bunga lebih tinggi). Hal ini memudahkan anda sebagai lender karena hanya tinggal memilih produk sesuai dengan target likuiditas anda – apakah anda ingin investasi anda cair dalam hitungan minggu atau bulan?

Biasanya website lain memberikan bunga lebih tinggi untuk produk yang beresiko lebih tinggi, namun dalam Asetku semua resikonya sama, hanya berbeda dari segi tenor saja. Lebih lama tenornya, lebih tinggi bunganya.

Apakah Asetku aman?

Asetku baru saja resmi diawasi oleh OJK per Desember 2018.

Apakah Asetku penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Asetku. Saya sebagai pengguna Asetku yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Jadi, jelas Asetku bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam p2p lending, baca artikel ini

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Jumlah minimal investasi di Asetku tergolong cukup tinggi yaitu 1 juta rupiah. Beberapa produk yang ditawarkan memiliki minimal investasi yang lebih tinggi.

Investasi pertama anda harus kelipatan 1 juta rupiah, namun setelah pendanaan anda jatuh tempo, anda bisa memperpanjang pendanaan anda tersebut beserta bunganya sekaligus, sehingga memaksimalkan efek compounding karena ‘recehan’ hasil retur anda bisa semuanya diinvestasikan kembali.

Kualitas customer service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Asetku memiliki tim Relationship Manager yang bisa dihubungi lewat Whatsapp. Mereka juga suka mengajak investor ngobrol secara langsung dan memberikan apresiasi kecil.

Saya harus mengakui bahwa tim Asetku merupakan representatif yang paling dekat dengan saya secara personal, jadi review ini mungkin sedikit subjektif.

Staf Asetku di tingkat manajemen maupun operasional telah membaca artikel ini untuk pengecekan fakta dan informasi tambahan.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Asetku adalah salah satu website yang menawarkan pinjaman paling likuid. Dana yang anda taruh LANGSUNG dikembangkan saat itu juga, dan saat tenor pinjaman telah selesai, uang anda langsung dikembalikan ke rekening pribadi anda tanpa dipotong biaya transfer.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Asetku menyadari bahwa lebih baik memiliki aplikasi smartphone tanpa web dibanding sebaliknya, sehingga website mereka hanya bisa diakses dari smartphone. Meskipun aplikasi mereka memang mudah digunakan, saya menyayangkan bahwa informasi pinjaman kurang informatif.

Persentase Non Performing Loan

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Asetku menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Asetku menunjukan angka 100% yang berarti tidak adanya pinjaman bermasalah.

Perlindungan modal investor

Belum pernah ada cerita atau laporan bahwa modal lender hilang di Asetku, karena selain tidak pernah terjadi gagal bayar, Asetku juga menjamin bahwa modal anda dikembalikan 100% apabila terjadi gagal bayar.

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau tidak

Tidak.

Kualitas program referral

Anda mendapatkan satu kupon tambahan bunga sebesar 1% untuk setiap teman yang anda refer dan sudah berinvestasi. Kupon ini bisa digunakan untuk meningkatkan retur dari tenor apapun yang anda pilih.

Skema ini lebih buruk daripada skema mereka yang sebelumnya dimana anda menerima 1% dari nominal investasi pertama orang yang anda refer. Keuntungan referral anda sekarang menjadi tergantung pada nilai investasi anda yang menggunakan voucher referral tersebut.

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Seperti yang sudah saya sebutkan, pendanaan anda di Asetku berarti mendanai pinjaman personal di website Akulaku, dan hal ini berdampak kurang baik karena orang yang meminjam di Akulaku biasa untuk keperluan konsumtif.

Catatan lain

Asetku memiliki rasio resiko-keuntungan yang berbeda daripada website lainnya. Umumnya bunga diatas 20 persen berarti tenor pinjamannya panjang dan tingkat resikonya lebih tinggi. Namun karena Asetku tidak memiliki resiko gagal bayar (diasuransi) maka Asetku menjadi website dengan retur tertinggi yang saya rekomendasikan bila anda hanya mengincar keuntungan sebesar besarnya di p2p lending.

Kesimpulan

Kelebihan Asetku:

  • Jumlah pinjaman bisa dibilang tidak terbatas, karena mereka terus – menerus mendapatkan pinjaman baru dari websiteAkulaku.
  • Memiliki tim Relationship Manager yang bisa dihubungi lewat Whatsapp, mereka juga suka mengajak investor ngobrol secara langsung dan memberikan apresiasi kecil.
  • Menawarkan pinjaman yang paling liquid karena dana yang anda taruh LANGSUNG dikembangkan saat itu juga dengan cara disebarkan ke lebih dari 30 peminjam secara otomatis.
  • Tingkat pengembalian hingga 25% 22% per tahun (sudah diturunkan atas perintah OJK)
  • Saat tenor pinjaman telah selesai, uang anda langsung dikembalikan ke rekening pribadi anda tanpa dipotong biaya transfer.
  • Mobile apps mudah untuk digunakan.
  • Asetku telah menerapkan proteksi, sehingga investor tidak akan kehilangan modal pokok jika terjadi gagal bayar.

Kekurangan Asetku:

  • Semua pinjaman di Asetku merupakan pinjaman personal dari customer AKULAKU, yang berarti resiko gagal bayarnya lebih tinggi daripada pinjaman perusahaan.
  • Hanya bisa diakses melalui mobile apps.
  • Informasi tentang pinjaman kurang informatif.
  • Minimal investasi 1 juta rupiah (cukup tinggi)
  • Customer Service bisa dihubungi melalui telepon dan email, namun, untuk email responnya diatas 3 hari.

Rekomendasi

Asetku menyadari bahwa lebih baik memiliki aplikasi smartphone tanpa web dibanding sebaliknya, sehingga website mereka hanya bisa diakses dari smartphone. Meskipun aplikasi mereka memang mudah digunakan, saya menyayangkan bahwa informasi pinjaman kurang informatif.

Bagi yang tidak mau repot memilih dan menunggu pinjaman, Asetku merupakan pilihan terbaik karena dana anda disebarkan ke lebih dari 30 peminjam secara otomatis melalui. Per Juni 2018, Asetku telah menerapkan proteksi, sehingga investor tidak akan kehilangan modal pokok jika terjadi gagal bayar.

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Investor yang mau menginginkan keuntungan setinggi mungkin
  • Investor yang tidak memiliki tujuan membawa dampak sosial dalam investasinya
  • Investor yang butuh bimbingan khusus lewat kehadiran relationship manager

Apabila tertarik, download Asetku di Play Store/App Store dan gunakan kode referral saya WVQXQ untuk mendapatkan bonus.

Gunakan kode RM: REP ketika anda mendanai agar bisa mendapatkan bonus dari rekan saya di Asetku

Bandingkan website lain?

19 thoughts on “Asetku Review

  1. kak
    “…tim Relationship Manager yang bisa dihubungi lewat Whatsapp…”

    bagaimana caranya untuk menghubungi RM melalui WA ya?

    Like

    1. Kalau kamu sudah jadi lender di Asetku nanti akan dihub oleh RM nya. Kalau belum jadi lender, bisa contact via email dulu untuk minta contact RM nya

      Like

      1. sudah jadi Lender dong baru hari ini di approve.. tp ga ada yg hubungin 😦

        atau mungkin kaka bisa bantu jawab..
        1. apa bisa transfer ke rekening VA bukan dari no rekening a/n saya?
        2. untuk modal+return yang dikembalikan apakah ke no rekening yang digunakan untuk transfer ataukah ke no rekening yang didaftarkan?
        3. apakah dikenakan biaya transfer ke rekening pribadi?
        4. di halaman untuk masukin Pendanaan misal 1jt untuk bunga 18% muncul hasil yang diharapkan 1.003.945 (sesuai dengan perhitungan bunga harian) tapi kalau kita menggunakan kupon 500.000 justru hasil yang diharapkan turun ke 503.945, maskudnya gimana ya?
        mungkin kaka punya pengalaman bisa di sharing
        thanks 🙂

        Like

        1. Tentu tidak langsung dihubungi, mungkin dalam beberapa hari 😀 Oke saya bantu jawab

          1. Saya ga pernah coba ya berhubung saya selalu setor menggunakan rekening pribadi, tapi menurut saya tidak masalah
          2. Pasti dikembalikan ke rekening yang didaftarkan. Ini regulasi OJK meskipun terkadang dilanggar
          3. Iya, dikenakan biaya pencairan wallet
          4. Karena kupon itu hanya mengurangi nominal pendanaan kamu. Jadi harusnya untuk mendapatkan bunga 3945 kamu membutuhkan modal 1 juta, namun karena menggunakan kupon, kamu hanya cukup mendanai 500.000 untuk mendapatkan bunga 3945 tersebut. Karena akhirnya pendanaan kamu hanya 500rb, ya tentu ketika pinjaman tersebut dikembalikan kamu hanya mendapatkan 500rb plus bunganya. Memang ada mekanisme kupon lain dimana nilai kupon turut dikembalikan saat akhir tenor, tapi beda cerita itu 🙂

          Semoga membantu.

          Like

          1. Hi kak

            Thanks for the info
            Btw RM nya tak kunjung mengubungi saya.. 😔
            Darimana ya bisa dpt no contact RM nya.. ada bbrp hal yang mau ditanya antara lain kenapa data peminjam bisa dilihat di pendanann 18% tapi tidak di pendanann 20% keatas..lalu tentamg TUGAS itu pendanaan akumulasi atau pendanaan tunggal supaya bisa Selesai tugasnya dan dapat poin..
            Kl kk bs bantu jawab lebih mantul heheh

            Like

            1. Sama sama. Boleh email no hp kamu ke asiaril@ymail.com ? Saya akan suruh RM saya hubungi kamu. Jangan via comment agar nomor kamu tidak disalahgunakan. Soal data peminjam itu memang hanya untuk tenor 8 persen yang bisa dilihat. Untuk tenor lain masih belum bisa. TUGAS itu sejauh ini saya lakukan pendanaan tunggal.

              Like

  2. Halo ka, mau nanya. Kalo misalnya saya transfer dana ke virtual account BNI tapi transfernya lewat bank btpn jenius bisa ga yah?

    Like

    1. Halo Uki, terus terang saya tidak tahu karena tidak pernah coba transfer Virtual Account melalui beda bank. Saya coba tanya ke pihak Asetku dulu ya mungkin mereka lebih tahu.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.