Kartu Mastercard: Rahasia yang tidak Banyak Diketahui

Di dunia miles, hal terpenting dalam menilai suatu kartu kredit adalah dari earning rate, alias seberapa cepat atau efisien suatu kartu kredit bisa mengumpulkan miles. Di Indonesia, faktor ini ditentukan oleh kebijakan bank penerbit lokal, bukan jaringan pembayarannya (Mastercard, Visa, dll) – berbeda dengan beberapa negara lain dimana justru jaringan pembayaran mengambil andil besar dalam menentukan manfaat suatu kartu kredit (misalnya Amex di Amerika, atau JCB di Jepang).

Akibatnya, banyak yang tidak tahu bahwa Mastercard sebagai jaringan pembayaran juga memberikan manfaat tambahan bagi para pemegang kartu kredit terbitan bank apapun selama memiliki logo Mastercard. Namun sebelum kita terjun membahas manfaatnya satu-satu, perlu diingat dulu tentang ‘kasta’ kartu Mastercard yang pernah saya bahas disini sebelumnya.

Singkatnya, saya rangkum kembali bahwa kartu kredit Mastercard memiliki tingkatan dari atas sampai bawah seperti ini:

  1. Mastercard World Elite
  2. Mastercard World
  3. Mastercard Platinum
  4. Mastercard Titanium
  5. Mastercard Gold
  6. Mastercard classic

Penting untuk memahami dulu tingkatan tersebut karena erat kaitannya dengan bahasan kita selanjutnya.

Untuk bisa mengecek manfaat apa saja yang diberikan kartu kredit Mastercard anda, anda bisa mengunjungi dua website dibawah ini

  1. https://specials.priceless.com/
  2. https://redemption.mastercard.com/

Perlu dipahami bahwa tergantung pada tingkatan kartu manfaat Mastercard anda, manfaat yang ditawarkan bisa saja berbeda. Saya akan mencoba merangkum beberapa manfaat yang menurut saya penting dibawah ini:

GHA Discovery

Hanya ada sedikit properti GHA di Indonesia, namun anda bisa memanfaatkan program ini bila sedang bepergian ke luar negeri.

  • World Elite: Mendapatkan status Titanium
  • World: Mendapatkan status Platinum
  • Platinum & Titanium: Mendapatkan status gold

Informasi tentang program keanggotaan GHA discovery dapat anda baca disini

I Prefer

Meskipun hanya ada 2 properti I prefer di Indonesia, anda bisa memanfaatkan program ini bila sedang bepergian ke luar negeri

  • World Elite: Mendapatkan status Titanium ditambah 25rb poin setelah booking pertama
  • World: Mendapatkan status Titanium
  • Platinum & Titanium: Mendapatkan status gold
  • Gold & Classic: Mendapatkan status silver

Informasi tentang program keanggotaan I prefer dapat anda baca disini

SBEC – Swiss Bell Executive Club

Membership SBEC tidak terlalu terasa special dari segi privilege, namun tersedia banyak hotelnya di Indonesia, serta memberikan diskon kamar maupun FnB yang cukup besar

  • World Elite: Mendapatkan status Conoisseur
  • World: Mendapatkan status Influencer
  • Platinum & Titanium: Mendapatkan status Enthusiast
  • Gold & Classic: Mendapatkan status Explorer

Informasi tentang program keanggotaan SBEC dapat anda baca disini

Wyndham Rewards

Wyndham hanya memiliki sedikit properti di Indonesia, tapi berdasarkan pengamatan saya cukup serius menggarap market di Indonesia karena sering mengadakan event dan promosi di Indonesia

  • World Elite Mastercard: mendapatkan membership level diamond
  • World Mastercard: mendapatkan level paltinum
  • Platinum, Titanium, Standard dan Gold Mastercard: Mendapatkan gold membership

Hotelux

Gratis keanggotaan Elite Membership selama 3 bulan untuk kartu World dan 12 bulan untuk kartu World elite. Status Elite Hotelux memberikan harga diskon lebih murah serta benefit tambahan lain bila melakukan booking hotel lewat platform Hotelux. Infonya, booking Hotelux juga bisa digabung dengan rewards keanggotaan dari hotel tersebut (bila ada)

Tips and Trick

Seperti yang anda bisa lihat, kebanyakan dari manfaat diatas adalah fast track/status match untuk program anggota hotel yang justru tidak memiliki banyak properti di Indonesia (kecuali mungkin SBEC dan Hotelux). Hal ini buat saya menjadikan kartu kredit Mastercard seperti kunci mendapatkan “trial gratis” menjadi anggota elit sebagai 1 tahun.

Menurut saya sulit mempertahankan semua status tersebut untuk tahun berikutnya (kecuali Hotelux yang menggunakan sistem bayar, dan GHA Discovery juga tergolong mudah). Jadi, ambil manfaat-manfaat tersebut bila anda memang sudah ada rencana akan menggunakannya. Jangan asal redeem lalu tidak digunakan sama sekali dalam 1 tahun, sebab manfaat-manfaat tersebut hanya bisa di klaim 1x saja, dan mengganti kartu kredit anda tidak memberikan anda extension/perpanjangan karena akan di cek namanya sesuai yang terdaftar di program keanggotaan.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.