easycash

Review Easycash 2021 – P2P Lending Konsumtif Fleksibel

 

Review ini pertama dibuat pada tanggal 19 Januari 2019 dan terakhir diperbaharui pada 9 Juli 2021. Tulisan ini telah dibaca dan ditanggapi oleh pihak Easycash. Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Easycash dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini. Apabila tertarik, download Easycash di smartphone anda dangunakan kode referral saya WRo7Rsw untuk mendapatkan bonus.

Portofolio Saya di Easycash

Total Return: 1.242.517 rupiah

Total dana bermasalah: 0 rupiah

Latar Belakang Perusahaan Easycash

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Easycash dioperasikan oleh perusahaan bernama PT Indonesia Fintopia Technology. Perusahaan ini di Indonesia hanyalah sebuah cabang dari pusat mereka di Tiongkok. Website Easycash tidak menyajikan banyak informasi tentang legalitas mereka, namun anda bisa menyelidiki lebih lanjut tentang Fintopia di website utama mereka https://www.fintopia.tech.

Saya cukup menyayangkan bahwa Easycash tidak peduli terhadap transparansi perusahaan mereka, padahal belakangan ini banyak fintech ilegal yang makin membuat masyarakat waspada. Setiap fintech legal seharusnya berusaha transparansi maksimal untuk meningkatkan kepercayaan publik.

Saat artikel ini pertama kali ditulis (Januari 2019), Easycash memiliki booth informasi di Mall Central Park Jakarta. Saya sempat berbincang dengan seorang representatif disana namun tidak mendapatkan banyak informasi tambahan.

Tanggapan Easycash: Kita adalah Anak Perusahaan dari Fintopia Inc yang berasal dari Beijing China, tidak hanya di indonesia, Fintopia telah memiliki cabang di Brazil , Thailand , Filipina ,dan Jepang.
Perusahaan pusat kita di China termasuk dari pada 30 fintech terbaik pada salah satu media survey di China, dan merupakan perusahaan P2P terbaik ke-2 di kategori personal loan. Untuk transparansi anda dapat melihat menu About Us pada website kami, dan sedang dalam development pada aplikasi.

Produk Pendanaan Mekar

Kuantitas Pinjaman Easycash

Kuantitas pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Easycash memberlakukan kuota secara musiman. Bila dana lender kebanyakan, Easycash akan memberlakukan kuota pendanaan yang direset ulang setiap harinya. Hal ini tentunya untuk menghindari overfunding, situasi dimana pendana memiliki uang lebih banyak daripada pinjaman yang tersedia, karena kalau sampai hal tersebut terjadi maka akan masuk kategori ponzi (uangnya mau dikemanain?).

Dana lender yang dipercayakan pada Easycash terbukti sangat fluktuatif, karena seringkali Easycash mengadakan promo untuk user baru dengan hadiah yang gila-gilaan. Hal ini menandakan bahwa ada kalanya mereka kekurangan uang dari lender, namun pemberlakuan kuota menandakan kelebihan uang lender.

Kedua hal tersebut tidak menandakan masalah sama sekali, justru merupakan upaya sehat yang dilakukan Easycash agar ada keseimbangan antara dana lender dan jumlah borrower.

Variasi Pinjaman Easycash

Variasi pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Asetku, Easycash, serta Uangme memiliki kelebihan yang sama – jumlah pinjaman yang sangat banyak. Namun hal ini berarti kelemahan mereka juga sama – semua pinjamannya merupakan pinjaman personal yang tidak bisa anda diversifikasi sendiri. Mesin website ini yang akan menyebarkan dana anda secara otomatis ke berbagai peminjam.

Sama seperti dua pemain lainnya tersebut, di Easycash hanya anda bisa memilih tenor, tanpa memilih langsung borrowernya. Saat ini Easycash memiliki pilihan tenor 7 hari sampai dengan 180 hari. Tentunya semakin panjang tenornya, semakin tinggi rate nya.

Tanggapan Easycash: Kita juga akan masuk ke ranah pendanaan produktif atau UMKM yang besar harapan kita agar dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Komentar Saya: Sebenarnya mereka mulai masuk ke pendanaan produktif karena OJK memberlakukan aturan bahwa semua P2P lending di Indonesia harus mendukung sektor produktif ketimbang hanya konsumtif. Berdasarkan pantauan saya, produk konsumtif Easycash akan bernama Easywarung.

Likuiditas Easycash

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Produk yang saya bahas dibawah saat ini sudah tidak ada

Produk unggulan Easycash dengan tenor fleksibel sekarang sudah tidak ada, sebagai gantinya mereka memberikan pilihan tenor yang bersifat tetap, dari 15 hari sampai 180 hari. Tenor tersingkat mereka juga datang dan pergi tanpa pemberitahuan dimuka, sehingga review ini tidak bisa dijadikan patokan.

Jumlah Minimal Investasi Easycash

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Minimal 1 juta dan bisa ditambahkan nominal receh berapapun.

Ketika melakukan pencairan, Easycash tidak memotong dana anda sama sekali (tidak ada admin/transfer fee) sehingga retur yang anda terima tidak akan tergerus.

Dampak Sosial Easycash

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Dampak sosial Easycash buruk. Anda mendukung orang untuk mengambil pinjaman online (pinjol) yang belakangan ini disorot media karena bunganya yang tinggi atau metode penagihannya yang kurang etis. Easycash memang bukan merupakan salah satu pijol ilegal tersebut, namun Easycash merupakan pinjol untuk pribadi pribadi yang konsumtif.

Apakah Easycash Aman?

Easycash tedaftar dan diawasi oleh OJK.

Saya sendiri juga telah menggunakan Easycash cukup lama dan tidak menemukan masalah yang serius. Anda mungkin membaca beberapa komentar atau ulasan tentang penagihan hutang yang kurang baik dari Easycash, namun hal tersebut tidak berdampak finansial pada kita sebagai investor. Belum ada berita atau laporan tentang uang dibawa kabur dan sebagainya.

Apakah Easycash penipu?

Tenang saja, Easycash sejauh ini bukan penipu. (Kalimat ini hanya untuk mencuri SEO)

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.

RM dan Customer Service Easycash

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Belum saya tinjau karena belum menghubungi mereka. Wajar saja, saya tidak membutuhkan bantuan apa-apa ketika menggunakan aplikasi mereka. Informasi dari pembaca saya adalah nomor telepon tercantum mereka sama sekali tidak bisa dihubungi. Email mereka juga selalu menolak komunikasi. Satu-satunya poin komunikasi saya dengan mereka hanya dengan tim RM mereka, anda bisa menghubungi ibu Nena di nomor +62 87876362153 (Whatsapp only)

Persentase Non Performing Loan (NPL) Easycash

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Easycash menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Easycash menunjukan angka 95.23%. Berarti ada sedikit dari pinjamannya yang gagal bayar, dan kinerjanya memburuk karena saat artikel ini ditulis, Easycash mengatakan bahwa tidak ada yang gagal bayar sama sekali.

Lagipula, dengan sistem investasi mereka yang mirip dengan ‘tabungan’, anda tidak akan pernah tahu apakah uang anda masuk salah satu pinjaman yang gagal bayar, dan bunga anda bisa dilihat bertambah secara harian.

Anda bisa mengecek angka TKB90 terbaru di website atau aplikasi mereka, jadi bagian ini tidak akan saya perbaharui lagi.

Mitigasi Risiko Easycash

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Easycash sudah bekerjasama dengan asuransi Staco Mandiri yang juga merupakan mitra asuransi dari Asetku. Staco Mandiri melindungi 80% modal pokok lender yang tidak tertagih, namun Easycash berkomitmen untuk menggantikan selisih 20% nya kepada lender.

Sejauh ini belum ada kejadian telat bayar atau gagal bayar sama sekali di Easycash

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Easycash Syariah atau Tidak?

Tidak. Saya yakin seluruh website lending consumptive tidak akan pernah bisa menjadi syariah.

Promosi dan Referral

Program referral Easycash sekarang sudah jauh lebih baik, karena memberikan cashback atas modal yang disetor oleh orang yang anda referensikan. Untuk promosi, Easycash sering sekali memberikan kupon tambahan rate dan tambahan modal. Selain itu saat ini Easycash melakukan promosi yang cukup gila untuk pendana baru. Pastikan untuk menghubungi RM Easycash untuk informasi soal promo.

Kesimpulan

Kelebihan Easycash;

  • Sama seperti Kredit Pintar dan Asetku, Easycash menggunakan alokasi otomatis untuk menyebarkan dana anda ke berbagai pinjaman. Saat ini jumlah pinjaman di Easycash juga tidak terbatas banyaknya.
  • Pilihan tenor variatif dan tersedia tenor singkat
  • Retur yang cukup kompetitif

Kekurangan Easycash:

  • Asetku, Easycash, serta Kredit Pintar memiliki kelebihan yang sama – jumlah pinjaman yang sangat banyak. Namun hal ini berarti kelemahan mereka juga sama – semua pinjamannya merupakan pinjaman personal!
  • Latar belakang perusahaan yang kurang transparan
  • Meskipun RM Easycash komunikatif, namun tim CS nya mustahil dihubungi

Rekomendasi

Apabila Asetku membuat anda stres karena tidak pernah kebagian kuota, maka Easycash bisa jadi salah satu opsi penggantinya, selain Uangme

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Easycash?

  • Investor yang tidak mau repot belajar diversifikasi, tidak mau memilih kriteria apapun dalam pinjamannya, pokoknya asal taruh uang dan lihat hasilnya.
  • Investor dengan modal minim yang ingin investasi namun takut akan keperluan mendesak (dana harus bisa diambil kapan saja).
  • Investor yang percaya akan kredibilitas Fintopia (karena saya cukup meragukan).

Apabila tertarik, download Easycash di smartphone anda dan gunakan kode referral saya WRo7Rsw untuk mendapatkan bonus.

Demikian ulasan/review saya tentang Easycash. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Easycash, serta membantu anda menentukan apakah Easycashaman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

94 thoughts on “Review Easycash 2021 – P2P Lending Konsumtif Fleksibe;”

    1. Saya mau ngasih tau saja kendala saat mau membayar tagihan. Saya sudah mau bayar tagihan diawal tapi saat saya ke ATM dan mau bayar tagihannya masih 0 terus , padahal di aplikasi sudah ditagih untuk membayar , dan saya akhirnya sudah lewat jatuh tempo 1 hari karena saya tanya di pusat bantuan tidak ada yang menjawab sama sekali keluhan saya , dan saya mau coba bayar lagi esok nya tapi tetap tagihannya 0 dicoba gagal terus diaplikasi juga denda hariannya jalan terus , tolong minta pencerahannya

  1. Hai , Terimakasih atas Ulasan perihal dari Easycash yang merupakan P2P terdaftar dan diawasi oleh OJK.
    Ada beberapa hal yang ingin saya klarifikasi perihal hal di atas dan semoga menjawab :

    1. Untuk transparansi anda dapat melihat menu about Us pada website kami , dan sedang dalam development pada aplikasi.

    2. Mengapa kita memiliki 1 aplikasi yang sama dengan Peminjam dan Pemberi Pinjaman. Sebelumnya kita ingin memisahkan kedua fitur namun tidak di izinkan oleh regulator sehingga kita hanya dapat melakukan pengabungan pada 1 aplikasi , terimakasih atas ulasannya agar nanti kedepannya dapat kita ajukan kembali untuk pemisahan aplikasi.

    3. Latar belakang Fintopia Indonesia.
    Kita adalah Anak Perusahaan dari Fintopia Inc yang berasal dari Beijing China , tidak hanya di indonesia, fintopia telah memiliki cabang di Brazil , Thailand , Filipina ,dan Jepang.
    Perusahaan pusat kita di china termasuk dari pada 30 fintech terbaik pada salah satu media survey di china, dan merupakan perusahaan p2p terbaik ke2 di kategori personal loan.

    Dan terakhir for information, kita juga akan masuk ke rana pendanaan produktif atau UMKM yang besar harapan kita agar dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

    Terimakasih
    Salam ,
    LF

    EASYCASH
    FINTOPIA INDONESIA

    1. Halo LF, terimakasih respons nya. Review akan saya update sesuai informasi yang anda berikan. Bila berkenan saya juga ingin bertemu dengan representatif dari Easycash. P2P lending yang sudah mengirimkan perwakilan untuk bertatap muka dengan saya cenderung memiliki page visit yang lebih tinggi sehingga meningkatkan kredibilitasnya. Silakan email  saya di asiaril@ymail.com

      Adrian Siaril about.me/asiaril Disclaimer: Sent from a mobile device, forgive the mistakes.

        1. kalau untuk penambahan dana diusahakan menggunakan bank dari BCA lebih cepat uang masok ke akun ya kak gak sampe 10 menit prosesnya tapi apabila menggunakan transfer dari bank lain memang proses nya lama butuh beberapa jam kalau memang beberapa jam terlalu lama bisa hubungi customer service easycash agar dibantu topup

    2. LF menulis
      Perusahaan pusat kita di china termasuk dari pada 30 fintech terbaik pada salah satu media survey di china, dan merupakan perusahaan p2p terbaik ke2 di kategori personal loan.

      tanggapan saya :
      Pak LF,
      boleh tau ada tidak Link/tautan media yg menyebutkan bahwa easycash ini terbaik ke-2 ?
      terima kasih

  2. Halo LF, terimakasih respons nya. Review akan saya update sesuai informasi yang anda berikan. Bila berkenan saya juga ingin bertemu dengan representatif dari Easycash. P2P lending yang sudah mengirimkan perwakilan untuk bertatap muka dengan saya cenderung memiliki page visit yang lebih tinggi sehingga meningkatkan kredibilitasnya. Silakan email saya di asiaril@ymail.com

  3. Apakah pendanaan puluhan/ratusan juat aman di easycash?, menngingat sudah terdaftar di OJK dan AFPI. Sayang kurang dimaintain, spt asetku ada RM yang bisa maintain investor. Klo maintain nya bagus, bisa primadona p2p lending di indonesia, krn dana sangat2 liquid.

    1. Saya pendanaan di Easycash tidak sebanyak itu sih pak, jadi tidak bisa judge aman atau tidak. Alasan saya tidak investasi banyak2 di Easycash juga karena masih ragu terhadap pelayanan mereka. Untuk likuiditas memang benar juara di Indonesia.

  4. Berapa lama waktu yg dibutuhkan utk pencairan dana pendanaan di easycash dg sistem bunga per hari itu? Apakah < 12 jam? Bagaimana jika ingin dicairkan di luar hari kerja? Apakah sama waktu pencairan yg dibutuhkan?
    Kemudian dari pengalaman penulis, apakah pernah mengalami pendanaan yg gagal bayar di easycash? Apakah ada solusi dari pihak easycash utk gagal bayar tsb?

    1. Waduh mas, aku jawab berdasarkan pengalaman aku aja ya, soalnya kan bukan kerja di easycash hehe. Pencairan saya tes dibawah 12 jam tapi belum coba diluar hari kerja. Setau saya sih mereka pakai sistem otomatis jadi tidak bergantung pada jam kerja manusia. Easycash daridulu sampai skrg tidak pernah gagal bayar, jadi ga ada yang tahu gimana penanganan nya bila gagal bayar

  5. Terima kasih sudah membahas tentang easycash, saat daftar saya pergunakan referal anda karena yang saya tahu pembahasan easycash dari artikel ini, semoga ada bonus untuk kita, saya sudah mendanai di easycash namun saya masih ada keraguannya karena komunikasi dengan easycash hanya bisa dilakukan via telpon saja tanpa ada WA, dan email sudah sering saya kirim tapi tidak pernah ada jawaban, sistem pendaan easycash mirip dengan asetku, cashwagon dan uangme untuk p2p ketiganya saya yakin berinvestasi karena komunikasi via WA dan email, yang saya tanyakan adalah apakah aman berinvestasi di easycash? Sedangkan komunikasinya hanya via telpon. Dan kalau boleh emailnya koh adrian bisa diberitahukan kesaya supaya saya bisa komunikasi lebih banyak. Terima kasih.

    1. Halo kak Nono. Setahu saya program referral Easycash tidak berjalan meskipun ada kodenya. Semoga saja saya salah ya.
      Iya, keraguan tersebut juga menjadi salah satu alasan utama saya hanya investasi sedikit sekali di Easycash, dan lebih memilih Asetku untuk sebagian besar dana saya.
      Email saya asiaril@ymail.com

    1. Untuk yang virtual account dicek otomatis iya kudu BCA. tapi kalau mau dari rekening lain bisa transfer manual verifikasi ke CS easycash. Rek tujuannya tetep BCA ya jadi bisa kena biaya transfer

  6. Ini info yang saya dapatkan untuk WA CS nya Easy Cash: 082122306473. Menurut info mereka, mereka sedang buat instagram untuk Easy Cash Lender karena kemarin saya menanyakan kok mereka gak punya instagram khusus.

    1. thanks pak. Sebenernya instagram sih boleh iya boleh tidak untuk produk finansial, namun memang saya kesal karena kok sulit sekali menghubungi mereka melalui email. Btw untuk review Amartha sudah saya perbaharui sesuai masukan pak Albert

  7. Oh iya Pak Adrian, beberapa minggu lalu saya coba penarikan di Easycash ini masuknya 3 hari sesuai tulisan mereka dan percakapan dari RM. Makannya saya agak aneh kok punya Pak Adrian bisa masuk sehari. Apa mungkin gak tentu/untung-untungan. Kalau 3 hari sih agak lama dibanding Asetku dan Uangme

  8. untuk info promo easycash yg sedang berjalan saat ini bisa hubungi 087889812286(rizqa) banyak promo menarik seperti cashback dan voucher ketika funding beserta reward++ ketika mengajak teman dengan tetap memasukan kode referal (jwwaQcA)?

  9. Pak, mohon informasinya di app Easycash sekarang sudah mencantumkan Asuransi Sinarmas, kira kira apakah sama dengan P2p lain ya itu cover 80%?

    Terima kasih

    1. Untuk hal ini bisa konfirmasi ke rm easycash mbak nena +62 852-9423-5030. Setahu saya Easycash menjamin 100 persen dengan kombinasi asuransi dan dana provisi

      1. halo pak, untuk jaminan 100% ini tercantum dimana ya? di aplikasinya hanya ada banner dengan judul “100% catatan pengembalian kembali” namun tidak ada detail apa2 lagi. saya WA mbak nena pun tidak dibalas2

  10. Sy mulai ikut mendanai di easycash per july 2020, so far so good..
    Dibanding dgn bbrp p2p, kekurangan dr easycash utk withdraw butuh waktu 3 harian baru dana masuk, yg mana klub sebelah bahkan ada yg itungan jam udah masuk.. lainnya sih ok..

          1. Gak nyampai pak, cuman sm cs nya sy pernah tanya ditegaskan pencairan itu memang 3 hari. Tidak lebih dan tidak kurang.

  11. Kelemahan Easy cash saat ini adalah masalah komunikasi dgn lender, pengalaman sy saat ini sbg lender gak ada masalah.
    Yg jadi masalah jika kita ingin menanyakan sesuatu susah sekali mendapat jawaban.
    Yg ingin sy mendapat info update apakah easycash masih menjamin pendanaan 100 oct spt yg g mrk sampaikan 3 bln lalu?
    Mkn p Adrian sdh ada update info?

      1. Makasih pak, usul aja mungkin judulnya waktunya direvisi, kalo mengenai kecepatan withdraw dlm arti seberapa cepat uang kembali masuk rekening, saat ini kayaknya uangme yg paling cepet..

  12. BUKANYYA SKG EASYCAH TDAK ADA PAKE KUOTA PENDANAAN?
    dan tu masi dijamin asurasi sinar mas 100 persen ga asi?
    karna skg dia lagi kasi kupon besar2 untuk goda org inves tapi ditahan 30 hari uangnya
    tksi

  13. EasyCash release perubahan suku bunga. Tapi saat bersamaan, semua produk pinjaman quota nya Nol terus/tidak pernah ada quota.

  14. Saya mampir ke sini karena barusan mendapat telefon tagihan dari easy cash, saya tidak mengenal easy cash sebelumnya mendapat telefon, mendowload saja tidak pernah apalagi meminjam, dan anehnya saya mendapat tagihan, jika tidak dilunasi segera akan di report ke ojk.. Sebenernya aplikasi ini apa sih? Memangnya tidak punya data peminjam? Dan kalo memang saya ada pinjaman kenapa tidak ada uang masuk ke rekening saya? Kenapa tidak ada report tagihan ke sms atau email saya berapa nominal yang saya pinjam?

      1. Berarti easycash tidak professional dalam menverifikasi data calon peminjam.. Jika seperti itu bukan tanggung jawab saya untuk menanggung pinjaman itu, dan jika pihak easycash memaksa maka saya punya hak untuk melaporkan hal ini, semua bisa dilihat diriwayat download saya aplikasi apa saja yang pernah saya unduh.. Jika ada pihak easy cash yg baca comment saya ini harap untuk lebih professional dalam menverifikasi data peminjam, jangan jadikan orang lain sebagai korban, dan sebelum easy cash melaporkan saya ke ojk sudah saya laporkan dulu ke ojk

    1. Maaf, saya br Nemu ini
      Saya ada pinjaman d easycash
      Dan mereka kasih pinjem saya 3jt an
      Dan d setujui
      Dan anehnya, yg d tf ke saya cuma 425 gt. Dan katanya yg 3 JT sekian ngomong nya buat payment. Ini payment apa ya?? Waah..!! Dan saya uang yg hrs saya kembalikan itu 4jt 600 sekian
      Karena udah ada bunganya..
      Dan saya mau menanyakan ttg pinjaman produktif. Itu maksudnya apa ya?? Dan g ada kejelasan ttg bisa dicairkan apa g gt huhuhuu ??

        1. Bagaimana cara tarik dana as lender dari easycash? Fasilitas chatt dgn cs tdk menjawab pertanyaan sama sekali, sdh lama nunggu di chattnya ga di jwb2 sama cs nya tau2nya di endchatt sama csnya. Bad service

          1. Bisa kok lewat aplikasinya. Setau saya cs memang handle borrower saja, untuk lender ditangani lgsg oleh bu nena (+6287876362153)

        2. Hallo kak,
          Maaf Mau tanya pendanaan itu sendiri apa si kak? aku baru join aplikasi easy cash soalnya.
          Di aset saya ada saldo nya apa itu bisa di cairkan kak?
          Terimakasih

          1. Halo. Easycash itu ada dua jenis ya untuk meminjam dan mendanai. Kalau melihat pertanyaan kakak sepertinya itu untuk minjam dana deh

        1. Saya update beberapa hal baru soal easycash: asuransi dengan sinarmas uda ga jalan lagi, jd kalau gagal bayar murni hanya digantikan dana provisi, lalu tenor fleksibel sudah ga ada lagi. Program referral mulai ada. Yang signifikan itu aja sih kak

          1. MAAF ,, MAU TANYA SAYA MASIH BINGUNG TENTANG PERHITUNGAN BUNGA NYA MISAL SAYA PUNYA DANA : 70 juta Tertera di situ 17%+8% ( BUNGA NYA untuk yg 7 HARI)
            JADI RUMUS HITUNG NYA BAGAIMANA TOLONG DI JELASKAN 🙏 TERIMAKASIH

  15. MAAF ,, MAU TANYA SAYA MASIH BINGUNG TENTANG PERHITUNGAN BUNGA NYA MISAL SAYA PUNYA DANA : 70 juta Tertera di situ 17%+8% ( BUNGA NYA untuk yg 7 HARI)

    JADI RUMUS HITUNG NYA BAGAIMANA TOLONG DI JELASKAN ? TERIMAKASIH

      1. Oh iya terima kasih kalo seperti ini sama saja atau tidak ya ..dgn asumsi modal 70jt

        Sy ambil tenor yg 7 hari ( 17+8%)
        Jadi 7/360 x 70jt x 25% …apakah sama saja ?

      1. Apakah pendanaan skrg sdh lebih besar pak? Mengingat skrg sdh ada asuransi staco mandiri dan tkb 100 persen. Krn bunganya cukup besar. Tks

        1. Minimal 100rb rupiah. Untuk total disburse dan outstanding tentu sudah meningkat jauh sekarang, mengingat promosi gencar dilakukan, sudah berizin dan insured juga

  16. Saya lender Asetku dan belum pernah coba aplikasi lainnya, saya betah sama Asetku tapi sayangnya rate Asetku turun mulai bulan depan jadi rencana mau pake Asetku & EasyCash. Sekarang lagi cari2 review EasyCash karena website dan aplikasinya kok kurang meyakinkan dibanding Asetku haha

    Apa disini ada yang invest di EasyCash dengan nominal diatas 500jt? Apakah masih aman sampai sekarang? Sama, apa di EasyCash sama seperti Asetku bisa invest berkali2 untuk tenor yang sama? Misalkan total 500jt jadi 200jt 200jt 100jt. Terima kasih?

      1. Baru dua kali jadi lender di EasyCash. Customer support EasyCash gak pernah menjawab email, jadi agak ragu buat naro uang besar-besar di sana walaupun imbal hasilnya paling tinggi. Pokoknya beda banget kualitas customer supportnya dengan Danain dan Asetku. Cukup disayangkan sih ini.

        1. Betul sekali, saya livechat di apps gak prnh dbalas, kirim email ke service@geteasycash.asia dan lender@geteasycash.asia juga tdk pernah dibalas. Searching di inet jg nemu macam2 no. Whatsapp yg mengaku sebagai CS Easycash, tp setelah cek ricek di web tnyata Easycash tdk pernah punya no. Whatsapp CS.
          Kalau cek di inet banyak nasabah peminjam yg mengeluh ttg Easycash. Benar2 meragukan!

        2. Memang dua merk tersebut lebih unggul sih daripada easycash, tapi kalau boleh saran coba hubungi rm easycash kalau ada kendala sebagai lender, krn pelayanannya lebih baik daripada cs mereka

  17. Di easycash ada isitlah cedit score untuk borrower. Sebaiknya memilih yg credit score kecil atau besar?
    Apakah credit score berpengaruh dengan lacarnya pngembalian dana?

    1. Wah kalau hal tersebut saya juga kesulitan jawab sih pak, karena sesuai pernyataan nonresmi dari OJK bahwa “rumus credit scoring Adalah dapur rahasia masing2 penyelenggara” sehingga tidak ada tolak ukur universal untuk kita menilai.

      Mungkin tulisan saya ini bs kasih gambaran lebih luas –> https://adriansiaril.com/2020/02/11/grade-p2p-lending/

      Selain itu menurut saya di easycash agak ga relevan juga melihat credit scoring per peminjam mengingat dana “dititip” dan sejauh ini risikonya diserap si easycash sendiri

  18. Halo om
    Belakangan ini kok EC agak semakin kacau Management nya ya.. dulu kl ada perubahan suku bunga atau kebijakan penggunaan kuota setidaknya ada pengumuman beberapa hari sebelum. tp skrg seperti sesukanya aja bikin perubahan ga ada notif atau sosialisasi sama sekali
    Ada pendapat kah?

    1. Kalau saya sih melihatnya penyakit EC sama saja dengan Asetku, yaitu kebanyakan akuisisi user baru tanpa berpikir panjang. Akibatnya kepalang kelebihan dana dan terpaksa menurunkan rate seenak jidat. Ini ga mengkhawatirkan dari segi keamanan dana sih, tapi tentunya semakin banyak lender maka pelayanan akan menurun kalau stafnya ga nambah juga

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

LOOKING FOR ENGLISH CONTENT?

Except for the literature, all my Bahasa contents are translator-friendly, so you can summon the might of Google Translate below.

AUTO-TRANSLATE
CATATAN TERPOPULER