Review Gradana – P2P Properti Konsumtif+Produktif

Review ini pertama dibuat tanggal 21 Februari 2019 dan terakhir diperbaharui pada 7 Juli 2021. Saat ini saya masih aktif menggunakan Gradana meskipun dengan nominal portfolio yang kecil. Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Gradana dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini. Daftar di Gradana menggunakan kode referral saya ADRIANXGRADANA dan dapatkan bonus.

Portofolio Saya

Total disbursement: 5.938.810 rupiah atas 5 pinjaman

Total bunga: 347.240 rupiah

Total gagal bayar/ telat bayar: 5.000.000 rupiah dari satu pinjaman

Latar Belakang Perusahaan Gradana

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Gradana adalah pemain baru yang didirikan tahun 2017 oleh enterpreneur Indonesia yaitu William Susilo Yunior, juga memiliki bisnis startup Persegi, Gorry Holdings dan Velospace & Co, bersama dengan Angela Oetama yang sebelumnya bekerja di Sinarmas Land serta berbagai perusahaan real estate lainnya.

Staf mereka hanya sekitar belasan orang namun sudah menjadi top 10 P2P lending Indonesia menurut laporan KPMG bulan November 2018. Gradana pada tahun 2019 akhirnya menerima suntikan dana pra-A series dari TryB. Meskipun merupakan hal bagus, tapi bila dibandingkan dengan P2P lending lain yang sudah menerima seri A dan bahkan B, jelas Gradana ketinggalan jauh.

Produk Pendanaan Gradana

Kuantitas Pinjaman Gradana

Kuantitas pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Gradana adalah salah satu website P2P lending dengan jumlah pinjaman paling sedikit yang pernah saya temui, bahkan lebih sedikit daripada iGrow dan Growpal yang berbasis musiman. Pinjaman baru juga muncul secara tidak konsisten. Selama berbulan-bulan terdaftar, baru satu buah pinjaman yang saya lihat.

Jadi jangan berharap bisa daftar di Gradana dan langsung investasi besar-besaran.

Variasi Pinjaman Gradana

Variasi pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Gradana memang berdiri untuk fokus menjadi P2P lending yang berfokus pada pendanaan properti seperti sewa ruko, renovasi, dan financing jasa arsitek/kontraktor. Jadi wajar saja semua pendanaannya memang benar-benar hanya berkaitan dengan properti. Dari segi retur, sumber pihak ketiga mengacu pada angka 15-24%.

Dulu tenor gradana hampir semuanya 12 bulan keatas, namun sejak ulasan ini diperbaharui, mereka mulai menyajikan tenor singkat di sekitar 3 bulan dalam bentuk invoicing. Mereka biasanya menggunakan nama ‘Grakarya’ untuk merujuk pada jenis pinjaman modal kerja, nama ‘Grasewa’ untuk jenis pinjaman personal dimana sang peminjam menggalang dana untuk mencicil sewa properti, dan nama ‘Grastrata’ untuk merujuk pada jenis pinjaman personal untuk pembelian properti.

  • Grastrata umumnya memiliki return 11.8% pa dengan tenor 7 bulan
  • Grakarya umumnya memiliki return 24% pa dengan tenor dibawah 3 bulan
  • Grasewa umumnya memiliki return 17.5% pa dengan tenor 12 bulan atau lebih

Jadi variasi pinjaman di Gradana cukup oke namun sulit diversifikasi karena keterbatasan pinjaman yang tersedia.

Likuiditas Gradana

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Tergantung jenis pinjaman yang anda danai, tenornya pendek atau panjang. Meskipun jarang pinjaman tersedia, namun penggalangan dana di Gradana cukup memakan waktu sekitar 1 sampai 2 minggu, jadi bila anda mendanai suatu pinjaman namun pinjaman tersebut belum terpenuhi, uang anda mandek tidak berkembang sehingga turut menurunkan likuiditas.

Namun kebanyakan pinjaman Gradana memberikan pengembalian bulanan yang akan membantu cashflow anda.

Jumlah Minimal Investasi Gradana

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Nominal minimal investasi cukup unik yaitu dihitung berdasarkan lot prorata. Harga lot terendah yang pernah saya lihat adalah 20rb rupiah jadi nominal investasi di Gradana sangat rendah!

Dampak Sosial Gradana

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Gradana cukup membawa dampak sosial yang cukup baik karena pendanaan anda bisa membantu masalah properti yang makin parah di Indonesia (misalnya ruko kosong, pembangunan macet, kurang lahan, dll). Dampak sosial anda juga tergantung jenis pinjaman yang anda danai. Menurut saya, pinjaman Grastrata dan Grasewa jelas bukan pinjaman produktif, namun kita tidak bisa memungkiri bahwa tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan dasar yang manusia harus punya, jadi kita membantu orang lain memenuhi kebutuhan dasar tersebut. Untuk Grakarya tentu masuk kategori pinjaman produktif yang dampak sosialnya biasa-biasa saja (sama dengan working capital).

Mitigasi Risiko Gradana

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Sekarang Gradana memiliki asuransi yang melindungi 80 persen modal lender, namun tidak jelas pinjaman jenis apa saja yang dilindungi asuransi tersebut. Ingat, Gradana punya beberapa jenis produk pinjaman.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Apakah Gradana Investasi Bodong?

Gradana terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Belum ada laporan, keluhan publik, atau tuntutan formal yang mempermasalahkan kerugian finansial yang diakibatkan oleh Gradana. Saya sendiri sebagai pengguna Gradana yang sudah lama mendaftar disini tidak pernah menemui masalah yang serius. Gradana bukan investasi bodong yang membawa kabur uang anda. Mungkin anda membaca komentar tentang dana macet atau gagal bayar di Gradana, namun hal itu merupakan risiko dasar p2p lending, bukan indikasi ilegal.

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.

RM dan Customer Service Gradana

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Mereka bisa dihubungi lewat Whatsapp dan sangat responsif dalam menjawab pertanyaan saya: +628111899188.

Persentase Non Performing Loan (NPL) Gradana

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Laporan KPMG di bulan November 2018 mengatakan 0% yang berarti tidak pernah terjadi gagal bayar.

Gradana menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar). Per 30 April 2019, Gradana menunjukan angka 0% untuk kredit macet mereka. Berarti dari awal sampai sekarang belum ada kredit macet sama sekali. Keren!

Saya tidak akan memperbaharui bagian ini lagi karena anda bisa mengecek sendiri angka TKB90 terbaru di website mereka.

Gradana Syariah atau Tidak?

Belum dikelola secara syariah, namun dalam suatu wawancara, pemimpin Gradana berkata mereka ‘mirip syariah’ karena menjunjung kebaikan peminjam dan transparansi.

Gradana Kualitas Program Referral

Referral dan referee dua-duanya mendapatkan Rp100 ribu, tapi tidak dijelaskan secara detail persyaratan yang harus dipenuhi keduanya (misalnya harus investasi dulu).

Menurut konfirmasi tim mereka, saldo referral ini bisa dicairkan dan tidak hangus.

Kesimpulan

Kelebihan Gradana:

  • Satu-satunya P2P lending berbasis properti di Indonesia.
  • Retur cukup tinggi

Kekurangan Gradana

  • Benar-benar jarang tersedia pinjaman disini.
  • Tenor cenderung panjang.

Rekomendasi

Gradana memiliki preposisi unik dengan menyediakan pinjaman berbasis propertiserta mengandung pinjaman produktif maupun konsumtif didalamnya. Sayangnya, jumlah pendanaan di Gradana masih tergolong sedikit sekali, dan Gradana kelihatan kurang engage dengan khalayak publik sehingga kurang eksis di kalangan lender.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Sini?

  • Investor yang punya kepedulian di sektor properti.
  • Investor yang melihat P2P lending sebagai investasi jangka panjang.

Tertarik? Daftar di Gradana menggunakan kode referral saya ADRIANXGRADANA dan dapatkan bonus.

Demikian ulasan/review saya tentang Gradana. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Gradana, serta membantu anda menentukan apakah Gradana aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

Adrian Siaril
Adrian Siaril

The boss

Articles: 599

172 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

  1. I do not know whether it’s just me or if everyone else experiencing problems with your website.
    It appears as though some of the text within your
    content are running off the screen. Can someone else please provide
    feedback and let me know if this is happening to them
    too? This may be a problem with my browser because I’ve had this happen previously.
    Thank you

  2. This is very interesting, You’re a very skilled blogger.
    I’ve joined your feed and look forward to seeking more of your wonderful post.
    Also, I have shared your site in my social
    networks!

  3. Terrific post howeever I waas wanting to know if youu could wrrite
    a litte more on this topic? I’d be very thankful if you could elaborate a little bit further.

    Kudos!

  4. Thank you for any other wonderful article. Where else could anybody get that type of information in such a perfect means of writing?

    I have a presentation subsequent week, and I’m on the search for such info.

  5. Hi it’s me, I am also visiting this website daily, this web page is really good and the users are truly sharing pleasant thoughts.

  6. Hey there! I know this is somewhat off topic but I was wondering if you knew where I could locate a captcha plugin for my comment form? I’m using the same blog platform as yours and I’m having difficulty finding one? Thanks a lot!

  7. Heya! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing many months of hard work due to no backup. Do you have any methods to protect against hackers?

  8. Hey I know this is off topic but I was wondering iff you knew off anny widgets I could add
    to my blog that automatically tweewt my newest twitter updates.

    I’ve been looking for a plug-in like this for quite some time and
    was hoping maybe you would have some experience with something like this.

    Please let me know if yyou run into anything. I truly enjoy reading
    your blog and I look forward too your new updates.

    My website: tabela modelleri

  9. I am extremely inspired together wit your writing abilities as snartly as with the format on your weblog.
    Is that this a paid theme or did you modify it yourself?
    Anyway stay up the excellent quality writing, it is uncommon tto look a nice weblog like this one thesee days..

    Feel free to visit my homepage: şeffaf branda

  10. Thanks on your marvelous posting! I definitely enjoyed reaading it, you’re a great
    author.I will remember to bookmark your blog and will
    eventually come back very soon. I want to encourage contrinue your great work,
    have a nice evening!

    Also visit myy webpage :: tesettür giyim

  11. This is the proper weblog for anyone who wants to find out about this topic. You realize so much its almost hard to argue with you (not that I truly would need…HaHa). You positively put a brand new spin on a topic thats been written about for years. Great stuff, simply nice!

  12. I do not even know how I ended up here, but I thought this post was great. I don’t know who you are but certainly you’re going to a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

  13. SightCare clears out inflammation and nourishes the eye and brain cells, improving communication between both organs. Consequently, you should expect to see results in as little as six months if you combine this with other healthy habits.

  14. Sight Care is a daily supplement proven in clinical trials and conclusive science to improve vision by nourishing the body from within. The SightCare formula claims to reverse issues in eyesight, and every ingredient is completely natural.

  15. I have read several good stuff here. Certainly worth bookmarking for revisiting. I wonder how much effort you put to create such a fantastic informative site.

  16. Sight Care is a daily supplement proven in clinical trials and conclusive science to improve vision by nourishing the body from within. The SightCare formula claims to reverse issues in eyesight, and every ingredient is completely natural.

  17. Kerassentials are natural skin care products with ingredients such as vitamins and plants that help support good health and prevent the appearance of aging skin. They’re also 100% natural and safe to use. The manufacturer states that the product has no negative side effects and is safe to take on a daily basis. Kerassentials is a convenient, easy-to-use formula. https://kerassentialsbuynow.us/

  18. Boostaro increases blood flow to the reproductive organs, leading to stronger and more vibrant erections. It provides a powerful boost that can make you feel like you’ve unlocked the secret to firm erections, youthful vigor, and satisfying sexual experiences. https://boostarobuynow.us/

  19. Prostadine is a dietary supplement meticulously formulated to support prostate health, enhance bladder function, and promote overall urinary system well-being. Crafted from a blend of entirely natural ingredients, Prostadine draws upon a recent groundbreaking discovery by Harvard scientists. This discovery identified toxic minerals present in hard water as a key contributor to prostate issues. https://prostadinebuynow.us/

  20. Glucofort Blood Sugar Support is an all-natural dietary formula that works to support healthy blood sugar levels. It also supports glucose metabolism. According to the manufacturer, this supplement can help users keep their blood sugar levels healthy and within a normal range with herbs, vitamins, plant extracts, and other natural ingredients. https://glucofortbuynow.us/

  21. Claritox Pro™ is a natural dietary supplement that is formulated to support brain health and promote a healthy balance system to prevent dizziness, risk injuries, and disability. This formulation is made using naturally sourced and effective ingredients that are mixed in the right way and in the right amounts to deliver effective results. https://claritoxprobuynow.us/

  22. Gut Vita™ is a daily supplement that helps consumers to improve the balance in their gut microbiome, which supports the health of their immune system. It supports healthy digestion, even for consumers who have maintained an unhealthy diet for a long time. https://gutvitabuynow.us/

  23. Illuderma is a serum designed to deeply nourish, clear, and hydrate the skin. The goal of this solution began with dark spots, which were previously thought to be a natural symptom of ageing. The creators of Illuderma were certain that blue modern radiation is the source of dark spots after conducting extensive research. https://illudermabuynow.us/

  24. Red Boost is a male-specific natural dietary supplement. Nitric oxide is naturally increased by it, which enhances blood circulation all throughout the body. This may improve your general well-being. Red Boost is an excellent option if you’re trying to assist your circulatory system. https://redboostbuynow.us/

  25. An impressive share, I just given this onto a colleague who was doing a little analysis on this. And he in fact bought me breakfast because I found it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the treat! But yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I feel strongly about it and love reading more on this topic. If possible, as you become expertise, would you mind updating your blog with more details? It is highly helpful for me. Big thumb up for this blog post! https://www.uniofdenton.com/

  26. Island Post is the website for a chain of six weekly newspapers that serve the North Shore of Nassau County, Long Island published by Alb Media. The newspapers are comprised of the Great Neck News, Manhasset Times, Roslyn Times, Port Washington Times, New Hyde Park Herald Courier and the Williston Times. Their coverage includes village governments, the towns of Hempstead and North Hempstead, schools, business, entertainment and lifestyle. https://islandpost.us/

  27. Through the parental monitoring program, parents can pay attention to their children’s mobile phone activities and monitor WhatsApp messages more easily and conveniently. The application software runs silently in the background of the target device, recording conversation messages, emoticons, multimedia files, photos, and videos. It applies to every device running on Android and iOS systems.