Review Gradana – P2P Lending Properti Terbaik

Review Gradana – P2P Lending Properti Terbaik

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Gradana dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 6 Maret 2020

Daftar di Gradana menggunakan kode referral saya AS0302191555 dan dapatkan bonus.

Latar Belakang Perusahaan Gradana

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Gradana adalah pemain baru yang didirikan tahun 2017 oleh enterpreneur Indonesia yaitu William Susilo Yunior, juga memiliki bisnis startup Persegi, Gorry Holdings dan Velospace & Co, dan Angela Oetama yang sebelumnya bekerja di Sinarmas Land serta berbagai perusahaan real estate lainnya.

Staf mereka hanya sekitar belasan orang namun sudah menjadi top 10 P2P lending Indonesia menurut laporan KPMG bulan November 2018. Gradana pada tahun 2019 akhirnya menerima suntikan dana pra-A series dari TryB. Meskipun merupakan hal bagus, tapi bila dibandingkan dengan P2P lending lain yang sudah menerima seri A dan bahkan B, jelas Gradana ketinggalan jauh.

Dasbor utama Gradana yang menyambut anda

Kuantitas Pinjaman Gradana

Kuantitas pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Gradana adalah salah satu website P2P lending dengan jumlah pinjaman paling sedikit yang pernah saya temui, bahkan lebih sedikit daripada iGrow dan Growpal yang berbasis musiman. Pinjaman baru juga muncul secara tidak konsisten. Selama berbulan-bulan terdaftar, baru satu buah pinjaman yang saya lihat.

Jadi jangan berharap bisa daftar di Gradana dan langsung investasi besar-besaran.

Meskipun jumlah pinjaman meningkat dari waktu ke waktu, tetap saja sulit kebagian karena pinjaman yang tersedia sering sudah habis

Variasi Pinjaman Gradana

Variasi pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Gradana memang berdiri untuk fokus menjadi P2P lending yang berfokus pada pendanaan properti seperti sewa ruko, renovasi, dan financing jasa arsitek/kontraktor. Jadi wajar saja semua pendanaannya memang benar-benar hanya berkaitan dengan properti. Dari segi retur, sumber pihak ketiga mengacu pada angka 15-24%.

Dulu tenor gradana hampir semuanya 12 bulan keatas, namun sejak ulasan ini diperbaharui, mereka mulai menyajikan tenor singkat di sekitar 3 bulan dalam bentuk invoicing. Mereka biasanya menggunakan nama ‘Grakarya’ untuk merujuk pada jenis pinjaman modal kerja, nama ‘Grasewa’ untuk jenis pinjaman personal dimana sang peminjam menggalang dana untuk mencicil sewa properti, dan nama ‘Grastrata’ untuk merujuk pada jenis pinjaman personal untuk pembelian properti.

  • Grastrata umumnya memiliki return 11.8% pa dengan tenor 7 bulan
  • Grakarya umumnya memiliki return 24% pa dengan tenor dibawah 3 bulan
  • Grasewa umumnya memiliki return 17.5% pa dengan tenor 12 bulan atau lebih

Jadi variasi pinjaman di Gradana cukup oke namun sulit diversifikasi karena keterbatasan pinjaman yang tersedia.

Contoh fund fact sheet / penjelasan produk Grakarya

Apakah Gradana Aman?

Gradana terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Belum ada laporan, keluhan publik, atau tuntutan formal yang mempermasalahkan kerugian finansial yang diakibatkan oleh Gradana. Saya sendiri sebagai pengguna Gradana yang sudah lama mendaftar disini tidak pernah menemui masalah yang serius.

Apakah Gradana penipu?

Tenang saja, Gradana bukan penipu. (Kalimat ini hanya untuk mencuri SEO).

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.

Contoh penjelasan produk Grasewa yang menurut saya memiliki risiko lebih tinggi

Jumlah Minimal Investasi Gradana

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Nominal minimal investasi cukup unik yaitu dihitung berdasarkan lot prorata. Harga lot terendah yang pernah saya lihat adalah 20rb rupiah jadi nominal investasi di Gradana sangat rendah!

Contoh perhitungan lot di Gradana

Kualitas Customer Service Gradana

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Mereka bisa dihubungi lewat Whatsapp dan sangat responsif dalam menjawab pertanyaan saya: +628111899188.

Likuiditas Gradana

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Tergantung jenis pinjaman yang anda danai, tenornya pendek atau panjang. Meskipun jarang pinjaman tersedia, namun penggalangan dana di Gradana cukup memakan waktu sekitar 1 sampai 2 minggu, jadi bila anda mendanai suatu pinjaman namun pinjaman tersebut belum terpenuhi, uang anda mandek tidak berkembang sehingga turut menurunkan likuiditas.

Namun kebanyakan pinjaman Gradana memberikan penghasilan bulanan yang akan membantu cashflow anda.

Contoh salah satu pinjaman Gradana yang ada di portfolio saya

Aksesibilitas Gradana

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimalnya masalah teknis.

Tidak ada yang spesial maupun bermasalah. Website Gradana memiliki design yang sangat sederhana sehingga saya tidak bisa berkomentar banyak. Hati-hati, ketika menggunakan Google Chrome saya seringkali terjebak di website Gradana yang memperingatkan bahwa ‘sesi saya berakhir’ namun terus menerus membuat infinite loop popup yang tidak mengijinkan saya masuk ataupun keluar. Clear cache akan menyelesaikan masalah ini.

Halaman portfolio di Gradana bahkan sangat sederhana dan cenderung kurang informatif

Persentase Non Performing Loan (NPL) Gradana

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Laporan KPMG di bulan November 2018 mengatakan 0% yang berarti tidak pernah terjadi gagal bayar.

Gradana menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar). Per 30 April 2019, Gradana menunjukan angka 0% untuk kredit macet mereka. Berarti dari awal sampai sekarang belum ada kredit macet sama sekali. Keren!

Saya tidak akan memperbaharui bagian ini lagi karena anda bisa mengecek sendiri angka TKB90 terbaru di website mereka.

Anda bisa mengecek mutasi uang anda di Gradana di halaman ‘Grapoint/RDN’, istilah yang cukup membingungkan!

Perlindungan Modal Investor Gradana

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Sekarang Gradana memiliki asuransi yang melindungi 80 persen modal lender, namun tidak jelas pinjaman jenis apa saja yang dilindungi asuransi tersebut.

Gradana memberikan kemudahan isi saldo melalui virtual account 4 bank terbesar di Indonesia. Apabila mau menggunakan bank lain maka bisa transfer manual dan mengisi form permohonan verifikasi manual.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Gradana Syariah atau Tidak?

Belum dikelola secara syariah, namun dalam suatu wawancara, pemimpin Gradana berkata mereka ‘mirip syariah’ karena menjunjung kebaikan peminjam dan transparansi.

Gradana Kualitas Program Referral

Referral dan referee dua-duanya mendapatkan Rp100 ribu, tapi tidak dijelaskan secara detail persyaratan yang harus dipenuhi keduanya (misalnya harus investasi dulu).

Menurut konfirmasi tim mereka, saldo referral ini bisa dicairkan dan tidak hangus.

Terakhir kali saya mengecek website Gradana, nampaknya program referral sudah dihentikan

Dampak Sosial Gradana

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Gradana cukup membawa dampak sosial yang cukup baik karena pendanaan anda bisa membantu masalah properti yang makin parah di Indonesia (misalnya ruko kosong, pembangunan macet, kurang lahan, dll). Dampak sosial anda juga tergantung jenis pinjaman yang anda danai. Menurut saya, pinjaman Grastrata dan Grasewa jelas bukan pinjaman produktif, namun kita tidak bisa memungkiri bahwa tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan dasar yang manusia harus punya, jadi kita membantu orang lain memenuhi kebutuhan dasar tersebut. Untuk Grakarya tentu masuk kategori pinjaman produktif yang dampak sosialnya biasa-biasa saja (sama dengan working capital).

Kesimpulan

Kelebihan Gradana:

  • Satu-satunya P2P lending berbasis properti di Indonesia.
  • 100% lokal dan fresh karena tidak memiliki suntikan dana investor besar dan investor asing. Sayangnya sudah disuntik modal asing sekarang.
  • Design website sederhana dan mudah digunakan.

Kekurangan Gradana

  • Benar-benar jarang tersedia pinjaman disini.
  • Tenor cenderung panjang.

Rekomendasi

Gradana memiliki proposi unik dengan menyediakan pinjaman berbasis properti. Namun karena minimnya pinjaman yang ada, saya kurang bisa merekomendasikan Gradana untuk saat ini.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Sini?

  • Investor yang punya kepedulian di sektor properti.
  • Investor yang melihat P2P lending sebagai investasi jangka panjang.
  • Investor yang mau mendanai di website yang 100% lokal.

Tertarik? Daftar di Gradana menggunakan kode referral saya AS0302191555 dan dapatkan bonus.

Demikian ulasan/review saya tentang Gradana. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Gradana, serta membantu anda menentukan apakah Gradana aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

9 thoughts on “Review Gradana – P2P Lending Properti Terbaik

  1. I do not know whether it’s just me or if everyone else experiencing problems with your website.
    It appears as though some of the text within your
    content are running off the screen. Can someone else please provide
    feedback and let me know if this is happening to them
    too? This may be a problem with my browser because I’ve had this happen previously.
    Thank you

  2. This is very interesting, You’re a very skilled blogger.
    I’ve joined your feed and look forward to seeking more of your wonderful post.
    Also, I have shared your site in my social
    networks!

  3. Terrific post howeever I waas wanting to know if youu could wrrite
    a litte more on this topic? I’d be very thankful if you could elaborate a little bit further.

    Kudos!

  4. Thank you for any other wonderful article. Where else could anybody get that type of information in such a perfect means of writing?

    I have a presentation subsequent week, and I’m on the search for such info.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.