Gradana Review


Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Gradana dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 30 April 2019

Latar belakang perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Gradana adalah pemain baru yang didirikan tahun 2017 oleh enterpreneur Indonesia. Staf mereka hanya sekitar belasan orang namun sudah menjadi top 10 p2p lending Indonesia menurut laporan KPMG bulan November 2018. Gradana tidak memiliki suntikan dana sama sekali, sehingga operasional mereka sepenuhnya didanai oleh pendiri mereka sendiri.

Karena mereka sudah masuk laporan KPMG di tahun 2018, saya yakin latar belakang mereka sebenarnya cukup kuat dan kredibel.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Gradana adalah website dengan jumlah pinjaman paling sedikit yang pernah saya temui, bahkan lebih sedikit daripada iGrow dan Growpal yang berbasis musiman. Pinjaman baru juga muncul secara tidak konsistenm bisa. Selama berbulan-bulan terdaftar, baru satu buah pinjaman yang saya lihat.

Jadi jangan berharap bisa daftar di Gradana dan langsung investasi besar-besaran.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Gradana memang berdiri untuk fokus menjadi p2p lending yang berfokus pada pendanaan properti seperti sewa ruko, renovasi, dan financing jasa arsitek/kontraktor. Jadi wajar saja semua pendanaannya memang benar-benar hanya berkaitan dengan properti. Dari segi retur, sumber pihak ketiga mengacu pada angka 15 persen sampai 24 persen.

Apakah Gradana Aman?

Gradana terdaftar diawasi oleh OJK.

Apakah Gradana penipu?

Tenang saja, Gradana bukan penipu. (Kalimat ini hanya untuk mencuri SEO)

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Nominal minimal investasi cukup tanggung yaitu 200.000 rupiah

Kualitas customer service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Belum ada penilaian berhubung saya belum pernah menghubungi mereka.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Untuk tenor, satu satunya pinjaman yang saya lihat memiliki tenor satu tahun. Saya rasa pinjaman pinjaman selanjutnya pun akan memiliki tenor cukup panjang

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Tidak ada yang spesial maupun bermasalah. Website Gradana memiliki design yang sangat sederhana sehingga saya tidak bisa berkomentar banyak.

Persentase Non Performing Loan

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Laporan KPMG di bulan November 2018 mengatakan 0% yang berarti tidak pernah terjadi gagal bayar.

Gradana menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Gradana menunjukan angka 0 persen untuk kredit macet mereka. Berarti dari awal sampai sekarang belum ada kredit macet sama sekali. Keren!

Perlindungan modal investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Tidak ada informasi yang jelas. Pada prinsipnya, bila tidak ada informasi tentang hal ini, berarti tidak ada jaminan apa-apa bila terjadi gagal bayar. Karena, website lain yang menyediakan garansi/perlindungan terhadap modal anda pasti berkoar – koar membanggakan hal tersebut, bukannya diam.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau tidak

Belum dikelola secara syariah.

Kualitas program referral

Referral dan referee dua duanya mendapatkan 100.000, tapi tidak dijelaskan secara detail persyaratan yang harus dipenuhi keduanya (misalnya harus investasi dulu)

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Gradana cukup membawa dampak sosial yang cukup baik karena pendanaan anda bisa membantu masalah properti yang makin parah di Indonesia (misalnya ruko kosong, pembangunan macet, kurang lahan, dll)

Kesimpulan

Kelebihan Gradana

  • Satu satunya P2P lending berbasis properti di Indonesia
  • 100% lokal dan fresh karena tidak memiliki suntikan dana investor besar dan investor asing
  • Design website sederhana

Kekurangan Gradana

  • Benar-benar jarang tersedia pinjaman disini
  • Tenor cenderung panjang

Rekomendasi

Gradana memiliki proposi unik dengan menyediakan pinjaman berbasis properti. Namun karena minimnya pinjaman yang ada, saya kurang bisia merekomendasikan Gradana untuk saat ini.

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Investor yang punya kepedulian di sektor properti
  • Investor yang melihat p2p lending sebagai investasi jangka panjang
  • Investor yang mau mendanai di website yang 100% lokal

Tertarik? Daftar di Gradana menggunakan kode referral saya AS0302191555 dan dapatkan bonus.

Bandingkan website lain?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.