Amartha Review


Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Amartha dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 17 Juli 2019

Latar belakang perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Amartha merupakan salah satu P2P lending tertua di Indonesia. Didirikan tahun 2010 di Indonesia oleh orang Indonesia, saat ini sudah mendapatkan injeksi dana dari Mandiri Capital juga sehingga tidak diragukan lagi kalau Amartha sangatlah lokal.

Total staff cukup banyak dibanding website lainnya, yaitu 135 orang. Jumlah ini tidak termasuk staff yang berada diluar HQ mereka.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Sulit menemui pinjaman yang bisa didanai disini, pinjaman baru sangat cepat ‘habis’. Hal ini tentunya kurang baik bagi lender baru maupun lama karena akan sulit bisa menyalurkan dana nganggur mereka di Amartha.

Belakangan ini lebih mudah menemukan pinjaman tersedia di Amartha, entah karena Amartha berhasil memperbanyak produknya atau karena banyak investor yang pindah ke website lain.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Semuanya pinjaman di Amartha merupakan pinjaman personal dengan tujuan pendanaan usaha mikro. Meskipun tujuannya baik, namun saya khawatir akan tingkat risiko yang ada.

Meskipun Amartha bilang tenor pinjaman mereka bermacam-macam, kenyataannya saya hanya bisa menemukan tenor 50 minggu disini.

Apakah Amartha Aman?

Ya, Amartha terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Ada rumor bahwa Amartha akan memiliki lisensi operasi secara resmi dalam waktu singkat (tingkatan yang lebih tinggi dibandingkan sekedar diawasi)

Apakah Amartha penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Amartha. Saya sebagai pengguna Amartha yang sudah cukup lama bergabung juga belum menemukan masalah yang serius tentang mereka.

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di Amartha, hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi p2p lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan Amartha.

Jadi, jelas Amartha bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam p2p lending, baca artikel ini

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Diatas satu juta rupiah tergantung nominal pinjaman yang ada. Setiap pinjaman harus didanai oleh satu orang peminjam saja sehingga anda tidak bisa patungan dengan investor lainnya. Hal ini tentu memperburuk efek compounding karena anda belum tentu bisa langsung menginvestasikan ulang hasil suatu pinjaman ke pinjaman lainnya.

Kualitas customer service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Saya belum pernah menghubungi tim support Amartha sehingga belum bisa memberikan penilaian.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Hampir semua pinjaman tenornya 50 minggu (hampir satu tahun). Sangat lama sehingga jangan pernah mengharapkan likuiditas tinggi di Amartha.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Design website Amartha sangat menarik dan interaktif. Saya belum menjumpai masalah apa-apa. Sangat disayangkan belum ada aplikasi untuk ponsel.

Persentase Non Performing Loan

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Laporan KPMG di bulan November 2018 melaporkan angkanya berada di 0.02 persen.

Amartha menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Amartha menunjukan angka 98.32% yang berarti ada sedikit pinjaman bermasalah.

Perlindungan modal investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Amartha adalah satu satunya website yang menawarkan perlindungan dana opsional. Anda bisa membayar asuransi untuk melindungi 75% modal yang anda investasikan. Dulu mereka memiliki skema yang lebih bagus dimana modal investor dilindungi 100% secara otomatis, mirip dengan Koinworks.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau tidak

Amartha mengaku mengelola pinjaman mereka secara syariah. Namun saya tidak yakin apakah hal ini berlaku untuk semua pinjaman mereka atau hanya sebagian.

Kualitas program referral

Amartha memberikan 100.000 rupiah kepada sang referrer dan referral, namun uang tersebut bukanlah ‘hard cash’ yang bisa dicairkan, melainkan hanya potongan yang bisa digunakan saat anda melakukan investasi. Cara kerjanya mirip dengan KOIN di Koinworks.

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Anda berkontribusi langsung untuk menggerakkan roda ekonomi negara di bagian yang paling penting – yaitu microeconomy. Bagian tersebut yang memang sedang membutuhkan pendanaan besar-besaran.

Kesimpulan

Kelebihan Amartha

  • Design website Amartha sangat menarik dan interaktif. Saya belum menjumpai masalah apa-apa
  • Amartha mengelola pinjaman secara syariah
  • Pemain senior di ranah p2p lending
  • Punya asuransi yang bersifat opsional

Kekurangan Amartha

  • Semuanya pinjaman di Amartha merupakan pinjaman personal dengan tujuan usaha mikro. Meskipun tujuannya baik, namun saya khawatir akan tingkat risiko yang ada.
  • Hampir semua pinjaman tenornya 50 minggu (hampir satu tahun). Sangat lama sehingga likuiditas rendah
  • Sulit kebagian pinjaman. Pinjaman bisa selesai terdanai dalam hitungan jam maupun menit
  • Nominal investasi cukup tinggi yaitu diatas 1 juta rupiah

Rekomendasi

Amartha merupakan pemain lama yang tidak terdeteksi oleh radar saya sekian lama. Saya tahu Amartha dari relationship manager website lainnya! Saya kurang merekomendasikan Amartha bila anda berinvestasi untuk keuntungan karena panjangnya tenor yang ditawarkan. Namun Amartha sangat cocok untuk investasi sosial untuk membantu UKM (Usaha Kecil Menengah)

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Investor dengan modal yang cukup besar
  • Investor yang peduli tentang dampak sosial dari investasi mereka
  • Investor ahli yang mengetahui perlu atau tidaknya proteksi modal berdasarkan tingkat risiko yang diambil.

Apabila tertarik, daftar di Amartha menggunakan link ini untuk mendapatkan bonus (masukkan kode referral
IL035033 bila diminta.

Bandingkan website lain?

One thought on “Amartha Review

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.