Review Crowdo – P2P Lending Terbaik untuk WNA

Review Crowdo – P2P Lending Terbaik untuk WNA

Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Crowdo dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 23 Februari 2020

Apabila tertarik, daftar di Crowdo dan gunakan kode referral saya: U051549 untuk mendapat bonus.

Review ini telah dibaca dan ditanggapi langsung oleh tim Crowdo melalui pertemuan langsung dengan saya.

Latar Belakang Perusahaan Crowdo

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Didirikan tahun 2013 oleh dua orang yang sepertinya bukan warga Indonesia. Crowdo beroperasi di Malaysia, Singapura, dan Indonesia secara bersamaan dan tidak membeberkan informasi tentang struktur organisasi mereka maupun jumlah staff mereka di internet. Operasional mereka didukung oleh dana dari Gobi Partners yang berbasis di Tiongkok.

Setelah bertemu dengan perwakilan Crowdo, mereka menginformasikan saya bahwa ada sekitar 14 orang staff yang bekerja di Indonesia. Meskipun memiliki kantor di Thamrin, kebanyakan operasional mereka bersifat mobile karena urusan backoffice (seperti pengembangan kecerdasan buatan) mayoritas ditangani di kantor mereka di Singapura.

Perlu diketahui bahwa model bisnis Crowdo diluar Indonesia berbeda, bukan P2P lending namun merupakan equity crowdfounding. Nama legal Crowdo di Indonesia adalah PT. Mediator Komunitas Indonesia. Penyuntik dana mereka salah satunya adalah Kejora Ventures asal Indonesia dan lainnya adalah Malaysia Venture Capital. Keduanya terdata hanya memiliki saham minoritas di Crowdo, karena Crowdo juga baru mendapat pendanaan seri seed, belum seri A seperti kebanyakan P2P lending lainnya.

Data yang disajikan di dasbor Crowdo anda

Kuantitas Pinjaman Crowdo

Kuantitas pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan risiko.

Setiap waktunya ada sekitar lima sampai sepuluh pinjaman yang bisa didanai. Jumlah ini menurut saya ideal untuk menghindari uang nganggur yang diakibatkan oleh minimnya pinjaman maupun lamanya proses pendanaan. Karena jumlahnya tidak terlalu banyak, cukup baik juga bagi investor/lender pemula yang mungkin dipusingkan bila terlalu banyak pilihan pinjaman.

Kuantitas pinjaman yang cukup banyak serta plafon pinjaman yang lumayan tinggi berarti selalu ada pinjaman yang tersedia di Crowdo untuk didanai

Variasi Pinjaman Crowdo

Variasi pinjaman penting untuk meminimalkan risiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Variasi pinjaman di Crowdo kelihatan membaik dari waktu ke waktu. Di review pertama saya, hanya ada jenis pinjaman kelas C, dengan tenor tenor yang cukup panjang diatas 6 bulan. Namun sekarang terlihat adanya pinjaman kelas B dan A dengan tenor bervariasi antara 3, 8, dan 12 bulan.

Bunga pinjaman sendiri bervariasi antara 12% sampai 30% setahun, tergantung dari tingkat risikonya. Perwakilan mereka berkata bahwa dulu Crowdo belum melayani pinjaman invoice financing sehingga tenor yang ditawarkan memang cenderung panjang. Namun sekarang sudah ada pinjaman invoice financing dengan tenor dua bulan kebawah.

Selain invoice financing, Crowdo juga menyediakan produk Promissory Note dengan

Apakah Crowdo Aman?

Ya, Crowdo terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Saat ini pasti Crowdo sudah mengurus perizinan izin usaha ke OJK.

Apakah Crowdo penipu?

Belum pernah ada laporan, berita, atau keluhan tentang pelanggaran serius yang diakibatkan oleh Crowdo. Saya belum pernah mendanai dan menarik dana di Crowdo sehingga tidak bisa menceritakan pengalaman pribadi

Apabila anda membaca komentar negatif tentang proyek gagal atau pembayaran yang telat di Crowdo, hal tersebut sangatlah wajar karena dalam investasi P2P lending, risiko telat bayar dan gagal bayar memang ada sehingga bukan murni merupakan kesalahan Crowdo.

Jadi, jelas Crowdo bukan penipu (maaf, saya hanya curi SEO disini)

Untuk memahami risiko dan keamanan dalam p2p lending, baca artikel ini

Dengan variasi pinjaman yang variatif anda bisa dengan mudah menurunkan atau menaikkan IRR sesuai toleransi risiko anda

Jumlah Minimal Investasi Crowdo

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Sayangnya, jumlah minimal investasi cukup tinggi yaitu Rp1 juta. Nominal investasi anda harus kelipatan Rp1 juta ini, sehingga ketika anda mendapatkan bunga/retur dari pendanaan sebelumnya, apabila ada recehannya (hitungan ribuah dan ratusan perak), tentu tidak bisa langsung diinvestasikan ulang untuk memaksimalkan efek compounding.

Anda juga perlu mengingat bahwa Crowdo menggunakan sistem ‘saldo’ sehingga pendanaan anda yang selesai tidak langsung di transfer balik ke rekening anda. Ketika akan mencairkan dana, anda perlu memperhitungkan biaya transfer/biaya admin yang mungkin dikenakan bila rekening bank anda berbeda dengan bank yang digunakan oleh Crowdo, jangan sampai potongan ini lebih besar daripada total return anda sehingga malah menimbulkan kerugian!

Crowdo hanya menerima pendanaan genap! Bahkan angka 0 nya sudah disediakan, anda hanya bisa mengubah angka didepannya saja

Kualitas Customer Service Crowdo

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Saya belum menghubungi tim support Crowdo sehingga belum bisa memberikan penilaian. Perwakilan mereka menginformasikan saya bahwa setiap lender yang berhasil terdaftar akan secara langsung dialokasikan seorang relationship manager (RM) yang siap melayani setiap pertanyaan dan memberikan bantuan. Setiap RM kira-kira melayani 200 lender. Ratio tersebut menurut saya cukup bagus karena bila seorang RM melayani terlalu banyak lender, nanti akan keteteran dan kualitas pelayanannya bisa menurun. Namun RM yang dimaksud tersebut hanya pernah menelepon saya sekali untuk memastikan keberhasilan proses pendaftaran saya, lalu tidak pernah menghubungi saya lagi. Berdasarkan pengamatan saya, RM Crowdo sudah berganti beberapa kali, sehingga tentu saja menurunkan kredibilitas Crowdo dimata lender karena tidak adanya hubungan interpersonal yang dijalin secara jangka panjang.

Likuiditas Crowdo

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Mayoritas pinjaman memiliki tenor tiga bulan yang berarti likuiditas di Crowdo cukup baik. Sesekali ada tenor dua bulan kebawah, namun jarang sekali, lebih banyak tenor 12 bulan yang kurang saya rekomendasikan karena risikonya lebih tinggi. Anda bisa membaca review Komunal serta kamus ini untuk memahami kenapa pinjaman jangka panjang kurang direkomendasikan.

Crowdo menyediakan data yang cukup lengkap bagi investor yang gila data

Aksesibilitas Crowdo

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Interface (antarmuka) website mereka lebih rapi dalam bahasa Inggris, sehingga saya curiga bahwa target market Crowdo memang merupakan orang asing yang tinggal di Indonesia atau investor asing yang ingin mendanai pinjaman di Indonesia.

Perwakilan Crowdo mengatakan bahwa asumsi saya tersebut memang benar 🙂 Beberapa teman saya yang sudah mendanai di Crowdo sangat mengkritisi penampilan website mereka yang memusingkan, dan bahkan memberikan predikat “UI terburuk” kepada mereka. Menurut saya desain website Crowdo tidak jelek, namun navigasinya memang cukup memusingkan. Bila boleh jujur saya akan memberikan predikat desain terburuk kepada Danain.

Fitur Crowdo sangat lengkap bahkan menurut saya terlalu lengkap sampai memusingkan. Chart seperti ini agak berlebihan di P2P lending.

Persentase Non Profit Loan (NPL) Crowdo

Non Performing Loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Laporan KPMG di bulan November 2018 menyatakan angka 0.3%.

Crowdo menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Crowdo menunjukan angka 98.5% yang berarti ada sedikit sekali pinjamannya yang bermasalah.

Bagian ini tidak akan diperbaharui lagi karena anda bisa mengecek sendiri data terbarunya di halaman depan website mereka.

Dalam portfolio saya pun ada yang mulai macet, ini adalah risiko dasar p2p lending yang sulit dihindari

Perlindungan Modal Investor Crowdo

Beberapa website P2P lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Secara umum, Crowdo tidak menjamin bahwa pinjaman anda pasti sukses dan mereka tidak bisa bertanggung jawab apa-apa bila terjadi gagal bayar.

Namun, untuk beberapa pinjaman (terutama grade rendah) secara otomatis ada asuransi yang bisa menjamin sampai dengan 90% modal anda bila terjadi gagal bayar.

Hal ini sebenarnya cukup unik karena P2P lending lain cenderung mengasuransikan pinjaman yang memang aman dan tidak melindungi pinjaman dengan risiko tinggi, namun Crowdo melakukan sebaliknya. Dan menurut saya justru ini langkah yang benar – pinjaman yang kurang aman justru butuh perlindungan!

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Contoh keterangan pinjaman macet di Crowdo, dijelaskan sebab masalah dan upaya penanganannya

Crowdo Syariah atau Tidak?

Tidak.

Promo dan Program Referral Crowdo

Info sementara dari tim mereka bahwa referrer mendapatkan 0.75% dari nominal pendanaan sang referree. Saya tidak pernah menjumpai promo lain di Crowdo selain daripada program referral ini.

Contoh penghasilan referral Crowdo di mutasi akun Crowdo

Dampak Sosial Crowdo

Beberapa investasi di P2P lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Pinjaman di Crowdo rata-rata merupakan pendanaan untuk perusahaan kecil dan menengah, jadi tidak terlalu berdampak positif namun tidak ada buruknya juga.

Apabila memang ingin memaksimalkan dampak sosial maka jauh lebih baik mendanai equity crowdfunding di Crowdo

Catatan Lain

Crowdo menerima investasi dalam mata uang rupiah, dolar Singapura, ringgit Malaysia, maupun dolar Amerika.

Crowdo berkata bahwa pelayanan RM mereka sangatlah personal karena mereka memilih mengeluarkan uang untuk mendapatkan kepercayaan sedikit lender daripada mengeluarkan uang untuk berbagai promosi yang mengundang banyak lender namun tidak memiliki kepercayaan mereka.

Sistem penilaian Crowdo didukung oleh kecerdasan buatan yang menurut mereka, memiliki sembilan lapis analisa untuk menentukan risiko, bunga, dan nominal pinjaman yang bisa dicairkan. Kecerdasan buatan ini di kembangkan di Singapura oleh holding company mereka.

Crowdo menyajikan persentase bunga dalam satuan IRR (Internal Rate of Return). Satuan ini jauh lebih kredibel dan berguna dibandingkan bunga p.a yang biasanya digunakan oleh kompetitor seperti Koinworks dan Modalku, karena IRR memperhitungkan berapa lama pendanaan anda kembali ke dompet anda.

Crowdo juga dipuji oleh OJK dan teman-teman komunitas Lender P2P di Telegram karena memiliki factsheet yang terbaik diantara P2P lending lainnya. Saking lengkap isi factsheetnya maka saya pun malas screenshot seluruh halamannya dan menaruhnya disini. Anda bisa mengunduh salah satu contoh factsheet mereka dibawah ini:

Kesimpulan

Kelebihan Crowdo:

  • Program referral yang cukup menarik.
  • Saya suka dengan penyajian detail yang disajikan di halaman peminjam.
  • Menerima pendanaan menggunakan mata uang asing.

Kekurangan Crowdo:

  • Jumlah pinjaman yang fluktuatif.
  • Tidak semua pinjaman memiliki jaminan perlindungan modal.
  • Interface crowdo bisa dibilang cukup memusingkan karena mereka menggabungkan halaman untuk menjadi investor maupun peminjam, ditambah lagi adanya halaman untuk membuat profil perusahaan.

Rekomendasi

Crowdo merupakan satu satunya website disini (yang saya review) yang menerima pendanaan menggunakan valuta asing (dolar Singapura, dolar Amerika, dan Ringgit Malaysia). Target market Crowdo memang merupakan orang asing yang tinggal di Indonesia. Meskipun Crowdo memiliki kualitas yang cukup oke, namun Crowdo bukan merupakan pilihan yang terbaik karena sedikitnya pinjaman dan sempitnya variasi.

Siapa yang Cocok Berinvestasi di Crowdo?

  • Warga negara asing yang ingin investasi di pinjaman Indonesia.
  • Orang Indonesia yang perlu menginvestasikan mata uang asing mereka.

Bagaimana dengan Saya?

Saya masih memiliki portofolio aktif di Crowdo meskipun nilainya kecil, saya sudah lama tidak menambah dana disana dan saya tidak berencana menambah dana di Crowdo karena saat ini kepincut P2P lending lainnya.

Apabila tertarik, daftar di Crowdo dan gunakan kode referral saya: U051549 untuk mendapat bonus.

Demikian ulasan/review saya tentang Crowdo. Semoga bisa memberi anda gambaran tentang kelebihan dan kekurangan Crowdo, serta membantu anda menentukan apakah Crowdo aman untuk profil risiko anda. Jangan lupa untuk membandingkan website P2P lending lainnya.

3 thoughts on “Review Crowdo – P2P Lending Terbaik untuk WNA

  1. Sy juva smtr tiarap dulu utk pendanaan di crowdo, soalnya ada dana lumayan gede buat sy yg masih blm kembali, secara informasi ke lender spt yg sudah disampaikan crowdo sgt informatif, masalahnya di penagihannya.. udah hampir 6 bulan jumlah dana yg bermasalah tidak berubah.. kebanyakan di reschedulle..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.