Crowdo Review


Kriteria penilaian yang digunakan untuk mengulas Crowdo dibahas lengkap di tulisan BAGAIMANA MENGEVALUASI P2P LENDING. Sebelum membaca review ini, saya merekomendasikan anda membaca tulisan tersebut supaya bisa memahami jelas kriteria yang digunakan dalam review ini.

Terakhir diperbaharui: 30 April 2019

Latar belakang perusahaan

Latar belakang perusahaan meningkatkan kredibilitas terhadap pihak yang mengelola uang anda, semakin transparan, semakin baik nilainya.

Didirikan tahun 2013 oleh dua orang yang sepertinya bukan warga Indonesia. Crowdo beroperasi di Malaysia, Singapura, dan Indonesia secara bersamaan dan tidak membeberkan informasi tentang struktur organisasi mereka maupun jumlah staff mereka. Operasional mereka didukung oleh dana dari Gobi Partners yang berbasis di Tiongkok.

Kuantitas Pinjaman

Kuantitas Pinjaman penting agar dana anda tidak nganggur (tidak berbunga) serta mempermudah proses diversifikasi untuk meminimalkan resiko.

Setiap waktunya ada sekitar 5 sampai 10 pinjaman yang bisa didanai. Jumlah ini menurut saya ideal untuk menghindari uang nganggur yang diakibatkan oleh minimnya pinjaman maupun lamanya proses pendanaan. Karena jumlahnya tidak terlalu banyak, cukup baik juga bagi investor/lender pemula yang mungkin dipusingkan bila terlalu banyak pilihan pinjaman.

Variasi Pinjaman

Variasi Pinjaman penting untuk meminimalkan resiko, serta membantu lender/investor menyusun perencanaan keuangan yang baik terhadap likuiditas uangnya.

Variasi pinjaman di Crowdo kelihatan membaik dari waktu ke waktu. Di review pertama saya, hanya ada jenis pinjaman kelas C, namun sekarang terlihat adanya pinjaman kelas B dan A dengan tenor bervariasi antara 3, 8, dan 12 bulan.

Bunga pinjaman sendiri bervariasi antara 12 persen sampai 30 persen setahun, tergantung dari tingkat resikonya.

Apakah Crowdo Aman?

Crowdo terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Apakah Crowdo penipu?

Tenang saja, Crowdo bukan penipu. (Kalimat ini hanya untuk mencuri SEO)

Untuk memahami peran OJK serta makna kata ‘diawasi’, baca artikel ini di poin ketiga.

Jumlah Minimal Investasi

Jumlah minimal investasi yang kecil/murah membuka peluang bagi lebih banyak orang karena tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar investasi.

Sayangnya, jumlah minimal investasi cukup tinggi yaitu 1 juta rupiah.

Kualitas customer service

Dinilai dari kecepatan membalas dan kualitas balasannya – apakah sesuai pertanyaan? Apakah punya empati dan ingin mengenal pemodal lebih lanjut?

Saya belum menghubungi tim support Crowdo sehingga belum bisa memberikan penilaian.

Likuiditas

Seberapa cepat uang yang anda pinjamkan bisa kembali ke tangan anda. Apabila likuiditas cukup buruk biasa dikarenakan tenor pinjamannya panjang-panjang.

Tenor terpendek yang saya lihat adalah 3 bulan, dan mayoritas pinjaman memiliki tenor 12 bulan yang berarti likuiditas di Crowdo kurang baik.

Accessibility

Berkaitan dengan kemudahan penggunaan website, aplikasi, design tata muka dan minimal nya masalah teknis.

Interface (antarmuka) website mereka lebih rapi dalam bahasa Inggris, sehingga saya curiga bahwa target market Crowdo memang merupakan orang asing yang tinggal di Indonesia atau investor asing yang ingin mendanai pinjaman di Indonesia.

Persentase Non Profit Loan

Non performing loan (NPL) adalah pinjaman yang gagal bayar sehingga anda tidak mendapat bunga sama sekali atau bahkan kehilangan sebagian atau seluruh. modal anda.

Laporan KPMG di bulan November 2018 menyatakan angka 0.3 persen

Crowdo menuruti peraturan terbaru OJK yang mengharuskan setiap P2P lending memajang persentase pinjaman lancar mereka secara realtime di halaman depan website mereka. Semakin rendah angka ini, berarti semakin buruk kinerja pinjamannya (banyak yang gagal bayar) Per 30 April 2019, Crowdo menunjukan angka 98.5% yang berarti ada sedikit sekali pinjamannya yang bermasalah.

Perlindungan modal investor

Beberapa website p2p lending memiliki perlindungan atau jaminan terhadap nilai modal anda sehingga kerugian anda terbatasi bila terjadi gagal bayar.

Secara umum, Crowdo tidak menjamin bahwa pinjaman anda pasti sukses dan mereka tidak bisa bertanggung jawab apa-apa bila terjadi gagal bayar.

Namun, untuk beberapa pinjaman (terutama grade rendah) secara otomatis ada asuransi yang bisa menjamin sampai dengan 90% modal anda bila terjadi gagal bayar.

Informasi lebih lanjut tentang penanganan gagal bayar, baca artikel ini.

Syariah atau tidak

Tidak.

Kualitas program referral

Belum ada program referral

Dampak Sosial

Beberapa investasi di peer to peer lending mempunyai dampak sosial baik, dan beberapa tidak.

Pinjaman di Crowdo rata-rata merupakan pendanaan untuk perusahaan kecil dan menengah, jadi tidak terlalu berdampak positif namun tidak ada buruknya juga.

Catatan lain

Crowdo menerima investasi dalam mata uang rupiah, dolar Singapura, ringgit Malaysia, maupun dolar Amerika.

Kesimpulan

Kelebihan Crowdo

  • Pinjaman cukup bervariasi dari segi tenor dan resiko
  • Saya suka dengan penyajian detail yang disajikan di halaman peminjam.
  • Menerima pendanaan menggunakan mata uang asing

Kekurangan Crowdo

  • Jumlah pinjaman yang fluktuatif
  • Tidak semua pinjaman memiliki jaminan perlindungan modal
  • Interface crowdo bisa dibilang cukup memusingkan karena mereka menggabungkan halaman untuk menjadi investor maupun peminjam, ditambah lagi adanya halaman untuk membuat profil perusahaan.

Rekomendasi

Crowdo merupakan satu satunya website disini (yang saya review) yang menerima pendanaan menggunukan valuta asing (dolar Singapura, dolar Amerika, dan Ringgit Malaysia). Interface mereka lebih rapi dalam bahasa Inggris, sehingga saya curiga bahwa target market Crowdo memang merupakan orang asing yang tinggal di Indonesia. Terlepas dari fakta tersebut, Crowdo bukan merupakan pilihan yang baik karena sedikitnya pinjaman dan sempitnya variasi.

Siapa yang cocok berinvestasi disini?

  • Warga negara asing yang ingin investasi di pinjaman Indonesia
  • Orang Indonesia yang perlu menginvestasikan mata uang asing mereka

Bandingkan website lain?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.